Cek Fakta: Beredar Foto Penampakan Virus Corona, Benarkah?

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 13 Mar 2020, 11:07 WIB
Diperbarui 13 Mar 2020, 11:07 WIB
Foto Penampakan Virus Corona

Liputan6.com, Jakarta- Viral foto yang diklaim sebagai penampakan bentuk Virus Corona baru (Covid-19) setelah diperbesar, foto tersebut tersebar pada jejaring sosial WhatsApp belakangan ini.

Dalam klaim foto tersebut terdapat keterangan sebagai berikut.

"Bentuk corona setelah diperbesar 2600x.

Kita mohon perlindungan

kepada Allah subhaanahu wa ta'aala dari bahaya corona."

Benarkah foto tersebut penampakan bentuk Virus Corona yang diperbesar? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim sebagai penampakan bentuk Virus Corona baru (Covid-19) dengan menggunakan Googel Image.

Hasil penelusuran mengarah pada akun Twitter @helios_en milik situs eheliosworld.com yang mengunggah foto serupa, pada 25 Februari 2020. Dalam keterangan fotonya menjelaskan.

"Weevils are from the Curculionoidea superfamily of beetles. They are quite small, measuring less than 6 millimetres (4 inch) and are herbivorous, with a particular love for flour, oats, barley and breakfast cereals Bowl with spoon"

Keterangan foto akun Twitter @helios_en menjelaskan, objek foto tersebut merupakan seekor kumbang yang berasal dari keluarga kumbang Curculionoidea. Mereka cukup kecil, berukuran kurang dari 6 milimeter (4 inci) dan herbivora, menyukai tepung, gandum, gandum dan sereal sarapan.

Penelusuran juga mengarah pada artikel "Ini adalah foto tampilan dekat satu jenis kumbang" dimuat situs periksafakta.afp.com, pada 11 Maret 2020.

Artikel tersebut menyatakan, "Kumbang bukan termasuk jenis virus. Menurut artikel Encyclopaedia Britannica, kumbang kecil adalah sejenis serangga dari keluarga Curculionide."

Situs shutterstock.com juga memuat video kumbang yang bentuknya identik dengan foto klaim. Video tersebut berisi keterangan sebagai berikut:

"Tropical weevil from the Ecuadorian Amazon, close-up."

Keterangan video tersebut menyatakan bahwa mahluk yang diklaim sebagai penampakan virus corona ternyata merupakan kumbang tropis dari Amazon Ekuador.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto penampakan Virus Corona (Covid-19) ternyata salah. Foto yang diklaim tersebut merupakan kumbang golongan serangga Curculionoidea, kumbang tersebut menyukai tepung, gandum, gandum dan sereal sarapan.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓