Cek Fakta: Viral Kabar Rumah Sakit Cikini Terendam Banjir, Ini Faktanya

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 26 Feb 2020, 19:36 WIB
Diperbarui 26 Feb 2020, 19:36 WIB
tangkap layar klaim RS Cikini banjir

Liputan6.com, Jakarta - Viral kabar Rumah Sakit PGI Cikini dilanda banjir hingga masuk ke dalam ruangan, pada 25 Februari 2020.

Klaim Rumah Sakit Cikini banjir salah satunya dikabarkan akun FacebooK MENGUNGKAP KEBENARAN melalui unggahan foto, pada 25 Februari 2020. Disertai keterangan sebagai berikut:

"Rumah sakit Cikini hari ini 25-02-2020"

Foto tersebut menampakan ruangan terendam banjir, yang di dalamnya terdapat seorang sedang diinfus dan seorang lagi sedang duduk di kursi roda.

Unggahan foto yang diklaim sebagai peristiwa banjir di Rumah Sakit Cikini ini telah dibagikan sebanyak 534 kali dan memperoleh 1.900 komentar.

Benarkah RUmah Sakit PGI Cikini terendam banjir? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim banjir di Rumah Sakit PGI Cikini melalui Google Search dengan kata kunci 'banjir rumah sakit cikini'. Penelusuran mengarah pada artikel "RS PGI Cikini Tepis Foto Viral Terendam Banjir" yang dimuat situs news.detik.com, pada 25 Februari 2020.

Berikut isinya:

"Jakarta - Di media sosial Twitter beredar viral foto yang disebut sebagai kondisi salah satu ruang Rumah Sakit PGI Cikini yang terendam banjir sekitar 30 cm. Di dalam foto tersebut juga nampak ada seorang pasien laki-laki yang duduk di kursi roda beserta sejumlah alat-alat medis.

Foto itu diberi keterangan 'Rumah sakit Cikini hari ini 25-2-2020' yang disebarkan oleh satu akun di Twitter. RS PGI Cikini membantah adanya informasi tersebut dan mengatakan tak mengalami kebanjiran.

"Bukan. Nih sampai saya email sampai ke direktur saya lapor nih, saya bilang ini kan yang dibilang (sambil nunjuk foto)? Ini enggak, makanya saya juga bingung ini rumah sakitnya di mana ini?," kata Kepala Bidang Humas RS PGI Cikini, Meli di RS Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

Meli menerima informasi tak benar itu saat banjir merendam sejumlah titik Jakarta pagi tadi. Dia menegaskan foto banjir tersebut bukanlah kondisi RS Cikini.

"Perlu kami beritahukan bahwa gambar tersebut bukanlah kondisi atas keadaan di RS Cikini," ucapnya.

Meli menceritakan, bahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov DKI Jakarta sempat menghubungi RS Cikini untuk menawarkan bantuan karena mengetahui informasi bohong tersebut. Meli pun menyampaikan ke Dinkes bahwa foto tersebut bukanlah kondisi RS Cikini yang alami kebanjiran.

"Ke mana-mana ini sampai Dinas Kesehatan konfirmasi sampai bilang apa yang perlu kami bantu, kita bilang gini dan kirim foto ini, ini bukan rumah sakit kami gitu," ujarnya."

Penelusuran foto juga dilakukan menggunakan Google Image dan Yandex, namun tidak ditemukan informasi yang terkait dengan klaim tersebut.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim Rumah Sakit PGI Cikini terendam banjir tidak benar, pihak Rumah Sakit PGI Cikini telah membantah klaim tersebut.

Banner Cek Fakta - Klarifikasi
Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓