Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Vaksin Corona COVID-19 Buatan AS Siap Diedarkan

Viral foto yang diklaim sebagai vaksin virus corona baru pemicu wabah COVID-19 yang siap edar. Faktanya?

Liputan6.com, Jakarta- Viral foto yang diklaim sebagai vaksin untuk mencegah penyakit COVID-19 di aplikasi percakapan WhatsApp. Konon, produk vaksin tersebut siap diedarkan. 

Dalam gambar yang beredar terpampang sebuah botol kecil berwarna putih dan dua bungkusan plastik bertuliskan SGTi-flex COVID-19 lgM/IgG.

Berikut salah satu narasi yang menyertai foto tersebut: 

"Kabar baik Vaksin virus corona siap.

Mampu menyembuhkan pasien dalam waktu 3 jam setelah injeksi.

Angkat topi untuk ilmuwan AS.

Saat ini Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin Minggu depan dan jutaan dosis sudah siap"

Benarkah foto tersebut menunjukkan vaksin COVID-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com berupaya memverifikasi klaim tersebut dengan melakukan penelusuran foto menggunakan Google Reverse Images.

Dari hasil penelusuran, ditemukan foto yang identik dalam artikel "Image of COVID-19 test kit shared as newly developed ‘coronavirus vaccine’ by Roche" dimuat situs altnews.in, pada 23 Maret 2020.

Dari artikel tersebut diketahui, kabar serupa tak hanya menyebar di Indonesia, tapi juga di sejumlah negara. 

Cek Fakta: Hoaks Foto Vaksin COrona COVID Buatan AS Sudah Tersedia (Screenshot)

Dalam artikel tersebut, redaksi altnews.in menyatakan, berdasarkan penelusuran, itu bukan vaksin COVID-19 namun perangkat tes untuk mengetahui apakah seseorang terpapar virus corona baru pemicu COVID-19, yang diberi nama SARS-CoV-2.

Penelusuran lebih lanjut dilakukan untuk mengetahui tulisan 'SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG' yang tertera dalam kemasan, dengan melakukan pencarian dengan kata kunci itu di Google Search. 

Hasil penelusuran mengarah ke situs sugentech.com, yang merupakan perusahaan produsen SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG.

Foto kemasan yang sama tertera di sama. Namun, dalam keterangannya, situs  tersebut sugentech.com menyebut, SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG adalah alat pengujian, bukan vaksin.

 

Cek Fakta: Hoaks Foto Vaksin Corona COVID Buatan AS Sudah Tersedia (Screenshot)

 

 "SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG adalah perangkat tes imunokromatografi berbasis nanopartikel emas untuk menentukan antibodi IgM dan IgG COVID-19 secara kualitatif dalam darah manusia (yang diambil lewat tusukan jadi atau pembuluh vena), serum atau plasma," demikian keterangan yang menyertai gambar itu.

Situs tersebuit juga mengklaim, perangkat pengujian tersebut akurat dan mudah digunakan. Hasilnya bahkan bisa dilihat oleh mata telanjang dalam waktu 10 menit.

SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG juga diklaim memungkinkan membantu identifikasi infeksi dan mengisolasi orang tanpa gejala tetapi diduga COVID-19. 

Klaim dalam pesan yang menyebar di WhatsApp, dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris, menyebut bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan bahwa Roche Medical Company akan meluncurkan vaksin Minggu depan dan jutaan dosis sudah siap. 

Klaim tersebut sebelumnya pernah diverifikasi Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel "Cek Fakta: Hoaks Trump Umumkan Jutaan Dosis Vaksin Corona Covid-19 Siap Diluncurkan" yang dimuat,pada 18 Maret 2020.

Kesimpulan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim tentang Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengumumkan bahwa jutaan dosis vaksin virus corona atau COVID-19 siap diluncurkan adalah tidak benar.

Fakta sebenarnya, Trump mengumumkan kemitraan dengan sektor swasta untuk meningkatkan kapasitas tes atau pengujian Virus Corona Covid-19.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada vaksin COVID-19 yang siap edar dan telah melalui uji klinis. Semuanya masih dalam tahap pengujian. 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto yang diklaim sebagai vaksin COVID-19 yang siap edar sama sekali tidak benar.

Produk bertuliskan SGTi-flex COVID-19 IgM / IgG dalam foto tersebut merupakan perangkat tes (tes kit) untuk mendeteksi keberadaan COVID-19 di dalam tubuh manusia.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

Data: Eka M

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.