Sukses

Cek Fakta: Foto Ini Bukan Bukti UFO Datang ke Bumi pada April 2020

Beredar foto yang diklaim Bumi kedatangan UFO pada bulan April, setelah serangkaian bencana datang pada bulan-bulan sebelumnya. Faktanya?

Liputan6.com, Jakarta - Beredar foto yang diklaim sebagai bukti Bumi kedatangan UFO pada April, setelah serangkaian peristiwa dan bencana datang pada bulan-bulan sebelumnya. Gambar tersebut telah diunggah dan tersebar di media sosial.

Ada keterangan seperti ini dalam foto tersebut: 

"Gila, Januari Perang dan Banjir, Februari kebakaran Hutan, Maret Virus Corona. Baru Juga 3 Bulan, Tapi Udah Kacau Banget! Semoga Bulan Depan Lebih Baik..April:"

Foto tersebut diunggah akun Instagram @mwv.mystic, sebukan lalu. Pengunggahnya menambahkan keterangan berikut ini: 

"Lalu terdengar suara sirine evakuasi massal di seluruh penjuru bumii ~~ ....Terinpirasi dari twitt berbahasa inggris yg tersebar di Internet"

Benarkah foto yang diklaim Bumi kedatangan UFO pada April? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto bumi kedatangan ufo, pada April 2020, dengan menjadikan foto ufo sebagai bahan pencarian menggunakan Google Reverse Image.

Dari penelusuran, terdapat foto yang identik dengan klaim, terdapat pada artikel berjudul "April 2020 Disaster Predictions" yang dimuat situs knowyourmeme.com.

Dalam situs tersebut menjelaskan, serangkaian meme yang digunakan untuk menggambarkan bagaimana tiga bulan pertama tahun ini dipenuhi dengan peristiwa negatif dan bencana, termasuk ketegangan antara AS dan Iran hingga wabah virus corona. Prediksi untuk April konon akan lebih buruk.

Penelusuran juga mengarah pada situs penyedia meme starecat.com, situs tersebut menampilkan foto yang identik dengan klaim. Foto tersebut diberi keterangan "ME: 2020 SUCKS, IT POSSIBLY CAN’T GET WORSE. APRIL: UFO COMING"

Dalam situs menjelaskan, meme tentang ufo termasuk dalam ketegori humor.

Dalam artikel "Hati-hati Guyonan Juga Bisa Masuk Kategori Hoaks" yang dimuat situs liputan6.com, pada 15 Maret 2020, humor atau guyonan bisa masuk dalam konten hoaks.

Berikut isinya:

Dalam artikel "Fake news. It’s complicated" yang dimuat situs firstdraftnews.org ada tujuh jenis disinfromasi dan misinformasi, salah satunya adalah satire atau parodi.

Konten jenis ini biasanya tidak memiliki potensi atau kandungan niat jahat, namun bisa mengecoh. Satire merupakan konten yang dibuat untuk menyindir pada pihak tertentu. Kemasan konten berunsur parodi, ironi, bahkan sarkasme.

Secara keumuman, satire dibuat sebagai bentuk kritik terhadap personal maupun kelompok dalam menanggapi isu yang tengah terjadi.Sebenarnya, satire tidak termasuk konten yang membahayakan. Akan tetapi, sebagian masyarakat masih banyak yang menanggapi informasi dalam konten tersebut sebagai sesuatu yang serius dan menganggapnya sebagai kebenaran.

Foto yang dijadikan bahan meme tersebut berasal dari sebuah agensi stok foto gettyimages.com, karya Sherri Lynn Herrmann berjudul "Cars On Street Against Flying Saucer In Cloudy Sky - stock photo". Itu adalah foto ilustrasi. 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto ufo ke bumi pada April tidak benar, foto tersebut merupakan meme yang telah melalui proses olah digital.

Meme tersebut dibuat untuk tujuan humor, meski hanya humot tetapi masuk dalam kategori disinformasi sebab dapat mengecoh penerima pesan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini