Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video Penumpang Pesawat dari Italia ke Ethiopia Positif Corona COVID-19

Viral video hoaks yang diklaim penumpang pesawat dari Italia ke Ethiopia positif virus corona atau COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang penumpang pesawat dari Italia ke Ethiopia positif virus corona atau COVID-19 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Rose Zhang pada 24 Maret 2020.

Akun Facebook Rose Zhang mengunggah video berisi para petugas medis yang tengah menolong sejumlah warga. Lokasinya seperti di sebuah bandara.

Video berdurasi 31 detik itu kemudian dikaitkan dengan penumpang pesawat dari Italia ke Ethiopia positif virus corona.

"Penerbangan dari Italia ke ethiopia. Semua penumpang dinyatakan positif. Polisi berusaha menangkap, Menembak mereka yang mencoba melarikan diri..," tulis akun Facebook Rose Zhang.

Konten yang diunggah akun Facebook Rose Zhang telah 131 kali dibagikan dan mendapat 1 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang penumpang pesawat dari Italia menuju Ethiopia yang positif virus corona.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs pencari Google Image.

Hasilnya artikel berjudul "Old ‘Emergency Exercise’ video at an airport in Senegal is falsely shared in the context of COVID-19 outbreak" yang ditayangkan situs factly.in pada 19 Maret 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa video itu bukan penumpang pesawat dari Italia yang positif virus corona atau COVID-19.

Video tersebut adalah rekaman latihan darurat di Bandara Internasional Blaise Diagne, Senegal. Video latihan tersebut diambil pada 28 November 2019.

Gambar Tangkapan Layar Video Pelatihan di Bandara Senegal

Liputan6.com juga menemukan video identik dengan yang diunggah akun Facebook Rose Zhang. Video tersebut diunggah akun YouTube Dakaractu TV HD dengan judul "Diass : Test grandeur nature du plan d’urgence de l’Aéroport Dakar Blaise Diagne". Video itu diunggah pada 28 November 2019 lalu.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim sebagai penumpang pesawat dari Italia menuju Ethiopia yang positif virus corona atau COVID-19 ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan rekaman latihan darurat di Bandara Internasional Blaise Diagne, Senegal. 

Narasi yang disebarkan akun Facebook Rose Zhang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini