Ayo Lawan Hoaks Sambil Fun Gathering Bareng Pegiat Cek Fakta Liputan6.com!

Oleh Liputan6.com pada 21 Feb 2020, 12:40 WIB
Diperbarui 21 Feb 2020, 12:40 WIB
Pegiat Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Kabar dusta atau hoaks menjadi masalah bersama. Tak ada satu negara pun di dunia yang kebal terhadapnya, Amerika Serikat sekalipun. Dalam konteks Indonesia, hoaks bisa menjadi ancaman atas kerukunan bangsa kita. 

Kemajuan teknologi membuat penyebaran hoaks kian tak terbendung. Kabar dusta menyebar liar lewat media sosial dan aplikasi percakapan. Rendahnya tingkat literasi di Indonesia membuat orang gampang percaya dengan informasi yang mereka terima tanpa mengecek dulu kebenarannya. Emosi pun mudah terpancing saat membaca judul atau narasi, dengan mengabaikan isi serta konteksnya.

Liputan6.com telah menginisiasi sebuah gerakan bersama masyarakat untuk melawan hoaks, dengan nama Pegiat Cek Fakta Liputan6.com. 

Diawali dari percakapan grup WhatsApp di lima wilayah di Indonesia, Liputan6.com kini mengundang para pegiat cek fakta di Jakarta dan sekitarnya untuk turut hadir dalam acara fun gathering. Acara ini akan digelar di Hall SCTV Lantai 8, SCTV Tower, Jakarta pada Kamis 27 Februari 2020 mendatang, dimulai pukul 15.00 WIB hingga 17.30 WIB.

Acara itu akan mempertemukan para pegiat cek fakta dan awak redaksi Liputan6.com. Pertemuan tersebut juga akan menjadi momentum untuk berbagi materi mengenai cara menangkal dan melawan kabar palsu atau hoaks.

Selain mendapat materi dan pengalaman langsung sebagai pegiat cek fakta, peserta akan mengikuti games menarik. Tentunya juga berkesempatan mendapat hadiah dari Liputan6.com.

Saatnya untuk menyatukan kekuatan bersama melawan hoaks dengan menghadiri fun gathering Pegiat Cek Fakta Liputan6.com! 

 

Klik tautan ini untuk masuk ke formulir pendaftaran fun gathering  Pegiat Cek Fakta Liputan6.com!

2 dari 2 halaman

Apa Itu Pegiat Cek Fakta Liputan6.com?

Pegiat Cek Fakta Liputan6.com adalah sebuah gerakan cek fakta partisipatif, yang menggabungkan kekuatan media dan masyarakat untuk melawan hoaks atau kabar dusta yang menyebar di internet maupun lewat desas-desus di kehidupan nyata.

Keuntungan Bergabung sebagai Pegiat Cek Fakta Liputan6.com:

1. Menjadi bagian dari gerakan cek fakta partisipatif pertama di Indonesia,

2. Mendapatkan pelatihan cek fakta maupun digital literasi,

3. Mendapatkan reward sesuai keaktifan dalam grup,

4. Eksposure di media Liputan6.com,

5. Mendapat sertifikat dan dapat mewakili Pegiat Cek Fakta Liputan6.com sebagai pembicara di level daerah atau nasional.

Lanjutkan Membaca ↓