Cek Fakta: Sejumlah Foto Diklaim Bukti Virus Corona Masuk Jakarta, Faktanya Itu Hoaks

Oleh Pebrianto Eko Wicaksono pada 12 Feb 2020, 19:48 WIB
Diperbarui 12 Feb 2020, 19:58 WIB
Cek Fakta klaim Corona Masuk Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Akun Facebook Hafizzah Maratul Husnah mengunggah sejumlah foto yang diklaim sebagai bukti Virus Corona (Covid-19) sudah masuk Jakarta. Unggahan itu dipublikasikan pada 12 Februari 2020.

Akun Facebook Hafizzah Maratul Husnah juga menambahkan keterangan dalam unggahannya. "Corona uda masuk jakarta Klw kluar hrus pake maker," tulis dia.

Benarkah klaim Virus Corona (Covid-2019) masuk Jakarta berdasarkan foto-foto yang diunggah akun Facebook Hafizzah Maratul Husnah? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta:

Berdasarkan penelusuran, foto-foto yang diunggah akun Facebook Hafizzah Maratul Husnah sudah pernah dibantah sebelumnya. Foto pertama, yang bertuliskan "Ya allah udah ada yang tumbang di airport", dan foto ketiga, gambar tangkapan layar percakapan di WhatsApp pernah ditelusuri Cek Fakta Liputa6.com pada 28 Januari 2020.

Hasil penelusuran dimuat dalam artikel "CEK FAKTA: Virus Corona, Sudah Ada yang Tumbang di Terminal 3 Bandara Soetta?".

Sebelumnya foto tersebut diunggah akun Facebook Jul Brantz Abu Aulia pada Pada 28 Januari 2020, dengan klaim sudah ada korban Virus (Covid-2019) di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Dari hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim tersebut terbukti tidak benar.

"Memang benar ada penumpang yang meninggal dunia di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Namun, penyebabnya bukanlah virus corona jenis baru atau Novel Coronavirus (2019-nCoV).

Klaim yang dimuat pemilik akun Facebook Jul Brantz Abu Aulia dan Hafizzah Maratul Husnah tak sesuai dengan fakta sesungguhnya.".

Situs turnbackhoax.id pun telah menelusuri foto kedua, yang menggambarkan sejumlah petugas mengenakan masker dan rompi kuning di depan pintu pesawat. "Sudah ada yg masuk indonesia, via Manado. 7 pax ini positif virus carona di pesawat Lion jt 2742 changsa to mdc , sdh block on 20:00, Info update karantina sdh ada...

Hati-hati dan waspadalah !," demikian klaim yang tertera di foto itu.

Hasil penelusuran diungkap dalam artikel berjudul, "[SALAH] 7 Penumpang Lion Air Yang Berasal Dari China di Manado Terinfeksi Virus Corona".

Dari penelusuran fakta tersebut, klaim yang menyebutkan bahwa penumpang Lion Air yang berasal dari China tiba di Manado dan positif corona tidak benar.

"Informasi yang menyebutkan bahwa terdapat 7 penumpang pesawat Lion Air yang positif terinfeksi virus corona di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado adalah tidak benar. 7 penumpang yang diklaim tersebut setelah dilakukan tindakan medis dinyatakan negatif terinfeksi virus corona".

 

Akun Facebook Hafizzah Maratul Husnah juga mengunggah foto yang berisi tulisan Virus Corona sudah sampai Apartemen Taman Anggrek.

Berikut narasinya:

"Dapet Info dari Client, Virus Corona udah sampe sini. di Apartement TA udah ada org wuhan yg kena tp management tutup2i. Supaya mall bs beroperasi dan mrk ga rugi. barusan bgt dpt info dr client saya yg suaminya org cina, mrk ada komunitas org cina di indo dan mrk kasih tau utk jauhi apartement TA dan sekitarnya. kmrn2 pake masker, jgn pergi dlu ke mall.. org wuhan jg baru ada yg dtng di daerah thamrin krn ada perusahaan yg dr wuhan byk yg masuk. Kalo mau keluar2 sekarang mending pakai masker. Mulai stok makanan dirumah. Tolong beritahukan keluarga dan teman2. Stay safe dan berdoa minta perlindungan Tuyhan".

Cek Fakta Liputan6.com pun sudah melakukan penelusuran mengenai unggahan foto tersebut pada 3 Februari 2020, dengan judul artikel "Cek Fakta: Hoaks Virus Corona Sampai di Apartemen Taman Anggrek"

Dari hasil penelusuran,klaim tersebut juga tidak benar.

"Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta memastikan bahwa tidak ada virus corona yang menjangkiti penghuni di Apartemen Taman Anggrek.

Narasi di dalam pesan berantai tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya."

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan:

Dari hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto-foto yang diunggah akun Facebook Hafizzah Maratul Husnah sama sekali tak mendukung klaim bahwa Virus Corona (Covid-19) telah masuk Jakarta.

Klaim-klaim yang diajukan sudah ditelusuri sebelumnya oleh para pencari fakta. Hasilnya, tidak ada yang benar. 

 

 

Banner hoaks
Banner hoaks

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓