Sukses

Cek Fakta: Akhirnya AS Tunduk Dengan China? Simak Faktanya

Beredar kabar yang mengklaim Amerika Serikat (AS) tunduk dengan China karena meminta bantuan untuk menangani pandemi COVID-19, benarkah?.

Liputan6.com, Jakarta- Beredar kabar yang mengklaim Amerika Serikat (AS) tunduk dengan China karena meminta bantuan untuk menangani pandemi virus Corona baru (COVID-19).

Kabar tersebut diunggah akun Instagram omg.indonesia.id, pada 27 Maret 2020.

Unggahan tersebut berupa foto Presiden AS Donald Trump yang sedang mencium bendera AS, foto tersebut diberikan keterangan "Akhirnya Amerika Tunduk dan Minta Bantuan China Atasi Corona".

Akun tersebut pun memberikan keterangan sebagai berikut:

"Akhirnya Amerika Serikat memutuskan meminta bantuan dari China untuk memerangi wabah Virus Corona atau COVID-19 yang sudah membuat negara adi kuasa itu menjadi pusat pandemi dunia.

.

Permintaan bantuan mengatasi corona dilakukan langsung oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Dia langsung menghubungi Presiden China, Xi Jinping, Jumat siang 27 Maret 2020.

.

"Baru saja menyelesaikan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Xi dari Tiongkok. Dibahas dengan sangat terperinci Corona Virus yang merusak sebagian besar Planet kita. China telah melalui banyak dan telah mengembangkan pemahaman yang kuat tentang Virus.

.

Kami bekerja sama dengan erat. Banyak hormat!," tulis Trump dalam pernyataan tertulis di akun Twitter resminya.Perlu diketahui saat ini kondisi Amerika memang sedang parah.

.

Jumlah penderita corona di negara ini meledak sampai 16 ribu orang perhari.

.

Akibatnya, kini Amerika menjadi negara nomor 1 dunia dalam jumlah penderita corona. Total sudah sebanyak 85.991 warga Amerika positif corona.

.

Sementara China tergusur ke posisi kedua, di negeri panda ini tercatat ada sebanyak 81.782 orang terjangkit corona.

.

Artikel : viva.co.id"

Benarkah AS tunduk dengan China? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim AS tunduk dengan China, dengan mencari sumber isi klaim, tercantum situs viva.co.id sebagai sumbernya.

Dari penelusuran pada situs tersebut, ditemukan artikel berjudul "Akhirnya Amerika Tunduk dan Minta Bantuan China Atasi Corona", pada 27 Maret 2020.

Begini isinya:

VIVA – Akhirnya Amerika Serikat memutuskan meminta bantuan dari China untuk memerangi wabah Virus Corona atau COVID-19 yang sudah membuat negara adi kuasa itu menjadi pusat pandemi dunia.

Permintaan bantuan mengatasi corona dilakukan langsung oleh Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Dia langsung menghubungi Presiden China, Xi Jinping, Jumat siang 27 Maret 2020.

"Baru saja menyelesaikan pembicaraan yang sangat baik dengan Presiden Xi dari Tiongkok. Dibahas dengan sangat terperinci Corona Virus yang merusak sebagian besar Planet kita. China telah melalui banyak dan telah mengembangkan pemahaman yang kuat tentang Virus. Kami bekerja sama dengan erat. Banyak hormat!," tulis Trump dalam pernyataan tertulis di akun Twitter resminya.

Perlu diketahui saat ini kondisi Amerika memang sedang parah. Jumlah penderita corona di negara ini meledak sampai 16 ribu orang perhari.

Akibatnya, kini Amerika menjadi negara nomor 1 dunia dalam jumlah penderita corona. Total sudah sebanyak 85.991 warga Amerika positif corona."

Dalam artikel tersebut, tidak ditemukan kalimat terkait AS tunduk pada China. Artikel membahas Permintaan bantuan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump langsung ke Presiden China, Xi Jinping, untuk mengatasi COVID-19.

Penelusuran dilanjutkan dengan mencari cuitan Trump di akun Twitter @realDonaldTrump yang menjadi sumber artikel situs viva.co.id, berikut cuitannya.

"Just finished a very good conversation with President Xi of China. Discussed in great detail the CoronaVirus that is ravaging large parts of our Planet. China has been through much & has developed a strong understanding of the Virus. We are working closely together. Much respect!"

Cuitan Trump lewat akun pribadinya menjelaskan tentang pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping terkait kerja sama yang terjalin dengan China, untuk menangani COVID-19.

pelusuran klaim AS tunduk dengan China

Dalam cuitan tersebut tidak ada pernyataan Trump menyerah atau tunduk pada China.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim AS tunduk dengan China tidak sesuai dengan isi artikel yang dijadikan sumber klaim.

Dalam artikel tersebut, menjelaskan jalinan kerja sama antara Presiden Trump dan Presiden Xi Jinping.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini