Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Video Pemakaman Korban Corona COVID-19 di Italia

Viral video hoaks yang diklaim proses pemakaman korban corona Covid-19 di Italia

Liputan6.com, Jakarta - Video yang diklaim berisi rekaman pemakaman korban virus corona atau COVID-19 di Italia beredar di media sosial. Video ini tersebar di aplikasi percakapan WhatsApp pada Jumat (27/3/2020).

Dalam video berdurasi 23 detik itu, tampak sebuah ruangan dipenuhi kantong jenazah. Ada juga sejumlah petugas dengan pakaian APD lengkap di antara kantong-kantong berisi jasad tersebut.

Adegan selanjutnya sebuah truk tampak mengeluarkan dan membuang jasad ke dalam jurang. Video ini kemudian dikaitkan dengan kondisi penanganan korban meninggal akibat virus corona atau COVID-19 di Italia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim berisi rekaman pemakaman korban virus corona atau COVID-19 di Italia. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah potongan gambar dari video tersebut ke situs pencari Yandex.

Meski tidak ada hasil yang identik, namun terdapat petunjuk berupa kalimat "pandemic 2007". Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "pandemic 2007" ke situs berbagi video, YouTube.

Hasilnya terdapat video identik, yakni cuplikan trailer film Pandemic yang diunggah akun YouTube Peter Murphy pada 22 Desember 2013 silam.

"Pandemic 2007 Trailer Staring Eric Roberts, Tiffani Thiessen, French Stewart and Faye Dunaway," tulis akun YouTube Peter Murphy.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim berisi rekaman pemakaman korban virus corona atau COVID-19 di Italia ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan potongan dari trailer film Pandemic yang diunggah akun YouTube Peter Murphy.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

Data: Eka M

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.