Cek Fakta: Hoaks Tangkapan Layar Judul Artikel Kompas.com 'Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Tak Perlu Pintar'

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 27 Apr 2020, 11:42 WIB
Diperbarui 27 Apr 2020, 11:42 WIB
Tangkapan Layar Judul Artikel Kompas.com "Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Tak Perlu Pintar"

Liputan6.com, Jakarta- Beredar foto hasil tangkapan layar judul artikel situs kompas.com yang didalamnya berupa pernyataan Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka, sebagai berikut:

"Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya AKan Mencalonkan Diri Menjadi Walikota".

Tangkapan layar tersebut diunggah akun Facebook Surya Alam, kemudian dibagikan ke grup MANUSIA MERDEKA diberukan keterangan "Like plonga like plongo...".

Akun Facebook Surya Alam mengunggah tangkapan layar judul artikel kompas.com, pada 25 April 2020 telah memperoleh 120 komentar dan dibagikan sebanyak 276 kali.

Benarkah tangkapan layar judul artikel kompas.com Gibran mengatakan jadi pemimpin tak perlu pintar? Simak penelusuruan Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Liputan6.com menelusuri klaim foto judul artikel kompas.com Gibran menyatakan kata bapak jadi pemimpin tak perlu pintar, dengan menelusuri artikel pada situs kompas.com.

Hasilnya, tidak didapat judul artikel "Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya AKan Mencalonkan Diri Menjadi Walikota" seperti tangkapan layar yang diunggah akun Facebook Surya Alam.

Dari penelusuran tersebut, Cek Fakta Liputan6.com mendapatkan artikel dengan foto ilustrasi, waktu muat artikel, keterangan penulis dan editor yang sama dengan foto tangkapan layar pada klaim. Namun, terdapat perbedaan pada judul artikel.

Artikel yang ditemukan pada situs kompas.com memuat judul "Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai." dimuat, pada 24 April 2020.

 

 

klaim cek fakta gibran kata bapak

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Tangkapan layar layar judul artikel kompas.com "Gibran: Kata Bapak Jadi Pemimpin Itu Tidak Perlu Pintar, Makanya Saya AKan Mencalonkan Diri Menjadi Walikota" tidak benar.

Judul artikel kompas.com pada klaim tangkapan layar tersebut sudah dimanipulasi, sedangkan judul artikel asilnya adalah "Gibran: Bila Patuh Anjuran Pemerintah, Wabah Corona Segera Usai".

 

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓