Cek Fakta: RFID Chip Diklaim sebagai Plot Iluminati, Ini Faktanya

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 02 Mei 2020, 12:23 WIB
Diperbarui 02 Mei 2020, 12:23 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar Hoaks Tentang RFID

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Radio Frequency Identification (RFID) Chip yang diklaim sebagai bagian dari iluminati beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Rino Klau Muti pada 31 Maret 2020.

Akun Facebook Rino Klau Muti mengunggah gambar tentang RFID Chip. Akun tersebut kemudian mengaitkan RFID Chip dengan rencana iluminati menguasai dunia.

"Jangan main2 lagi menteri kesehatan America sdh menanda tangani persetujuan penggunaan chip 666

Shalom! Tolong buat 5 menit untuk membacanya. Ini 5 menit yang tidak akan Anda sesali. Terima kasih. Tuhan memberkati.Artikel:

Pengangkatan akan berlangsung kapan saja dari sekarang. Segala sesuatu yang menghalangi pengangkatan telah dihapus. Injil telah diberitakan hampir di mana-mana. Semua nubuatan telah terpenuhi. Malaikat yang secara fisik terlihat dan ditangkap di kamera @ Dansoman juga memberikan 'tanda'. Iblis bekerja sangat keras untuk menduduki orang-orang Kristen dengan hal-hal dunia ini sehingga hari itu akan menangkap mereka tanpa disadari. Harap bersiap. Tidak ada waktu lagi, Gunakan keuntungan dari sms gratis ini untuk mengirim pesan ini ke setidaknya semua kontak Anda. Ini juga merupakan sumber penginjilan. Bnyk jiwa sedang sekarat. Mari Berdoalah dg sungguh hati.

6 6 6 Tanda Nubuatan Binatang Akhirnya Terpenuhi ... seperti Ditulis Oleh: Jonathan Annobil. Senat AS telah mengesahkan RUU Kesehatan Obama menjadi undang-undang. Implementasinya akan segera dimulai. RUU ini mengharuskan semua orang Amerika untuk ditanamkan dengan chip Radio Frequency Identification (RFID) untuk mengakses perawatan medis. Perangkat akan ditanamkan di dahi atau di lengan. Ini untuk memenuhi nubuat dalam Kitab Wahyu 13: 15-18 tentang TANDA BINATANG.

Apakah Anda masih meragukan WAKTU dan HARI? Apakah Anda tahu bahwa mobil khusus yang dibuat untuk Obama dikenal sebagai BEAST? Siap-siap. Pengangkatan sudah dekat! Wahyu 13 sedang dimainkan tepat di depan kita. Banyak yang masih tidak sadar. Mengapa chip itu ditanam tepat di tempat yang dikatakan Alkitab? Mengapa di tangan dan di dahi. Kenapa tidak di tempat lain? Mengapa terhubung ke rekening bank Anda? Ingat Alkitab mengatakan Anda tidak akan dapat membeli atau menjual tanpa tanda 6 6 6. Dan coba tebak! Chip terhubung dengan detail keuangan Anda. Apa yang paling membuat hati saya sangat sedih adalah banyak orang di Gereja tidak akan diangkat jika YESUS datang sekarang? Banyak yang tidak menyadari bahwa akhir sudah dekat. Jangan beralasan bahwa itu kemajuan atau perkembangan teknologi. Jika setiap bagian dari kehidupan Anda tidak selaras dengan firman ALLAH, bertobatlah dan bertobat. Jika kamu merindukan surga, kamu tidak akan pernah merasakan neraka ... ...

pikirkan tentang itu. Neraka bukanlah tempat yang indah. Bagian terburuknya adalah orang masuk neraka untuk selamanya ... Dia yang memiliki telinga, biarkan dia mendengar apa yang dikatakan Roh kepada gereja. Tolong daripada mengirim dan mengirim pesan yang tidak masuk akal. Kirim ini ke semua orang yang Anda kenal. Lakukan pekerjaan seorang Penginjil. HARAP BERBAGI PESAN INI DENGAN SEMUA KONTAK ANDA. Pernahkah Anda berpikir bhw Anda harus memperlakukan Alkitab dengan cara Anda memperlakukan ponsel Anda, bhw Anda benar-benar tidak dapat hidup tanpanya? Hanya 7% persen yang akan mengirim ulang pesan ini. Jangan termasuk dalam 93% yang tidak akan membagikan pesan.

Setan berkata. “Saya bertanya-tanya bagaimana manusia mengaku MENGASIHI TUHAN tapi tidak menaati-Nya, dan mengklaim bahwa mereka membenci saya namun mereka menuruti saya” Jangan menunda utk mengirim pesan ini. Bagikan dan kirim sekarang. Besok mungkin sudah terlambat.

TUHAN MENYELAMATKAN KITA !!!

Target kelompok Iluminati atau kelompok anti Christ. Mengiring semua manusia ke one system information, one system government. Setelah kasus ISIS, bom bunuh diri di mall,hotel,rumah ibadah atau gereja. Menebarkan terror, ketakutan,panik,kematian.

Sekarang isu terrorism sdh mereda. Kekuatan Teroris ISIS mulai tak begitu terdengar. Mau aman. bikin data RFID chip. jadi BS data semua teroris. Semua orang. Masyarakat digiring ke sistem digital. Cashless society. Dari uang kertas ,uang logam digiring ke sistem digital.

Sekarang semua manusia cukup bawa handphone. Praktis dan gampang. Bayar cash lebih mahal. Bayar pakai e-money lebih murah seperti ovo,gopay, WeChat. Banyak diskon. Semua sudah digiring one system financial. Semua ada di aplikasi mobile phone. Bank account, insurance,digital payment,ID card.

Sekarang dg virus Corona. Memasuki tahun 2020. Percepatan New world order. One system government, one religion, one Financial system. Virus covid 19. Lock down. Semua orang mau pergi wajib isi formulir. Supaya terdata.

Semua orang wajib discan dahi suhu tubuh. agar terbiasa dg kehidupan digital scan. Semua orang masuk mall, gereja, rumah sakit, gedung pemerintahan,pabrik wajib scan dahi, tubuh. Latihan utk terbiasa di scan. Menjadi gaya hidup. Ada covid 19 semua orang dibikin takut mati, diteror. Solusinya scan dahi mu.

Jadi tanpa sadar strategi sangat hebat utk mengiring semua orang menerima sistem 666 tanpa sadar. Ini solusinya. Ketika kasus covid 19 selesai. Masyarakat sudah diedukasi gaya hidup scan dahi. Masyarakat sdh bisa menerima. Cara edukasi terbaik utk menyambut sistem 666.

Alkitab sudah menubuatkannya ribuan Tahun. Sekarang pengenapannya. Dari sini kita bisa pelajari pola menuju one system society. Hidup anda sdg terikat semua. Data anda sudah terekam di komputer sistem.

Covid 19 bikin orang ketakutan. Solusi semua orang didata kesehatan nya . Data semua orang direkam ke sistem. Uang kertas ada kumannya. Manusia digiring ke sistem digital .Ibadah di gereja,masjid,pura,vihara. Awas tertular. Semua digiring ke sistem digital. Edukasi digital solution.

Sekolah diliburkan. Edukasi belajar online. Edukasi anak2 system' digital. Digital children society. Pekerja,buruh,pejabat pemerintah. Kerja sistem based digital online. Edukasi persiapan masuk ke sistem 666.

Ketika kasus covid 19 sudah selesai. Masyarakat sdh teredukasi dan siap menerima sistem baru. Semua orang terdata , terkontrol. You cannot run.

Wahyu 13:16-18 (TB)

16 Dan ia menyebabkan, sehingga kepada semua orang, kecil atau besar, kaya atau miskin, merdeka atau hamba, diberi tanda pada tangan kanannya atau pada dahinya,

17 dan tidak seorang pun yang dapat membeli atau menjual selain dari pada mereka yang memakai tanda itu, yaitu nama binatang itu atau bilangan namanya.

18 Yang penting di sini ialah hikmat: barangsiapa yang bijaksana, baiklah ia menghitung bilangan binatang itu, karena bilangan itu adalah bilangan seorang manusia, dan bilangannya ialah enam ratus enam puluh enam.

Ayo kita semakin mengasihi Tuhan. KedtganNya sdh sgt dekat. Berdoa & berjaga2. Jgn lupa membaca Firman Tuhan," tulis akun Facebook Rino Klau Muti.

Konten yang disebarkan akun Facebook Rino Klau Muti telah 415 kali dibagikan dan mendapat 124 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Radio Frequency Identification (RFID) Chip yang diklaim sebagai bagian dari iluminati.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "RFID Chip 666". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah klaim tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Mikrochip Implan 666 RFID Anti-Kristus: Hoax" yang dimuat situs hoaxes.id pada 29 Januari 2018 lalu.

Telah lama beredar rumor tentang mikrochip 666 Radio Frequency Identification (RFID) yang ditanamkan pada tubuh manusia (bagian tangan dan dahi). Cerita itu dikaitkan dengan agama dengan mengatakan bahwa angka 666 merupakan simbol dari kejahatan anti-Kristus, diambil dari kitab Wahyu Perjanjian Baru, terutama ayat yang mengatakan:

Di dalam Alkitab, angka tujuh (7) berdiri untuk sebuah keutuhan dan kelengkapan, sehingga angka 666 dianggap sebuah kehinaan yang menyiratkan bahwa ada kekurangan yang nyata, juga sebagai musuh besar (anti-Kristus). Angka enam (6) juga dihubungkan dengan Kaisar Nero, kaisar Romawi yang dikenal represi dan dipersonifikasikan sebagai pemimpin yang buas.

Rumor mikrochip 666 yang ditanamkan pada tubuh manusia dengan tujuan sebagai sensor GPS tanpa menggunakan baterai. Cerita ini mengatakan bahwa chip sengaja ditanamkan pada tubuh bayi yang baru lahir yang nantinya akan terhubung dengan satelit global. Hal ini dihubungkan dengan tanda binatang yang muncul dalam tujuh bagian di Kitab Wahyu. Wahyu 13: 16-17, menceritakan dua kejadian pertama:

Pada pertengahan tahun 2017, rumor chip 666 RFID beredar di Indonesia melalui pesan berantai. Umat Kristen Indonesia saat itu dihebohkan dengan kabar adanya demo pemasangan chip ini yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, akhir Juli 2017 lalu.

Pesan berantai yang beredar melalui WhatsApp ini mengatakan bahwa informasi itu berawal dari pemberitaan dalam siaran Seputar Indonesia yang disiarkan oleh RCTI. Penyebar berita bahkan melampirkan foto siaran RCTI yang sedang membahas mengenai microchip implan.

Pihak ICE akhirnya membantah dan menjelaskan bahwa acara di ICE BSD City tidak ada kaitannya dengan chip 666 RFID. Mereka mejelaskan bahwa telah terjadi kesalahpahaman dimana saat tayangan di RCTI yang membahas mickrochip implan, dalam waktu bersamaan muncul tayangan iklan acara IIPE. Dengan itu, yang menyebarkan informasi salah menduga acara IIPE adalah acara demo pemasangan chip RFID 666.

IIPE merupakan singkatan dari Indonesia International Pet Expo atau pameran binatang peliharaan tingkat internasional yang digelar di Indonesia. Berbagai jenis binatang peliharaan ditampilkan dalam pameran ini, seperti anjing, kucing, kelinci, burung, dan sebagainya. Sama sekali tidak ada demo pemasangan microchip dalam acara ini.

Pada tahun 2014, rumor chip RFID pernah ramai diperbincangkan di AS, 1 dari 3 orang Amerika telah tertanam chip RFID dan sebagian besar tidak menyadarinya. Dalam laporan yang beredar mengatakan bahwa kebanyakan chip ditanamkan saat perawatan gigi.

Beberapa situs debunked seperti Snopes dan Hoax-Slayer menyatakan bahwa rumor itu adalah omong kosong. Cerita itu tidak lepas dari teori konspirasi yang berteori bahwa pihak pemerintah berupaya menanamkan mikrochip untuk melacak, memantau dan mengendalikan setiap warganya.

Bahkan cerita itu dihembuskan oleh situs satir untuk mengolok-olok teori konspirasi yang menuduh pemerintah mencoba mengendalikan warganya dari jarak jauh dengan menggunakan microchip.

Penggunaan mikrochip yang ditanam di bawah kulit tidak menutup kemungkinan akan dilakukan suatu hari nanti, tetapi fungsinya untuk menyimpan informasi riwayat medis penting yang nantinya akan digunakan oleh dokter untuk tindakan lebih lanjut.

Liputan6.com juga menemukan artikel yang membantah klaim tersebut. Adalah artikel berjudul "FALSE: All Americans Will Receive a Microchip Implant in 2017" yang dimuat situs snopes.com pada 2 Juni 2015 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa sistem biometrik digunakan untuk membangun dan mengakses basis data informasi tentang individu. Tujuannya adalah identifikasi keamanan hingga mengenali preferensi konsumen mereka.

Penggunaan chip yang ditanamkan di bawah kulit yang akan menyimpan informasi medis penting untuk perawatan medis. Tapi microchip hanyalah salah satu dari beberapa teknologi biometrik, di antaranya sidik jari, pemindaian mata, dan perangkat lunak pengenalan wajah.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Radio Frequency Identification (RFID) Chip yang diklaim sebagai bagian dari iluminati ternyata tidak didukung bukti sahih.

Isu ini pernah dihembuskan oleh sejumlah kelompok yang percaya dengan teori konspirasi dan beredar pada 2018 lalu. Namun sampai saat ini klaim tersebut tidak pernah terbukti.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait