Cek Fakta: Hoaks Putra Mahkota Dubai Bagi-Bagi Uang di Tengah Wabah COVID-19

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 28 Apr 2020, 19:45 WIB
Diperbarui 28 Apr 2020, 19:49 WIB
Putra Mahkota Dubai Membagikan Uang

Liputan6.com, Jakarta - Viral kabar yang mengklaim Putra Mahkota Dubai Sheikh Hamdan membagikan uang dengan besaran nominal berdasarkan huruf pertama nama, untuk menolong saat pandemi virus corona baru (COVID-19).

Kabar tersebut diunggah akun Facebook NEW ACCOUNT @crownpricehamdanalmaktoum, pada 27 April 2020.Unggahan tersebut telah mencapat 11 ribu komentar 14 ribu dibagikan.

Unggahan akun Facebook NEW ACCOUNT @crownpricehamdanalmaktoum berupa foto tumpukan uang dan seorang menggunakan pakaian khas timur tengah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Bagaimana semua orang?‼‼ ️ Ini bukan penipuan. ❌ ❌ ❌ ❌ ❌ ❌ ❌Aku Sheikha Hamdan Al Maktoum. Tim saya dan saya sedang mengatur organisasi amal Pandemi COVID-19 untuk semua negara. Pilih huruf pertama nama anda dan anda akan menerima sesuai nama anda.!A 🎁🎉............... 1 juta 💵 🎉B 🎁🎉............... 2 juta 💵 🎉C 🎁🎉................ 3 juta 💵 🎉D 🎁🎉................ 5 juta 💵 🎉E 🎁🎉................ 2 juta 💵 🎉F 🎁🎉................. 2 juta 💵 🎉G 🎁🎉 ................. 2 million 💵 🎉H 🎁🎉................. 2 juta 💵 🎉Saya 🎁🎉................... 1 juta 💵 🎉J 🎁🎉................... 6 juta 💵 🎉K 🎁🎉.................. 7 juta 💵 🎉L 🎁🎉................... 5 juta 💵 🎉M 🎁🎉.................. 7 juta 💵 🎉N 🎁 🎉.................. 6 juta 💵 🎉 🎉O 🎁🎉.................. 1 juta 💵 🎉P 🎁🎉.................. 4 juta 💵 🎉Q 🎁🎉................... 2 juta 💵 🎉R 🎁🎉.................... 1 juta 💵 🎉S 🎁🎉..................... 1 juta 💵 🎉T 🎁🎉...................... 1 juta 💵 🎉U 🎁🎉...................... 6 juta 💵 🎉V 🎁🎉..................... 4 juta 💵 🎉Dan 🎁🎉................. 1 juta 💵 🎉X 🎁🎉.................... 9 juta 💵 🎉Y 🎁🎉.................... 3 juta 💵 🎉Z 🎁🎉..................... 1 juta 💵 🎉

BAGIKAN postingan ini di grup 5-10 sekarang. Baca selengkapnya Bagikan lebih banyak kesempatan untuk menang. Uang Anda akan dikirim 10 menit setelah Anda mengirim pesan kepada kami, jangan diabaikan, mungkin itu adalah kesempatan Anda. Waktumu dimulai sekarang. Semoga beruntung dan Tuhan akan memberkatimu! 💵☑🎉"

Benarkah Putra Mahkota Dubai membagikan uang dengan besaran nominal sesuai huruf abjad nama? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Putra Mahkota Dubai Sheikh Hamdan membagikan uang dengan besaran nominal sesuai huruf peryama nama menggunakan Google Search dengan menggunakan kata kunci 'The Crown Prince of Dubai, Prince Sheikh Hamdan give the money'.

Dari penelusuran, tidak ada artikel yang terkait dengan pemberian uang oleh Putra Mahkota Dubai Sheikh Hamdan dengan besaran nominal sesuai huruf depan nama untuk membatu pandemi COVID-19.

Penelusuran tersebut justru mengarah pada artikel "SCAMMER USING HH SHEIKH HAMDAN’S NAME TO ENDORSE FAKE GIVEAWAYS" yang dimuat situs dubailad.com, pada 15 Agustus 2019.

Artikel dalam situs dubailad.com menyatakan, penipu melalui Facebook menggunakan nama Sheikh Hamdan dengan nama, "Hamdan bin Mohammed Al Maktum,". Penipu tersebut juga menggunakan gambar Putra Mahkota untuk foto profil sampul akun Facebook. Sang penipu bahkan mengklaim bahwa profilnya adalah akun asli di bio-nya, dikelilingi dengan tanda centang dan emoji, agar terlihat resmi.

Akun penipu menggunakan nama Sheikh Hamdan bin Mohammed Al Maktoum menjanjikan hadiah uang.

Artikel tersebut memperingatkan pembacanya agar waspada dengan penipuan semacam ini, sebab penipu meminta detail kartu kredit atau debit, meminta kiriman uang tunai dari biro penukaran uang, sebagai syarat untuk mengambil hadiah. Mereka juga berpotensi meretas akun anda. Alih-alih hadiah, yang percaya bahkan terancam rugi besar.

Penelusuran kemudian dilakukan dengan menelusuri foto yang diunggah akun tersebut menggunakan Google Reverse Image. Foto identik dengan klaim terdapat pada artikel berjudul "

بالصور| "سحور ملكي" بحضور الملك سلمان في أول ليالي رمضان" yang dimuat situs alwan.elwatannews.com, pada Kamis 17 Mei 2018.

Artikel tersebut menyatakan, seorang dalam foto tersebut merupakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Putra Mahkota Dubai Sheikh Hamdan membagikan uang yang besaran nominalnya sesuai huruf pertama nama tidak benar.

Nama Sheikh Hamdan telah dicatut, digunakan sebagai nama akun Facebook untuk menipu, modus serupa pun telah dilakukan sebelumnya.

Foto yang digunakan untuk mendukung unggahan klaim pun tidak sesuai, sosok yang ada dalam foto tersebut merupakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud.

 

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓