Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Presiden Jokowi Terkena Virus

Foto yang diklaim Presiden Jokowi terkena virus beredar di media sosial, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta- Akun Facebook Pengamat Politik membagikan unggahan foto ke grup (PSPS) Pendukung Setia PRABOWO-SANDI, berupa muka seseorang yang mengenakan pecil hitam, kaca mata dan jas sedang menjulurkan lidahnya, pada pada 30 Maret 2020.

Dalam unggahan foto tersebut, terdapat keterangan dengan mengunakan bahasa daerah sebagai berikut:

"iki prsiden jokowi wis kena virus liat wae dheweke kaya iku".

Jika di terjemahkan dalam bahasa Indonesia, keterangan tersebut menyebut penampakan kondisi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang sudah terkena virus.

Unggahan foto tersebut mendapat 149 komentar dan tiga kali dibagikan.

Benarkah foto tersebut penampakan kondis wajah Presiden Jokowi terkena virus? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penampakan Presiden Jokowi terkena virus, dengan menjadikan foto klaim sebagai bahan pencarian menggunakan Google Reverse Image.

Pencarian tersebut mengarah pada keterangan President of Indonesia 2019. Komposisi berupa peci, jas, dasi, lencana yang dikenakan dengan seorang dalam foto klaim, identik dengan foto Presiden Jokowi yang ada dalam artikel berjudul "Indonesia’s Unlikely Democracy Remains Resilient" yang dimuat situs quillette.com, pada 6 Juni 2019.

Sebagai tokoh penting di negeri ini kabar mengenai Presiden Jokowi tentunya tidak luput dari pemberitaan media, Cek Fakta Liputan6.com kemudian menelusurinya menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Presiden Jokowi terkena virus'

Pencarian mengarah pada artikel berjudul "[DISINFORMASI] Presiden Jokowi Positif Virus Corona", dimuat situs kominfo.go.id, pada 16 Maret 2020. Artikel tersebut mengulas tentang klaim judul artikel Presiden Jokowi positif COVID-19, namun setelah ditelusuri foto tangkapan layar pada judul artikel telah dimanipulasi.

Isi artikel situs kominfo.go.id tersebut pun tidak terkait dengan foto klaim Presiden Jokowi terkena virus yang sedang ditelusuri.

Penelusuran dilanjutkan dengan mengunjungi situs resmi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Kementerian Sekretariat Negara, presidenri.go.id.

Situs tersebut memuat foto kegiatan Presiden Jokowi, pada Kamis, 2 Maret 2020, yaitu memimpin rapat terbatas terkait lanjutan antisipasi mudik melalui telekonferensi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam foto tersebut Presiden Jokowi nampak sehat, dan tidak seperti pada foto yang diklaim.

Penelusuran Klaim  Foto Presiden Jokowi Terkena Virus

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto Presiden Jokowi yang diklaim terkena virus tidak benar, foto pada tersebut merupakan hasil olah digital.

Presiden Jokowi pun masih memimpin rapat terbatas terkait lanjutan antisipasi mudik melalui telekonferensi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 2 Maret 2020.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini