Cek Fakta: Hoaks Donald Trump Tak Sadarkan Diri Saat Berpidato

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 18 Mar 2020, 17:01 WIB
Diperbarui 18 Mar 2020, 17:01 WIB
Gambar Tangkapan Layar Video Presiden AS Donald Trump

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang tidak sadarkan diri saat berpidato beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Grace Mie 15 Maret 2020.

Akun ini mengunggah video Donald Trump yang tengah berdiri di atas mimbar. Dalam video berdurasi 15 detik itu, Trump tampak seperti menutup mata dengan menggunakan tangan kanannya. Tak lama berselang, Trump digiring pengawalnya meninggalkan tempatnya berpidato.

Akun Grace Mie mengaitkan video ini dengan Trump yang tak sadarkan diri saat berpidato.

"Donald trump tiba2 tak sadarkan diri saat berpidato," tulis akun Facebook Grace Mie.

Konten yang diunggah akun Facebook Grace Mie telah 157 kali dibagikan dan mendapat 8 komentar warganet.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran dengan Google Image
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran dengan Google Image

Cek fakta Liputan6.com menelusuri video dan klaim tentang Presiden AS Donald Trump yang tak sadarkan diri saat berpidato. Penelusuran dilakukan dengan menangkap layar video tersebut, kemudian mengunggahnya ke situs pencari google image.

Hasilnya terdapat sejumlah artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Donald Trump Rushed Offstage by Secret Service" yang ditayangkan situs abcnews.go.com pada 6 November 2016.

Donald Trump was rushed offstage by members of his Secret Service detail after a commotion broke out in the audience at an event at Reno, Nevada.

Berikut terjemahannya:

Donald Trump dilarikan ke luar panggung oleh anggota-anggota Secret Service-nya setelah keributan terjadi di antara hadirin saat berpidato di Reno, Nevada.

Dalam artikel itu dijelaskan, Donald Trup tengah berpidato di Pusat Konvensi Reno, Nevada. Ketika itu, Trump adalah kandidat calon presiden dari Partai Republik yang tengah berkampanye.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video dan klaim tentang Trump yang tidak sadarkan diri saat berpidato ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan kegiatan Trump saat berkampanye sebagai calon presiden Partai Republik. Video itu diambil pada 2016 lalu. Ketika itu Trump yang beridir di atas mimbar melihat keributan di tempatnya berpidato.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓