Sukses

Ini Pemenang Pegiat Cek Fakta of the Month Periode Maret 2020

Liputan6.com menggandeng masyarakat luas untuk terlibat aktif melawan hoaks dengan menjadi Pegiat Cek Fakta.

Liputan6.com, Jakarta - Sejak Januari 2020 lalu, Liputan6.com membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin bergabung dengan komunitas Pegiat Cek Fakta Liputa6.com.

Selain sebagai wadah berbagi informasi, komunitas pegiat Cek Fakta Liputan6.com ini juga berperan menangkal kabar dusta atau hoaks yang beredar di media sosial. Apalagi, di tengah pandemi virus corona COVID-19 saat ini.

Liputan6.com sangat mengapresiasi para pegiat Cek Fakta yang aktif memberikan informasi.

Penghargaan Pegiat Cek Fakta of The Month untuk periode Maret 2020 diberikan pada Imam Rochmadi asal Depok, Jawa Barat.

Imam terpilih sebagai Pegiat Cek Fakta of the Month karena telah berhasil mengumpulkan poin tertinggi selama bulan Maret 2020.

Untuk memperoleh poin, ia harus membagikan artikel-artikel penelusuran Tim Cek Fakta Liputan6.com mengenai hoaks yang berseliweran di media sosial.

Ketika artikel yang dibagikan tersebut di klik dan dibaca sampai selesai, barulah ia mendapatkan satu poin. Selain itu, untuk bisa mendapatkan poin juga harus bergabung di grup WhatsApp pegiat Cek Fakta Liputan6.com.

Pegiat Cek Fakta Liputan6.com adalah sebuah gerakan cek fakta partisipatif, yang menggabungkan kekuatan media dan masyarakat untuk melawan hoaks atau kabar dusta yang menyebar di internet maupun lewat desas-desus di kehidupan nyata.

Dengan menjadi Pegiat Cek Fakta Liputan6, selain membantu memberikan pencerahan kepada orang-orang baik di sekitar kita agar tak terpapar kabar dusta atau hoaks, juga bisa sekaligus mengumpulkan poin untuk ditukarkan voucher.

Selain kegiatan online, Liputan6.com juga mengadakan aktivitas offline berupa kelas kamisan yakni kelas yang diselenggarakan sebulan sekali. Untuk sementara baru bisa dilakukan di jakarta.

Saat ini Pegiat Cek Fakta telah tersebar di 6 wilayah, yakni Jakarta, Solo, Jogjakarta, Sumatra, Semarang dan Bali- Nusa Tenggara.

 

Cara Bergabung:

1. Mengisi formulir dan menjawab pertanyaan,

2. Mereka yang lolos tahap pertama akan dimasukkan dalam grup WA Pegiat Cek Fakta Liputan6.com berdasarkan wilayah domisili masing-masing,

 

Keuntungan Bergabung sebagai Pegiat Cek Fakta Liputan6.com:

1. Menjadi bagian dari gerakan cek fakta partisipatif pertama di Indonesia,

2. Mendapatkan pelatihan cek fakta maupun digital literasi,

3. Mendapatkan reward sesuai keaktifan dalam grup,

4. Eksposure di media Liputan6.com,

5. Mendapat sertifikat dan dapat mewakili Pegiat Cek Fakta Liputan6.com sebagai pembicara di level daerah atau nasional. 

 

Klik tautan ini untuk masuk ke formulir pendaftaran Pegiat Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini