Cek Fakta: RSUD Zainoel Abidin Karantina Pasien Virus Corona? Ini Faktanya

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 15 Feb 2020, 16:58 WIB
Diperbarui 17 Feb 2020, 12:24 WIB
Cek fakta klaim facebook Erni

Liputan6.com, Jakarta - Akun Facebook Ernita mengunggah informasi yang mengklaim ada pasien positif terkena Virus Corona (COVID-19), yang lolos dari pemeriksaan kesehatan bandara dan sedang dikarantina di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh.

Berikut isi klaim yang diunggah akun Facebook Ernita 29 Januari 2020 tersebut.

"*INFO PENTING*dapat kabar dari rekan di RSUD zainoel abidinTelah ditemukan pasien posifit terkena virus CORONASudah lolos pemeriksaan dibandara dan saat ini sudah dikarantina di RSUD zainoel abidin

Harap keluarga dan kerabat lain nya menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumahDan selalu pastikan kebersihan diri terutama TANGANapabila perlu bawa antiseptik kemana pun pergi"

Benarkah ditemukan pasien positif Virus Corona yang lolos dari pemeriksaan bandara sedang dikarantina di RSUD Zainoel Abidin? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tersebut menggunakan Google Search 'RSUD zainoel abidin ditemukan pasien positif terkena virus CORONA'.

Penerlusuran tersebut, mengarah pada artikel yang diunggah situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 30 Januari 2019, dengan judul "[HOAKS] Pasien di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh Positif Terkena Virus Corona".

Berikut isi artikelnya:

"Faktanya setelah ditelusuri, dilansir dari rri.co.id, Direktur RSUDZA Banda Aceh, Azharuddin mengatakan bahwa informasi yang beredar tersebut tidak benar atau hoaks. Menurutnya, sejauh ini belum ditemukan adanya warga atau pasien di RSUDZA Banda Aceh yang terjangkit virus corona, sehingga masyarakat tidak perlu panik."

Artikel tersebut menyebut klaim pasien positif Virus Corona yang lolos dari pemeriksaan bandara sedang dirawat di RSUD Zainoel Abidin tidak benar.

Artikel yang diunggah situs resmi Kominfo bersumber dari situs rri.co.id yang diunggah pada 29 Januari 2020 dengan judul "Beredar Info Pasien di RSUDZA Banda Aceh Positif Virus Corona, Dirut : Itu Hoaks"

Berikut isi artikelnya:

"KBRN, Banda Aceh : Beredar informasi di sosial media dan pesan berantai WhatsApp terkait adanya temuan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh positif terjangkit virus corona.

Pesan berantai itu beredar pada hari ini, Rabu (29/1/2020) dan membuat keresahan di masyarakat Aceh.

RRI mengkonfirmasi langsung kepada Direktur RSUDZA Banda Aceh Azharuddin. Dia menyebutkan informasi yang beredar tersebut tidak benar.

“Itu Hoaks,” kata Azharuddin singkat.Menurutnya, sejauh ini belum ditemukan adanya warga atau pasien di RSUDZA Banda Aceh yang terjangkit virus corona, sehingga masyarakat tidak perlu panik."

Dalam artikel tersebut, Direktur RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh Azharuddin membantah klaim pasien positif Virus Corona yang lolos dari pemeriksaan bandara, sedang dirawat di RSUD Zainoel Abidin.

Berdasarkan peta sebaran Virus Corona yang dirilis gisanddata.maps.arcgis.com, hingga 14 Februari 2020 Pukul 12.00 WIB belum ada keterangan yang positif terjangkit Virus Corona di Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Klaim pasien positif Virus Corona yang lolos dari pemeriksaan bandara, sedang dikarantina di RSUD Zainoel Abidin tidak benar. Peta sebaran Virus Corona dari situs gisanddata.maps.arcgis.com pun tidak menujukan ada yang postif Virus Corona di Indonesia.

 

Banner hoaks
Banner hoaks
4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓