Live Report Dunia Darurat Wabah Virus Corona, Fakta Vs Hoaks

Oleh Liputan6.com pada 03 Feb 2020, 11:23 WIB
Diperbarui 09 Apr 2020, 19:27 WIB
Banner Infografis Wabah Virus Corona Darurat Kesehatan Global. (Sumber Foto: John Hopkins University CSSE)

Liputan6.com, Jakarta - Berawal dari Wuhan di China, Virus Corona (2019-nCoV) atau Covid-19 kini menyebar ke seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Australia, dan Rusia.

Kematian pertama akibat Virus Corona di luar China dilaporkan terjadi di Filipina pada Minggu 2 Februari 2020.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah menyatakan Virus Corona sebagai darurat kesehatan global, karena wabah terus menyebar ke sejumlah negara di luar China.

"Alasan utama penyataan ini bukanlah apa yang terjadi di China, tetapi apa yang terjadi di negara lain," kata Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip dari BBC.

Jumlah kasus positif Virus Corona telah melampaui penyebaran SARS, yang menginfeksi 8.098 orang dan memicu 774 kematian sejak November 2002 hingga Juli 2003.

Sejumlah ilmuwan, seperti dikutip dari New York Times, berpendapat, Virus Corona 2019-nCoV memiliki kecenderungan menjadi pandemik yang melingkari dunia. Namun, para ahli belum bisa memperkirakan seberapa mematikan virus corona baru tersebut.

Ikuti perkembangan berita terkini mengenai pernyebaran Virus Corona di seluruh dunia dalam Live Report Liputan6.com:

2 dari 59 halaman

3 Februari 2020

Benarkan Virus Corona Sampai ke Mal Taman Anggrek?

HOAKS: Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia membantah kabar yang menyebut ada kasus Virus Corona di Mal Taman Anggrek.

KBRI Kuala Lumpur Keluarkan Imbauan Tak Konsumsi Produk China?

HOAKS: Pihak KBRI Kuala Lumpur membantah mengeluarkan imbauan tak mengonsumsi produk China, terkait Virus Corona (2019-nCoV) yang sedang mewabah.

Informasi ini beredar di grup-grup WhatsApp:

Innalillahi wa Inna Illaihi roji'unAssalammu'alaikum Wr WbBreaking News : Meneruskan info dr Ibu2 Dubes KBRI KL Tolong beritahu adek2, suami, isteri dan semua teman2 Perhatian ; Mulai saat ini jangan makan pruduksi luar dulu apa pun jenis nya , khususnya produksi luar negeri cina Karena kemungkinan besar pekerja pabrik tersebut pengidap virus carona dan bisa jadi jatuh keringat mereka masuk ke dalam kalengan2 itu , serta virus corona yg saat ini masih jadi masalah besar dunia telah diketahui DepKes dunia sehingga makanan tersebut telah banyak di sita tpi lebih banyak yg sdh terlajur diekspor juga, Setelah terima ini cepat kirim ke saudara2 n teman2 semua. Agar tidak konsumsi makanan apapun yg dari luar..... Demi keselamatan kita semua. Info dr ibu dubes KBRI ( Kementrian Kesehatan RI) {semoga bermanfaat}. Mohon bantu share ya..ūüôŹūüôŹ[ ‚Äľ‚ÄľWARNING‚Äľ‚ÄľTolong disebar luas kan Mohon ijin info Ikatan Dokter Indonesia (IDI), menginformasikan bahwa saat ini wabah mematikan hanya butuh penanganan cepat dan masih banyak makanan yg produksi luarInfo:RS Fatmawati , RSCM , RS Siloam , All RS Nara sumber :Dr. H. Ismuhadi, MPH

Mohon dishare, sayangi keluarga anda.

Saat dikonfirmasi Liputan6.com, pihak KBRI Kuala Lumpur (KL) membantah mengeluarkan imbauan tersebut.

"Ini hoax ya. Ibu-ibu Dharma Wanita KBRI KL termasuk Ibu Dubes tidak pernah membuat pernyataan seperti itu," ujar Agung Cahaya Sumirat dari Fungsi Pensosbud KBRI Kuala Lumpur kepada Liputan6.com, Senin (3/2/2020)."

Baca selengkapnya di tautan ini.

Thailand Temukan Obat Coronavirus?

BELUM TERKONFIRMASI: Dokter di Thailand mengaku berhasil menggunakan campuran anti-virus yang digunakan untuk merawat flu dan HIV untuk merawat pasien Virus Corona.

Beredar kabar yang menyebut bahwa Thailand berhasil menemukan obat Virus Corona (2019-nCoV). Benarkah demikian?

Seperti dikutip dari situs France24.com, seorang perempuan China yang terinfeksi virus corona Wuhan menunjukkan pemulihan yang dramatis setelah dirawat menggunakan cocktail atau campuran anti-virus yang digunakan untuk merawat flu dan HIV, demikian diungkap Kementerian Kesehatan Thailand.

Pasien berusia 71 tahun tersebut bahkan dinyatakan negatif virus corona, 48 jam setelah dokter memberikan campuran tersebut.

"Hasil uji laboratorium yang awalnya positif virus corona berubah negatif dalam 48 jam, kata Dokter Kriengsak Attipornwanich dalam konferensi pers yang digelar Kementerian Kesehatan Thailand, seperti dikabarkan AFP.

"Ia yang awalnya kelelahan, bisa duduk di tempat tidur 12 jam kemudian."

Para dokter di Thailand mengombinasikan obat anti-flu oseltamivir dengan lopinavir dan ritonavir--antivirus yang digunakan untuk merawat pasien dengan HIV.

Meski demikian, Kriengsak menambahkan, Kementerian Kesehatan sedang menunggu hasil riset untuk membuktikan temuan mereka itu secara klinis.

Thailand mendeteksi 19 kasus terkonfirmasi Virus Corona Wuhan. Sejauh ini 8 pasien pulih dan kembali ke rumah, sementara 11 lainnya masih dirawat di rumah sakit.

Virus Corona Bisa Menular Lewat Kotoran Manusia?

BENAR: Sejumlah ilmuwan di China menemukan kemungkinan mode penularan virus corona baru (2019-nCoV), yakni lewat perantaraan kotoran manusia. 

Berdasarkan penelitian ahli, Virus Corona yang telah merenggut nyawa lebih dari 360 orang di China dapat ditularkan melalui sistem pencernaan dan kotoran manusia, demikian menurut ilmuwan seperti dikutip kantor berita China, Xinhua.

Praktik kebersihan yang buruk, kurangnya sanitasi, tanah dan air yang terpolusi materi kotoran manusia atau kontaminasi makanan memungkinkan penularan rute faecal-oral tersebut atau dari materi kotoran manusia ke mulut atau sistem pencernaan orang lain.

Para ahli dari Renmin Hospital, yang menjadi bagian dari Wuhan University dan Wuhan Institute of Virology of the Chinese Academy of Sciences menemukan bahwa gejala awal dari beberapa pasien yang terinfeksi virus corona adalah diare, bukan demam -- yang merupakan gejala yang lebih umum.

Tim peneliti menemukan asam nukleat virus dalam kotoran dan penyeka rektum pasien.

Penularan Virus Corona Bisa Lewat Tatapan Mata? 

SALAH: Endang Budi Hastuti, Kepala Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan bahwa virus corona tidak menular lewat tatapan mata.

Seiring dengan semakin banyaknya negara yang menyatakan kasus infeksi virus corona terhadap warga mereka, merebak pula kabar simpang siur seputar penyebaran virus tersebut.

Salah satu informasi yang berkembang di masyarakat baru-baru ini virus corona bisa menyebar lewat tatapan mata. Anggapan tersebut muncul usai seorang pakar mengatakan bahwa virus tersebut bisa menginfeksi lewat mata.

Dikutip dari laman Mirror, Wang Guangfa, seorang dokter Tiongkok yang pernah membantu mengatasi SARS tahun 2003 menyatakan bahwa dia sempat terinfeksi virus yang menyerang pernapasan ini karena tidak menggunakan kacamata pelindung.

Sejak saat itu, berkembang anggapan bahwa hanya dengan tatapan mata, novel coronavirus bisa menyebar. Benarkah demikian?

Endang Budi Hastuti, Kepala Sub Direktorat Penyakit Infeksi Emerging Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengatakan bahwa virus corona tidak menular lewat tatapan mata.

Baca selengkapnya di tautan ini.

11.20 WIB

Jumlah kasus terkonfirmasi Virus Corona 2019-nCoV mencapai 17.373, 362 orang meninggal

Sementara, 486 pasien dinyatakan pulih.

FAKTA: Sumber dari JHU CSSE 

3 dari 59 halaman

4 Februari 2020

Jurus China Hadapi Virus Corona

Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian mengatakan bahwa sejak wabah Virus Corona pertama kali menyebar, para ahli-ahli dari Tiongkok terus melakukan penelitian terkait asal-usul dari virus tersebut. Ahli-ahli di China saat ini masih berupaya keras untuk menemukan obat yang bisa membunuh virus tersebut.

"Untuk sementara, ahli-ahli di Tiongkok sedang mengkombinasikan cara-cara tradisional Tiongkok dan Barat supaya mereka secepatnya menemukan vaksin dan obat terkait. Kami sangat berharap bahwa ini bisa datang lebih awal," ungkap Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian. 

Saat ini, laboratorium nasional China juga telah melakukan langkah penelitian secara ilmiah. Mereka telah mengisolasikan tiga strain virus yang nantinya bisa saja digunakan menjadi bahan vaksin. 

Selain itu, institut terkait di Akademi Ilmu Pengetahuan China juga sudah menyaring beberapa obat yang bisa menghambat perkembangan Virus Corona. 

Kematian Kedua Akibat Virus Corona 2019-nCoV di Luar China Daratan

TERKONFIRMASI: Hong Kong melaporkan kematian pertama karena infeksi Virus Corona pada Selasa (4/2/2020) dini hari. Kasus ini juga merupakan kematian kedua di luar China Daratan, setelah Filipina mengonfirmasi korban jiwa pada 2 Febuari lalu.

Pihak berwenang mengatakan, pasien terinfeksi yang meninggal di Hong Kong merupakan seorang pria berusia 39 tahun dari Wuhan, tempat Virus Corona pertama kali berasal, seperti dilansir Aljazeera.

Serial Kartun The Simpsons Ramalkan Wabah Virus Corona pada 1993?

SALAH: Tidak ada bukti yang mendukung klaim bahwa The Simpsons telah memprediksi wabah Virus Corona (2019-nCoV) pada 1993.

Sejumlah penggemar The Simpsons mengklaim bahwa serial kartun komedi asal Amerika Serikat itu telah meramalkan terjadinya wabah Virus Corona 2019-nCoV 27 tahun lalu.

Dalam eposide yang ditayangkan pada tahun 1993, sebuah virus yang dinamakan Osaka Flu digambarkan mewabah di Springfield setelah warganya memesan jus dari Jepang.

Klaim tersebut menyebar liar di internet setelah para penggemar mulai menyamakan episode berjudul 'Marge in Chains' itu dengan wabah yang kini menyebar.

Adegan dalam serial tersebut menunjukkan cairan jus dikemas ke dalam kemasan kotak oleh para pekerja yang sakit dan batuk -- yang kemudian mengirimkan virus itu ke Negeri Paman Sam. "Jangan bilang pengawas kalau aku flu ya," kata salah satu pekerja dalam adegan itu.

Meski dalam adegan tersebut digambarkan asal flu berasal dari Osaka, sementara Virus Corona 2019-nCoV bermula di China, para penggemar bergeming. Mereka membanjiri Twitter dengan diskusi yang membahas kesamaan adegan di The Simpsons dengan wabah Virus Corona.

Sejumlah penggemar bahkan mengedit tulisan 'Osaka Flu' menjadi 'Coronavirus' dalam film tersebut.

Update Penyebaran Virus Corona

Hingga Selasa 4 Februari 2020, pukul 11.20 WIB, ada 20.589 kasus Virus Corona 2019-nCoV yang terkonfirmasi di dunia, 427 meninggal dunia, 644 pulih.

Sumber: JHU CSSE

4 dari 59 halaman

5 Februari 2020

Update Terkini Penyebaran Virus Corona

UPDATE: Hingga 5 Februari 2020 pukul 11.00 WIB, jumlah kasus terkonfirmasi virus corona adalah 24.505, meninggal 493, dan 902 pulih.

Ada WNI Positif Virus Corona di Singapura?

BETUL: KBRI Singapura membenarkan bahwa ada seorang WNI yang positif Virus Corona. Ia bekerja sebagai asisten rumah tangga.

"Ministry of Health Singapura mengumumkan kasus coronavirus ke-21 di Singapura, yaitu WNI berusia 44 tahun yang bekerja sebagai pekerja migran. WNI tersebut tidak memiliki riwayat bepergian ke RRT namun merupakan pekerja rumah tangga dari warga negara Singapura yang sebelumnya telah ditetapkan positif Virus Corona," tulis pernyataan resmi KBRI Singapura pada Selasa (4/2/2020).

"WNI tersebut kini ditangani tim medis Singapore General Hospital."

Pihak KBRI Singapura mengaku telah mendapat konfirmasi lisan dari Ministry of Health Singapura, namun dikarenakan Personal Data protection Act, identitas WNI tersebut tidak dapat disampaikan.

Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Judha Nugraha memastikan pasien telah mendapatkan perawatan medis. Pasien yang terkena Virus Corona itu dirawat di RSU Singapura.

"Yang bersangkutan sudah dalam penanganan otoritas kesehatan singapura," ujarnya pada Selasa malam.

Kendati demikian sejauh ini belum diketahui pasti apakah ada bantuan finansial dari pemerintah Indonesia.

Virus Corona bisa membuat orang mendadak tewas atau kolaps di jalan?

BELUM TERKONFIRMASI: Belum ada konfirmasi maupun bukti bahwa mereka yang tertangkap kamera terbaring atau kolaps di jalanan terkait Virus Corona 2019 n-CoV yang sedang mewabah. 

Sejumlah foto dan video beredar, menunjukkan sejumlah orang terbaring bahkan kolaps di jalanan. Kondisi mereka dikaitkan dengan penyebaran Virus Corona. 

Situs anti-hoaks Snopes.com dalam artikel berjudul, Are People Collapsing in the Street from Coronavirus?, yang dipublikasikan pada 30 Januari 2020 berupaya mencari tahu fakta di balik video yang menunjukkan orang-orang kolaps di jalanan, yang diklaim sebagai akibat dari Virus Corona. Salah satunya bahkan dilihat hingga lebih dari 1,2 juta kali.

Saat dikonfirmasi, pihak Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa kolaps atau jatuh mendadak, 'bukan tipikal' akibat Virus Corona. Meski demikian, ia tidak merujuk pada video tertentu.

WHO menjelaskan bahwa coronavirus adalah penyakit pernapasan dengan gejala seperti "demam, batuk, sesak napas, dan kesulitan bernapas." 

Nama Resmi untuk Virus Corona 2019-nCoV

UPDATE: Meski telah menyebar ke 20 negara dan menginfeksi lebih dari 24 ribu orang di China Daratan, ternyata novel coronavirus belum punya nama resmi.

Saat ini, virus corona dijuluki 2019-nCoV. Huruf 'n' merujuk pada kata 'novel'. Sementara, 'CoV' mewakili coronavirus.

Nama resmi perlu segera ditentukan. Sebab, 2019-nCoV adalah nama yang sulit dan untuk menghindari munculnya nama alternatif yang merugikan kelompok tertentu.

Ahli dari Johns Hopkins Center for Health Security, Crystal Watson menyebut, penamaan virus baru kerap tertunda karena fokus utama adalah merespon dampaknya pada kesehatan publik.

Seperti dikutip dari channelnewsasia.com, The International Committee on Taxonomy of Viruses (ICTV) diberi tugas untuk menentukan nama resmi 2019-nCoV.

China Temukan Obat Virus Corona?

BELUM TERKONFIRMASI: China menguji coba remdesivir, obat antiviral baru dari Gilead Sciences Inc, untuk pengobatan Virus Corona 2019-nCoV.

Uji coba akan dilakukan di Wuhan, lokasi virus corona baru bermula. Sebelumnya, regulator kesehatan China juga merekomendasikan AbbVie Inc., Kaletra (obat HIV) sebagai obat antiviral 2019-nCoV.

Kesimpulan uji coba belum dikeluarkan, belum diketahui efektivitas obat tersebut untuk menghentikan wabah.

Dokter yang Peringatkan Bahaya Virus Corona Dituding Sebar Hoaks dan Justru Jadi Korban?

 

 

BETUL: Pada 30 Desember 2019 Dokter Li Wenliang memperingatkan bahaya penyakit mirip SARS, yang dipicu Virus Corona.

Pesannya itu kemudian viral. Ia pun dituduh menyebar kabar dusta oleh polisi Wuhan dan diperiksa pada 3 Januari 2020. Dokter Li dilepas usai menandatangani surat pernyataan.

Pada 10 Januari, saat merawat pasien di Wuhan, ia batu-batuk kemudian demam. Pada 1 Februari 2020, Li dinyatakan positif Virus Corona.

Demi Kemanusiaan, Jepang Kirim 1.000 Tim Medis ke Wuhan?

SALAH: Viral kabar yang menyebut bahwa Jepang mengirimkan 1.000 tenaga medis ke Wuhan, China. Kabar tersebut beredar di media sosial di Indonesia dan sejumlah negara, termasuk Filipina.

Faktanya, kabar tersebut tidak benar. Sementara, foto yang menyertainya adalah foto tim medis Jepang yang diberangkatkan dari Bandara Narita pada 20 Mei 2008. Tujuannya ke Chengdu, untuk membantu pemulihan pasca-gempa di Sichuan.

 

5 dari 59 halaman

6 Februari 2020

Angka Kematian Pasien Virus Corona Naik Jadi 563, China Bergegas Bangun RS Baru

Angka kematian pasien Virus Corona di China Daratan telah naik menjadi 563 orang pada Kamis (6/2/2020) dini hari. Sebanyak 73 orang meninggal karena Virus Corona selama 24 jam hingga tengah malam, kata Komisi Kesehatan Nasional China.

1.165 Pasien Virus Corona Dinyatakan Sembuh

Jumlah pasien yang sembuh dari Virus Corona sudah semakin banyak. Jika dua hari lalu selisih pasien sembuh 300 orang lebih banyak, kini jumlahnya semakin bertambah.

Berdasarkan peta Gis And Data, Kamis (6/2/2020), jumlah pasien sembuh Virus Corona mencapai 1.165 orang. Jumlah tersebut sudah dua kali lipat ketimbang korban meninggal sebanyak 565 orang.

Virus Corona Kuak Keberadaan 40 Ribu Pekerja Asal China di Morowali?

SALAH: Kabar Virus Corona menguak 40 ribu pekerja asal China di Morowali menyebar di media sosial.

Ternyata, kabar tersebut tidak berdasar atau tidak didukung bukti kuat. Pihak Kementerian Ketenagakerjaan juga telah membantahnya.

Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

Bayi Baru Lahir di China Positif Virus Corona?

BENAR: Seorang bayi yang baru lahir di China didiagnosis terinfeksi virus corona baru (2019-nCoV). Seperti dikutip dari BBC, ia lahir pada 2 Februari 2020 di Wuhan, asal dari mana wabah bermula.

Ibu sang bayi terdiagnosis terinfeksi Virus Corona sebelum ia melahirkan. Belum jelas bagaimana virus itu ditularkan, dari janin atau setelah kelahiran. Sejauh ini dilaporkan ada dua kasus bayi yang terinfeksi.

WHO Selidiki Keterkaitan Konferensi Bisnis di Singapura dengan Penyebaran Virus Corona

 

 

UPDATE: Sebuah konferensi yang diadakan di Hotel Grand Hyatt Singapura pada Januari lalu berakhir dengan penyebaran Virus Corona. Diduga ada peserta konferensi yang mengidap Virus Corona dan menularkannya.

Kementerian Kesehatan Singapura menyebut ada 109 peserta konferensi bisnis tersebut. Ada 94 peserta yang berasal dari luar negeri, dan salah satunya adalah orang Wuhan.

 

6 dari 59 halaman

7 Februari 2020

RS Leishenshan, Rumah Sakit Kedua untuk Tangani Pasien Virus Corona Rampung Dibangun

Pemerintah China sudah selesai membangun RS Leishenshan yang khusus dibangun untuk menangani pasien Virus Corona. Totalnya butuh 10 hari proses pembangunan.

Berdasarkan catatan CGTN, pembangunan RS khusus pasien Virus Corona ini dimulai pada 25 Januari dan pembangunannya ditargetkan selesai 5 Februari.

Ajang Formula 1 China Terancam Dibatalkan Akibat Virus Corona

Otoritas berwenang Shanghai telah menghentikan seluruh kegiatan olahraga di kotanya menyusul meluasnya wabah virus corona model terbaru. Keputusan ini membuat ajang Grand Prix Formula 1 yang seharusnya berlangsung di Shanghai 19 april mendatang, terancam batal digelar.

Otoritas Olahraga Shanghai, tidak menetapkan batas akhir larangan ini. Namun mereka meminta induk olahraga menahan diri hingga wabah virus corona bisa ditanggulangi.

UPDATE:

Hingga Jumat 7 Februari 2020 pukul 10.59 WIB, jumlah kasus terkonfirmasi Virus Corona (2019-nCoV) mencapai 31.472, 638 meninggal dunia, dan 1.551 pulih.

Sumber: Johns Hopkins CSSE

Dokter Li Wenliang, Wistle Blower Virus Corona Wafat

Virus Corona (2019-nCoV) merenggut nyawa Li Wenliang, dokter yang kali pertama memperingatkan bahayanya.

Seperti dikutip dari BBC, sang wistle blower dikabarkan meninggal dunia pada Jumat oukul 02.58 waktu setempat di Wuhan.

Dokter Li Wenliang sempat diperkarakan atas tuduhan menyebarkan informasi sesat dan mengganggu ketertiban sosial. 

Ilmuwan Memprediksi Virus Corona 2019-nCoV Bisa Membunuh 65 Juta Manusia?

SALAH: Simulasi dalam ajang Event 201 tahun lalu tidak dimaksudkan untuk membuat prediksi.

Virus corona fiksi yang digunakan dalam simulasi juga tidak ada kaitannya dengan virus corona baru 2019-nCoV yang saat ini sedang mewabah.

Kulliner Babi Digantung 30 Tahun di China Terkait Wabah Korona?

SALAH: Kabar kuliner daging babi yang digantung 30 tahun dikaitkan dengan penyebaran Virus Corona (2019-nCoV) viral di media sosial.

Klaim tersebut sama sekali tidak berdasar. Tidak ada bukti sahih yang menguatkan anggapan itu.

Presiden China ke Masjid untuk Minta Doa Umat Islam?

HOAKS: Presiden China Xi Jinping diklaim mengunjungi salah satu masjid dan meminta bantuan umat muslim, untuk mendoakan negaranya yang sedang mengalami krisis.

Video yang diklaim sebagai bukti ternyata adalah rekaman kunjungan Xi Jinping Daerah Otonomi Ningxia Hui di China barat laut pada Juli 2019 lalu, yang tak ada kaitannya dengan wabah Virus Corona.

 

7 dari 59 halaman

8 Februari 2020

Update Jumlah Korban Virus Corona Wuhan

Hingga Sabtu 8 Februari 2020, jumlah korban meninggal akibat Virus Corona terus meningkat.

Menurut data dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah korban meninggal dunia pada Sabtu pagi mencapai 720 orang. Dengan total kasus 34.679 pada wilayah persebaran 29 negara.

Jumlah pasien sembuh juga dilaporkan meningkat hingga 2.038 orang. 

Status Waspada Virus Corona Singapura Naik Jadi Oranye

Banyaknya kasus Virus Corona yang penyebarannya terjadi di dalam wilayah negara Singapura, membuat pemerintah menetapkan status waspada yang lebih tinggi lagi. Pada Jumat 7 Februari 2020, dengan menggunakan sistem Disease Outbreak Response System Condition (DORSCON), statusnya yang sebelumnya oranye kini berubah menjadi kuning.

Imbas langsung dari berubahnya status waspada ini adalah ditundanya kegiatan-kegiatan pendidikan baik di dalam maupun luar sekolah hingga akhir Maret. Hal tersebut diungkapkan oleh Kementerian Kesehatan, seperti dilaporkan oleh Channel News Asia, Sabtu (8/2/2020).

Peneliti Hong Kong Temukan Perangkat Pendeteksi Cepat Virus Corona

Para peneliti dari sebuah universitas Hong Kong menemukan alat pendeteksi portabel yang cepat untuk Virus Corona baru. Alat itu mengurangi seluruh prosedur dari pengambilan sampel hingga pengujian menjadi hanya 40 menit.

Dengan teknologi cip mikrofluida terbaru, seperti dikutip dari Xinhua News, perangkat tersebut memanaskan sampel pengujian hingga 30 derajat Celsius per detik, meningkat secara signifikan dari yang saat ini empat hingga lima derajat Celsius per detik, menurut siaran pers yang diedarkan dari Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Hong Kong pada Kamis 6 Februari.

Ada 78 WNI di Kapal Pesiar yang Dikarantina Jepang Akibat Virus Corona

Kapal pesiar The Diamond Princess tengah mengangkut sekitar 3,700 orang ketika berada di perairan Yokohama, Jepang. Berawal dari satu orang positif Virus Corona, pihak berwenang memutuskan untuk melakukan proses karantina.

Pemerintah RI kemudian mencari tahu keberadaan WNI di atas kapal pesiar yang dikarantina akibat Virus Corona tersebut.

 

"KBRI Tokyo telah berkoordinasi dengan otoritas setempat. Terdapat 78 kru WNI yang bekerja dalam Kapal Diamond Princess. Keseluruhan WNI tersebut saat ini dalam keadaan sehat," ujar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu Joedha Nugraha.

"KBRI juga telah menjalin komunikasi dengan para kru WNI untuk memantau kondisi mereka dan memberikan bantuan yang diperlukan," imbuhnya.

 

8 dari 59 halaman

9 Februari 2020

Pasien Meninggal Bertambah

Komisi Kesehatan Nasional China pada Minggu (9/2/2020) pagi mengungkap jumlah korban meninggal dunia akibat Virus Corona di daratan China mencapai 811 orang.

Angka itu melebihi jumlah kematian akibat epidemik SARS pada 2002-2003. Kematian baru pada Sabtu 8 Februari mencapai rekor harian yakni 89 kematian, menurut data, melampaui total lebih dari 774 yang meninggal akibat SARS, atau Infeksi Saluran Pernapasan Berat.

Sebanyak 81 kematian akibat Virus Corona berada di Provinsi Hubei, China tengah, tempat virus telah menginfeksi sebagian besar orang. Kematian baru di ibu Kota Hubei, Wuhan, yang menjadi lokasi munculnya virus, mengalami penurunan yang langka.

Kasus infeksi Virus Corona baru pada Sabtu mencatat penurunan pertama sejak 1 Februari, berkurang lagi di bawah 3.000 menjadi 2.656 kasus. Sebanyak 2.147 kasus di antaranya berada di Provinsi Hubei.

Uji Coba Obat HIV

Sebuah obat yang digunakan untuk mengobati orang dengan HIV - virus yang menyebabkan AIDS - sedang diuji coba pada pasien di China sebagai terapi yang mungkin melawan Virus Corona.

Kaletra yang merupakan kombinasi dua obat anti-HIV - lopinavir dan ritonavir - telah digunakan pada pasien dalam uji coba di China sejak 18 Januari. Tujuannya adalah untuk mengujinya pada sekitar 200 pasien Virus Corona, yang kondisinya akan dipantau dengan cermat.

Dilansir The Guardian, Minggu (9/2/2020), hasil mereka akan dibandingkan dengan orang-orang serupa dengan tingkat penyakit yang sama yang belum diberi obat.

Tidak ada perawatan yang terbukti melawan Virus Corona, Sars (sindrom pernapasan akut yang parah) pada 2002 dan Mers (sindrom pernapasan Timur Tengah) pada 2012. Masih ada kasus Mers di Arab Saudi, dan sudah ada uji coba Kaletra yang dikombinasikan dengan obat lain seperti interferon, tetapi membutuhkan waktu lama untuk mendapat kesimpulan dari uji coba tersebut.

9 dari 59 halaman

10 Februari 2020

Jumlah Korban Bertambah Jadi 908 Orang

Komisi Kesehatan Nasional China memperbarui jumlah pasien Virus Corona yang meninggal dunia pada Senin (10/2/2020). Total jumlah korban yang tewas mencapai 908 orang.

Jumlah korban tewas baru bertambah 97, kata komisi itu dalam pernyataan di laman resminya. Jumlah kenaikan korban ini memecahkan rekor harian sebelumnya.

Provinsi Hubei tengah, pusat merebaknya Virus Corona, melaporkan 91 kematian, sementara di ibu kota provinsi itu, Wuhan, 73 orang meninggal.

Seluruh China daratan ada 3.062 infeksi baru Virus Corona yang terkonfirmasi sehingga totalnya mencapai 40.171.

China Minta Persetujuan Habisi 20 Ribu Pasien Virus Corona?

HOAKS: Kabar bombastis terkait penyebaran Virus Corona (2019-nCoV) beredar di internet.

Salah satunya situs ab-tc.com yang mempublikasikan artikel berjudul China seek for court’s approval to kill the over 20,000 coronavirus patients to avoid further spread of the virus pada 5 Februari 2020. Tak ada bukti sahih yang mendukung klaim tersebut.

Saking Takutnya Virus Corona Orang-Orang China Ikut Salat?

SALAH: Beredar video yang ditambahi narasi bahwa saking takutnya orang China terhadap Virus Corona (2019-nCoV) mereka berlomba-lomba ikut salat, walaupun bukan menghadap kiblat.

Ternyata video yang sama telah diunggah pada 7 Juni 2019, jauh sebelum kasus virus nCoV dilaporkan. 

Kemlu Tingkatkan Kewaspadaan Kunjungan ke Singapura

Penyebaran Virus Corona yang semakin luas di Singapura membuat pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri meningkatkan status kewaspadaan perjalanan ke Singapura menjadi kuning. 

Hingga kini, angka kematian yang diakibatkan telah mencapai 910 dengan total 40.540 secara global. Untuk di Singapura sendiri, 43 kasus telah dinyatakan positif, dengan kasus satu WNI di dalamnya.   

"Merespons perkembangan penyebaran Virus Corona baru (2019-nCoV) di Singapura, status tingkat kewaspadaan perjalanan ditingkatkan menjadi Kuning," tulis pernyataan melalui portal website kemlu.go.id, Senin (10/2/2020). 

Sehubungan dengan hal tersebut, pemerintah mengimbau bagi WNI yang sedang dan/atau akan bepergian ke Singapura untuk meningkatkan kewaspadaan dan melakukan berbagai langkah pencegahan transmisi wabah 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) seperti antara lain: menjaga stamina fisik dan psikis, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, rutin mencuci tangan, menggunakan masker, mengurangi aktivitas di luar rumah, serta menghindari interaksi dengan keramaian publik.

1.890 WNI Masih Berada di China

Dubes RI untuk RRT dan Mongolia, Djauhari Oratmangun, mengungkap, hingga kini WNI yang masih berada di daratan Tiongkok berjumlah 1.890.

Angka tersebut termasuk yang berada di wilayah kerja KBRI Beijing sejumlah 722 orang, wilayah kerja KJRI Shanghai sebanyak 841 orang, wilayah kerja KJRI Guangzhou sejumlah 327 orang. Mereka yang masih menetap di tiongkok berada dalam keadaan sehat, di bawah pantauan KBRI.

Sedangkan untuk mahasiswa berjumlah sekitar 16.500, namun lantaran libur imlek yang diperpanjang membuat mereka melanjutkan liburan sehingga berada di luar wilayah daratan Tiongkok sebelum Virus Corona mulai merebak.

Ahli Dunia Terkejut, Tak Satupun Warga Muslim Uighur Tertular Virus Corona?

SALAH: Bertolak belakang dengan klaim, ahli dan aktivis HAM justru menyuarakan kekhawatiran mengenai nasib warga muslim Uighur yang berada dalam kamp. Pun dengan para diaspora Uighur di luar negeri yang mengkhawatirkan nasib keluarga mereka.

 

10 dari 59 halaman

11 Februari 2020

Video Puluhan Orang Kejang-Kejang Ini Akibat Virus Corona?

SALAH: Video tersebut menunjukkan semacam inisiasi di sebuah sekolah di Provinsi Gauteng, Afrika. Tak ada kaitan dengan Virus Corona.

UPDATE

Hingga pukul 17.50 WIB, ada 43.138 kasus positif Virus Corona (2019-nCoV), 1.018 meninggal dunia, 4.228 pulih. Sumber: JHU CSSE

Warga Singapura Belanja Makanan Halal, RI Justru Cabut Label Halal?

SALAH: Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menegaskan tidak ada pencabutan label halal pada makanan.

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, antrean warga Singapura di Mustafa Centre adalah untuk mendapatkan masker. 

 

11 dari 59 halaman

12 Februari 2020

Update Jumlah Korban Virus Corona Wuhan

Hingga Rabu 12 Februari 2020, jumlah korban meninggal akibat Virus Corona terus meningkat.

Menurut data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE yang dikutip melalui situs https://gisanddata.maps.arcgis.com/, korban meninggal mencapai 1.115 dengan pasien sembuh 4.793. Total kasus infeksi dilaporkan 45.182 yang tersebar di 28 negara.

Thailand Tolak Kedatangan Kapal Pesiar Asal Amerika

Thailand telah melarang penumpang dari kapal pesiar Amerika MS MS Westerdam turun dari kapal, demikian seperti dikatakan oleh menteri kesehatannya pada Selasa 11 Februari 2020. Hal tersebut dilakukan oleh otoritas Thailand meskipun tidak ada infeksi Virus Corona dari dalam kapal itu.

 WNI Diimbau Tak Bepergian ke Negara yang Terjangkit Virus Corona

Meski penerbangan dari dan menuju China ditutup sementara oleh pemerintah, bukan berarti pengawasan terhadap penumpang asal luar negeri di Bandara Internasional Soekarno Hatta menjadi renggang. Sebaliknya, pengawasan semakin ketat di pintu kedatangan luar negeri.

Sebagai antisipasi penyerbaran virus, warga negara Indonesia juga diimbau tak melakukan perjalanan ke negara yang terjangkit virus corona.

Indonesia Setop Pengiriman Tenaga Kerja ke 3 Negara

Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) telah melarang pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke tiga negara, yaitu China, Hong Kong dan Taiwan. 

"Bahwa yang intinya Kemenaker melarang pengiriman WNI saat ini ke daratan Cina, dan mengurangi dengan selektif ke Hong Kong dan Taiwan,. Artinya pemerintah sangat menyadari kondisi objektif lapangan ini belum kondusif," kata Tatang dalam Forum komunikasi membahas di Gedung BP2MI, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Pelarangan ini sebagai tindak lanjut pencegahan penyebaran virus corona yang tengah mewabah di berbagai negara.

Orang Terkaya Hong Kong Sumbang Rp 178 Miliar buat Lawan Virus Corona

Badan amal milik orang terkaya Hong Kong mendonasikan HK$ 100 juta (USD 13 juta ) atau setara dengan Rp 178 miliar untuk membantu Wuhan, wilayah yang menjadi lokasi awal Virus Corona.

Melansir laman Bloomberg, Selasa (11/2/2020), uang dari Li Ka Shing Foundation akan didistribusikan melalui Palang Merah China. Ini diketahui dari artikel website kantor penghubung Beijing yang mewakili pemerintahan Hong Kong.

COVID-19, Nama Resmi untuk Infeksi Novel Coronavirus

Novel Coronavirus akhirnya memiliki nama resmi setelah sebelumnya hanya disebut dengan virus corona, virus corona Wuhan, atau juga menggunakan kodenya yaitu 2019-nCoV.

Pada Selasa, 11 Februari waktu Jenewa, World Health Organization (WHO) meresmikan bahwa infeksi akibat virus corona strain baru ini bernama "COVID-19."

Minum Air Putih 25 Liter per Hari, Pria Asal China Sembuh dari Virus Corona?

BELUM TERKONFIRMASI: Itu baru pengakuan sepihak dari Chen, pasien penyintas Covid-19. Belum ada konfirmasi dari pihak dokter.

Meski demikian, sama sekali tak dianjurkan untuk meniru cara itu. Ahli dari Malaysia mengatakan, meminum air dalam jumlah besar justru bisa membahayakan kesehatan seseorang.

 

12 dari 59 halaman

13 Februari 2020

Jumlah Korban Tewas Terbaru

Jumlah korban meninggal akibat wabah virus corona di Provinsi Hubei China kembali mencetak rekor harian pada Kamis (12/2/2020), yakni 242 orang. Dengan begitu, jumlah total kematian di provinsi tersebut mencapai 1.310, kata komisi kesehatan provinsi.

Angka terbaru itu meningkat dua kali lipat dari rekor harian sebelumnya pada Senin 10 Februari, yaitu 103 kematian. 

Jumlah pengidap baru di Hubei, pusat wabah virus COVID-19 itu juga naik 14.840 orang ketika komisi kesehatan mengatakan angkat itu sudah mulai mencakup orang-orang yang didiagnosis melalui metode klinis baru yang diterapkan sejak Kamis. Jumlah total kasus Virus Corona di Provinsi Hubei kini mencapai 48.206, menurut data komisi.

Komisi mengatakan telah merevisi data lama dan kasus terduga. Jumlah kematian terbaru itu mencakup lebih dari 100 kasus yang didiagnosis secara klinis.

Media pemerintah pekan lalu melansir bahwa Hubei akan mulai mengakui hasil pemindaian tomografi melalui komputer untuk memastikan infeksi. Langkah itu memungkinkan pihak rumah sakit bisa lebih cepat mengisolasi pasien.

Pasien Pertama Virus Corona di London

Pasien Virus Corona pertama telah terkonfirmasi di London. Pasien wanita itu merupakan warga negara China yang dinyatakan positif terjangkit Virus Corona pada 12 Febuari.

Wanita tersebut dikabarkan telah menjalani perawatan di pusat perawatan medis Guy's and St Thomas’ di London. Kepala petugas medis setempat, Chris Witty, membenarkan bahwa pasien itu tertular Virus Corona di China, seperti dikutip dari telegraph.co.uk, Kamis (13/2/2020).

Sebuah sumber juga mengatakan, gejala telah dialami wanita tersebut saat ia mendarat di Bandara Heathrow, London.

Mengetahui hal tersebut, ia langsung menghubungi NHS 111 (layanan bantuan medis dalam keadaan darurat di Inggris) dan kemudian hasil tes berujung positif.

13 dari 59 halaman

14 Februari 2020

Jumlah Korban Tewas Akibat Virus Corona Bertambah Lagi

Per Jumat 14 Februari 2020, seperti dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, jumlah korban meninggal mencapai 1.383. Dengan jumlah kasus infeksi Virus Corona hingga 64.430. Sementara pasien sembuh kini dilaporkan 6.811.

Jepang Konfirmasi Kematian 1 Orang Akibat Virus Corona

Seorang wanita berusia 80-an telah menjadi orang pertama dengan COVID-19 (Virus Corona) yang meninggal di Jepang, seperti dilaporkan oleh menteri kesehatan negara itu pada Kamis 13 Februari. Namun kemudian ia memberi peringatan bahwa masih belum jelas apakah Virus Corona menjadi penyebab kematiannya. 

Harga Emas Melonjak ke Level Tertinggi Dipicu Meningkatnya Korban Virus Corona

 

 

Harga emas melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari satu minggu pada perdagangan Kamis (Jumat waktu Jakarta) setelah peningkatan tajam dalam jumlah kasus virus corona di China. Hal ini menimbulkan ketakutan atas dampak ekonomi global dan membujuk investor untuk mencari aset berisiko rendah.

China melaporkan peningkatan kematian dan ribuan infeksi lainnya menggunakan definisi yang lebih luas pada Kamis. Sementara Jepang menjadi lokasi ketiga di luar daratan China yang terdapat korban meninggal akibat Virus Corona.

Garuda Indonesia Pastikan Penerbangan Bali-Shanghai Bebas Virus Corona

Garuda Indonesia menegaskan penerbangan¬†pesawat GA 858 Rute Denpasar‚ÄďShanghai pada¬†28 Januari 2020 lalu sudah melalui proses inspeksi sesuai prosedur dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona.

Tidak hanya itu, Garuda Indonesia turut merekomendasikan penggunaan alat penunjang kebersihan seperti masker dan hand sanitizer bagi penumpang dan awak pesawat yang melaksanakan perjalanan pada rute dari dan menuju Tiongkok.

14 dari 59 halaman

15 Februari 2020

Foto Terbaru Virus Corona Wuhan Covid-19

Rocky Mountain Laboratories (RML) di National Institute of Allergy and Infectious Diseases atau Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular mengungkapkan beberapa gambar pertama dari SARS-CoV-2, Virus Corona baru yang dimulai di Wuhan, China.

Update Jumlah Korban Terkini Virus Corona

Setidaknya 1.519 orang kini telah meninggal karena wabah yang pertama kali muncul di ibu kota Hubei, Wuhan, pada bulan Desember dan semakin meningkat menjadi epidemi nasional sebulan kemudian.

Lebih dari 66.000 orang kini telah terinfeksi, dengan sebagian besar kematian terjadi di Hubei.

Menkes dan Kepala BNPB Bertolak ke Natuna, Jemput WNI yang Baru Diobservasi

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo berangkat dari Jakarta untuk menjemput warga negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China yang diobservasi di Kepulauan Natuna, Riau.

 

 

"Hari ini hari yang berbahagia jadi kita semua sampai detik ini laporannya semua sehat. Jadi pada hari ini pukul 12.00 tanggal 15 Februari tepat waktu 14 hari masa observasi seperti yang ditentukan oleh WHO," kata Menkes Terawan ketika ditemui sebelum berangkat ke Kepulauan Natuna dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu pagi (15/2/2020), seperti dikutip dari Antara.

Dampak Wabah Virus Corona, Hilton Tutup 150 Hotel di China

Dampak wabah virus corona tidak hanya berpengaruh terhadap moda transportasi saja. Salah satu jaringan hotel mewah terbesar, Hilton, ikut kena imbas karena menutup 150 hotel yang berada di China. Diketahui, penutupan hotel akan berlangsung hingga wabah virus corona mereda. 

Dilansir dari Travel + Leisure, Jumat, 14 Januari 2020, penutupan tersebut diumumkan langsung oleh CEO Hilton, Chris Nassetta di hadapan para investor pada Selasa, 11 Februari 2020. Jika ditotal, jumlah kamar yang ditutup mencapai 33.000 unit.

Menkes RI dan WHO Jemput WNI dari Natuna ke Bandara Halim

Sebanyak 243 WNI dari Natuna terbang ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Penerbangan para WNI tersebut didampingi langsung oleh Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

"Saya dengan teman WHO menjemput ke Halim," ujar Menkes Terawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Dia menambahkan, langkah ini dilakukan agar tidak ada anggapan bahwa masalah ini tidak transparan. Kemenkes, lanjut Terawan, selalu bersikap terbuka terhadap kondisi para WNI yang di Natuna.

"Jadi beliau (WHO) melihat langsung. Kita sangat terbuka," ujar dia.

WNI dari Natuna Dikumpulkan di Terminal Selatan Bandara Halim

Setelah menempuh perjalanan lebih dari satu jam, WNI dari Natuna tiba di Bandara Halim Perdanakusuma. Pesawat tersebut mengangkut WNI yang sudah diobservasi selama 14 hari di Natuna. 

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (15/2/2020), pesawat yang mengangkut WNI dari Natuna tersebut mendarat sekitar pukul 15.15 WIB. Pesawat mendarat di terminal selatan.

BNPB Rilis Data WNI Peserta Observasi Kesehatan Virus Corona COVID-19 di Natuna

 

 

Jumlah WNI dievakuasi 238 orang

  • Usia rata-rata 24 tahun
  • Usia termuda 5 tahun
  • Usia tertua 64 tahun
  • Jumlah laki-laki 80 orang (34%)
  • Jumlah perempuan 158 orang (66%)
  • Tim Aju dari KBRI Beijing 5 orang
  • Jumlah penjemput 42 orang terdiri dari kru pesawat Batik air 18 orang, Kemenkes 3 orang, Kemlu 3 orang, kesehatan TNI 8 orang, Pengamanan TNI 10 orang.

 

15 dari 59 halaman

16 Februari 2020

Korban Meninggal Akibat Virus Corona di China Bertambah 142

Komisi Kesehatan Nasional China terus memperbarui jumlah korban meninggal dunia akibat Virus Corona jenis baru bernama COVID-19. Dalam data yang disampaikan pada Minggu (16/2/2020), jumlah total kematian di China daratan akibat wabah Virus Corona mencapai 1.665 orang.

Jumlah itu meningkat sebanyak 142 dari satu hari sebelumnya.

Sementara, jumlah kematian baru di Provinsi Hubei, China tengah, karena epidemi COVID-19 itu meningkat sebesar 139.

Di seluruh China ada 2.009 orang lagi yang tertular. Sejauh ini, jumlah total orang yang terinfeksi Virus Corona mencapai 69.500.

16 dari 59 halaman

17 Februari 2020

Update Virus Corona (Covid-19)

Hingga Senin 17 Februari 2020 pukul 10.20 WIB, ada 71.331 kasus terkonfirmasi, 1.775 meninggal, 10.972 pulih.

Sumber: JHU CSSE

Kasus Kematian Pertama Pasien Virus Corona di Taiwan

Taiwan melaporkan kasus kematian pertamanya akibat Virus Corona (COVID-19) pada hari Minggu 16 Februari 2020, ketika jumlah kematian akibat wabah naik menjadi 1.665 di dalam daratan China.

Seorang pria berusia 61 tahun dari Taiwan tengah, memiliki riwayat penyakit dalam dirinya namun ia tidak mengunjungi kawasan luar negeri sebelum dirawat. Ia kemudian dibawa ke rumah sakit dan ditangani pada hari Sabtu setelah dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona.  

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (17/2/2020), ini adalah kasus kematian kelima yang tercatat di luar China daratan - korban sebelumnya berada di Filipina, Hong Kong, Jepang, dan Prancis.

Kasus Virus Corona di Thailand Bertambah 1

Thailand melaporkan satu kasus baru Virus Corona COVID-19 pada Senin (17/2/2020). Pemerintah Thailand langsung meningkatkan pemeriksaan terhadap pengunjung dari Singapura dan Jepang yang memasuki Negeri Gajah Putih.

Dilansir dari Channel News Asia, Senin (17/2/2020), kasus baru itu menginfeksi seorang wanita asal China berusia 60 tahun yang anggota keluarganya sudah tertular virus itu. Kasus terbaru ini menjadikan jumlah total kasus di Thailand menjadi 35 sejak Januari, kata Sekretaris Tetap Kementerian Kesehatan Thailand Sukhum Kanchanapimai.

"Ini dari kasus lama keluarga China yang terdiri dari sembilan orang, semuanya sudah terinfeksi," katanya.

Wanita di China Disuntik Mati karena Virus Corona?

SALAH: Beredar video yang diklaim sebagai adegan pilisi China menembak mati atau menyuntik mati pasien virus corona. Faktanya, itu tak benar.

Aksi Perampokan Tisu Toilet di Hong Kong

Di tengah wabah virus corona (Covid-19), tisu toilet jadi langka dan bahkan jadi target perampokan.

Truk pengangkut tisu dicegat dan dirampok oleh komplotan bersenjata pisau.

 

17 dari 59 halaman

18 Februari 2020

Korban Meninggal Virus Corona di China Jadi 1.868

Korban meninggal dunia dari epidemi Virus Corona COVID-19 di China melonjak menjadi 1.868 pada Selasa (18/2/2020), setelah 98 orang meninggal, menurut Komisi Kesehatan Nasional.

Hampir 72.500 orang di seluruh Negeri Tirai Bambu itu telah terinfeksi COVID-19, yang pertama kali muncul pada bulan Desember sebelum kemudian berkembang menjadi epidemi nasional.

Dilansir dari Channel News Asia, Selasa (18/2/2020), ada 1.886 kasus baru yang dilaporkan pada Selasa.

Namun, ternyata angka hari ini menunjukkan adanya penurunan sejak kemarin, dan menjadi angka terendah dalam satu hari selama bulan ini.

Jumlah kasus baru yang dilaporkan di luar provinsi Hubei hanya 79, turun dari 890 pada 4 Februari. Ini menandai jumlah kasus baru terendah di luar provinsi yang dilanda virus sejak 23 Januari.

3 WNI di Kapal Pesiar Diamond Princess Positif Virus Corona

Kementerian Luar Negeri Indonesia menyatakan tiga dari 78 warga negara Indonesia (WNI) di kapal pesiar Diamond Princess positif terinfeksi Virus Corona COVID-19. Dua di antara tiga WNI itu kini dirawat di rumah sakit Kota Chiba, Jepang.

"Tiga dari 78 kru Warga Negara Indonesia dinyatakan confirmed," ujar Menlu Retno Marsudi pada Selasa (18/2/2020), di Jakarta. "Dari tiga WNI yang sudah confirmed, dua di antaranya dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba, sementara yang satunya masih menjalani proses untuk menuju ke rumah sakit."

Tiga orang itu sudah termasuk 446 penumpang kapal Diamond Princess yang terinfeksi Virus Corona. Semua WNI di kapal itu bekerja sebagai kru.

Seluruh penumpang di kapal Diamond Princess berjumlah 2.666. Total penumpang dengan kru mencapai 3.711 orang.

18 dari 59 halaman

19 Februari 2020

Korban Meninggal Virus Corona di China Tembus 2.000 Orang

Menurut data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE mengutip situs gisanddata.maps.arcgis.com, Rabu (19/2/2020), jumlah korban meninggal akibat Virus Corona baru itu telah mencapai 2.009.

Sementara pasien sembuh juga jumlahnya terus meningkat, kini sudah mencapai 14.532 orang. Sementara kasusnya 75,198 tersebar di sekitar 29 negara.

Total 4 WNI Positif Virus Corona COVID-19

Sebanyak empat orang warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan positif Virus Corona baru itu. Dengan rincian tiga di antaranya berada di Kapal Diamond Princess, sementara seorang lainnya adalah pekerja migran berusia 44 tahun.

Hal itu dibenarkan oleh Plt Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Teuku Faizasyah. "Iya betul (ada empat WNI yang positif terinfeksi Virus Corona)," ujarnya.

WHO: Lebih dari 80% Pasien Virus Corona Hanya Alami Gejala Ringan dan Berangsur Pulih

Berbicara kepada wartawan, Ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa 14 persen pasien akan menderita penyakit parah seperti pneumonia.

"Sekitar lima persen dari kasus dianggap kritis dengan kemungkinan kegagalan multi-organ, septic shock dan gagal pernapasan, dan dalam beberapa kasus, kematian," tambahnya.

Tedros juga mengatakan ada "kasus yang relatif sedikit" di antara anak-anak dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami penyebabnya.  

Masa Observasi Virus Corona WNI di Kapal Diamond Princess Berakhir 19 Februari

78 WNI itu masih menjalani masa observasi di kapal pesiar Diamond Princess. Dari informasi otoritas Jepang, kata Retno, masa observasi akan berakhir pada tanggal 19 Februari 2020.

Namun, kemungkinan saat masa karantina berakhir, WNI tersebut masih harus menjalani pengecekan selama dua hari dan menunggu hasilnya selama dua hari juga. Sehingga, kata Retno, 78 WNI itu baru bisa pulang ke Indonesia sekitar tanggal 23-24 Februari tanpa karantina ulang di tanah air.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut, kondisi 78 WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess dalam keadaan sehat dari wabah virus corona atau COVID-19. Pihaknya terus berkoordinasi dengan Pemerintah Jepang soal keberadaan 78 WNI tersebut.

"Tim kami dari KBRI Tokyo terus melakukan komunikasi dengan 78 kru WNI tersebut, bahkan kita sempat mengirim beberapa keperluan logistik mereka. Kita terus melakukan komunikasi dengan mereka, sampai detik terakhir mereka masih dalam kondisi baik dengan kondisi spirit yang cukup baik. Mudah-mudahan situasinya tak berubah," kata Retno di Kompleks Istana, Jakarta, Rabu (17/2/2020).

Imbas Virus Corona, Jokowi Akan Berikan Diskon Tiket Pesawat 30 Persen

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan akan memberikan diskon sebesar 30 persen untuk wisatawan asing dan lokal. Hal ini dilakukan untuk memberikam stimulus ke dunia pariwisata Indonesia yang menurun akibat wabah virus corona.

"Saya telah bertemu dengan Menteri Keuangan kemungkinan ini masih kita hitung bersama-sama untuk memberikan diskon insentif bagi Wisman yaitu 30 persen dari tarif rill. Tapi nanti kita putuskan," ujar Jokowi usai rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin 17 Februari 2020.

Setelah Burung Gagak, Nyamuk Raksasa Serang Wuhan?

SALAH: Sebuah video viral, diklaim menunjukkan nyamuk raksasa menyerang Wuhan setelah munculnya ribuan burung gagak. Penelusuran Cek Fakta Liputan6 menemukan bantahannya. 

 

19 dari 59 halaman

20 Februari 2020

Perkembangan Korban Wabah Virus Corona yang Kian Bertambah

Menurut Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, Kamis (20/2/2020), jumlah korban tewas mencapai 2,126. Dengan pasien sembuh 16.326 dan total kasus 75.674 di sekitar 29 negara.

WNI dari Wuhan Akan Bikin Buku Kisah Terdampak Wabah Virus Corona COVID-19

 

Setelah mendengar berbagai cerita, Mbak Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat, yang juga legislator Partai NasDem mengusulkan agar cerita para mahasiswa itu dibukukan. Sehingga pengalaman yang jarang ini bisa dibagikan ke masyarakat luas agar lebih mewaspadai dampak COVID-19.

 

20 dari 59 halaman

21 Februari 2020

Update Korban Virus Corona COVID-19

Hingga Jumat (21/2/2020), jumlah korban meninggal akibat Virus Corona COVID-19 mencapai 2.247. Menurut data dari gisanddata.maps.arcgis.com, total pasien sembuh menembus angka 18.442. Dengan total kasus 76.718 yang tersebar di sekitar 29 negara.

4 WNI di Kapal Diamond Princess Positif Virus Corona COVID-19

Kapal pesiar Jepang Diamond Princess yang telah rampung proses karantina kini tengah menurunkan penumpang secara bertahap. Kloter pertama sekitar 500 orang, diutamakan para lansia (lanjut usia) dan mereka yang negatif Virus Corona COVID-19.

Sebanyak 78 WNI diketahui bekerja di Diamond Princess sebagai Anak Buah Kapal (ABK).

 

21 dari 59 halaman

22 Februari 2020

Update Korban Virus Corona COVID-19

Data dari gisanddata.maps.arcgis.com menyebut bahwa korban meninggal akibat Virus Corona COVID-19 per Sabtu (22/2/2020) di angka 2.360. Dengan pasien sembuh 20.858 dan total kasus 77.661.

Pertandingan Pembuka Liga Korea Ditunda

Pertandingan pembuka divisi teratas Liga Korea Selatan atau K League 1 musim ini harus ditunda yang seharusnya digelar pada pekan depan.

Kasus merebaknya virus corona di Korea menjadi alasan penundaan tersebut. Laga pembuka K League 1 musim ini mempertemukan Daegu FC melawan Pohang Steelers.

362 WNI di Kapal Pesiar Westerdam Negatif Virus Corona

Pemerintah Kamboja menyampaikan bahwa seluruh penumpang dan kru Kapal Westerdam tidak terjangkit virus COVID-19. Secara keseluruhan Kapal Westerdam membawa 1.455 penumpang dan 802 kru.

7 Negara Sudah Evakuasi Warga dari Kapal Diamond Princess, Selanjutnya Indonesia?

Sejumlah negara sudah terlebih dahulu melaksanakan evakuasi di Diamond Princess. Di antaranya Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Kanada, Israel, Italia, Hong Kong.

Virus Corona COVID-19 Merajalela di Penjara China, Ratusan Napi Tertular

Penjara di beberapa lokasi di China menjadi tempat penyebaran Virus Corona (COVID-19). Di satu penjara Wuhan, provinsi Hubei, dilaporkan ada 230 kasus positif virus tersebut. 

Dilansir South China Morning Post, Jumat (21/2/2020), Kementerian Kehakiman China menyebut 230 kasus positif itu terjadi di penjara perempuan Wuhan, lalu ada 41 kasus positif di penjara Shayang Hanjin, bahkan ada satu kasus di penjara anak.  

Kematian Pertama Akibat Virus Corona di Eropa

Seorang pria Italia menjadi orang Eropa pertama yang meninggal akibat terinfeksi Virus Corona COVID-19 pada Jumat 21 Februari 2020, hanya beberapa jam setelah 10 kota di negara itu menerapkan locked down menyusul banyaknya kasus baru.

Mengutip Straits Times, Sabtu (22/2/2020), pria 78 tahun yang positif Virus Corona COVID-19 dari wilayah Veneto itu meninggal setelah dirawat 10 hari akibat masalah kesehatan yang tidak berhubungan. Demikian menurut keterangan dari menteri kesehatan Italia.

5 Negara Timur Tengah Sudah Terpapar Virus COVID-19

Virus Corona (COVID-19) yang berasal dari kota Wuhan, China, sudah sampai ke Timur Tengah. Pasien terinfeksi tercatat ada di Iran, Israel, hingga Mesir.

Ada kasus yang terjadi karena ada warga China yang terinfeksi di negara tersebut, ada pula yang baru pulang dari kapal pesiar Diamond Princess, dan yang mengkhawatirkan di Iran yang positif Virus Corona lokal.

WNI di Hong Kong Dipenjara Akibat Curi 5.500 Masker, Ini Respons KJRI

Kasus pencurian masker mulai terjadi di Hong Kong akibat merebaknya Virus Corona (COVID-19). Salah seorang di antara pelaku tindakan tak terpuji itu adalah seorang WNI dan berujung hukuman penjara empat minggu.

South China Morning Post yang dikutip Sabtu (22/2/2020) melaporkan bahwa WNI bernama Masriki kepergok mencuri hingga 5.500 masker. Aksi perempuan itu terpergok pembeli lain dan berakhir di meja hijau.

Lampu Hijau Jepang untuk Indonesia Evakuasi WNI di Kapal Diamond Princess

Indonesia dan Filipina berencana mengirim pesawat untuk memulangkan warga di Diamond Princess, kapal pesiar yang terkena Virus Corona COVID-19 dan merapat di Yokohama. Demikian kata Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi pada Jumat 21 Februari 2020, seraya memberi sinyal lampu hijau untuk RI menjalankan proses evakuasi.

"Pergerakan itu terjadi pada saat total 759 penumpang dan awak sudah dievakuasi oleh Amerika Serikat, Korea Selatan, Australia, Hong Kong, Israel dan Kanada," kata Motegi mengatakan pada konferensi pers seperti dikutip dari Kyodo News, Sabtu (22/2/2020).

 

22 dari 59 halaman

23 Februari 2020

Pasien Meninggal di China Jadi 2.442 orang

Hingga Sabtu 22 Februari, jumlah pasien di seluruh China daratan yang meninggal karena Virus Corona tercatat 2.442 orang. Data itu diumumkan Komisi Kesehatan Nasional China pada Minggu (23/2/2020).

Secara keseluruhan, di China muncul 648 kasus baru. Angka itu merupakan penurunan dari sehari sebelumnya, yakni 397 kasus. Dengan kasus baru tersebut, jumlah total orang yang mengidap COVID-19 di China menjadi 76.936.

Jumlah pasien Virus Corona meninggal dunia di seluruh negeri Tirai Bambu naik sebanyak 97 orang, sehingga jumlah total mencapai 2.442 dan hanya satu kematian terjadi di luar Hubei.

Jumlah baru di luar Hubei tercatat 18 pasien, angka terendah sejak Komisi Kesehatan China mulai mengumumkan data nasional satu bulan lalu.

Sebanyak 82 dari 96 kematian di Hubei tercatat di ibu kota provinsi, Wuhan. Kota itu sudah dikunci selama beberapa pekan dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona.

Pasien Virus Corona Meninggal di Korsel Bertambah 2

Korea Selatan melaporkan dua kematian baru akibat Virus Corona COVID-19 dan 123 kasus pada hari Minggu, dengan hampir dua pertiga dari pasien baru terhubung dengan kegiatan agama.

Jumlah korban nasional di Korea Selatan kini mencapai 556 kasus dan merupakan yang tertinggi kedua di luar China, selain dari kapal pesiar Diamond Princess di Jepang, setelah jumlah infeksi melonjak dalam beberapa hari terakhir.

Dua kematian yang baru terjadi menjadikan totalnya kini empat, seperti dilaporkan oleh Channel News Asia, Minggu (23/2/2020). 

Salah satu korban berada di sebuah rumah sakit di Cheongdo, sebuah kota selatan yang terhubung dengan kegiatan keagamaan, di mana sekitar 100 kasus dilaporkan.

Di antara infeksi terbaru, 75 di antaranya melibatkan Shincheonji Church of Jesus di kota selatan Daegu, kata Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea dalam sebuah pernyataan.

23 dari 59 halaman

24 Februari 2020

Update Kasus Virus Corona COVID-19

Hingga Senin 24 Februari 2020 pukul 09.00 WIB, total kasus terkonfirmasi sebanyak 79.157, meninggal dunia 2.470 dan pulih sebanyak 23.564.

 

24 dari 59 halaman

25 Februari 2020

Update Korban Virus Corona COVID-19

Data Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE per Selasa (25/2/2020) menyebut, korban meninggal akibat Virus COVID-19 kini 2.699 jiwa. Sementara pasien sembuhnya 27.508 orang.

Dengan total kasus menembus angka 80.075 yang tersebar di sekitar 37 negara.

4 Negara Tutup Pintu untuk Iran Karena Virus Corona

Negara-negara yang tak jauh dari Iran pun tidak ragu untuk langsung menutup akses mereka terhadap Iran. Turki, Afganistan, Pakistan, dan Armenia sudah menutup perbatasan mereka untuk Iran akibat kasus Virus Corona COVID-19.

Indonesia Tolak 118 Turis Asing

Sejumlah 118 warga negara asing ditolak masuk ke Indonesia pada Minggu (23/2/2020). Kabag Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham Arvin Gumilang menyebut, penolakan izin masuk itu karena mereka memiliki riwayat perjalanan dari China dalam kurun waktu kurang dari 14 hari sebelum tiba di Indonesia.

40 Lebih Laga di Italia Dibatalkan Akibat Virus Corona COVID-19

Beberapa pertandingan Serie A, kompetisi kasta tertinggi sepak bola di Italia, terpaksa mengalami penundaan. Sabtu (22/2/2020) malam waktu setempat, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte menunda seluruh pertandingan olahraga yang dimainkan pada Minggu waktu setempat di wilayah Veneto dan Lombardia (Lombardy).

 

25 dari 59 halaman

26 Februari 2020

Update Korban Virus Corona COVID-19 yang Kini Tersebar hingga 40 Negara

Menurut data daru gisanddata.maps.arcgis yang dikutip Rabu (26/2/2020), jumlah korban meninggal dunia akibat Virus Corona COVID-19 menembus angka 2.760. Dengan pasien sembuh terus meningkat hingga 30.001.

Sementara persebaran Virus Corona COVID-19 mencapai 80.994 kasus di 40 negara di luar China daratan dan perairan Jepang (Kapal Diamond Princess). 

188 WNI di Kapal World Dream Akan Dievakuasi dan Didampingi 30 Orang Tim Medis

Sekretaris Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, Achmad Yurianto mengatakan ada tim medis yang terdiri dari 30 orang yang akan mendampingi 188 warga negara Indonesia (WNI) selama menjalani masa observasi di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu.

Universitas Singapura Tunda Pertukaran Pelajar ke Korsel Akibat Virus Corona

Universitas Nasional Singapura (NUS), Universitas Teknologi Nanyang (NTU) dan Universitas Manajemen Singapura (SMU) telah menangguhkan semua program pertukaran pelajar ke Korea Selatan setelah adanya kasus Virus Corona COVID-19 di sana.

 

26 dari 59 halaman

27 Februari 2020

Update Penyebaran Kasus Virus Corona COVID-19

Menurut data dari gisanddata.maps.arcgis.com, Kamis (27/2/2020), jumlah korban meninggal akibat Virus Corona COVID-19 mencapai angka 2.804. Sementara pasien sembuhnya menembus 32.898.

Sementara kasusnya hingga 82.170 yang persebarannya kini meluas hingga 49 negara di luar China daratan.

Cegah Virus Corona, Arab Saudi Tangguhkan Visa Umrah

Arab Saudi membatasi orang masuk ke negara itu demi menekan penyebaran Virus Corona COVID-19. Menangguhkan masuknya orang-orang yang ingin melakukan umrah atau mengunjungi Masjid Nabawi di Madinah, sebagaimana ditentukan oleh otoritas kesehatan negara kerajaan tersebut.

"Langkah tersebut dilakukan karena kekhawatiran akan penyebaran Virus Corona," kata kementerian luar negeri dalam sebuah pernyataan Kamis (27/2/2020) seperti dikutip dari Arab News. 

Militer AS dan Korsel Tangguhkan Latihan Gabungan Tahunan Karena Virus Corona

Militer Amerika Serikat dan Korea Selatan mengumumkan pada Kamis 27 Februari 2020 bahwa mereka menunda latihan gabungan tahunan mereka karena kekhawatiran tentang wabah virus yang telah menginfeksi tentara di angkatan bersenjata kedua negara, sehingga menempatkan banyak pasukan di fasilitas karantina dan pangkalan tertutup.

 

27 dari 59 halaman

28 Februari 2020

Update Korban, Pasien Sembuh dan Sebaran Virus Corona COVID-19

Data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE menyebut, jumlah korban meninggal akibat Virus Corona per Jumat (28/2/2020) mencapai 2.858. Dengan pasien sembuh mencapai 36.593.

Dengan total kasus mencapai 83.391 yang tersebar di sekitar 56 negara di luar China daratan.

TKI Ilegal di Taiwan Dilaporkan Positif Virus Corona COVID-19

Seorang pengasuh yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Rabu 26 Februari 2020. Ia tercatat sebagai kasus ke-32 di Negeri Formosa.

Mengutip Taiwan News, Kamis (27/2/2020), wanita yang bekerja sebagai pengasuh itu dilaporkan berbagi pengalamannya di bangsal isolasi di Kota New Taipei melalui streaming langsung di Facebook dan TikTok.

Virus Corona, KBRI Seoul Tutup Pelayanan untuk Sementara Waktu

Sehubungan dengan satu kasus terkonfirmasi pasien Virus Corona (COVID-19) di Yeouido yang diumumkan otoritas setempat pada sore Kamis 27 Februari 2020, maka dalam rangka upaya pencegahan serta menjamin keamanan dan keselamatan bersama, kantor KBRI dan IIPC Seoul tutup sementara mulai Jumat tanggal 28 Februari 2020 sampai dengan waktu yang akan ditentukan kemudian.

Keputusan tersebut dibuat lantaran kompleks KBRI Seoul maupun kantor IIPC Seoul berada dalam radius yang sangat dekat dari pergerakan pasien tersebut di kawasan Yeouido.

Waspada Virus Corona COVID-19, Masjid Indonesia di Tokyo Meniadakan Salat Jumat

Kasus Virus Corona (COVID-19) yang penyebarannya semakin luas, mengakibatkan terganggunya sejumlah kegiatan dan jadwal rutin termasuk salat Jumat yang menjadi rutinitas umat Muslim. 

Masjid Indonesia di Tokyo terpaksa meniadakan jadwal salat Jumat mulai hari ini, 28 Februari 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut diinformasikan melalui rilis yang disebarluaskan melalui akun Twitter @KBRITokyo. 

Wartawan Valencia Terjangkit Virus Corona Usai Liputan Liga Champions

Wartawan yang berpergian ke Milan, Italia, bersama Valencia positif terinfeksi virus corona model terbaru atau kini dikenal dengan sebutan COVID-19. Wartawan tersebut datang ke San Siro, Milan saat Valencia melawan Atalanta pada leg 1 babak 16 besar Liga Champions, 20 Februari lalu. 

Kabar ini disampaikan oleh Las Provincias seperti dikutip dari Marca, Kamis (27/2/2020) waktu setempat. Pria berusia 44 tahun tersebut dinyatakan positif virus Corona setelah menjalani tes pertama. Selanjutnya, sampel dikirim ke kota Madrid, Spanyol, untuk dianalisis lebih jauh. 

Kasus Virus Corona di Korea Selatan Tembus 2.000, BTS Batalkan Konser

Penyebaran virus Corona di Korsel berdampak ke industri K-Pop. BTS membatalkan rangkaian konser pada pertengahan April nanti di Olympic Stadium, Seoul. Label Big Hit Entertainment mengakui penyebabnya adalah Virus Corona.

Ada 200 ribu penonton yang diperkirakan hadir di konser. Pembeli tiket konser BTS akan mendapat refund. 

 

28 dari 59 halaman

29 Februari 2020

Jumlah Korban Virus Corona Terus Bertambah

Jumlah korban meninggal akibat terinfeksi Virus Corona COVID-19 per Sabtu (29/2/2020) mencapai 2.933

orang. Dengan pasien sembuh 39.761.

Data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE menyebutkan bahwa jumlah total kasusnya per hari Sabtu mencapai 85.688

WNI di Kapal World Dream Sudah Dievakuasi

WNI Kapal World Dream sudah tiba di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, kemarin (28/2/2020) siang. Mereka memulai observasi terkait virus corona (COVID-19) selama 14 hari di pulau tak berpenghuni tersebut.

Pasien Virus Corona di Selandia Baru Transit di Bali Naik Pesawat Emirates

Seorang warga Selandia Baru yang berusia 60-an sedang diisolasi karena positif Virus Corona (COVID-19). Pasien datang dari Tehran dan sempat transit di Bali.

Menurut NZHerald, Sabtu (29/2/2020), pasien tersebut naik pesawat Emirates dengan kode penerbangan EK450. Ia tiba di Auckland pada Rabu, 26 Februari.

Sekolah hingga Kantor di Hong Kong dan Jepang Tutup Akibat Virus Corona

Sejumlah sekolah di Hong Kong sedang menghadapi tekanan untuk mengembalikan uang sekolah kepada orang tua murid karena anak-anak didiknya terpaksa tinggal di rumah akibat virus corona. 

Sekolah di sana telah ditutup sejak akhir Januari dan akan tetap ditutup hingga setidaknya 20 April 2020.

3 Pemain Tertular Virus Corona, Klub Liga Italia Ini Masuk Karantina

Klub Liga Italia yang berbasis di Tuscany, Pianese AS telah ditempatkan di karantina setelah tiga pemain dan seorang anggota staf dinyatakan positif terkena virus Corona.

Salah satu pemain Pianese diduga menunjukkan gejala positif terkena virus Corona. Tim yang bermain di kompetisi Serie C Liga Italia ini pun harus menunda pertandingan berikutnya.

Karyawan Positif Corona, Hyundai Korea Selatan Tutup Pabrik

Hyundai Motor resmi menutup pabriknya di Korea Selatan, Jumat (28/2/2020), setelah karyawannya dinyatakan positif terkena virus Corona. Dengan penghentian produksi ini, pastinya akan mengganggu kiriman model-modelnya untuk domestik maupun ekspor.

 

29 dari 59 halaman

1 Maret 2020

Update Jumlah Korban Virus Corona Terus Bertambah

>

Per Minggu (1/3/2020), gisanddata.maps.arcgis.com merangkum jumlah korban meninggal akibat Virus Corona COVID-19 mencapai 2.979 orang. Dengan pasien sembuh mencapai 42,576.

Sementara kasusnya ada 86.986 yang tersebar di sekitar 63 negara di luar China daratan.

BNPB: WNI ABK Diamond Princess Dibawa ke Pulau Sebaru dengan KRI dr Soeharso

Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bersama Menko PMK Muhadjir Effendy memantau langsung persiapan kedatangan 69 Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah dinyatakan sehat dari Kapal Diamond Princess. Sesuai jadwal, mereka akan mendarat malam ini di Bandara Kertajati, Jawa Barat.

Kekhawatiran Virus Corona, LG Tutup Sementara Pabrik Layar

LG menambah daftar perusahaan yang terpengaruh penyebaran virus Corona. Menurut laporan media Korea Selatan (Korsel), Joongang Ilbo, LG menutup pabrik modul layar miliknya yang berada di wilayah Gumi.

Dilansir dari Phone Arena, Minggu (1/3/2020), penutupan sementara pabrik ini disebabkan kasus virus Corona yang telah dikonfirmasi di dekat pabrik tersebut. Seorang karyawan bank terdekat telah dikonfirmasi terinfeksi virus tersebut.

Anies Bentuk Tim Tanggap Cegah Virus Corona di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan membentuk tim tanggap untuk pencegahan virus corona atau COVID-19. Tim tersebut dipimpin oleh Asisten Bidang Kesra DKI Jakarta, Catur Laswanto.

"Nantinya akan menjadi pusat kendali untuk pemantauan, pencegahan, dan penanggulangan COVID-19," kata Anies di Kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu (1/3/2020).

Kepedulian Sederet Pesohor Korea pada Wabah Corona

Korea Selatan tercatat sebagai negara dengan jumlah kasus virus corona yang terbanyak di luar China. Sejumlah selebritas Korea pun tak tinggal diam dengan menawarkan sejumlah bantuan kepada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau badan amal Korea.

Persiapan Bandara Kertajati Sambut Kedatangan WNI ABK Diamond Princess

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati Kabupaten Majalengka, menyiapkan fasilitas khusus terkait rencana kepulangan WNI ABK Diamond Princess yang akan diobservasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu.

Direktur Utama PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) Salahudin Rafi mengatakan, proses penerbangan WNI ABK Diamond Princess dari Yokohama, Jepang ke Bandara Kertajati seluruhnya di bawah pengendalian dan koordinasi Kementerian Kesehatan.

AS Umumkan Kematian Pertama Akibat Virus Corona

Amerika Serikat mengumumkan korban pertama yang tewas karena virus corona. Korban ini merupakan pasien yang berasal dari King County, salah satu daerah di Washington.

Dalam jumpa pers, Presiden AS Donald Trump menyatakan warganya yang tewas adalah seorang wanita berusia di atas 50 tahun.  Selain itu ada 22 warga lain yang juga dinyatakan positif mengidap virus corona.

Qatar Konfirmasi Pasien Pertama yang Terinfeksi Virus Corona

Qatar telah mengonfirmasi kasus infeksi Virus Corona pertama di negara mereka. Hal itu telah dilaporkan oleh media pemerintah pada 29 Februari 2020. 

Laporan menyebut, kasus infeksi itu dialami oleh seorang pria berwarganegara Qatar berusia 36 tahun, demikian seperti dikutip dari Channel news asia, Minggu (1/3/2020).

Thailand Umumkan Kematian Pertama Akibat Virus Corona, 1 Pasien Lain Kritis

 

 

Thailand mengumumkan kematian pertama akibat virus corona pada Minggu 1 Maret 2020. Korban merupakan seorang pekerja ritel pria berusia 35 tahun.

Ia menderita demam berdarah dan Covid-19, kata Suwannachai Wattanayingcharoenchai, direktur jenderal Departemen Pengendalian Penyakit Thailand hari ini, dikutip dari Bangkok Post, Minggu (1/3/2020).

Staf Terinfeksi Virus Corona, Chung Ha Batal Tampil di Jakarta

Virus Corona kini tengah mewabah di berbagai belahan dunia, termasuk Korea Selatan. Staf penyanyi K-Pop populer Chung Ha ikut tertular virus ini.

Rupanya, Chung Ha dan stafnya ini baru mengunjungi Italia, salah satu negara dengan kasus virus corona yang cukup tinggi.

Cegah Virus Corona, Prancis Larang Perkumpulan Massal

Prancis dilaporkan telah membatalkan semua pertemuan atau perkumpulan publik yang melibatkan 5.000 orang atau lebih pada Sabtu, 29 Februari 2020.

Pemberlakuan kebijakan itu bertujuan untuk mencegah penyebaran wabah Virus Corona yang dilaporkan telah menyebar secara cepat di seluruh dunia, juga peningkatan tingkat kewaspadaan risiko yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ke level tertinggi, seperti dikutip dari Channel News Asia, Minggu, (1/3/2020).

 

30 dari 59 halaman

2 Maret 2020

Update Korban hingga Persebaran Virus Corona COVID-19

Menurut gisanddata.maps.arcgis.com, Senin (2/3/2020) pagi, jumlah korban meninggal akibat Virus Corona menembus angka 3.038. Dengan pasien sembuhnya mencapai 45.058.

Sementara kasusnya sudah 89.064 yang tersebar di sekitar 60 negara di dunia.

69 WNI dari Kapal Diamond Princess Dinyatakan Sehat dari Pemerintah Jepang

 

 

Ke-69 Warga Negara Indonesia (WNI) Kapal Diamond Princess yang dipulangkan ke Indonesia sudah dinyatakan sehat oleh pemerintah Jepang. Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Ia mengatakan, 69 WNI Kapal Diamond Princess negatif dari virus corona (COVID-19). Mereka pun sudah memeroleh sertifikat sehat dari pemerintah Jepang.

Ilmuwan Klaim Vaksin Corona Tersedia dalam 90 Hari

Para ilmuwan dunia kini tengah berjuang mengembangkan vaksin Virus Corona, termasuk di Israel. Bahkan sebuah kelompok peneliti mengatakan bahwa vaksin tersebut akan rampung dalam tiga minggu dan siap digunakan dalam 90 hari.

Para ilmuwan di Galilee Research Institute, yang dikenal sebagai MIGAL, sedang mencoba vaksin virus bronchitis menular avian coronavirus, atau IBV, untuk bereaksi menghambat coronavirus baru yang dikenal sebagai COVID-19, seperti dilaporkan Jerusalem Post.

Umat Diduga Saling Tularkan Virus Corona, Pemimpin Sekte di Korea Selatan Diselidiki

 

 

Korea Selatan sedang memerangi wabah Virus Corona terburuk di luar China.

Negara ini telah melaporkan 3.730 kasus dan 21 kematian sejauh ini. Lebih dari setengah dari semua yang terinfeksi melibatkan anggota Gereja Shincheonji Yesus, sebuah kelompok Kristen pinggiran.

Pemimpin sebuah sekte keagamaan di Korea Selatan itu akan diselidiki atas beberapa kematian akibat Virus Corona di negara itu.

Pemerintah ibu kota Seoul telah meminta jaksa penuntut untuk menuntut Lee Man-hee, pendiri Gereja Shincheonji, bersama dengan 11 orang lainnya.

Jokowi: 2 Orang di Indonesia Positif Virus Corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa saat ini sudah ada dua orang yang terpapar virus corona di Indonesia. Jokowi mengatakan, dua orang itu terinveksi virus corona dari warga negara Jepang. 

"Begitu ada informasi bahwa orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia dan dicek di sana positif corona, tim dari Indonesia langsung telusuri," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Menkes Terawan: 2 Orang Positif Corona Rumahnya Dekat Depok

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto membenarkan  saat ini ada dua orang di Indonesia yang diduga terinfeksi virus corona. Menurut Terawan, keduanya bertempat tinggal di wilayah dekat Depok.

"(2 orang itu) di rumahnya, daerah dekat Depok," ujar Menkes Terawan, Senin (2/3/2020).

Kronologi 2 Pasien di Indonesia Terkena Virus Corona

Presiden Joko Widodo menyampaikan, informasi mengenai orang Jepang yang beberapa minggu lalu berkunjung ke Indonesia dan dinyatakan terjangkit Virus Corona. Ia tinggal di Malaysia, dan baru di sana terdeteksi positif Virus Corona.

"Dicek disana ternyata positif Virus Corona, tim dari Indonesia langsung menelusuri orang Jepang saat bertamu ke Indonesia bertamu ke siapa, bertemu dengan siapa. Itu ditelusuri dan ketemu," jelas Jokowi saat konferensi pers di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/3/2020).

Menkes: Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Mengalami Batuk, Pilek, dan Sempat Sesak Napas

 

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengonfirmasi dua kasus positif virus corona COVID-19 di Indonesia. Keduanya adalah keluarga yang terdiri dari seorang ibu dan putrinya yang berada Depok.

Dalam konferensi persnya di Jakarta, Menkes mengatakan bahwa kedua pasien yang positif corona sempat mengalami batuk, pilek, dan sedikit sesak napas. Meski begitu, dia menyatakan mereka berada dalam kondisi yang lebih baik.

Berawal dari Pesta Dansa di Hari Valentine, Pasien di Indonesia Tertular Virus Corona

 

 

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengungkapkan bahwa dua orang di Indonesia yang terkonfirmasi positif virus corona COVID-19 pertama kali berkontak dengan warga negara Jepang yang berasal dari Malaysia dalam sebuah pesta dansa pada 14 Februari lalu.

"Kenanya karena dia guru dansa, ya dia berdansa dengan teman dekatnya itu dan kemudian tanggal 14 Februari, kalau tidak salah. Dua hari kemudian, dia merasa batuk-batuk, tidak enak, sehingga rawat jalan ke rumah sakit," kata Terawan di Rumah Sakit Pusat Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta pada Senin (2/3/2020).

Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Presiden Jokowi mengonfirmasi adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit Virus Corona. Kabar yang tengah ramai diperbincangkan masyarakat dalam negeri ini ternyata juga menyita perhatian dunia internasional.

Pasalnya, Virus Corona tengah menjadi ancaman bagi masyarakat dunia. Seakan-akan tiap negara di dunia hanya tinggal menunggu giliran saja.

Indonesia Sudah Kena, Ini 3 Negara ASEAN yang Belum Ada Kasus Virus Corona

 

 

Indonesia resmi mengumumkan kasus Virus Corona COVID-19. Dua pasien merupakan ibu dan anak yang berasal dari daerah Depok.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa dua orang tersebut pernah ada kontak dengan warga negara Jepang yang positif Virus Corona.

Selain Indonesia, Ini 26 Negara Asia di Luar China Terpapar Virus Corona

Salah satu negara di Asia, kembali dilaporkan terinfeksi Virus Corona. Indonesia kini masuk daftar peta persebaran COVID-19, Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Selain Indonesia, sejumlah negara di Asia di luar China Daratan sebelumnya telah lebih dahulu dilaporkan terjangkit wabah Virus Corona COVID-19.

 

31 dari 59 halaman

3 Maret 2020

Update Virus Corona: Jumlah Korban Tewas hingga Kasus Persebaran yang Kian Bertambah

Per Selasa(3/3/2020), gisanddata.maps.arcgis.com melaporkan korban tewas akibat Virus Corona COVID-19 mencapai 3.117. Dengan pasien sembuh di angka 47.995.

Sementara kasusnya menembus 90.936 yang tersebar di 73 negara dan wilayah di luar China Daratan. 

Total Kematian Akibat Virus Corona di AS Jadi 6

Empat orang lagi meninggal dunia akibat wabah Virus Corona di negara bagian Washington, sehingga total kematian di sana menjadi enam.

Washington telah mengumumkan keadaan darurat selama akhir pekan. Lima dari kematian terjadi di King County, yang kota utamanya adalah Seattle.

Seperti dilaporkan oleh BBC, Selasa (3/3/2020), sekarang ada 18 kasus yang dikonfirmasi di wilayah tersebut, dan ada kekhawatiran yang berkembang bahwa virus akan menyebar lebih lanjut.

Portugal Laporkan Kasus Pertama Positif Virus Corona COVID-19

Portugal telah mengkonfirmasi kasus pertama dari Virus Corona yang menginfeksi seorang pria berusia 60 tahun. Ia sebelumnya melakukan perjalanan dari Italia utara.

Menurut informasi dari Channel News Asia, Selasa (3/3/2020), pasien itu adalah orang kedua yang dirawat di rumah sakit di Portugal dengan gejala Virus Corona. Sebelumnya, seorang pria berusia 33 tahun, sedang menunggu hasil tes akhir setelah ujian awal menunjukkan kemungkinan ia diduga terinfeksi. 

Kasus Virus Corona Pertama Dikonfirmasi di Arab Saudi

Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah mengumukan pada Senin 2 Maret 2020 bahwa pihaknya telah menemukan adanya kasus Virus Corona pertama pada seorang warga negara Saudi yang kembali dari Iran melalui Bahrain. 

Kementerian mengatakan di akun Twitter resminya bahwa individu itu, yang kini menjalani karantina di rumah sakit, belum mengungkapkan kunjungannya ke Iran ketika memasuki Arab Saudi.

Kompleks Istana Diperketat Usai Indonesia Positif Corona

Setelah  dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif virus Corona atau COFID-19, beberapa tempat umum diperketat. Tidak terkecuali komplek Istana Kepresidenan.

Pantauan Merdeka.com, sekitar pukul 08.45 WIB, lobi sudah disiapkan alat pembersih agar terhindar dari virus corona. Mulai dari tisu basah, kering hingga hand sanitizer.

3 Rempah Asli Indonesia Ini Diklaim Bisa Tangkal Virus Corona

Bukan tanpa alasan, virus Corona hingga kini menjadi ancaman dunia karena telah banyak menelan korban jiwa. Bahkan anti-virus tersebut pun masih dipertanyakan hingga kini.

Namun ditengah ramainya beberapa medis mencari obat untuk virus Corona, baru-baru ini terdapat penemuan baru terkait penangkal virus Corona hasil riset Universitas Airlangga.

4 Pernyataan Jokowi Terkait WNI Positif Virus Corona

Presiden Jokowi memastikan ada dua WNI yang dinyatakan positif terjangkit Corona Virus Disease (Covid-19) atau virus Corona. Dia mengatakan, dua orang itu terinveksi virus Corona dari warga negara Jepang.

Berikut 4 pernyataan Jokowi terkait WNI ibu dan anak yang terjangkit virus corona dihimpun Liputan6.com.

Ini Daftar Konferensi Teknologi yang Dibatalkan Akibat Virus Corona

Mengutip laman ZDNet, Selasa (3/3/2020), efek virus corona berpengaruh pada seluruh bidang pekerjaan, terutama pada sektor ekonomi dan teknologi yang dapat dirasakan dampaknya secara langsung.

Tak sedikit acara rutin tahunan yang akan digelar di berbagai negara dibatalkan karena adanya perundang-undangan yang melarang pertemuan besar, termasuk konferensi teknologi.

Kemungkinan acara tersebut tetap dibatalkan, ditunda, atau pun diubah menjadi acara virtual. Lebih lengkapnya, di bawah ini daftar konferensi teknologi yang batal digelar karena virus corona.

MotoGP Qatar Dibatalkan karena Virus Corona, 2 Pembalap Berpotensi Diuntungkan

 

 

Seri perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Losail, Qatar, akhir pekan ini, terpaksa dibatalkan karena virus Corena. Bahkan, seri kedua di Sirkuit Buriram, Thailand, juga sudah diundur.

Kondisi di atas tentu sangat mengecewakan, utamanya untuk tim-tim dan pembalap MotoGP 2020. Maklum, mereka sudah bekerja keras mempersiapkan motor dan kondisi agar bisa maksimal pada lomba di Qatar.

16 Pasien Positif Sembuh, Begini Cara Vietnam Tangani Wabah Virus Corona

Ini kisah seorang dokter asal Israel, Rafi Kot, yang terlibat dalam penanganan wabah Virus Corona di Vietnam. Dia menceritakan bagaimana negara itu bisa menyembuhkan seluruh 16 pasien positif beberapa waktu lalu.

Tiga pekan setelah kasus pertama ditemukan, Vietnam mampu menangani wabah Virus Corona.

RSUD Depok Jadi Tempat Perawatan Sementara Pasien Virus Corona

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Jawa Barat menyiapkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) untuk menjadi tempat perawatan sementara apabila ada warga yang mempunyai gejala seperti terindikasi virus corona atau Covid-19.

"Kemenkes mengarahkan RSUD Depok sebagai rumah sakit sentinel untuk perawatan sementara sebelum dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso," kata Direktur RSUD Kota Depok, Devy Maryori di Depok, Selasa (3/3/2020).

DPR Minta Pemerintah Lindungi Data Pribadi Pasien Virus Corona

Pemerintah mengumumkan saat ini sudah  ada dua orang yang terpapar virus corona di Indonesia. Terkait hal ini, anggota Komisi I DPR RI Charles Honoris mengatakan, pemerintah harus memberikan perlindungan kepada warga terdampak corona, dan bisa menjaga kerahasiaan identitas pasien penyakit menular tersebut.

"Sebab, hak atas privasi adalah salah satu hak konstitusional yang diatur dalam UUD 1945. Tersebarluasnya data pribadi, misalnya nama lengkap, alamat tinggal, foto, dan sebagainya pasien virus corona lewat media sosial atau media lainnya, harus dipandang serius sebagai pelanggaran privasi warga negara. Negara seharusnya bisa melindungi kerahasiaan data pribadi dan menutup ruang sekecil apapun terhadap pelanggaran tersebut," kata Charles, Selasa (3/2/2020).

Virus Corona di Indonesia, Harga Masker Melonjak hingga Rp 1,5 Juta

Warga DKI Jakarta dan sekitarnya pun berbondong-bondong menyerbu toko-toko alat kesehatan yang menjual masker. Salah satu yang dituju adalah Pasar Pramuka, Jakarta Timur.

Lisa Pradianti, seorang warga asal Cakung mengaku tak mempersoalkan harga masker yang kini naik hingga 10 kali lipat. Menurut dia, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

"Mahal juga tak masalah, asal punya (masker) supaya enggak ketularan (tertular virus corona)," ujar dia, Selasa (3/3/2020).

Dia mengaku membeli masker untuk nantinya dipakai oleh sang suami. Dia mengaku sang suami kerap bepergian ke luar kota lantaran tugas dari kantor.

Dia mengatakan, setelah membaca berita bahwa di Pasar Pramuka masih menyimpan stok masker, dia pun bergegas untuk membelinya.

Dokter di China Berhasil Operasi Transplantasi Paru-Paru Pasien Virus Corona

Tim dokter di Provinsi Zhejiang, China timur, berhasil menyelesaikan operasi transplantasi paru-paru ganda pada pasien penderita Virus Corona COVID-19. Kabar itu disampaikan Rumah Sakit Afiliasi Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang.

Operasi pada pasien COVID-19 yang berusia 66 tahun itu dilakukan pada Minggu 1 Maret oleh tim medis yang dipimpin Liang Tingbo, ahli bedah terkemuka bidang transplantasi organ di China sekaligus ketua Partai Komunis China di rumah sakit tersebut.

2 Warga Depok Positif Virus Corona, Kemenkes Nyatakan Belum Ada Karantina Wilayah

 

 

Kementerian Kesehatan menegaskan belum melakukan akan melakukan isolasi terhadap daerah-daerah tertentu terkait ditemukannya positif virus Corona COVID-19 di Indonesia.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Anung Sugihantono mengatakan hal tersebut usai mendapatkan pertanyaan seputar kemungkinan isolasi daerah seperti yang terjadi di Wuhan, Tiongkok.

Ridwan Kamil Imbau Warga Jabar Tak Borong Masker dan Sembako

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  mengimbau kepada seluruh warga Jabar untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa. Serta tidak panik dengan memborong masker dan sembako terkait dua warga Depok dinyatakan positif virus corona.

"Ada beberapa imbauan kepada masyarakat. Pertama, jaga kesehatan, makin fit, makin bugar, makin mudah virus itu dilawan," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil di Kota Depok, Senin (2/3/2020) malam.

Virus Corona Muncul di Indonesia, Head in The Clouds Jakarta Ditunda

Beberapa jam setelah pernyataan Presiden tentang virus Corona di Indonesia, 88rising selaku penyelenggara Head in the Clouds Jakarta mengeluarkan pengumuman bahwa acara ini diundur. Sejatinya, festival musik ini akan digelar pada 7 Maret mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

 

32 dari 59 halaman

4 Maret 2020

Update Virus Corona: Jumlah Korban Tewas hingga Kasus Persebaran yang Kian Bertambah

Data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE per Rabu (4/3/2020), jumlah korban meninggal akibat terinfeksi Virus Corona baru mencapai 3.198. Dengan pasien sembuh menembus 50.681 orang.

Sementara itu, kasus positif Virus Corona kini dilaporkan ada 93.129 yang tersebar di 81 negara dan wlayah kecuali China Daratan dan dari Kapal Diamond Princess.

KA Bandara Sediakan Hand Sanitizer dan Semprot Disinfektan

 

 

PT Railink meningkatkan pelayanan kereta api bandara dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Salah satunya dengan menyediakan hand sanitizer di tujuh stasiun kereta api bandara di Jakarta dan Medan, Sumatera Utara.

Selain itu, sosialisasi dan edukasi untuk mencegah potensi penyebaran virus Corona terutama di lingkungan stasiun dan kereta api bandara juga terus dilakukan. Hal itu mengingat PT Railink merupakan gerbang transportasi masyarakat domestik dan internasional.

Pasien Terbaru Positif Virus Corona di Singapura Pernah ke Jakarta Februari Lalu

 

 

Seorang wanita Singapura berusia 68 tahun, yang baru-baru ini bepergian ke Indonesia, adalah satu dari dua kasus yang dikonfirmasi pada Selasa 3 Maret 2020.

Menurut riwayat perjalanannya, ia berada di Jakarta dari 11 hingga 14 Februari. Setelah mengalami gejala pada 16 Februari, dia pergi ke dua klinik sebanyak tiga kali sebelum akhirnya diisolasi di Rumah Sakit Tan Tock Seng pada 27 Februari. Demikian seperti dikutip dari The New Paper, Rabu (4/3/2020). 

Wanita itu kini terdaftar sebagai Kasus 107, ia kemudian menjalani perawatan di Pusat Nasional untuk Penyakit Menular Singapura.

Kondisi Tokyo Usai Wabah Corona Merebak, Stasiun Lebih Sepi hingga Masker Sulit Dicari

 

Jepang menjadi negeri dengan jumlah pasien corona terbanyak ke empat di luar Tiongkok, setelah Korea Selatan, Iran, dan Italia. Kondisi itu rupanya memengaruhi aktivitas warga setempat, khususnya di Tokyo.

Dalam pengamatan Liputan6.com yang datang atas undangan JNTO pada Senin, 2 Maret 2020, sekilas tak ada yang berbeda dari kegiatan warga sehari-hari. Saat tiba di Stasiun Tokyo, warga berlalu-lalang dengan langkah cepat. Mayoritas dari mereka mengenakan masker.

Bank Dunia Siap Gelontorkan USD 12 Miliar untuk Tekan Dampak Corona

Bank Dunia mengumumkan menyediakan paket awal hingga USD 12 miliar dalam bentuk dukungan langsung untuk membantu negara-negara mengatasi dampak kesehatan dan ekonomi dari wabah COVID-19 atau Virus Corona.

Paket jalur cepat baru ini akan membantu negara-negara berkembang memperkuat sistem kesehatan, termasuk akses yang lebih baik ke layanan kesehatan untuk melindungi orang dari epidemi, memperkuat pengawasan penyakit, meningkatkan intervensi kesehatan masyarakat, dan bekerja dengan sektor swasta untuk mengurangi dampak terhadap ekonomi.

"Kami berupaya untuk memberikan respons yang cepat dan fleksibel berdasarkan kebutuhan negara-negara berkembang dalam menangani penyebaran COVID-19," kata Presiden Kelompok Bank Dunia David Malpass dikutip dari Antara, Rabu (4/3/2020).

Polisi Kembali Menggerebek Penimbunan Masker di Tangerang

Polisi kembali menggerebek sebuah gudang yang diduga menjadi lokasi penimbunan masker di tengah isu kelangkaan masker akibat adanya Virus Corona.

Penggerebekan dilakukan di Jalan Marsekal Surya Darma, Neglasari pada Selasa (3/3/2020) pukul 15.00 WIB. Hal ini, dibenarkam oleh Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Iwan Kurniawan.

Pemprov DKI Periksa Suhu Pegawai dan Tamu di Balai Kota

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai hari ini, Rabu (4/3/2020) memeriksa suhu tubuh pegawai dan tamu yang memasuki area Balai Kota. Hal itu dilakukan sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19 di lingkungan Pemprov DKI.

Pantauan merdeka.com, ada beberapa titik pemeriksaan suhu, salah satunya di area pendopo, akses menuju Kantor Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Petugas keamanan yang melakukan pemeriksaan terlihat mengenakan sarung tangan saat mengukur suhu.

IMF dan Bank Dunia Adakan Meeting Virtual Akibat Wabah Corona

IMF dan Bank Dunia membatalkan pertemuan musim semi mereka (spring meetings) di Washington, D.C. akibat Virus Corona (COVID-19). Sebagai gantinya, kedua institusi keuangan itu mengadakan pertemuan virtual.

Dilaporkan CNBC, Rabu (4/3/2020), IMF dan Bank Dunia akan memperkuat kapabilitas IT dan koneksi virtual mereka dalam mengadakan konsultasi kebijakan serta dalam berbagai analisis. Pertemuan virtual ini adalah kesepakatan bersama.

Staf Twitter Diminta Bekerja dari Rumah

Mulai 2 Maret 2020, staf Twitter di seluruh dunia dilaporkan diminta untuk bekerja dari rumah sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran epidemi Virus Corona COVID-19.

Sejak muncul di China tengah pada akhir tahun lalu, wabah Virus Corona COVID-19 telah menyebar di seluruh dunia dan menewaskan lebih dari 3.100 orang, dan menginfeksi lebih dari 90.000, serta mendorong gelombang pembatasan perjalanan, seperti dikutip dari AFP, Selasa, (3/3/2020).

Donald Trump Sumbangkan Gaji Demi Lawan Virus Corona

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan gajinya ke Kementerian Kesehatan dan Layanan Masyarakat. Donasi gaji ini diberikan untuk mendukung respons kementerian itu dalam melawan wabah Virus Corona (COVID-19).

Gaji yang Trump sumbangkan berasal dari gaji kuartal terakhir 2019. Kabar ini disampaikan juru bicara Gedung Putih Stephanie Grisham di Twitter.

Bandara Husein Sastranegara Bandung Setop Penerbangan ke Malaysia dan Singapura

 

 

Mulai hari ini, PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung menghentikan sementara dua rute penerbangan internasional ke Malaysia dan Singapura. Keputusan tersebut menyusul diumumkannya Virus Corona atau Covid-19 ke Indonesia.

4 WNI di Jepang Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona

Empat WNI di Jepang telah dinyatakan sembuh. Mereka adalah ABK dari kapal pesiar Diamond Princess.

Berdasarkan sumber resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu), empat pasien itu sudah mendapat surat sembuh. 

"Info dari KBRI di Tokyo, total kru WNI yg dinyatakan sembuh (surat keterangan sehat Jepang) per kemarin ada empat," ujar (Plt) Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah kepada Liputan6.com, Rabu (4/3/2020). 

Liga Inggris Terancam Digelar Tanpa Penonton karena Virus Corona

Kompetisi Liga Inggris terancam. Penyebabnya adalah wabah virus Corona yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, mulai merajalela di berbagai negara, termasuk Inggris.

Melansir dari Give Me Sports, Selasa (3/3/2020), FA dan Liga Inggris bisa melarang penonton menghadiri pertandingan yang tersisa musim ini. Itu artinya setiap laga di kasta tertinggi sepak bola Inggris itu digelar tanpa penonton.

8.000 Karyawan Google Kerja dari Rumah karena Virus Corona

Bekerja remote atau bekerja dari rumah belakangan ini sudah sangat umum. Sejumlah perusahaan juga mulai meminta karyawannya untuk tidak perlu masuk kerja dan hadir untuk membuktikan produktivitasnya.

Namun, apa yang dilakukan Google Irlandia memiliki tujuan berbeda. Mereka meminta 8.000 karyawannya bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

Informasi tersebut mencuat dari sebuah kicauan editor teknologi Irish Independent, Adrian Weckler, baru-baru ini. Demikian sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Rabu (4/3/2020).

Bandara Terapkan Pemeriksaan 3 Lapis

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa pengecekan bagi seseorang saat kedatangan ke Indonesia melalui bandar udara (bandara) itu dilakukan sebanyak 3 kali.

‚ÄúSebenarnya di bandara itu ada 3 lapis ya, satu secara umum, kedua dideteksi individual, dan satu yang ada di pesawat dari negara-negara tertentu yang zona merah. Nanti akan saya klarifikasi lagi,‚ÄĚ ujar Menhub dikutip dari laman Setkab, Rabu (4/3/2020).

Menjawab soal diskon tiket pesawat, Menhub sekarang baru mau dijalankan, nanti setelah pelaksanaan 3 bulan ke depan baru akan dievaluasi.

Bandara Juanda Sediakan Hand Sanitizer Gratis untuk Penumpang

Petugas Bandara Internasional Juanda Surabaya menyediakan cairan pencuci tangan atau hand sanitizer untuk para penumpang sebagai upaya membantu membersihkan tangan selama di bandara.

Legal and Communication Section Head PT Angkasa Pura I Juanda, Surabaya Yuristo mengatakan, cairan cuci tangan itu ditempatkan di beberapa titik strategis yang mudah dijangkau oleh penumpang, Selasa, 3 Maret 2020.

"Seperti di tempat pemeriksaan KKP, di depan ruang isolasi KKP, tempat informasi dan di beberapa tenant di Bandara Juanda juga disediakan cairan pencuci tangan itu," katanya di Bandara Internasional Juanda Surabaya, dilansir dari Antara.

Pasien Lansia yang Diisolasi Sepulang Umrah di RSUP Dr Sardjito Kondisinya Stabil

Seorang pasien perempuan berusia 75 tahun menjalani perawatan di ruang isolasi RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta. Pasien tersebut menderita batuk-batuk, pilek, demam dan memiliki riwayat baru pulang menjalani ibadah umrah pada Minggu (1/3/2020). Sehingga dikhawatirkan terinveksi virus corona.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Paru RSUP Dr Sardjito, Ika Trisnawati mengatakan saat ini pasien dalam kondisi stabil. Sebelumnya pasien sempat mengalami dehidrasi karena tak mau makan dan minum.

Guru Punya Gejala Mirip Corona, Sekolah Internasional di Jaksel Diliburkan

Sebuah sekolah di wilayah Jakarta Selatan meliburkan siswa dan pegawainya selama 14 hari sejak hari ini, Selasa (3/3/2020).

Team leader security sekolah itu, Firmansyah ketika ditemui di Jakarta, menyampaikan keputusan pihak sekolah meliburkan kegiatan pendidikan dikarenakan salah satu pengajar dirawat di rumah sakit karena punya gejala mirip virus Corona.

Dibandingkan Masker, Cuci Tangan Paling Ampuh Singkirkan Virus Corona?

Untuk mencegah virus corona, ada anggapan masker tidak begitu efektif. Cuci tangan menggunakan sabun justru lebih ampuh menyingkirkan virus corona. Ini karena bakteri dan virus akan hilang saat kita mencuci tangan.

Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Syahrizal Syarif menanggapi, penggunaan masker efektif untuk orang yang sakit dan mencegah penularan ke orang lain.

Sedangkan cuci tangan termasuk bagian agar menghindari penularan secara tidak langsung terhadap benda-benda yang terkontaminasi bakteri dan virus.

Cuci Tangan dengan Air atau Hand Sanitizer, Mana Lebih Efektif Lawan Virus Corona?

 

 

Wabah Virus Corona COVID-19 membuat warga New York cemas. Mereka berkerumun di toko-toko obat dan supermarket mencari pembunuh kuman.

Sementara para spesialis kesehatan masyarakat menekankan pentingnya menjaga tangan bersih selama wabah Virus Corona, membuat sabun dan cairan pembersih tangan ludes terjual dalam waktu singkat. Tetapi apakah produk sejenis ini benar-benar efektif terhadap COVID-19 atau ada cara lain yang lebih baik?

Hampir 50 Ribu Orang Sembuh dari Infeksi Virus Corona COVID-19

Jumlah pasien sembuh dari Virus Corona (COVID-19) kini nyaris mencapai 50 ribu orang. Ini berarti lebih dari setengah pasien Virus Corona bisa pulih.

Berdasarkan pantauan Gis And Data, Selasa (3/3/2020), jumlah pasien yang positif Virus Corona ada 91.313 pasien, di antara angka itu sebanyak 3.118 pasien meninggal dan 48.134 pasien berhasil sembuh.

Jangan Panik Tanpa Alasan, Ini 10 Hal yang Wajib Anda Ketahui Soal Virus Corona

 

 

Sebelum virus ini membuat Anda menjadi panik tak beralasan, berikut adalah 10 informasi mendasar yang perlu diketahui dan menjadi dasar Anda untuk melakukan sesuatu.

Uang hingga Gagang Pintu, 10 Benda Ini Bisa Jadi Medium Penularan Virus Corona

 

 

Meskipun risikonya rendah, masuk akal untuk tetap mengambil tindakan pencegahan. Saran resmi NHS adalah mencuci tangan secara teratur (atau gunakan pembersih tangan dengan kadar alkohol setidaknya 60%), menggunakan siku untuk menutup mulut ketika batuk dan buang segera tisu bekas. 

Dilansir dari The Guardian, Rabu (4/3/2020), berikut adalah 10 benda mati yang berpotensi jadi medium penyebaran Virus Coron.

 Tidak Benar Orang dengan Golongan Darah O Rentan Terjangkit Virus Corona

Beredar kabar bahwa orang dengan golongan darah O rentan terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH., MMB membantah kabar tersebut. Dia menyebut bahwa kabar orang dengan golongan darah O rentan terjangkit virus corona adalah hoaks.

33 dari 59 halaman

5 Maret 2020

 Swiss Konfirmasi Kematian Pertama Akibat Virus Corona

Swiss melaporkan kasus kematian pertama karena Virus Corona COVID-19 pada Kamis,(5/3/2020) waktu setempat. Kematian pertama pasien Virus Corona itu terjadi pada seorang wanita berusia 74 tahun, menurut Kepolisian Swiss.

 

34 dari 59 halaman

6 Maret 2020

Update Kasus dan Korban Akibat Virus Corona di Dunia Per Hari Ini

Data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Jumat (6/2/2020), menyebutkan bahwa korban meninggal mencapai 3.383. Dengan pasien sembuh menembus 55.418.

Sementara kasusnya kini di angka 98.370 yang tersebar di sekitar 89 negara dan wilayah.

Kasus Virus Corona China Terus Turun, Ahli Perkirakan Wabah di Wuhan Usai Akhir Maret

 

Para ahli dan panel WHO yang kini sedang bertugas di China menyampaikan pada Kamis 5 Maret 2020 bahwa angka penurunan kasus yang kini terjadi pada Virus Corona di kota Wuhan, sebagai tempat asal virus bermula, dapat menjadi suatu tanda akan kemungkinan hilangnya wabah hingga angka nol pada akhir bulan Maret. 

Pihak Komisi Kesehatan Nasional (NHC) melaporkan bahwa ada 139 kasus baru di China daratan pada Rabu, 4 Maret 2020. Angka tersebut menjadikan jumlah total kasus kini menjadi 80.409. 

Jumlah Kematian Akibat Virus Corona di Italia Bertambah 41 Orang

Otoritas di Italia melaporkan kematian baru sebanyak 41 orang dalam satu hari akibat Virus Corona. Dengan angka ini, total kematian akibat COVID-19 di Italia mencapai 148 orang.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (6/3/2020) Italia menjadi negara di Eropa yang dengan angka penyebaran tertinggi.

Jumlah kasus Virus Corona terus melonjak. Mulanya 769 kasus. Dan kini sudah mencapai 3.858 kasus dalam dua minggu terakhir.

68 ABK Diamond Princess Masuk Lokasi Observasi Corona di Pulau Sebaru Kecil

 

 

Sebanyak 68 Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess dan 10 kru pendamping dipindahkan dan  masuk ke lokasi observasi Corona Virus (COVID-19) di Pulau Sebaru kecil, Kepulauan Seribu.

"Dari 69 ABK Diamond Princess, hanya 68 yang dipindahkan ke Pulau Sebaru Kecil, satu orang masih pemeriksaan lebih lanjut," jelas Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Laksamana Madya Yudo Margono di Dermaga Pulau Lipan, dikutip dari Antara, Kamis (5/3/2020).

Cegah Corona, TransJakarta Sediakan Masker bagi Pelanggan yang Sakit

PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) selain menyediakan cairan pencuci tangan (hand sanitizer) di 80 halte juga menyediakan masker bagi pelanggan yang sakit untuk mencegah tersebarnya virus Corona (COVID-19).

"Masker juga kami sediakan untuk pegawai, termasuk pelanggan kami yang sakit. Jadi tidak kami bagi-bagikan kepada semua orang. Tapi kalau ada pelanggan yang sakit silakan digunakan fasilitas yang kami sediakan," kata (Plt) Direktur Utama TransJakarta, Yoga Adiwinata di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Inggris Konfirmasi Kasus Kematian Pertama Virus Corona

Seorang pasien yang dirawat di Rumah Sakit Royal Berkshire di Reading, London, meninggal dunia, setelah diyakini telah tertular virus Corona. Ini adalah kasus kematian pertama virus Corona dari jumlah total 115 kasus di Inggris.

Petugas di rumah sakit mengkonfirmasi seorang pasien yang diketahui telah lanjut usia di Inggris yang dites positif COVID-19 telah meninggal.

Kasus Pertama di Afrika Selatan, Seorang Pria Positif Corona Usai Pulang dari Italia

 

Seorang pria berusia 38 tahun di Afrika Selatan tertular virus Corona setelah melakukan perjalanan dari Italia. Pria tersebut bersama istrinya merupakan bagian dari rombongan 10 orang yang kembali ke Afrika Selatan pada 1 Maret 2020.

Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Zweli Mkhize, seperti dilansir AFP, Jumat (6/3/2020), menjelaskan kasus itu terdeteksi di provinsi timur Kwa-Zulu Natal, Afrika Selatan. Virus Corona terdeteksi dua hari setelah kedatangan pria tersebut ke Afrika Selatan.

6 Kiat Melindungi Diri dari Virus Corona

Dilansir The Guardian, Selasa (3/3/2020), COVID-19 adalah penyakit baru dan para ilmuwan masih menilai bagaimana penularannya dari orang ke orang, tetapi virus serupa cenderung menyebar melalui batuk dan bersin.

Ada beberapa upaya untuk melindungi diri dari wabah Virus Corona. Simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

6 Jurus Telkomsel Tangkal Virus Corona di Lingkungan Kerja

Belum lama ini pemerintah mengumumkan dua WNI positif terinfeksi Virus Corona. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah sudah berupaya maksimal mencegah virus mematikan itu masuk ke Indonesia.

Meski demikian, ia mengaku masih ada kekurangan, di mana alat cek kondisi tubuh kadang tak akurat.

Sehubungan dengan upaya pencegahan Virus Corona, Telkomsel memberlakukan sejumlah kebijakan di lingkungan kerja.

Tren Wuhan Shake, Warga Bersalaman dengan Kaki dan Siku

Di tengah kekhawatiran akan Virus Corona tak membuat sebagian besar orang kehilangan sisi humornya. Kini muncul tren Wuhan Shake yaitu berjabat tangan tanpa menyentuh tangan.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan Virus Corona mengingat tangan merupakan sumber penularan virus paling utama.

Polisi: Sebarkan Data Pasien Virus Corona di Medsos Bisa Dipidana

Pihak kepolisian turut memantau tersebarnya data pribadi pasien positif terjangkit virus Corona di Indonesia. Para pelaku disebut berpotensi melakukan pelanggaran pidana.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra menyampaikan, seseorang tidak diperbolehkan menyebarkan data pribadi ataupun rekam medis tanpa izin si pemilik.

Dirut RSPI: Seorang Pasien Suspect Corona Meninggal Dunia

Seorang pasien yang dirawat terkait virus corona di RSPI Sulianti Saroso meninggal dunia. Pasien tersebut berusia 65 tahun. Kondisinya sudah cukup parah saat dirujuk ke RSPI Sulianti Saroso.

Pasien tersebut merupakan pasien dalam perawatan terkait corona karena kontak dengan anaknya yang pulang dari singapura.

Pasien Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah, Total 4 Orang

Jumlah pasien yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 bertambah. Kini pasien positif corona jadi 4 orang. Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, dua orang positif corona tersebut kontak langsung dengan pasien positif corona yang sebelumnya.

Kedua pasien positif corona tersebut mengalami batuk, pilek, tetapi tidak ada keluhan sesak nafas.

 

35 dari 59 halaman

7 Maret 2020

Update Kasus dan Korban Akibat Virus Corona di Dunia Per Hari Ini

Jumlah korban meninggal akibat terinfeksi Virus Corona COVID-19 dilaporkan 3.491, menurut data dari 

Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. Dengan pasien sembuh 57.389.

Sementara kasusnya menembus 102.188 yang tersebar di hampir 100 negara.

Kemenkes: Total, 11 Pasien Suspect Corona di Indonesia

Jumlah pasien positif Corona di Indonesia bertambah dua menjadi empat orang. Selain itu, ada sejumlah orang yang dinyatakan suspect covid-19.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto mengatakan, total ada 13 orang yang dimasukkan dalam kelompok suspect Corona.

"Ada 13 dikurangi dua," ujar Yurianto dalam konferensi pers di Istana, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Menurut dia, satu suspect Corona di antaranya berada di Bandung. Ada juga yang berasal dari ABK Diamond Princess.  

2 Pameran Jam Mewah Terbesar Dunia Batal Terselenggara Akibat Virus Corona

 

 

Wabah corona semakin meluas hingga berdampak ke sektor perekonomian. Banyaknya moda transportasi yang meniadakan layanan sementara, kunjungan wisatawan yang merosot, hingga batalnya acara-acara besar di dunia membuat perekonomian dunia ikut menurun. 

Dilansir dari Business Insider, Rabu, 4 Maret 2020, terdapat dua acara pameran jam terbesar di dunia yang terpaksa dibatalkan karena krisis kesehatan akibat Virus Corona. Bahkan, sektor yang bertugas mempromosikan acara global dan pameran berskala besar beralih ke media digital untuk menghindari infeksi COVID-19. 

Salah satu yang terkena dampaknya ialah Baselworld yang merupakan pameran arloji dan perhiasan terbesar di dunia. Pihak panitia baru-baru ini mengumumkan penundaan acara tersebut. 

12 Ribu Penerbangan Batal Akibat Corona, AP I Rugi hingga Rp 207 Miliar

Direktur Utama Angkasa Pura I (AP I) Faik Fahmi menyatakan, sejak Januari hingga Februari, perusahaan mengalami potensi kerugian hingga Rp 207 miliar. Hal ini imbas dihentikannya penerbangan karena wabah virus Corona.

Adapun, sekitar 12.703 penerbangan dibatalkan, dengan rincian 11.680 penerbangan domestik dan 1.023 penerbangan internasional.

"Melihat data statistik kami, Januari hingga Februari di 15 bandara kelolaan AP I ada 12.703 penerbangan yang cancel, sekitar 11.680 penerbangan domestik dan 1.023 penerbangan internasional," ujar Faik di Jakarta Pusat, Jumat (06/03/2020).

Tips Mencegah Penularan Virus Corona dalam Kegiatan Sehari-hari

Bagaimanakah cara menghindari penularan ketika berada di pasar swalayan, pusat perbelanjaan, atau restoran? Bagaimana melindungi anak-anak dan wanita hamil di tengah epidemi?

Berikut ini beberapa tips yang ditawarkan para ahli pengendalian dan pencegahan penyakit di China untuk dapat melawan Virus Corona, seperti dilansir Xinhua, Jumat (6/3/2020):

agaimanakah cara menghindari penularan ketika berada di pasar swalayan, pusat perbelanjaan, atau restoran? Bagaimana melindungi anak-anak dan wanita hamil di tengah epidemi?

Berikut ini beberapa tips yang ditawarkan para ahli pengendalian dan pencegahan penyakit di China untuk dapat melawan Virus Corona, seperti dilansir Xinhua:

RSPI Sulianti Saroso Terima 548 ODP Virus Corona

Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof dr Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara telah menerima 548 warga yang melapor di Pos Pemantauan Virus Corona atau COVID-19. Ratusan orang yang datang ke RSPI Sulianti Saroso ini masuk kategori Orang Dalam Pemantauan (ODP) virus Corona.

"ODP 548. Kalau ODP rawat jalan ya," kata Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso dr Mohammad Syahril, di kantornya, Jumat (6/3/2020).

WHO: Orang Sehat Pakai Masker, Perlindungan Palsu Saat Wabah Virus Corona

 

 

Indonesia mengumumkan dua kasus pertama positif Virus Corona COVID-19 pada Senin 2 Maret 2020.

World Health Organization (WHO) memahami bahwa banyak orang takut dan merasa bimbang akibat hal tersebut. Namun, rasa panik dan cemas tak akan membantu melawan Virus Corona.

Terkait hal tersebut, organisasi kesehatan dunia itu mengeluarkan rujukan sederhana namun efektif untuk pencegahan yang dibagikan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia, WHO dan mitra; khususnya, tentang penggunaan masker.

"Menggunakan masker dapat memberikan rasa perlindungan palsu bagi orang sehat," ujar perwakilan WHO di Indonesia, Dr Navaratnasamy Paranietharan dalam keterangan tertulisnya.

Wanita WN Jepang Penular Virus Corona ke Warga Depok Dinyatakan Sembuh

Warga negara Jepang yang berada di Malaysia telah dinyatakan sembuh dari Virus Corona. Wanita 41 tahun itu diketahui sebagai penular 2 warga Depok yang menjadi kasus pertama dan kedua Virus Corona di Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi otoritas kesehatan Malaysia, Jumat (6/3/2020), wanita yang merupakan kasus ke-24 Virus Corona di negeri Jiran itu kini telah meninggalkan rumah sakit.

90 Penerbangan dari Indonesia ke Arab Saudi Terdampak Pelarangan Umrah

PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I menilai kebijakan pelarangan umrah akibat wabah Virus Corona dapat mempengaruhi 90 penerbangan per bulan ke Saudi Arabia.

"Kebijakan pelarangan umrah ini cukup berdampak ke Angkasa Pura I, karena kalau kita melihat jemaah umroh yang melalui bandara AP I ini juga cukup banyak sekitar 90 penerbangan per bulan ke Saudi Arabia," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dikutip dari Antara.

Faik Fahmi sebelumnya menyampaikan bahwa terdapat potensi kerugian sekitar Rp 207 miliar selama Januari-Februari akibat dihentikannya penerbangan domestik dan internasional.

Pelatih Timnas Indonesia Sumbang Rp1,4 Miliar untuk Korsel Perangi Virus Corona

Korea Selatan jadi satu di antara negara yang mengalami serangan virus Corona terparah. Sebagai warga negara Korea Selatan, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tidak tinggal diam.

Shin Tae-yong dikabarkan turut dalam gerakan memberikan dukungan nyata pada negaranya yang sedang berjuang melawan virus, yang sekarang telah menjadi persoalan dunia ini.

2 Terminal di Surabaya Dipasang Thermal Detector Antisipasi Corona

Pemerintah Kota Surabaya memasang thermal detector atau sensor suhu badan untuk penumpang di dua terminal terminal bus antarkota di Surabaya, Jawa Timur, yakni Terminal Purabaya dan Tambak Oso Wilangun.

Pemasangan sensor suhu badan di dua terminal di Surabaya itu guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19. Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajad menuturkan, pemasangan thermal detector ini merupakan perintah dari Wali Kota Surabaya.

"Dishub diminta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan supaya memasang thermal detektor di ruang tunggu penumpang terminal," ujar dia, seperti dikutip dari Antara.

Kemungkinan Sembuh dari Virus Corona Capai 97 Persen

Dokter spesialis paru konsultan Erlina Burhan menyebut, kemungkinan pasien sembuh dari Virus Corona (COVID-19) mencapai 97 persen. Perawatan yang diberikan mengobati gejala keluhan.

"Penyakit ini jangan disamakan dengan flu burung yang memiliki angka kematian tinggi. COVID-19 gejala klinisnya ringan, data yang meninggal 3 persen, kemungkinan sembuhnya 97 persen," jelas Erlina ditemui di Kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI), ditulis Jumat (6/3/2020).

44 Pasien dalam Pengawasan Virus Corona di Jakarta Dipulangkan

Sebanyak 44 pasien dalam pengawasan (PDP) virus Corona dipulangkan. Hal ini berdasarkan data laman corona.jakarta.go.id pada Sabtu (7/3/2020) yang Liputan6.com kutip.

Data ini berbasis laporan dari fasilitas kesehatan di DKI Jakarta dan telah dilaporkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Akibat Virus Corona, Gucci Batalkan Pertunjukan di San Fransisco

Virus coronamenimbulkan dampak dalam banyak hal, termasuk dunia fesyen. Dilansir dari Independent.co.uk, Jumat, 6 Maret 2020, Gucci membatalkan acara Cruise 2021 karena khawatir virus corona.

Dalam sebuah pernyataan juga disebutkan, rumah mode Italia itu menegaskan mereka tidak akan melanjutkan pertunjukan berikutnya yang rencananya akan digelar pada 18 Mei 2020 di San Francisco, Amerika Serikat (AS).

Seorang juru bicara untuk Gucci mengklarifikasi keputusan brand mewah itu. Pembatalan tersebut benar karena kekhawatiran akan virus corona, sekaligus sebagai tindakan pencegahan.

COVID-19: Italia Catat Rekor Kematian Harian Terbesar, Total 197 Orang Tewas

 

 

Angka kematian akibat Virus Corona Baru di Italia telah meningkat menjadi 197 setelah lonjakan harian terbesar dalam kematian di sana sejak wabah dimulai.

Pejabat mengatakan, 49 orang telah meninggal dalam 24 jam pada Jumat 6 Maret 2020, yang merupakan rekor harian terbesar. Sementara itu, lebih dari 4.600 kasus telah dilaporkan secara total, demikian seperti dikutip dari BBC, Sabtu (7/3/2020).

Mantan Kepala BNPT: Virus Radikal ISIS Lebih Mengerikan Dibanding Corona

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai menilai, virus radikalisme lebih bahaya ketimbang virus Corona atau Covid-19. Ansyaad merujuk pada mereka yang bermigrasi ke Suriah sebagai orang yang telah terpapar virus radikalisme ISIS.

Ansyaad mengatakan, alasan utama radikalisme sangat bahaya karena menyangkut keutuhan bangsa dan negara. Sebab jika ideologi radikal telah mendominasi, kata dia, maka keutuhan negara akan hancur.

Facebook Tutup Kantor di London Gara-Gara Karyawan Singapura Positif Virus Corona

 

 

Seorang karyawan Facebook asal Singapura yang berkunjung ke kantor Facebook di London positif terinfeksi virus corona (penyakit COVID-19).

Hal ini membuat kantor Facebook di jantung Inggris harus ditutup sementara, hingga 9 Maret 2020. Demikian sebagaimana dikutip dari Business Insider, Sabtu (7/3/2020).

Kawasan Puncak Bogor Tetap Diserbu Turis Asing di Tengah Wabah Virus Corona

 

 

Sebaran Virus Corona atau COVID-19 di sejumlah negara, termasuk Indonesia, tak menghalangi antusiasme turis asing berkunjung ke kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. Kawasan pegunungan itu tetap ramai diserbu wisatawan mancanegara seperti biasanya.

"Kunjungan wisata, dari Timur Tengah tetap aja masih banyak kok. Di Puncak ramai terus, lihat aja, tidak ngaruh," ujar Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan seperti dilansir Antara.

Pasien RS Ampana Sulteng Terjangkit Virus Corona? Ini Faktanya

SALAH : Kabar tentang pasien di RS Ampana, Sulawesi Tengah yang terjangkit virus corona ternyata tidak benar. Narasi yang disebarkan akun Facebook Oshin Terapis Bekam Palu tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Virus Corona Mewabah, WN China Tidak Dilarang Masuk Indonesia? Simak Faktanya

 

 

TIDAK TERBUKTI: Klaim Pemerintah Indonesia tidak melarang warga negara China masuk ke Indonesia tidak terbukti. Pemerinta telah melarang penerbangan dari China dan menagguhkan visa kedatangan warga negara China karena mewabahnya Virus Corona.

 

36 dari 59 halaman

8 Maret 2020

Update Kasus dan Korban Akibat Virus Corona di Dunia Per Hari Ini

Menurut data yang dikutip dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Minggu (8/3/2020), jumlah korban meninggal akibat Virus Corona baru mencapai 3.559. Dengan pasien sembuh mencapai 58.396.

Sedangkan kasusnya 105.847 yang tersebar di sekitar 90 negara.

Virus Corona Picu Palestina - Israel Tutup Gereja Betlehem, Keadaan Darurat hingga Isolasi

Gereja Kelahiran Yesus di Kota Betlehem ditutup tanpa batas waktu atas kekhawatiran wabah Virus Corona. Demikian disampaikan seorang juru bicara gereja, Jeres Qumsiyeh.

Pihak berwenang telah mengumumkan lockdown atau isolasi wilayah dan keadaan darurat Kota Betlehem di Tepi Barat.

Semua kecuali perjalanan penting antara gubernur Palestina sekarang dilarang, sementara semua sekolah dan fasilitas pendidikan akan ditutup, kata Perdana Menteri Palestina Mohammad Shtayyeh.

Taman umum dan lokasi wisata akan ditutup sementara acara olahraga besar, konferensi, dan pertemuan besar lainnya dibatalkan, Shtayyeh menambahkan.

Pasien Positif Virus Corona di Indonesia Bertambah Jadi 6 Orang

Pemerintah mengkonfirmasi dua orang lagi di Indonesia positif terjangkit virus corona (COVID-19). Salah satu di antaranya berasal dari cluster penyebaran virus corona di Jakarta dan terhubung dengan kasus 1 dan kasus 2.

"2 positif. Kasus 05, laki-laki 55 tahun dari tracing klaster Jakarta," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Minggu (8/3/2020).

Kasus 6 Positif Corona Merupakan ABK Diamond Princess

Dua orang kembali dinyatakan positif virus corona (COVID-19) di Indonesia. Dengan demikian, pasien positif virus bertambah menjadi enam orang.

"2 positif. Kasus 05, laki-laki 55 tahun dari tracing klaster Jakarta," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Kantor Presiden, Minggu (8/3/2020).

Sementara kasus 6 adalah anak buah kapal (ABK) Diamond Princess yang sebelumnya dievakuasi dari Yokohama, Jepang. Dia dirawat di RSUP Persahabatan Jakarta.

"Kedua confirm kasus COVID, kasus 06 laki-laki 36 tahun merupakan imported case yang didapatkan saat bekerja sebagai ABK di Diamond princess," kata Yurianto.

Menurut dia, kondisi dua pasien positif Corona ini dalam keadaan stabil. Keduanya tidak demam, tidak pilek, dan tidak batuk.

ABK Diamond Princess Positif Corona Diisolasi di RS Persahabatan

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan, terdapat dua orang yang kembali dinyatakan positif virus corona (COVID-19). Salah satu di antaranya yang dinamakan pasien kasus 6 adalah anak buah kapal (ABK) Diamond Princess.

Pasien tersebut positif corona usai dievakuasi dari Jepang, tempat kapal itu bersandar.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona ini mengatakan, pasien kasus 6 saat ini tengah diisolasi di RS Persahabatan Jakarta. Sementara pasien kasus 5 diisolasi di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso.

"(Kasus 5) RSPI Sulianti Saroso. Di RSPI sama (kasus 6) di RS Persahabatan," ujarnya.

Seorang Wanita Indonesia Jadi Kasus Virus Corona ke-12 di Victoria Australia

Seorang pengunjung asal Indonesia telah dikonfirmasi sebagai kasus Virus Corona baru ke-12 di Negara Bagian Victoria, Australia.

Wanita itu melakukan perjalanan ke negara bagian dengan penerbangan Virgin Airlines dari Perth pada Senin 2 Maret 2020.

Departemen Kesehatan berupaya menghubungi siapa pun yang bepergian dengan penerbangan Virgin Airlines VA682 dari Melbourne ke Perth.

1 Lagi WNI Positif Virus Corona di Singapura

Seorang WNI berusia 62 tahun tertular Virus Corona (COVID-19) setelah menghadiri acara makan malam di Singapura pada pertengahan bulan lalu. Kasus WNI ini terkait cluster penularan pada acara Imlek di SAFRA Jurong, menjadikannya kasus terbaru COVID-19 yang ke-133.

Pasien sedang dirawat di National University Hospital. KBRI Singapura mengatakan wanita itu sebelumnya tidak punya riwayat mengunjungi negara-negara yang terdampak COVID-19.

Rincian 8 Kasus Baru Virus Corona di Singapura, Salah Satunya WNI

Pada 7 Maret 2020, Pemerintah Singapura melalui situs Ministry of Health (MOH) telah mengkonfirmasi 8 (delapan) kasus baru pasien terinfeksi virus corona atau positif COVID-19.

Jumlah ini menambah total kasus positif COVID-19 di Singapura menjadi 138 kasus.

Cegah Virus Corona, Warga Makin Semangat Olahraga di CFD Jakarta

Di tengah Virus Corona yang mewabah, tak mempengaruhi ratusan warga berakvitas di sekitar Bundaran Hotel Indonesia Jakarta. Mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB, jalan mulai dari Sudirman hingga Thamrin tetap padat masyarakat bergiat berolahraga di tengah areal car free day (CFD).

Sejumlah warga mengaku tidak takut untuk ber-CFD ria yang notabene ramai masyarakat. Padahal, Gubernur DKI Anies Baswedan sempat meminta agar sementara menjauhi keramaian sebagai cara pencegahan Virus Corona.

Virus Corona Semakin Parah, New York Tetapkan Keadaan Darurat

Penyebaran virus corona di Amerika Serikat semakin parah saja. Negara bagian New York pada Minggu (8/3/2020) dinihari WIB mengumumkan keadaan darurat akibat wabah corona baru atau COVID-19.

Penetapan keadaan darurat ini diumumkan oleh Gubernur New York Andrew Cuomo. Langkah ini diambil menyusul terus bertambahnya jumlah warga New York yang positif mengidap Virus Corona menjadi 76 orang.

Pemkot Depok Buka Pos Kesehatan di Terminal untuk Cegah Corona

Pemerintah Kota Depok mendirikan posko kesehatan di Terminal Depok untuk sosialisasi pencegahan virus Corona.

Kepala Dishub Kota Depok Dadang Wihana mengatakan, posko ini dibuka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Sementara petugas medis yang disiagakan sebanyak tiga orang. Terdiri dari dua dokter dan satu petugas promosi kesehatan.

Kasus Virus Corona Tembus 100 Ribu, Ini Kata WHO

Kasus Virus Corona (COVID-19) sudah tembus 100 ribu kasus per Sabtu, 7 Maret 2020. Hampir 60 ribu orang sudah sembuh di China, tetapi virusnya sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengingatkan warga seluruh dunia bahwa virus ini sebetulnya bisa dilawan dengan pengendalian yang ketat. WHO pun spesifik memuji China sebagai contoh negara yang berhasil melawan Virus Corona.

 

37 dari 59 halaman

9 Maret 2020

Update Virus Corona: 110.041 Orang di Dunia Terinfeksi, 61.977 Sembuh

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 110.041 kasus, tersebar hingga 106 negara dan wilayah. Tak termasuk China daratan dan pasien dari kapal pesiar Diamond Princess.

Dari angka itu, 61.979 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Senin, (9/3/2020).

Italia Utara Ditutup karena COVID-19, Pemerintah RI Imbau 1.239 WNI Tetap Tenang

Menyusul penutupan sebagian wilayah Italia terkait wabah Virus Corona (COVID-19), Pemerintah Indonesia meminta 1.239 warga negara Indonesia (WNI) yang saat ini berada di wilayah utara negara tersebut agar tetap tenang.

Otoritas Italia memutuskan untuk menutup wilayah utara negaranya mulai Minggu (8/3) hingga 3 April mendatang demi menekan penyebaran Virus Corona baru SARS-CoV-2.

Italia Karantina 16 Juta Orang Akibat Virus Corona, KBRI: WNI Aman

Italia menerapkan kebijakan karantina alias lock down di beberapa wilayahnya yang terdampak Virus Corona (COVID-19), salah satunya wilayah Lombardia. Total ada 16 juta yang otomatis terisolasi akibat kebijakan ini. 

Wilayah yang terisolasi adalah  seluruh wilayah Lombardia, wilayah Veneto (Provinsi Venezia, Padova, Treviso), wilayah Emillia Romagna (Provinsi Modena, Parma, Piacenza, Reggio Emilia, Rimini), wilayah Piemonte (Provinsi Alessandria, Asti, Novara, Verbano, Vercelli), dan wilayah Marche (Provinsi Pesaro-Urbino).

Kondisi Terbaru 6 Pasien Suspect Virus Corona COVID-19 di Pekanbaru 

Sebanyak enam pasien suspect Virus Corona (COVID-19) tengah menjalani proses observasi di tiga rumah sakit rujukan di Provinsi Riau. Ke-enam pasien itu menunjukan gejalan tertular virus corona (COVID-19).

"Data pasien suspect COVID-19 di Riau per 8 Maret 2020 ada enam orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir, Senin (9/3/2020).

Virus Corona Renggut Nyawa 194 Pasien di Iran

Jumlah kematian akibat Virus Corona (COVID-19) di Iran bertambah pada akhir pekan lalu. Korban meninggal hampir mencapai 200 orang.

Berdasarkan laporan Tehran Times, Senin (9/3/2020), ada total 194 pasien meninggal pada akhir pekan lalu, sementara pasien sembuh mencapai 2.134. Ada juga 743 kasus baru.

Senator AS Karantina Diri Setelah Interaksi dengan Pasien Virus Corona

Senator Ted Cruz dari Texas mengumumkan dirinya akan mengkarantina diri usai berinteraksi dengan orang yang positif Virus Corona (COVID-19). Interaksi terjadi di acara konferensi politik pada akhir Februari lalu.

Ted Cruz adalah anggota Partai Republik yang pernah menjadi pesaing Donald Trump sebagai kandidat calon presiden partainya untuk pilpres 2016.

Update Kasus Positif Covid-19 di Indonesia

Pemerintah mengonfirmasi penambahan kasus positif virus corona baru (Covid-19) menjadi 19 orang. 

 

38 dari 59 halaman

10 Maret 2020

Update Virus Corona: 113.773 Orang di Dunia Terinfeksi, 63.663 Sembuh

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 113.773 kasus, tersebar hingga 112 negara dan wilayah. Tak termasuk China daratan dan pasien dari kapal pesiar Diamond Princess.

Dari angka itu, 61.979 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Selasa, (9/3/2020). Sementara korban meninggalnya 4.008.

Cegah Virus Corona, WNI di Arab Saudi Diimbau Tak ke Makkah, Madinah dan Qatif

Arab Saudi telah mengonfirmasi adanya 15 pasien positif Virus Corona COVID-19, hingga Selasa (10/3/2020. Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi pun mengeluarkan 6 kebijakan baru untuk mencegah meluasnya infeksi Virus Corona.

Pertama, Arab Saudi akan menutup sementara jalur masuk dan keluar dari wilayah Qatif (jalur Saihat di selatan hingga jalur Safwa di utara). Kedua, mengizinkan penduduk Qatif untuk kembali ke rumahnya masing-masing.

Upaya Singapura Menyembuhkan Pasien Virus Corona

Kasus Virus Corona di Singapura telah mencapai 150 dengan 78 pasien dinyatakan sembuh. Pemerintahnya telah menyadari bahwa Singapura sebagai salah satu pusat bisnis dunia, dengan arus kedatangan dari berbagai negara menjadi berpotensi dan memiliki risiko tinggi akan penyebaran penyakit dan semacamnya. 

Kendati demikian, Singapura telah mempersiapkan berbagai cara untuk menangani Virus Corona, termasuk untuk melibatkan berbagai pihak. 

Cegah Virus Corona, Israel Akan Karantina Semua Penumpang dari Luar Negeri

Pemerintah Israel menetapkan aturan baru untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan, setiap orang yang tiba di Israel harus melakukan karantina sendiri selama 14 hari untuk mencegah penyebaran Virus Corona.

"Semua yang datang ke Israel dari luar negeri akan ditempatkan dalam isolasi," katanya dalam video yang di-posting di Twitter.

Dikutip dari BBC, Selasa (10/3/2020), Menteri Dalam Negeri Israel Aryeh Deri mengatakan aturan itu akan segera berlaku untuk semua warga Israel yang kembali ke negara itu.

Kasus Virus Corona Tembus 7.161, Kondisi di Iran Relatif Kondusif

Himpunan Pelajar Indonesia (HPI) Iran sebagai organisasi pelajar resmi di negeri itu sejak tahun 2000, menyampaikan beberapa hal terkait kondisi dan situasi di sana saat wabah Virus Corona atau COVID-19.

Melalui keterangan tertulisnya, Selasa (10/3/2020), organisasi yang menaungi mayoritas pelajar di Iran mengabarkan sejumlah perkembangan terkait wabah di Virus Corona.

Bukan Hanya Virus Corona, DBD juga Berbahaya dan Mengancam Jiwa

Tingginya kasus Demam Berdara Dengue (DBD) di Kabupaten Sikka, NTT, membuat Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan langsung ke wilayah tersebut. Dalam kunjungannya, Terawan melihat langsung sejumlah pasien DBD yang dirawat di RSUD TC Hillers Maumere pada Senin (9/3/2020).

Terawan mengatakan, permasalahan kesehatan di Indonesia bukan hanya virus Corona (Covid-19), tapi juga DBD. Bahkan dirinya mengatakan, yang paling mengancam jiwa masyarakat Indonesia saat ini adalah DBD.

"Ingat sudah 32 orang yang meninggal karena demam berdarah di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan 13 orang yang meninggal dunia adalah di Kabupaten Sikka," katanya.

Pemerintah Bangun Fasilitas Karantina Virus Corona di Batam

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan pembangunan fasilitas penampungan/karantina  untuk pengendalian infeksi penyakit menular, khususnya COVID-19 atau virus corona di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Proyek gedung fasilitas memanfaatkan lokasi eks tempat penampungan (kamp pengungsi Vietnam) yang difungsikan sejak 1979 hingga 1996 di Pulau Galang. Kini lokasi tersebut merupakan kawasan wisata sejarah.

 Kepala Staf Gedung Putih Karantina Diri Akibat Kasus Virus Corona

Jumlah politisi Amerika Serikat (AS) yang mengkarantina diri semakin bertambah. Mereka diketahui menjalin kontak dengan seseorang yang ternyata positif Virus Corona (COVID-19) dalam sebuah acara politik.  

Salah satu yang mengkarantina diri adalah anggota DPR Mark Meadows. Ia baru saja terpilih menjadi Kepala Staf Gedung Putih.

Imbas Virus Corona, FIFA dan AFC Setuju Tunda Kualifikasi Piala Dunia zona Asia 2022

FIFA dan AFC telah setuju menunda pertandingan kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2022 pada Maret dan Juni 2020. Keputusan itu diambil setelah merebaknya virus corona.

Sebanyak 32 pertandingan berikutnya dijadwalkan untuk dimainkan selama jeda internasional kedua pada dua hari pertandingan, yakni 4 dan 9 Juni 2020.

Kunjungi RI di Tengah Wabah Virus Corona, Raja dan Ratu Belanda Tak Akan Bersalaman

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda memiliki aturan untuk tidak menjabat tangan siapa pun selama kunjungan kenegaraan mereka minggu ini. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan terkena Virus Corona COVID-19. 

Pasangan Kerajaan telah tiba di Jakarta pada Senin sore.

Namun, aturan tersebut memiliki pengecualian dengan pertemuan Presiden Joko Widodo di Bogor pada hari Selasa, dan Sultan Yogyakarta pada hari Rabu.

WHO: Jangan Menyerah, Mayoritas Pasien Virus Corona Akan Sembuh

World Health Organization (WHO) menenangkan publik dengan menyebut mayoritas pasien Virus Corona (COVID-19) bisa sembuh. Ini disampaikan pejabat WHO dalam konferensi pers terkait total kasus Virus Corona yang tembus 100 ribu di banyak negara.

"Kita harus ingat bahwa dengan aksi tegas dan dini, kita bisa memperlambat virus dan mencegah infeksi. Di antara mereka yang terinfeksi, mayoritas akan sembuh," kata Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa seperti ditulis Selasa (10/3/2020).

Filipina Liburkan Sekolah di Manila Akibat Virus Corona

Pemerintah Filipina meliburkan sekolah di daerah Metro Manila pada pekan ini. Keputusan itu terkait antisipasi terhadap Virus Corona (COVID-19). 

Presiden Rodrigo Duterte menyorot masa inkubasi Virus Corona yang bisa sampai dua minggu. Pemerintah pun memilih meminta agar anak-anak belajar di rumah. 

Cegah Virus Corona, Prancis Larang Acara yang Dihadiri Lebih dari Seribu Orang

Prancis melarang semua kegiatan atau acara yang melibatkan lebih dari seribu orang. Hal ini diberlakukan mulai Minggu waktu setempat demi mencegah penyebaran infeksi Virus Corona atau COVID-19.

Dikutip dari France24 pada Senin (9/3/2020), keputusan ini diambil usai pertemuan darurat yang dilakukan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron dan beberapa jajarannya.

WHO: Virus Corona Terancam Jadi Pandemi, Namun Bisa Dilawan

World Health Organizatio (WHO) masih enggan menyebut Virus Corona (COVID-19) sebagai pandemi. Mereka hanya menyebut virus ini hampir seperti pandemi. 

Pada konferensi pers yang dilaksanakan di Jenewa pada Senin kemarin waktu setempat, pihak WHO angkat bicara tentang jumlah keseluruhan kasus yang sudah menembus 110 ribu di seluruh dunia. Virus ini juga telah menyebar ke lebih dari 100 negara. 

Seluruh Italia Dikarantina Akibat Virus Corona

Pemerintah Italia mengambil langkah drastis untuk mencegah penyebaran Virus Corona. Seluruh negaranya kini mengalami lock down sehingga membatasi akses perjalanan masyarakat.

Dilaporkan VOA News, Selasa (10/3/2020), pengumuman itu dibuat Perdana Menteri Giuseppe Conte pada Senin sore waktu setempat. Dengan ini, 60 juta penduduk dikarantina. 

WNI di Melbourne Positif Virus Corona, Menlu RI Tegaskan Pemerintah Siap Bantu

Virus Corona telah dikonfirmasi menginfeksi WNI di Australia, tepatnya di kota Melbourne

Menanggapi hal tersebut, Menlu Retno Marsudi mengatakan telah menemui Duta Besar Australia Gary Quinlan pada Senin siang, 9 Maret 2020. Ia bermaksud menanyakan status dari seorang wanita yang dikonfirmasi tersebut.

Jokowi Minta Warga Tetap Tenang, Jangan Bayangkan Virus Corona di Wuhan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat tetap tenang menghadapi virus Corona (Covid-19), yang masuk ke Indonesia. Total ada 19 pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus asal Wuhan, China itu.

"Dapat pengarahan dari Presiden, masyarakat tetap tenang karena kecenderungan penyakit ini secara klinis tidak seperti kita bayangkan di Wuhan," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto di Kantor Presiden Jakarta, Senin (9/3/2020).

Virus Corona Bikin Timnas Indonesia U-16 Gagal Gelar Uji Coba Internasional

Hasrat Timnas Indonesia U-16 menguji kemampuan melawan tim luar negeri tidak bakal terwujud dalam waktu dekat. Penyebaran wabah virus Corona membuat timnas enggan bepergian.

Alhasil, Timnas Indonesia U-16 hanya mampu mengundang tim lokal untuk beruji tanding. Satu di antaranya menghadapi tim Piala Soeratin U-15 Bekasi dan Sekolah Khusus Olahragawan (SKO) Ragunan.

Cek Fakta: UNICEF Kirim Pesan Berantai Berisi Pencegahan Virus Corona

HOAKS: Pesan berantai tentang pencegahan terhadap virus corona yang diklaim dari UNICEF ternyata tidak benar. Narasi yang disebarkan oleh akun Facebook Nurwanti Listya Dewi tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Pasien Positif Corona di Indonesia Bertambah, Jumlahnya Jadi 27 Orang

Juru bicara untuk penanganan Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, mengonfirmasi delapan kasus baru COVID-19 di Indonesia. Dengan begitu, total kasus positif Virus Corona di Indonesia per Selasa, 10 Maret 2020 menjadi 27 kasus.

 

39 dari 59 halaman

11 Maret 2020

Update Virus Corona: 119.044 Orang di Dunia Terinfeksi, 65.762 Pasien Sembuh

Wabah Virus Corona COVID-19 belum juga usai. Persebarannya kian meluas. Menurut data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University, Rabu (11/3/2020), saat ini kasusnya sudah menembus 119.044.

Berdasarkan data yang dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, saat ini sudah ada 112 negara dan wilayah yang terjangkit Virus Corona. Daftar tersebut di luar China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess.

Formula E Ditunda Akibat Corona, Anies Baswedan Tegaskan Commitment Fee Tidak Hangus

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan commitment fee untuk acara Formula E tidak akan hangus, meski perhelatannya ditunda. Penundaan Formula E sebagai bentuk tindak lanjut penanggulangan penyebaran Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia.

"Tidak ada, tidak ada yang hangus," kata Anies saat melakukan konferensi pers di Balai Agung, Rabu (11/3/2020)

Waspada Virus Corona, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur Terapkan Pengecekan Suhu

Sekolah Indonesia Kuala Lumpur mulai melakukan pengecekan suhu badan siswa, guru, pegawai, dan tamu yang memasuki lingkungan sekolah. Terhitung mulai 10 Maret 2020, ada pun aturan ini merupakan tindak lanjut dari imbauan Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Malaysia terkait kewaspadaan dan deteksi dini penyebaran Virus Corona COVID-19.

Pengecekan ini akan dilakukan hingga waktu yang tidak ditentukan.

Sekolah Indonesia Kuala Lumpur juga mengimbau bagi siapapun yang merasa kurang sehat dibenarkan untuk beristirahat di rumah masing-masing, dan segera berobat ke rumah sakit atau klinik terdekat.

Liga Spanyol Digelar Tertutup karena Virus Corona, Pemain Minta Ditunda

Liga Spanyol pekan ke-28 dan 29 dipastikan bakal digelar tertutup. Keputusan ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona yang mengguncang Eropa belakangan ini.

Liga Spanyol turut terimbas dengan penyebaran virus Corona. Meski wilayah paling parah terkena corna berada di Italia.

Imbas Virus Corona, Google Ajak Karyawan di Amerika Utara Kerja dari Rumah

Google menyarankan seluruh karyawannya di Amerika Utara untuk bekerja dari rumah, bila tugasnya memungkinkan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi penyebaran Virus Corona.

Rekomendasi terbaru Google untuk seluruh karyawannya ini mirip dengan yang diberikan ke seluruh karyawan di area San Francisco Bay, Dublin, dan Seattle, beberapa waktu lalu.

MU Tanding Tanpa Penonton di Liga Europa Akibat Virus Corona

Manchester United (MU) akhirnya juga harus merasakan dampak dari wabah Virus Corona. Setan Merah terpaksa bertanding tanpa penonton saat dijamu LASK di ajang Liga Europa, Jumat (13/3/2020) dinihari WIB.

Laga LASK melawan MU menjadi salah satu dari sekian pertandingan Liga Europa yang terpaksa berlangsung tanpa kehadiran penonton. Langkah ini diambil guna mencegah penularan Virus Corona.

Menteri Kesehatan Inggris Nadine Dorries Positif Virus Corona

Jumlah kasus Virus Corona di Inggris telah meningkat lagi dan laporan mengatakan bahwa kematian keenam telah terjadi akibat penyebaran virus tersebut. Pria itu, yang berusia awal 80-an, memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Selain itu, Menteri Kesehatan Junior dan Anggota Parlemen Konservatif Nadine Dorries mengatakan dia telah didiagnosis positif Virus Corona.

Dorries, anggota parlemen pertama yang dites positif, mengatakan dia telah mengambil semua tindakan pencegahan yang disarankan setelah mencari tahu dan melakukan isolasi sendiri di rumah.

Melansir BBC, Rabu (11/3/2020), Dorries, yang telah menjadi anggota parlemen sejak 2005, mengatakan dalam sebuah pernyataan, "Saya dapat mengonfirmasi bahwa saya telah dites positif terkena virus Corona."

Paus Perintahkan Kunjungan Pasien Virus Corona di Vatikan, KBRI Terus Pantau WNI

Paus Fransiskus mendesak imam-imam Katolik pada Selasa 10 Maret untuk "memiliki keberanian" dan pergi serta membantu mereka yang sakit akibat Virus Corona, beberapa jam setelah Italia ditempatkan dalam status kuncian nasional.

"Mari kita berdoa kepada Tuhan juga untuk para imam kita, agar mereka memiliki keberanian untuk pergi keluar dan mengunjungi orang sakit ... dan untuk menemani staf medis dan sukarelawan dalam pekerjaan yang mereka lakukan," kata Paus saat misa di Kota Vatikan.

Ilmuwan Inggris Gunakan Kode Genetik Lacak Penyebaran COVID-19

Para ilmuwan saat ini tengah menganalisis kode genetik unik dari masing-masing sampel COVID-19 dari pasien yang terinfeksi virus corona (COVID-19) di Inggris.

Setiap bahan sampel genetiknya atau struktur RNA (genetik) akan mengungkapkan rantai infeksi (siapa yang terinfeksi siapa).

Pemilik Klub Liga Inggris Positif Kena Virus Corona

Wabah virus Corona mulai semakin merepotkan dunia sepak bola. Bila sebelumnya Liga Italia harus ditunda hingga hampir sebulan, kini pemilik salah satu klub Liga Inggris yang terjangkit virus COVID-19.

Bos Nottingham Forest Evangelos Marinakis dinyatakan positif terkena virus Corona pada Senin (10/3/2020) waktu setempat. Dia mulai merasakan gejala virus Corona saat kembali ke negaranya, Yunani.

Gagal Konser karena Corona, Member Girlband Twice Tzuyu Dikarantina di Taiwan

Chou Tzu-yu, anggota girl grup K-pop Twice menjalani karantina dua minggu di kota kelahirannya, Taiwan terkait virus corona. Hal ini dikonfirmasi oleh ibu Tzu-yu sendiri pada Minggu (5/3).

Ibu Chou, Huang Yen-ling mengatakan, Tzuyu kembali ke Taiwan pada tanggal 3 Maret dan tinggal di rumahnya di kota Tainan di selatan untuk menjalani karantina 14 hari. Tzuyu pulang ke kampung halamannya karena konser Twice dibatalkan karena wabah virus corona (COVID-19) di Korea Selatan, yang 7.000 warganya telah terinfeksi dan 50 orang meninggal.

Kemenag Tutup Sementara Aplikasi Pendaftaran Umrah Siskopatuh karena Corona

Kementerian Agama akan menutup sementara layanan pendaftaran umrah melalui aplikasi Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (Siskopatuh) menyusul kebijakan Arab Saudi terkait wabah Corona. Penutupan akan mulai dilakukan pada Kamis, 12 Maret 2020.

"Siskopatuh kami tutup sementara. Ini dilakukan menyusul kebijakan pemerintah Arab Saudi untuk menghentikan sementara ibadah umrah/ziarah," ujar Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Arfi Hatim, di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Virus Corona Bikin Start MotoGP 2020 Kembali Tertunda, Batal Dimulai di Austin

MotoGP benar-benar terkena dampak dahsyat akibat wabah virus corona. Start MotoGP 2020 kembali tertunda dan tidak jadi dimulai 5 April 2020 di Austin, Amerika Serikat.

Awalnya MotoGP 2020 akan dimulai di Qatar pada 8 Maret 2020. Sayangnya wabah corona membuat Dorna membatalkan balapan di Qatar. Hanya Moto2 dan Moto3 saja yang berlangsung.

9 Warga Riau Diisolasi di RSUD karena Gejala Virus Corona

Pemerintah Provinsi Riau mengisolasi sembilan warga di beberapa rumah sakit umum daerah (RSUD) karena menderita gejala COVID-19 atau virus corona. Semua pasien pernah kontak dengan warga negara asing atau baru pulang dari luar negeri.

Menurut Gubernur Riau Syamsuar, sebelumnya ada tujuh pasien mengalami gejala terjangkit virus corona. Kemudian pada Selasa siang, 10 Maret 2020, ada dua laporan baru dari Bengkalis dan Tembilahan, Kabupaten Indragiri Hilir.

Studi: Gejala Virus Corona COVID-19 Menampakkan Diri Setelah 5 Hari

Banyak hal yang belum diketahui soal virus corona baru. Itu yang bikin kita takut. Namun, para ilmuwan sedikit demi sedikit menguak kemisteriusan Covid-1, yang bisa bertransmisi dari seseorang yang bahkan tidak menunjukkan gejalanya sama sekali alias asimptomatik (asymptomatic).

Hasil penelitian yang dimuat Annals of Internal Medicine menguak periode inkubasi Covid-19. Para ilmuwan dari Amerika Serikat mengonfirmasi, dibutuhkan rata-rata 5,1 hari bagi seseorang yang terinfeksi untuk menunjukkan gejalanya. Mirip dengan SARS.

1 Pasien Virus Corona di Indonesia Meninggal Dunia

Pemerintah mengumumkan salah satu pasien positif virus corona (Covid-19) meninggal dunia. Dia teridentifikasi sebagai pasien kasus 25.

"Tadi malam pukul 02.00 WIB lewat sedikit, pasien identitas nomor 25 meninggal dunia," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Virus Corona Achmad Yurianto di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Pasien Positif Corona yang Meninggal, WNA 53 Tahun

Satu pasien positif virus Corona di Indonesia meninggal dunia. Dia teridentifikasi sebagai pasien kasus 25 dan merupakan warga negara asing.

"Perempuan 53 tahun, WNA," ujar Juru Bicara Pemerintah untuk Virus Corona Achmad Yurianto di Kantor Presiden Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dirut RSPI-SS : ODP Virus Corona Jadi 677 Orang

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, melaporkan bahwa jumlah orang dengan pengawasan (ODP) menjadi 677.

"Jadi naik terus. Tapi enggak papa. Ini berarti kesadaran masyarakat tinggi untuk melakukan pemeriksaan," kata Syahril.

6 Film Ini Tunda Tayang Akibat Wabah Virus Corona, Termasuk Doraemon yang Ultah ke-50

Kepanikan akibat virus Corona menjalar ke berbagai sektor industri, termasuk perfilman dunia. The Hollywood Reporter melaporkan, wabah virus Corona awal tahun ini membuat pundi-pundi box office dunia menyusut hingga 5 miliar dolar AS. Belum lagi sejumlah studio raksasa memilih menunda penayangan sejumlah film akibat virus Corona.

Informasi terbaru menyebut vaksin Corona akan diperkenalkan April 2020. Kabar ini tak serta-merta melegakan dunia mengingat itu masih harus diuji tingkat keberhasilannya. Di saat yang sama jumlah kasus dan korban virus Corona terus membengkak. Bagi Anda pencinta film, kami sampaikan kabar duka terkait penundaan sejumlah film.

Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 34 Orang

Pasien yang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 di Indonesia bertambah 7 orang. Hingga Rabu (11/3/2020) total pasien dengan diagnosis positif Covid-19 berjumlah 34 orang.

Juru Bicara Pemerintah dalam Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto mengungkapkan 7 pasien tambahan seluruhnya termasuk dalam imported case atau terinfeksi virus corona dari luar Indonesia.

 

40 dari 59 halaman

12 Maret 2020

Update Virus Corona Hari Ini: 126.136 Orang di Dunia Terinfeksi, 68.219 Pasien Sembuh

Wabah Virus Corona COVID-19 belum juga usai. Kini bahkan WHO atau organisasi kesehatan dunia telah mengumumkan Virus Corona telah menjadi pandemi.

Persebarannya kian meluas. Menurut data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University, Kamis  (12/3/2020), saat ini kasusnya sudah menembus 126.136.

Kedubes Singapura: WNA yang Positif Virus Corona Harus Bayar Biaya RS Sendiri

Kedutaan Besar Singapura di Indonesia mengeluarkan imbauan kepada seluruh masyarakat di Tanah Air yang hendak berkunjung ke negaranya.

Dalam keterangan pers tersebut, Kedubes Singapura menyampaikan bahwa WNI yang akan berkunjung harus bebas dari COVID-19 atau Virus Corona.

Virus Corona Gagalkan Peluncuran Mobil Listrik General Motors

Karena Virus Corona, beberapa pabrikan otomotif membatalkan peluncurkan kendaraan dalam waktu dekat, salah satunya General Motors (GM).

Siap meluncurkan mobil listrik Cadillac Lyriq di Los Angeles, 2 April mendatang, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut akhirnya mengumumkan adanya pembatalan acara. Saat ini GM tengah mempertimbangkan cara lain untuk meluncurkan mobil ramah lingkungan tersebut.

Deretan Miliarder Dunia yang Sisihkan Uang demi Perangi Virus Corona

Tak ingin berpangku tangan, beberapa miliarder  atau orang terkaya dunia diketahui menghabiskan jutaan Dolar Amerika Serikat (AS) untuk ikut memerangi Virus Corona yang telah menginfeksi lebih ratusan ribu orang di dunia.

Mengutip laman Business Insider, Rabu (11/3/2020), total bantuan mencapai USD 129,65 juta (Rp 1,8 triliun).

Sebagian besar donasi diberikan untuk mereka yang berada di garis depan memerangi dan menanggulangi wabah Virus Corona. Beberapa ditujukan ke organisasi yang ditunjuk Pemerintah China untuk menangani krisis.

Turki Laporkan Kasus Pertama Positif Virus Corona COVID-19

Turki melaporkan kasus infeksi virus Corona atau COVID-19 pertamanya. Situasi tersebut dilaporkan secara langsung oleh Menteri Kesehatan (menkes) setempat.

Dikutip dari Gulf News pada Rabu (11/3/2020), Menkes Turki Fahrettin Koca mengatakan pada Selasa waktu setempat pasien pertama COVID-19 tersebut telah melewati tes virus Corona. Dia menambahkan bahwa pria ini sudah dirawat dan berada dalam isolasi.

WHO Resmi Umumkan Virus Corona sebagai Pandemi

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi  menyatakan bahwa Virus Corona atau COVID-19 sebagai pandemi pada 11 Maret 2020. Hal itu berdasarkan adanya lebih dari 118 ribu kasus penularan di lebih dari 110 negara.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan, keputusan wabah Virus Corona sebagai pandemi tidak mengubah tindakan global dalam penanganannya. WHO mencemaskan penyebaran dan level kerusakan yang diakibatkan Virus Corona.

Cegah Virus Corona, India Tangguhkan Semua Visa Turis hingga 15 April 2020

Pemerintah India mengatakan akan menangguhkan semua visa turis ke negara itu dalam upaya untuk mencegah penyebaran virus corona, karena kasus-kasus di seluruh wilayah terus meningkat.

Dilansir dari Straits Times, Kamis (12/3/2020), meski di India belum ada yang meninggal dunia, tapi jumlah kasus di wilayah negara tersebut meningkat mencapai 80. Para ahli khawatir bahwa sistem medis mungkin tidak dapat menangani jenis perawatan intensif yang diperlukan.

Wabah Corona, Festival Lembah Baliem di Papua Resmi Batal

Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Papua  resmi membatalkan Festival Lembah Baliem, festival budaya tahunan yang digelar di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya.

Pembatalan festival yang rutin dilaksanakan setiap bulan Agustus, dikarenakan imbas dari virus corona yang kini menyebar hingga Indonesia.

Bupati Kabupaten Jayawijaya, Jhon Richard Banua menyebutkan Festival Lembah Baliem selalu dipenuhi oleh wisatawan asing dan lokal.

Kemendikbud Keluarkan 2 Surat Edaran Pencegahan Virus Corona, Ini Isinya

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merilis dua surat edaran mengenai pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Hal itu dilakukan menyusul munculnya kasus penyebaran virus Corona di Indonesia. 

Kepala Biro Hukum Kemendikbud, Dian Wahyuni menyebut, dua surat edaran tersebut masing-masing untuk pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan Kemendikbud dan di lingkungan satuan pendidikan.

Iran Temukan Obat Virus Corona, Pasien Sembuh Secara Parsial

Kabar baik bagi dunia. Iran telah menemukan obat untuk menyembuhkan penyakit akibat Virus Corona COVID-19.

Kementerian Kesehatan Iran mengumumkan, pengujian obat buatan dalam negeri telah berhasil mengobati gejala pada sejumlah kasus Virus Corona COVID-19 dengan kondisi parah.

Bursa Saham Asia Rontok Usai WHO Umumkan Virus Corona Pandemi Global

Bursa saham Asia jatuh di perdagangan pagi ini setelah Dow Jones Industrial Average jatuh karena Organisasi Kesehatan Dunia  (WHO) menyatakan wabah virus corona sebagai pandemi global.

Dikutip dari laman CNBC, Kamis (12/3/2020), di Jepang, Nikkei 225 turun 1,74 persen pada awal perdagangan sementara indeks Topix turun 1,78 persen. Kospi Korea Selatan tergelincir 0,84 persen.

Sementara itu, saham di Australia turun di perdagangan pagi, dengan S & P / ASX 200 turun 2,64 persen.

Pulih dari Virus Corona, Kakek 100 Tahun di China Jadi Pria Tertua yang Sembuh

Penyakit akibat Virus Corona COVID-19 bisa disembuhkan. Seorang pria di China berusia 100 tahun telah membuktikannya.

Pria itu telah pulih sepenuhnya dari Virus Corona. Ia pun menjadi pasien tertua yang diketahui dapat mengatasi penyakit tersebut.

Tom Hanks Diisolasi Akibat Virus Corona, Begini Respons Pihak Warner Bros

Rabu (11/3/2020) kemarin, megabintang Tom Hanks menyampaikan pengumuman menghebohkan. Di jagat maya, Tom Hanks mengaku terpapar virus Corona. Tak hanya Tom Hanks, sang istri, Rita Wilson, juga terjangkit virus Corona.

‚ÄúHalo semuanya, saya dan Rita mendarat di sini, Australia. Kami sedikit kecapaian, merasakan demam, dan pegal-pegal di beberapa bagian tubuh,‚ÄĚ ujar¬†Tom Hanks¬†dalam pengumuman yang diunggah di akun Twitter terverifikasi miliknya.

Deretan Pejabat, Atlet hingga Selebritas Dunia yang Positif Virus Corona

Kini, sejumlah orang yang terpapar harus menjalani masa perawatan hingga karantina agar tidak menularkan virus tersebut ke orang lain.

Bahkan, pemerintah Italia memilih untuk menutup segala akses baik masuk ataupun keluar bagi warganya maupun WNA yang hendak bepergian.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020) berikut sejumlah tokoh yang terinfeksi Virus Corona:

Karena Corona, 500 Lebih Warga China Urus Izin Tinggal Darurat di Indonesia

Dampak penerbangan ke Cina masih ditutup gara-gara penyebaran virus corona, Kantor Imigrasi Non TPI Kelas I Tangerang, setidaknya melayani 25 orang perhari penerbitan izin tinggal darurat WN Cina.

Hingga saat ini, izin tinggal darurat untuk WN Cina sudah mencapai 500 lebih.

Selain Iran, 3 Negara Ini Tengah Meneliti Obat Untuk Virus Corona COVID-19

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Iran mengklaim telah menemukan obat yang bisa menyembuhkan pasien terpapar Virus Corona atau COVID-19.

Kemenkes Iran mengumumkan, pengujian obat buatan dalam negeri telah berhasil mengobati gejala pada sejumlah kasus Virus Corona COVID-19 dengan kondisi parah.

5 Wilayah di Jakarta Diklaim Berpotensi Rawan Covid-19, Ini Faktanya

SALAH: Kabar tentang 5 wilayah di Jakarta rawan penyebaran COVID-19 ternyata tidak benar. Kabar tersebut diduga berasal dari sumber yang tidak terverifikasi. Narasi yang disampaikan dalam pesan berantai tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

2 Pasien dengan Gejala Corona Meninggal Dunia di RSPI Sulianti Saroso

Dua pasien dengan gejala Virus Corona (Covid-19) dinyatakan meninggal dunia. Hingga kini, belum bisa dipastikan apakah keduanya positif terinfeksi corona atau tidak sebab hasil tes spesimen belum keluar.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan bahwa kedua pasiem dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso. Menurut dia, kondisi pasien sudah buruk saat dibawa ke rumah sakit dengan ventilator dan menunjukkan tanda-tanda sepsis.

COVID-19 Jadi Virus Corona Pertama Lahirkan Pandemi, Begini Penjelasan WHO

 

 

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan Virus Corona COVID-19 dapat dikategorikan sebagai sebuah pandemi karena telah menyebar semakin luas ke seluruh dunia. Bahkan, WHO menyatakan COVID-19 sebagai Virus Corona pertama yang melahirkan pandemi.

"Ini pandemi pertama yang disebabkan oleh Virus Coron," ungkap Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Pasien 06, 14 dan 19 Sembuh dari COVID-19

Juru Bicara Pemerintah terkait Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyatakan tiga pasien positif telah sembuh dan terbebas dari virus Corona.

"Tiga pasien tersebut yaitu, pasien nomor 06, nomor 14 dan pasien nomor 19. ‚ÄúKetiga pasien tersebut merupakan laki-laki,‚ÄĚ ujar Yurianto di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (12/3/2020).

 

41 dari 59 halaman

13 Maret 2020

Update Virus Corona Hari Ini: 128.343 Orang di Dunia Terinfeksi, 68.324 Pasien Sembuh

 

 

 

Virus Corona COVID-19 telah menjadi pandemi. Menurut data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University, Jumat  (13/3/2020), saat ini kasusnya sudah menembus 128.343.

Berdasarkan data yang dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, saat ini sudah ada 116 negara dan wilayah yang terjangkit Virus Corona. Termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess. Bertambah dua dari sebelumnya.

Cegah Corona, JK Anjurkan Jemaah Bawa Sajadah Sendiri Jika Ingin Salat di Masjid

Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menganjurkan jemaah yang hendak menunaikan salat di masjid membawa sajadah. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Bawa sajadah kecil saja, paling nggak untuk muka saja bawa dari rumah," kata dia di Masjid Jami' Al-Munawwar Jalan Raya Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (13/3/2020).

Cegah Virus Corona, Pusat Perbelanjaan di Tangerang Disemprot Disinfektan

Bukan hanya bandara kedatangan internasional saja, pusat perbelanjaan di Kota Tangerang juga mulai mengambil langkah dalam pencegahan Virus Corona atau COVID-19 dengan cara penyemprotan cairan disinfektan.

Menjelang tengah malam atau setelah jam operasional, petugas yang membawa alat desinfektan, langsung menyusuri tiap lantai di Tangcity Mall, Kota Tangerang. Mereka berpencar mulai dari basement parkiran, mushola di tiap lantai, eskalator tiap lantai, area tenant tiap lantai, kamar mandi, tempat duduk, atau semua benda yang bersentuhan langsung dengan pengunjung.

Jadwal Tayang Film Mulan Mundur Karena Wabah Virus Corona

Setelah menggelar gala premier yang viral di jagat maya, Mulan kembali menuai kontroversi. Film Mulan dikabarkan tunda tayang.

Rencana semula, Mulan tayang di kawasan Amerika Utara (AS dan Kanada) pada 27 Maret 2020. Indonesia mendapat kesempatan istimewa menayangkan Mulan lebih awal, yakni 25 Mei 2020.

Istri PM Kanada Justin Trudeau Positif Virus Corona COVID-19

Istri Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Sophie Grégoire Trudeau telah dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona COVID-19. Hal ini telah dikonfirmasi kantor pemerintahan pada Kamis 12 Maret malam. 

Sophie, yang kini berusia 44, mulai merasa sakit pada Rabu 11 Maret malam. Hal itu dirasakannya tak lama setelah kembali ke Kanada dari acara yang ia hadiri di London.

Melansir New York Post, Jumat (13/3/2020), ia kemudian dinyatakan positif Virus Corona COVID-19 pada Kamis 12 Maret dan akan tetap di isolasi untuk sementara waktu, kata seorang juru bicara.

Gelandang Chelsea Juga Kena Virus Corona 

Chelsea mengonfirmasi gelandang mereka, Callum Hudson-Odoi terkena virus corona. Lewat situs resminya, Chelsea mengatakan, Hudson-Odoi memperlihatkan indikasi virus corona pada Senin waktu setempat.

"Tetapi, tes yang dilakukan sore ini menunjukan dia positif virus corona dan telah diisolasi," tulis Chelsea.

Demi Cegah Corona, Izin Keramaian Ditiadakan di Bogor 

Wali Kota Bogor Bima Arya menyatakan seluruh kegiatan yang berpotensi menimbulkan keramaian ditiadakan sementara. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab Covid-19.

"Semua rencana dan izin kegiatan baik pemkot ataupun warga yang berpotensi menciptakan kerumunan orang ditinjau kembali," ujar Bima, Kamis (12/3/2020).

Virus Corona COVID-19 Picu Para Pengungsi Afghanistan Tinggalkan Iran

Memburuknya wabah virus corona di Iran mendorong jutaan migran dan pengungsi Afghanistan pulang ke negara asal mereka.

Dikutip dari laman VOA Indonesia, Jumat (13/3/2020) Organisasi Migrasi Internasional (IOM) dalam laporannya pekan ini menyebutkan ada banyak yang pulang.

Diduga Sebar Hoaks Corona, Polisi Blitar Periksa Pemilik Akun Facebook Ini

Aparat Kepolisian Resor Kota Blitar, Jawa Timur, menyelidiki kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks tentang merebaknya virus corona lewat jejaring sosial Facebook yang dilakukan oleh pemilik akun Facebook, Eka Pras.

Kapolres Kota Blitar AKBP Leonard M Sinambela mengemukakan, pihaknya sudah mengetahui pemilik akun tersebut, yakni EP (23), warga Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

"Setelah kami klarifikasi, status itu ternyata editan. Pemilik akun Facebook, Eka Pras, mengakui telah mengedit tulisan status lama dengan narasi terkait virus corona. Status itu sempat viral dan menimbulkan keresahan di masyarakat. Lalu, kami melakukan penyelidikan terkait kasus itu," kata dia di Blitar, Kamis, 12 Maret 2020.

Cegah Virus Corona, Menteri Agama Minta Semua Masjid Gulung Karpet

Menteri Agama Fachrul Razi menjelaskan penyeprotan disinfectan disetiap rumah ibadah, salah satunya masjid agar terhindar dari virus corona. Dia juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut bisa membuat bibit penyakit hilang.

"Kami ke depan sekarang sedang akan melakukan imbauan untuk semua masjid melakukan hal yang sama. Satu menggulung semua karpet-karpet," kata Fachrul usai menemani Presiden Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).

Cegah Penularan Corona, LIPI Bagikan Hand Sanitizer ke Sekolah

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan memproduksi 300 liter hand sanitizer untuk penggunaan di lingkungan lembaga dan akan dibagikan ke sekolah-sekolah di sekitar kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong.

Setiap batch produksi dapat menghasilkan 10 liter hand sanitizer yang dikemas dalam botol ukuran 250 ml dan 100 ml.

Kasus Virus Corona Mencapai 45, Arab Saudi Setop Kedatangan WNA Termasuk Indonesia

 

 

 

Kasus Virus Corona di Arab Saudi telah mencapai 45. Adapun laporan terbaru, pada 11 Maret 2020, dari mereka yang terinfeksi merupakan 1 orang pria dan 1 orang wanita WN Arab Saudi datang dari Irak; 1 orang anak perempuan umur 12 tahun WN Arab Saudi dirawat di rumah sakit di Qatif, dan 21 orang WN Mesir dirawat di rumah sakit di Makkah.

Jika sebelumnya pemerintah setempat telah mengeluarkan aturan penyetopan perjalanan umrah secara sementara, kini aturan larangan tersebut kian diperluas. 

Dua Pasien Covid-19 01 dan 03 di RSPI Sulianti Saroso Sembuh

Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso menyatakan dua pasien Covid-19 dengan nomor kasus 01 dan 03 dinyatakan sembuh.

"Pasien nomor 01 dan 03 dua kali (tes laboratorium) negatif," kata Dirut RSPI Sulianti Saroso, di Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Cek Fakta: Beredar Foto Penampakan Virus Corona, Benarkah?

Viral foto yang diklaim sebagai penampakan bentuk Virus Corona baru (Covid-19) setelah diperbesar, foto tersebut tersebar pada jejaring sosial WhatsApp belakangan ini.

Dalam klaim foto tersebut terdapat keterangan sebagai berikut.

"Bentuk corona setelah diperbesar 2600x.

Kita mohon perlindungan

kepada Allah subhaanahu wa ta'aala dari bahaya corona."

SALAH: Klaim foto penampakan Virus Corona (Covid-19) ternyata salah. Foto yang diklaim tersebut merupakan kumbang golongan serangga Curculionoidea, kumbang tersebut menyukai tepung, gandum, gandum dan sereal sarapan.

Cegah Corona, JK Anjurkan Jemaah Bawa Sajadah Sendiri Jika Ingin Salat di Masjid

Ketua Umum Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla menganjurkan jemaah yang hendak menunaikan salat di masjid membawa sajadah. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Bawa sajadah kecil saja, paling nggak untuk muka saja bawa dari rumah," kata dia di Masjid Jami' Al-Munawwar Jalan Raya Pasar Minggu, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat (13/3/2020).

Satu Pasien Positif Covid-19 Kabur dari RSUP Persahabatan

Satu pasien positif Covid-19 kabur dari ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan. Pasien tersebut kabur saat petugas lengah.

"Ada satu pasien yang diam-diam keluar," ujar Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan di kantornya, Jumat (13/3/2020).

1 WNA di Tablig Akbar Malaysia Positif COVID-19, 696 WNI yang Datang Diimbau Periksa Diri

Meski demikian, pihak KBRI menghimbau seluruh WNI agar selalu menjaga kondisi kesehatan dan melakukan tindakan pencegahan. Antara Iain dengan rajin mencuci tangan serta menggunakan penutup hidung dan mulut.

"Khusus bagi WNI yang telah menghadiri acara tablig di Masjid Sri Petaling pada 28 Februari hingga 1 Maret 2020, diharapkan dapat melaksanakan imbauan Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM)," jelas KBRI.

Situs Dewasa Pornhub Gratiskan Layanan di Italia Gara-Gara Lockdown Corona

Situs dewasa Pornhub memberikan konten video gratis untuk seluruh pengguna internet di Italia. Pasalnya, kini Italia tengah ditutup dari dunia luar (lockdown) akibat peredaran virus corona di negara tersebut.

Mengutip laman The New York Post, Jumat (13/3/2020), situs dewasa Pornhub menyebut, para peselancar internet yang dikarantina bisa mendapatkan layanan premium gratis.

Jokowi Tambah 32 Rumah Sakit Rujukan Untuk Tangani COVID-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menambah 32 rumah sakit untuk menjadi tempat rujukan menangani virus corona. Diketahui penyebarannya virus tersebut sudah ada di level pandemi global yang artinya sudah sangat serius menjangkit seluruh belahan dunia.

"RS rujukan sekarang ada 132 jumlahnnya, sebelumnya 100 rumah sakit. Kita tambah lagi," jelas Jokowi di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Kunci Penyintas Virus Corona COVID-19 di AS Bisa Sembuh Tanpa Dirawat di RS

Obat untuk menyembuhkan penyakit akibat Virus Corona COVID-19 memang belum resmi ditemukan. Namun bukan berarti, mereka yang positif COVID-19 tidak sembuh.

Adalah Elizabeth Schneider. Wanita asal Seattle, Amerika Serikat itu mampu bertahan dari Virus Corona COVID-19 hingga akhirnya dinyatakan sembuh, hanya dengan merawat diri di rumah tanpa perawatan di rumah sakit. 

Dilansir CNN, Jumat (13/3/2020), ia memiliki satu pesan yang ingin dibagikan kepada pejuang lainnya yaitu, "Jangan Panik."

Kompetisi IBL 2020 Dihentikan karena Virus Corona

Jakarta Kompetisi bola basket tertinggi di Indonesia, Indonesia Basketball League (IBL) akhirnya resmi diberhentikan mulai Jumat (13/3/2020). Operator IBL mengambil langkah ini menyusul status penyebaran virus Corona model terbaru yang saat ini sudah meningkat menjadi pandemi. 

Melalui pernyataan resminya, pihak operator mengatakan keputusan menghentikan sementara IBL 2020 bukan semata untuk melindungi para pemain dan ofisial tim.

Jokowi Kantongi 80 Nama yang Kontak dengan Kasus 01 dan 02 Positif Corona 

Jokowi mengatakan bahwa pemerintah tidak tinggal diam dalam menghadapi masuknya Virus Corona di Indonesia.

"Contohnya kasus 01 dan 02. Setelah kita ketahui yang bersangkutan positif, dalam dua hari tim sudah mendapatkan 80 nama yang berada di cluster ini," kata Jokowi.

80 nama itu, lanjut Jokowi, diperoleh dari tim reaksi cepat yang dimiliki pemerintah, yang terdiri dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dibantu intelijen, dan didampingi TNI Polri.

Film A Quiet Place Part 2 Juga Tunda Tayang Karena Virus Corona 

Makin panjang saja daftar film Hollywood yang tunda tayang akibat wabah virus Corona. Setelah James Bond No Tim To Die, Fast and Furious 9, dan Mulan, giliran A Quiet Place Part 2 yang batal tayang bulan ini.

Kabar mundurnya jadwal tayang A Quiet Place Part 2 dikonformasi oleh sang sutradara, John Krasinski, melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Kamis (12/3/2020), malam waktu Amerika Serikat. John Karsinski tak menyebut penyebab A Quiet Place Part 2 ditunda namun wabah virus Corona diyakini sebagai pemicu.

RSUP Persahabatan: Pasien Kabur Covid-19 Sudah Ditangani Polisi

Satu pasien positif Covid-19 kabur dari ruang isolasi Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan saat petugas lengah. Pihak rumah sakit telah mengetahui lokasi pelarian pasien tersebut.

Namun, pasien positif Covid-19 itu tetap tak mau dirawat ketika dibujuk oleh tim.

"Tetap tak mau dirawat. Sudah ditangani polisi," ujar Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan kepada Liputan6.com, Jumat (13/3/2020).

Menurut dia, pasien positif Covid-19 tersebut kabur bersama keluarganya. Menurut Erlina, keluarga pasien, yang diduga bekerja sebagai waiter, itu sudah menunggu di luar rumah sakit untuk menjemput pasien.

Iming-iming Gaji Rp 2,5 Juta untuk Pasien Covid-19 yang Kabur dari RS Persahabatan

 

 

 

Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman DKI Jakarta Suharti khawatir pasien yang kabur dari Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan menularkan ke orang-orang terdekat. Pasien itu poisitif terjangkit virus Corona.

"Rasanya akan cukup banyak kalau tidak di handle," kata Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman DKI Jakarta Suharti seperti yang dililhat Liputan6.com pada video yang diunggah akun YouTube resmi Pemprov DKI Jakarta, Jumat (13/3/2020).

2 Orang Positif COVID-19 yang Baru Meninggal Adalah Pasien RSPI-Sulianti Saroso

Per Jumat, 13 Maret 2020, jumlah pasien positif Corona di Indonesia menjadi 69 orang.

Juru bicara untuk penanganan Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, mengatakan penambahan sebanyak 35 kasus dari 34 kasus sebelumnya merupakan hasil tracing yang dilakukan dua hari yang lalu, Rabu, 11 Maret 2020.

Menurut Yuri, pasien nomor 35 dan 36 baru diketahui positif Corona setelah keduanya meninggal dunia. Dan, kedua pasien tersebut merupakan pasien yang diisolasi di RSPI-Sulianti Saroso.

Ada 2 Balita dari 35 Kasus Baru Positif Virus Corona COVID-19 di Indonesia 

Juru bicara pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto mengumumkan, jumlah pasien yang terinfeksi Virus Corona baru bertambah menjadi 69 orang, Jumat (13/3/2020). Jumlah tersebut didapat berdasarkan contact tracing yang dilakukan selama sejak dua hari lalu hingga Jumat (13/3) siang.

"Data yang saya berikan ini adalah hasil tracing yang dilaksanakan dari dua hari yang lalu, setelah kami merilis yang 34 yang dilaporkan oleh daerah sampai dengan tadi siang," ujar Yuri dalam konferensi pers lingkungan Istana, Jakarta.

Dua di antara 35 pasien baru terkonfirmasi COVID-19 adalah balita. Keduanya diidentifikasi sebagai pasien nomor 49 dan 54 tahun, masing-masing berjenis kelamin laki-laki usia 3 dan 2 tahun.

Yuri mengatakan, pasien-pasien balita yang positif COVID-19 itu merupakan hasil contact tracing dari pasien positif sebelumnya.

RS Persahabatan Sebut Pasien Covid-19 Kabur Setelah Lihat Ruang Isolasi

Satu pasien positif terjangkit virus corona atau Covid-19 melarikan diri dari RSUP Persahabatan. Saat melihat ruang isolasi, pasien berjenis kelamin perempuan itu langsung kabur.

Menurut Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Erlina Burhan menyebut pasien enggan dirawat lantaran ruang isolasi di RSUP Persahabatan kecil, satu kamar untuk dua orang.

 

42 dari 59 halaman

14 Maret 2020

Update Virus Corona Hari Ini: 145.369 Orang di Dunia Terinfeksi, 71.694 Pasien Sembuh

Pandemi Virus Corona COVID-19 masih terjadi. Menurut data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University, K9amis  (14/3/2020), saat ini kasusnya sudah menembus 145.36.

Berdasarkan data yang dikutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, saat ini sudah ada  139 negara dan wilayah yang terjangkit Virus Corona. Termasuk China dan pasien dari Kapal Pesiar Diamond Princess. Bertambah 23 dari sebelumnya 116.

188 ABK World Dream Tiba Tanjung Priok

Sebanyak 188 Warga Negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) World Dream telah tiba di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mereka sebelumnya menjalani karantina di Pulau Sebaru terkait antisipasi penyebaran virus corona.

Pantauan Liputan6.com, Sabtu (14/3/2020), para ABK tiba di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jalan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara sekitar pukul 11.27 WIB. Mereka diantar oleh KRI Semarang-594.

Anies Baswedan Tutup Sekolah di DKI Jakarta Selama 2 Minggu ke Depan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan menutup seluruh kegiatan belajar mengajar di sekolah. Penutupan sekolah ini berlaku selama dua minggu ke depan.

Oleh karena itu, sejak pekan depan, pelajar di DKI Jakarta akan belajar mengajar dari rumah.

Pelaksanaan Ujian Nasional Ditunda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk menutup kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hal ini sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona yang terus menunjukkan peningkatan jumlah korbannya.

Selain menutup kegiatan belajar mengajar, Pempronv DKI juga mengeluarkan kebijakan untuk menunda pelaksanaan ujian nasional bagi SMA/SMK. Rencananya, ujian itu akan digelar pada Senin 16 Maret 2020.

"Bagi perserta ujian nasional yang akan berlangsung Senin besok (16 Maret 2020), dan juga ujian sekolah, diputusakan juga ditunda. Penutupan sekolah ini berlaku selama dua minggu. Ini akan direview kembali di akhir pekan kedua untuk melihat perkembangannya," ujar Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Anies menuturkan, jumlah peserta didik di DKI saat ini sebanyak 1,5 juta anak. Dan mereka yang akan melaksanakan ujian sebanyak 124 ribu.

Tangkal Corona, Ini Deretan Tempat Wisata di Jakarta yang Ditutup Per Hari Ini

Mengantisipasi penyebaran virus Corona atau Covid-19, sejumlah fasilitas publik sementara ini ditutup. Belum lama ini Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan untuk menghentikan kegiatan belajar mengajar di sekolah selama dua minggu ke depan.

Tak cuma itu, sejumlah taman rekresi hingga museum yang tersebar di Ibu Kota juga ditutup untuk sementara waktu. Penutupan tersebut juga berlaku hingga dua minggu ke depan. Termasuk di dalamnya kawasan bebas kendaraan, Car Free Day (CFD).

Hal ini bertujuan untuk meminimalkan kegiatan warga di tempat-tempat keramaian sebagai upaya pencegahan tertular virus Corona.

Berikut ini deretan tempat wisata yang kini ditutup untuk tangkal Corona terhitung mulai hari ini, Sabtu 14 Maret hingga 27 Maret 2020 nanti.

Anies Sebut Sebagian Dokter di Jakarta Sudah Ada yang Tertular Virus Corona

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa sebagian dokter dan perawat di Jakarta sudah ada yang tertular dengan COVID-19 atau Virus Corona.

Hanya saja, orang nomor satu di Ibu Kota itu tidak merinci jumlah dan tempat praktik para tenaga medis tersebut.

Ganjar Pranowo: 46 Pasien Suspect Covid-2019 di Jateng 

Kendati di Wuhan, China asal virus Korona muncul, kampanye lepas masker mulai didengungkan, namun di Jawa Tengah pasien suspecti virus Corona terus bertambah. Hingga saat ini tercatat, sebanyak 46 pasien menjalani perawatan khusus di sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menjelaskan, hingga saat ini tercatat 46 pasien menjalani perawatan. Status pasien berbeda, dari pengawasan hingga dinyatakan positif Covid-19.

68 ABK Diamond Princess Dipulangkan Besok Pagi ke Tanjung Priok

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono menyampaikan, penyerahan 68 Warga Negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess akan dilaksanakan besok, Minggu 15 Maret 2020.

Mauritania Laporkan Kasus Virus Corona Pertama

Mauritania telah mengonfirmasi kasus pertama Virus Corona. Hal ini dilaporkan oleh menteri kesehatannya pada Jumat 13 Maret 2020. Dengan ini, Mauritania menambah jumlah kasus yang meningkat di Afrika Barat.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi, Menteri Kesehatan Mohamed Nedhirou Ould Hamed mengatakan kasus tersebut melibatkan orang asing yang baru kembali dan dites positif pada hari Jumat.

"Dia segera diisolasi dan negara memiliki semua sarana yang tersedia untuk merawat mereka yang menderita virus," kata menteri.

Seperti dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (14/3/2020), sebuah pernyataan dari kementerian kesehatan, juga dirilis pada hari Jumat, mengatakan pria itu adalah "ekspatriat" yang terbang ke Mauritania dari Eropa pada hari Senin.

Update Corona di Indonesia: 96 Positif, 8 Sembuh, 5 Orang Meninggal Dunia

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto mengungkapkan data terkini pasien terkait corona. Dari data yang dikumpulkan, tercatat ada penambahan kasus orang yang positif terkena Covid-19.

"Sampai terakhir jumlah kasus positif corona 96 (orang) per hari ini. Dari terakhir kemarin 69 orang, sekarang nenjadi 96. Oleh karena itu, penambahan kasus baru sebanyak 27 (orang)," ujar Yuri dalam keterangan pers di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Kasus Positif Covid-19 Jadi 96, Ini Lokasi Sebarannya di Indonesia

Juru bicara pemerintah untuk virus corona Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 96 orang. Jumlah ini bertambah menjadi 27 orang dari hari sebelumnya yaitu 69 kasus.

"Kemarin 69 sekarang 96. Ada penambahan kasus baru sebanyak 27. Ini didapatkan dari tracing secara masif. Seteah tracing, maka tidak mungkin lagi dengan pendekatan biasa," kata Yurianto dalam jumpa pers di BNPB, Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Dia mengatakan, sampai hari ini ada 8 orang yang dinyatakan sembuh Covid-19, setelah dua kali pemeriksaan dinyatakan negatif. Dan lima orang dinyatakan meninggal dunia.

Yurianto mengatakan, Covid-19 ini sudah menyebar ke sejumlah wilayah di Indonesia. Wilayah tersebut adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Tangerang, Jawa Tengah, Bali, Manado, dan Pontianak.

"Kalau kita lihat sebarannya sekarang melebar Jakarta, DKI, Jabar di sekitar DKI termasuk Bandung, kemudian Tangerang, kemudian Jawa Tengah kita dapatkan kasus di Solo, dan Yogyakarta, Bali, Manado, Pontianak dan tempat lain yang kita tracing," kata Yurianto.

Dia menambahkan, hal inilah yang membuat pemerintah harus mewaspadai dan meningkatkan tracing lebih keras lagi. Hal ini juga menjadi penting setelah respons WHO yang sebut Covid-19 sebagai pandemi global.

KAI Larang Penumpang dengan Suhu Tubuh Tinggi Naik Kereta

PT Kereta Api Indonesia (Persero) turut mengambil langkah preventif terhadap penyebaran virus corona dengan memberlakukan larangan naik kereta api bagi calon penumpang yang terindetifikasi suspect virus corona (Covid-19) saat melakukan proses boarding atau pengecekan tiket dan kartu identitas.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya saat ini telah menempatkan petugas khusus pengecekan suhu badan calon penumpang yang terdapat di depan meja cek boarding pass.

 

43 dari 59 halaman

17 Maret 2020

Update Virus Corona Hari Ini: 182.405 Orang Terinfeksi, 79.433 Pasien Sembuh

Pandemi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia kian meluas, kasusnya kini telah mencapai 182.405. Dari angka itu, 77.257 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Selasa (17/3/2020).

Mengutip gisanddata.maps.arcgis.com, angka kematian Virus Corona COVID-19 secara global juga tercatat sebanyak 7.154 jiwa.

Pria Asal Jepang Ini Terpapar Virus Corona Dua Kali

Seorang pria asal Jepang yang sebelumnya dinyatakan sembuh dari Virus Corona sekitar tiga minggu lalu, kini harus kembali ke rumah sakit lantaran terpapar virus serupa untuk yang kedua kalinya.

Pria Jepang berusia tujuh puluhan itu pertama kali dinyatakan positif 14 Februari saat menaiki kapal pesiar Diamond Princess, demikian dikutip dari laman The Sun, Selasa (17/3/2020).

Cegah Penyebaran Corona, Polda Metro Kurangi Waktu Besuk Tahanan

Polda Metro Jaya melakukan antisipasi terkait penyebaran wabah virus Covid-19 atau corona. Salah satunya dengan memperketat jam besuk tahanan yang berada di rumah tahanan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Polda Metro Jaya.

Direktur Tahti Polda Metro Jaya AKBP Barnabas mengatakan, pihaknya melakukan pembatasan jam besuk yang kini sudah mulai diterapkan. Biasanya, para pembesuk tahanan bisa menjenguk pada hari Senin hingga Kamis.

Cegah Penyebaran Covid-19, Transjakarta Hanya Angkut 60 Penumpang per Bus

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) kembali mengoperasikan pelayanan secara normal mulai hari ini Selasa (17/3/2020). Jam operasionalnya pun selama 24 jam dan akan mengoperasikan 123 rute mulai pukul 05.00-22.00 WIB.

"Untuk layanan reguler, dan menjalankan 11 rute Amari mulai pukul 22.00-05.00 WIB," kata Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo, dalam keterangan tertulis, Selasa (17/3/2020).

Pemeriksaan Tes COVID-19 di LPT Unair Hanya 5 Jam

Lembaga Penyakit Tropik Universitas Airlangga (LPT Unair) menyatakan pemeriksaan tes virus corona baru (COVID-19) hanya membutuhkan waktu sekitar lima jam.

Sebelum ditunjuk secara resmi oleh Kementerian Kesehatan sebagai lembaga yang bisa melakukan tes COVID-19, LPT Unair telah menerima pemeriksaan spesimen untuk mengecek hasil tes COVID-19 secara informal.

Ketua Lembaga Penyakit Tropik (LPT) Unair, Inge Maria Lucida menuturkan, pihaknya telah memeriksa sekitar 50-60 spesimen yang seluruhnya dinyatakan negatif.

Siswa Belajar di Rumah, 60 Bus Sekolah Beralih Fungsi Jadi Transjakarta

Menyusul kebijakan untuk belajar dari rumah bagi siswa di DKI Jakarta akibat penyebaran Covid-19, pelayanan 60 bus sekolah mulai Selasa, 17 Maret 2020 ini dialihkan untuk melayani rute Transjakarta di Rumah Susun.

Hal tersebut sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada hari Minggu (15/3/2020) lalu saat  mengumumkan peniadaan kegiatan belajar mengajar di sekolah selama dua pekan mulai Senin (16/3/2020).

Mulai 17 Maret 2020, MK Tunda Persidangan untuk Cegah Covid-19

Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama Dalam Negeri Mahkamah Konstitusi, Fajar Laksono mengatakan, pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran (SE)Sekretaris Jenderal MK Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) di Lingkungan Mahkamah Konstitusi, 16 Maret 2020.

Menurut Fajar, dalam surat edaran tersebut, diatur sejumlah poin penting agar MK tetap dapat menjalankan aktifitasnya. Sekaligus menjaga dan melindungi kesehatan dan keselamatan Pegawai MK serta masyarakat.

Cegah Pelemahan Daya Beli Akibat Corona, Kemensos Cairkan Bansos Rp 7 Triliun

Kementerian Sosial (Kemensos) hingga 10 Maret 2020 telah mencairkan anggaran dari Kementerian Keuangan senilai Rp 7,014 triliun untuk mengantisipasi dampak yang ditimbulkan atas merebaknya virus corona (Covid-19).

Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan, pihaknya telah mengambil langkah untuk mempercepat pencairan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahap II. Proses pencairan semustinya dijadwalkan pada April 2020, namun diajukan lebih cepat menjadi Maret 2020.

"Setiap tahun, bantuan PKH diberikan empat tahap. Kalau sesuai jadwal disalurkan bulan Januari, April, Juli, Oktober. Khusus tahap kedua ini, diajukan dari bulan April menjadi bulan Maret 2020," jelas dia dalam sebuah keterangan tertulis, Selasa (17/3/2020).

Sebagian ASN Kemenparekraf Diperintahkan Bekerja dari Rumah Antisipasi Penyebaran COVID-19

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menerapkan kebijakan bekerja dari rumah bagi sebagian aparat sipil negara (ASN) dalam upaya menekan penyebaran wabah COVID-19.

Menparekraf Wishnutama Kusubandio mengatakan keputusan ini diambil sesuai dengan kebijakan nasional seiring dengan meningkatnya penyebaran penyakit virus corona baru di Indonesia sekaligus pernyataan resmi World Health Organization (WHO) yang menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global.

Malaysia Lockdown Nasional karena Virus Corona

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin  memutuskan untuk melakukan lockdown nasional atau mengunci akses seantero Negeri Jiran. Keputusan itu diambil karena melonjaknya jumlah kasus Virus Corona COVID-19.

Dalam pidato pada Senin (16/3/2020) malam, Muhyiddin mengatakan, pemerintah akan menerapkan Perintah Kontrol Gerakan selama lockdown yang dimulai pada 18 Maret hingga 31 Maret, seperti dilansir SCMP.

Belanda Lockdown, Warga Berburu Ganja

Belanda menjadi salah satu negara Eropa yang ikut melakukan lockdown untuk mencegah penyebaran Virus Corona (COVID-19). Kebijakan ini berlaku sejak 16 Maret dan akan berlangsung hingga 6 April mendatang.

Dampak dari kebijakan ini adalah semua sekolah, bar, restoran, klub olahraga, klub malam harus tutup. Kafe ganja tidak luput dari aturan ini, alhasil para pecinta ganja rela mengantre untuk menyetok barang sebelum lockdown.

Perangi Virus Corona COVID-19, Prancis Lockdown 15 Hari 

Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Senin 16 Maret 2020 waktu setempat meluncurkan langkah untuk memerangi penyebaran lebih luas Virus Corona COVID-19. Memerintahkan pembatasan ketat pada pergerakan orang-orang di tengah pandemi yang memburuk dengan cepat.

Dalam kesempatan tersebut, seperti dikutip dari France24, Selasa (17/3/2020), ia mengatakan tentara akan ditugaskan untuk membantu memindahkan orang sakit ke rumah sakit.

Pasar Tanah Abang Dikabarkan Tutup Sementara karena Covid-19, Ini Faktanya

Kabar tentang Pasar Tanah Abang di Jakarta Pusat yang tutup sementara karena merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 beredar di media sosial. Kabar ini tersebar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp sejak 16 Maret 2020.

TIDAK BENAR: Kabar tentang Pasar Tanah Abang yang tutup sementara karena virus corona atau Covid-19 ternyata tidak benar. Kabar ini dibantah oleh Kepala Humas Perumda Pasar Jaya, Amanda Gita Dinanjar.

Narasi yang disampaikan dalam pesan berantai di aplikasi WhatsApp tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. Pesan tersebut diduga berasal dari sumber yang tidak terverifikasi.

Status Darurat Virus Corona 91 Hari, Terhitung 29 Februari hingga 29 Mei 2020

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memutuskan untuk memperpanjang Status Keadaan Tertentu Darurat Wabah Bencana Penyakit Akibat Virus Corona di Indonesia.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo membenarkan hal tersebut.

Hal itu tertera dalam Surat Keputusan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nomor 13.A Tahun 2020.

Dalam naskah tersebut, tertulis masa perpanjangan berlaku selama 91 hari, terhitung tanggal 29 Februari hingga 29 Mei 2020.

Kepala BNPB Doni Monardo langsung menandatangani surat tersebut dengan tanggal tertera 29 Februari 2020.

 

44 dari 59 halaman

18 Maret 2020

Update Corona COVID-19 Hari Ini: 197.496 Orang di Dunia Terinfeksi, 81.911 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 197.496 kasus. Dari angka itu, 81.911 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Rabu, (18/3/2020).

Mengutip dari gisanddata.maps.arcgis.com, angka kematian Virus Corona COVID-19 secara global juga tercatat sebanyak 7.940 jiwa.

Jadi Pusat Pandemi Virus Corona, Eropa Akan Tutup Seluruh Perbatasan

WHO menyatakan Eropa saat ini adalah "pusat" pandemi global Virus Corona COVID-19. Komisi Eropa pun berencana untuk melarang semua perjalanan tidak penting di seluruh zona perjalanan bebas Schengen Eropa, karena semakin banyak negara telah menutup perbatasan mereka untuk mencoba membatasi penyebaran Virus Corona COVID-19.

Presiden Komisi, Ursula von der Leyen, mengatakan dia akan meminta para pemimpin untuk mengimplementasikan tindakan ini pada Selasa, 17 Maret. "Semakin sedikit perjalanan, semakin banyak kita dapat memiliki virus," katanya.

Indonesia Batasi Masuknya Warga Negara Asing Sebulan Mulai 20 Maret

Sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona COVID-19, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyampaikan kebijakan tambahan dari pemerintah Indonesia terkait perlintasan orang dari negara lain ke dalam negeri.

Dalam pernyataannya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia terus mencermati laporan dari WHO mengenai perkembangan penyebaran COVID-19.

Pasien Meninggal Akibat Covid-19 Bertambah Jadi 7 Orang

Pemerintah menyatakan jumlah pasien yang meninggal dunia akibat virus corona (COVID-19) bertambah menjadi tujuh orang. Sebelumnya, pemerintah mengatakan ada lima orang yang meninggal.

"Tujuh (yang meninggal)," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto saat dikonfirmasi, Selasa (17/3/2020).

Hasil Medical Chek Up Menteri yang Kontak dengan Menhub Budi Karya

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona (Covid 19) Achmad Yurianto mengatakan, tes kesehatan untuk seluruh menteri dan pejabat negara yang kontak dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS), sudah selesai. Hasilnya, Yuri menyebut mereka semua dalam kondisi yang baik.

"Hasil sudah, Alhamdulillah seluruhnya dalam kondisi baik sampai dengan saat ini," kata Yuri dalam pernyataan persnya di Gedung BNPB Jakarta, Selasa 17 Maret 2020.

Karl von Habsburg dari Austria Jadi Anggota Kerajaan Pertama Positif Corona COVID-19

Karl von Habsburg, pemimpin kerajaan Austria, telah menjalani tes Virus Corona COVID-19. Hasilnya positif. Kini ia menjalani karantina.

Politikus berusia 59 tahun itu merupakan kepala House of Habsburg-Lorraine dan cucu Kaisar Austria terakhir, Charles I dari Austria. Ia telah mengonfirmasi berita itu ke saluran TV Austria oe24, setelah mulai mengalami gejala minggu lalu.

10 Negara Ini Lockdown Akibat Corona COVID-19, Terbaru Belgia

Semakin hari Virus Corona COVID-19 terus merajalela. Banyak negara yang mengambil langkah antisipasi guna meminimalisir penyebaran virus tersebut.

Mulai dari pemeriksaan seluruh warganya yang dicurigai terinfeksi sampai penutupan perbatasan di masing-masing negara.

Cara lain yang diterapkan yaitu lockdown atau penguncian wilayah. Masyarakat diminta tidak keluar rumah, menghentikan sementara aktivitas di luar ruangan, dan melarang warga untuk berkumpul dalam jumlah yang banyak.

 

45 dari 59 halaman

21 Maret 2020

Update Corona COVID-19: 275.434 Orang di Dunia Terinfeksi, 88.256 Pasien Sembuh

Total kasus Virus Corona COVID-19 masih terus meningkat di dunia. Seorang WNI pun dilaporkan meninggal di Singapura akibat virus ini.

Berdasarkan peta Gis And Data, Sabtu siang (21/3/2020), total orang yang terinfeksi adalah 275.434 orang. Di antaranya angka itu 88.256 pasien sembuh dan 11.399 orang meninggal dunia.

WNI di Singapura Meninggal Dunia Akibat Virus Corona COVID-19

Seorang WNI di Singapura dikabarkan meninggal dunia akibat Virus Corona (COVID-19). Ia adalah satu dari dua orang yang meninggal di Singapura akibat penyakit itu.  

Dilaporkan Channel News Asia, Sabtu (21/3/2020),  WNI ini adalah laki-laki berusia 64 tahun. Ia dibawa ke rumah sakit Singapura pada 13 Maret lalu.

WNI di Singapura Jadi yang Pertama Meninggal di Luar Negeri Akibat Corona COVID-19

Seorang WNI meninggal dunia di Singapura akibat Virus Corona (COVID-19). Ia tutup usia pada Sabtu pukul 10.15 pagi waktu setempat setelah mendapat perawatan di National Centre for Infectious Diseases (NCID).

Channel News Asia melaporkan WNI itu berusia 64 tahun dan tiba di Singapura pada 13 Maret lalu dan langsung dirawat. Sebelumnya, ia sudah menjalani perawatan di Indonesia. 

Anies Baswedan: Jakarta Tanggap Darurat Corona Covid-19 Selama 14 Hari

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan status Ibu Kota, tanggap darurat bencana Covid-19. Status ini berlaku selama 14 hari ke depan sejak hari ini, Jumat (20/3/2020).

"Pada hari ini kita menetapkan bahwa Jakarta darurat bencana wabah Covid-19 sampai 14 hari ke depan dan bisa diperpanjang menyesuaikan kondisi," ujar Anies saat konferensi pers, di Balai Kota Jakarta, Jumat (20/3/2020).

Detri Warmanto, Artis Pertama yang Positif Corona COVID-19 di Indonesia

Aktor FTV Detri Warmanto mengungkapkan rasa terima kasih atas doa yang diberikan untuknya sejak didiagnosis positif virus corona (Covid-19).

Seperti dimuat dalam laman instagramnya, ia mengatakan kalau dirinya saat ini sehat dan tidak memiliki gejala virus corona pada umumnya, seperti flu dan batuk.

Gubernur New York Perintahkan Lockdown Akibat Corona COVID-19

Gubernur New York, Andrew Cuomo, resmi memerintahkan lockdown di daerahnya. Semua bisnis-bisnis lokal yang tidak esensial diminta tutup sementara bila tak ingin kena denda.

Kebijakan ini dimulai pada Minggu, 22 Maret 2020, pada pukul 20.00. Aparat keamanan juga sudah disiapkan untuk menjaga ketertiban.

Singapura Pakai Aplikasi Smartphone untuk Lacak Kasus Corona COVID-19

Singapura meluncurkan aplikasi smartphone untuk melacak kasus potensial infeksi Virus Corona (contact tracing). Teknologi itu memungkinkan pihak berwenang setempat dengan cepat melacak orang-orang yang terpapar dari pasien yang telah terkonfirmasi.

App bernama TraceTogether mampu mengidentifikasi orang-orang yang berada dalam jarak dekat --dalam waktu 2 m selama setidaknya 30 menit-- untuk pasien Virus Corona yang menggunakan teknologi nirkabel Bluetooth, kata pengembangnya, Badan Teknologi Pemerintah (GovTech) dan Kementerian Kesehatan (Depkes), Jumat 20 Maret 2020.

Aplikasi itu bisa diunduh di Apple App Store atau Google Play store.

Wisma Atlet Kemayoran Mampu Tampung 22 Ribu Pasien Corona

Pemerintah melalui Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan bahwa Wisma Atlet di Kemayoran yang akan dijadikan rumah sakit darurat penanganan virus corona, dapat menampung hingga 22.200 pasien.

Fadjroel menuturkan, Kapasitas itu tercapai bila seluruh menara di Wisma Atlet Kemayoran digunakan untuk perawatan.

"Kalau sepuluh tower dipakai, itu jumlah yang bisa dirawat di sana itu sekitar 22.200 orang, hari Senin besok ini bisa dipakai 2.400 kamar," kata Fadjroel di Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

Timor Leste Umumkan Kasus Pertama Virus Corona COVID-19

Timor Leste mengumumkan pasien pertama Virus Corona COVID-19. Pasien merupakan warga negara yang baru kembali dari luar negeri.

Wakil Menteri Kesehatan Timor Leste, Elia dos Reis Amaral, Sabtu (21/03/2020) petang mengatakan pihaknya telah mengambil langkah-langkah preventif guna mencegah penyebaran COVID-19.

Cegah Penularan Covid-19, Jalanan di Jakarta Didisinfektan Minggu 22 Maret

Pemeritah Provinsi DKI Jakarta akan menyemprotkan cairan disinfektan di beberapa jalan di lima wilayah untuk cegah penularan Covid-19. Penyemprotan rencananya dilakukan pada Minggu 22 Maret 2020, besok.

Kegiatan itu tertuang dalam surat nota dinas Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 191/-073 tentang Laporan Hasil Rapat Koordinasi Rencana Penyemprotan Disinfektan Secara Masif di Lima Wilayah Kota.

 

46 dari 59 halaman

23 Maret 2020

Update Corona COVID-19 23 Maret : 335.997 Orang di Dunia Terinfeksi, 98.333 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona Baru atau COVID-19 di seluruh dunia kini telah mencapai 335.997 kasus, dan ada 98.333 yang telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Senin, (23/3/2020).

Jumlah kesembuhan paling besar tercatat di Provinsi Hubei, China, yang mencapai 59.879 lalu Iran yang dengan 7.931 orang pulih.

Sudah 5 Hari Berturut-turut, Tak Ada Kasus Baru Corona COVID-19 di Wuhan

Wabah Virus Corona COVID-19 sudah mereda di Wuhan, China. Selama 5 hari berturut-turut, tak ada laporan kasus baru COVID-19 di Ibu Kota Provinsi Hubei itu.

Hingga Minggu 22 Maret, tak ada pasien baru yang positif terinfeksi Virus Corona jenis baru di Wuhan. Hal itu menandai laporan nihil kasus selama 5 hari berturut-turut di kota yang sebelumnya menjadi wilayah paling terdampak epidemi itu.

Jokowi: RS Darurat Wisma Atlet Siap hingga Insentif bagi Tenaga Medis Covid-19

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pagi tadi mengecek kesiapan Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Wisma Atlet nantinya akan jadi Rumah Sakit Darurat bagi pasien positif Covid-19. Menurut Jokowi, Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet itu bisa memuat hingga 3.000 orang.

Update Corona COVID-19 23 Maret: 1 Meninggal dari Sulawesi Selatan, 1 Sembuh dari DKI

Jumlah pasien positif Corona COVID-19, pasien yang sembuh, dan angka kematian yang diakibatkan Virus Corona meningkat pada Senin, 23 Maret 2020.

Saat ini, Juru Bicara Pemerintah COVID-19, Achmad Yurianto melaporkan bahwa total yang positif ada sebanyak 579 orang. Sementara yang sembuh ada 30 dan yang meninggal terhitung sudah 49 orang.

Data 23 Maret, Pasien Positif Corona Covid-19 di Indonesia Bertambah Jadi 579 Orang

Jumlah pasien positif Covid-19 di Indonesia bertambah 65 orang hingga Senin (23/3/2020) siang. Total orang yang terinfeksi virus Corona menjadi 579 orang.

Data tersebut merupakan akumulasi perhitungan hingga Senin siang.

Total 49 Orang Meninggal Dunia akibat Virus Corona COVID-19 di Indonesia

Juru Bicara Pemerintah COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto, mengumumkan jumlah orang yang meninggal akibat Virus Corona pada Senin, 23 Maret 2020. 

"Kita catat mulai 22 Maret 12.00 sampai 23 Maret 2020 pukul 12.00 ada penambahan kasus baru sebanyak 65 orang dari berbagai provinsi. Total kasus ada 579 orang," kata Yuri di kantor BNPB Jakarta pada Senin, 23 Maret 2020.

Sudah Ada 125 Ribu Kit Rapid Test Corona COVID-19 di Indonesia

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyampaikan, sudah ada 125.000 kit untuk rapid test Corona COVID-19. Kit tersebut sebagai alat skrining Corona massal, apakah gejala seseorang mengarah pada Corona atau tidak.

"Untuk rapid test, saat ini sudah ada 125.000 kit. Nah, kit akan dibagikan hari ini (dikirimkan ke dinas kesehatan provinsi)," ujar Yurianto saat konferensi pers secara Live di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Pemerintah Minta Masyarakat Tidak Borong Chloroquine untuk Obati Covid-19

Pemerintah menegaskan, obat Chloroquine untuk terapi bagi pasien positif Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, sudah bisa diproduksi sendiri.

"Chloroquine sudah lama kita kenal, karena di masa yang lalu ini adalah program yang dilaksanakan untuk pemberantasan malaria. Sehingga Chloroquine ini mampu kita produksi sendiri dan jumlahnya cukup," kata Juru Bicara pemerintah Indonesia untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, di BNPB, Jakarta, Senin, (23/3/2020). 

Tangani COVID-19, Pemkot Surabaya Gunakan Drone untuk Semprot Disinfektan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terus melakukan terobosan baru untuk menangani wabah virus corona. Beberapa saat yang lalu, bekerja sama dengan IT Telkom Surabaya, telah diperkenalkan bilik disinfektan. Bilik tersebut diklaim mampu membunuh virus yang menempel pada kulit dan baju.

Kini ada terobosan baru lagi yang diperkenalkan oleh Wali Kota Surabaya ini. Guna menjangkau pemukiman yang padat penduduk, Risma menggunakan teknologi Drone untuk menyemprotkan cairan disinfektan dari udara. Penggunaan drone ini diharapkan bisa menjangkau area yang lebih luas ketimbang disemprot dengan cara konvensional.

Telkom Group Sediakan Akses Internet di Rumah Sakit Darurat Covid-19

PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom Group) menyediakan dukungan akses internet serta sarana teknologi informasi dan komunikasi di Wisma Atlet Kemayoran sebagai rumah sakit darurat Covid-19.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan para petugas menolong dan merawat para pasien. Juga untuk keperluan koordinasi berbagai pihak, baik rumah sakit, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan pihak terkait lainnya.

Adaro Sumbang Rp 20 Miliar Bantu Pemerintah Perangi Virus Corona

PT Adaro Energy Tbk (Adaro) menyalurkan bantuan senilai Rp 20 miliar kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membantu program pemerintah  memerangi Coronavirus Disease (Covid-19).

"Saya berharap teman-teman swasta bisa membantu pemerintah dan BNPB. Kita dalam kondisi peperangan melawan COVID-19," kata Presiden Direktur PT Adaro, Garibaldi Thohir melalui Konferensi pers di Kantor BNPB pada Senin (23/3).

Garibaldi kemudian menyebut bahwa saat ini merupakan momentum yang tepat bagi perusahaan swasta lainnya, untuk aktif terlibat membantu pemerintah Indonesia berjuang melawan pandemi virus Covid-19 di berbagai wilayah Indonesia.

Bendung Corona COVID-19 di Arab Saudi, Raja Salman Terapkan Jam Malam 21 Hari

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz memerintahkan penerapan jam malam untuk membendung Virus Corona COVID-19. Jam malam akan dimulai pukul 19.00 hingga 06.00 dalam jangka waktu 21 hari.

Mengutip Al Arabiya, aturan baru itu efektif mulai Senin (23/3/2020) malam waktu setempat. Tujuannya untuk membatasi penyebaran Virus Corona COVID-19 di negara kerajaan tersebut.

 

47 dari 59 halaman

24 Maret 2020

Update Corona COVID-19 24 Maret : 381.293 Orang di Dunia Terinfeksi, 101.344 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona Baru COVID-19 di seluruh dunia kini telah mencapai 381.293 kasus, dan 101.344 pasien telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Selasa, (24/3/2020).

Jumlah kesembuhan paling besar tercatat di Provinsi Hubei, China, yang mencapai 59.882 dan Iran yang dengan 8.376 orang pulih.

Data Pemprov DKI Per 24 Maret 2020, Pasien Positif Covid-19 di Jakarta sebanyak 427 Orang

Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti menyatakan saat ini Pemprov DKI Jakarta telah menangani sebanyak 427 kasus positif virus Corona atau Covid-19 yang tersebar di sejumlah wilayah.

"Data pasien positif per tanggal 24 Maret adalah 427 orang. Kemudian, kasus meninggal 32 orang," ujar Widyastuti di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (23/3/2020).

Dinkes DKI Buat Prosedur Pengurusan Jenazah Korban Covid-19, Begini Caranya

Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan prosedur pelaksanaan pemulasaran jenazah terkait virus Corona atau Covid-19. Termasuk untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal, namun belum ada hasil pemeriksaan Covid-19. 

Hal tersebut dituangkan dalam surat edaran nomor 55/SE/Tahun 2020 tentang pelaksanaan pemulasaran jenazah pasien Covid-19 di DKI Jakarta tahun 2020 oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta pada Jumat (20/3/2020). 

Lebih dari 9.000 Warga Korsel Positif Virus Corona COVID-19

Total pasien Virus Corona (COVID-19) di Korea Selatan pada Selasa (24/3/2020) sudah tembus 9.000 orang. Ada penambahan 76 kasus pada hari ini. Berasal dari berbagai daerah, termasuk bandara. 

Berdasarkan laporan Korean Centers for Disease Control and Prevention (KCDC), ada 31 pasien tambahan dari Daegu, 20 kasus impor di bandara, 15 di Gyeonggi, 4 di ibu kota Seoul, dan 2 lagi di Busan.

13 Jawaban Seputar Aturan Baru Keluar Masuk Indonesia Selama Corona COVID-19

Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan beberapa aturan baru di tengah pandemi Virus Corona COVID-19 guna mencegah penyebarannya lebih luas lagi. 

Tak hanya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, namun bandara hingga stasiun ataupun pelabuhan di kota lain juga melakukan hal yang sama. 

Bertambah 4, WNI Positif Virus Corona COVID-19 di Singapura Jadi 24

Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan empat warga negara Indonesia (WNI) telah terkonfirmasi positif Virus Corona COVID-19. Mereka merupakan kasus ke 466, 470, 476, dan 479.

Dengan begitu, total ada 24 WNI di Singapura yang telah positif Virus Corona COVID-19. Dari 24 WNI tersebut, 1 orang telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit, 1 orang meninggal dunia, dan 22 orang masih dirawat di rumah sakit.

Eks Presiden Finlandia Martti Ahtisaari Positif Virus Corona COVID-19

Mantan presiden Finlandia Martti Ahtisaari, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada 2008, dinyatakan positif Virus Corona COVID-19. Informasi itu disampaikan kantor kepresidenan negara tersebut pada Selasa (24/3/2020) waktu setempat.

"Infeksi itu dikonfirmasi pada Senin, 23 Maret. (Mantan) Presiden Ahtisaari baik-baik saja saat ini," kata kantor itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari AFP.

 

48 dari 59 halaman

25 Maret 2020

Update Corona COVID-19 25 Maret: 422.989 Orang di Dunia Terinfeksi, 108.578 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona Baru COVID-19 di seluruh dunia kini telah mencapai 422.989. 108.578 pasien dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Rabu (25/3/2020).

Jumlah kesembuhan dari penyakit akibat Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di Provinsi Hubei, China, yang mencapai 60.324 dan Iran dengan 8.913 orang pulih.

Ini Bukti Sabun, Sanitizer dan Air Hangat Mampu Bunuh Corona COVID-19

Dunia kini sedang mengandalkan Anda untuk membantu menghentikan penyebaran COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, atau coronavirus 2 sindrom pernapasan akut. 

Ingatlah bahwa ketika Anda sedang menggosok permukaan tangan, Anda juga membunuh sejumlah bakteri jahat lainnya dan virus yang berpotensi mematikan yang telah mengganggu manusia selama berabad-abad, termasuk influenza dan sejumlah Virus Corona yang berbeda.

"Ada empat jenis Virus Corona yang beredar pada manusia secara teratur, hampir setiap tahun," kata ahli virus Dr John Williams, kepala divisi penyakit menular anak-anak di Rumah Sakit Anak Pittsburgh University Center Medical Pittsburgh, seperti dilansir dari CNN, Rabu (25/3/2020).

Kurangi Antrean di Rumah Sakit, Cek Corona Covid-19 Melalui Fitur Ini

Kementerian Kesehatan jalin kerja sama dengan sebuah startup pelayanan kesehatan digital, SehatQ. Kerja sama ini dilakukan guna menangani pandemi COVID-19 atau yang leih dikenal dengn virus Corona.

SehatQ menyediakan fitur cek risiko corona secara mandiri melalui situs sehatq.com. Pengecekan ini dapat dilakukan di rumah tanpa dipungut biaya.

Pangeran Charles Dinyatakan Positif Terinfeksi Virus Corona COVID-19 

Pangeran Charles, putra tertua dan pewaris Ratu Elizabeth II, dinyatakan positif terkena Virus Corona COVID-19. Hal ini dilaporkan oleh kantor kerajaan pada Rabu, 25 Maret 2020. 

Melansir AFP, Rabu (25/3/2020), pria berusia 71 tahun itu menunjukkan gejala COVID-19 yang ringan "tetapi sebaliknya tetap dalam kondisi sehat", kata Clarence House dalam sebuah pernyataan. 

 

49 dari 59 halaman

26 Maret 2020

Update Corona COVID-19 26 Maret: 471.407 Orang di Dunia Terinfeksi, 114.051 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona baru atau COVID-19 di seluruh dunia kini telah mencapai 471.407 kasus, dan ada 114.051 yang telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Kamis, (26/3/2020).

Jumlah kesembuhan paling besar tercatat di Provinsi Hubei, China, yang mencapai 60.811 dan Iran yang dengan 9.625 orang pulih.

Jumlah Pasien Positif Corona COVID-19 RI Bertambah Jadi 893 Orang

Juru Bicara Pemerintah dalam Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan ada penambahan sebanyak 103 pasien yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 atau virus corona. Data tersebut diambil mulai 25 Maret 2020 pukul 24.00 WIB hingga 26 Maret pukul 12.00 WIB.

Ada penambahan casus konfirmasi positif sebanyak 103 orang.Jadi total pasien posotif saat ini sebanyak 893 orang hingga pukul 12.00 WIB¬†¬†hari ini,‚ÄĚ ucap Yurianto di Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (26/3/2020).

Rincian Penambahan 20 Kasus Kematian akibat Corona di Indonesia 26 Maret

Juru bicara penaganan COVID-19 di Indonesia, Achmad Yurianto, baru saja merilis angka kematian yang diakibatkan Virus Corona.

Berdasarkan pencatatan data pada 25 Maret 2020 pukul 12.00 WIB sampai 26 Maret 2020 di jam yang sama, ada penambahan sebanyak 20 orang, sehingga totalnya sampai hari ini ada 78 orang.

Pasien Virus Corona COVID-19 Meninggal di AS Tembus 1.000 Orang

Angka kematian yang disebabkan Virus Corona COVID-19 di Amerika Serikat sudah menembus 1.000 orang pada Rabu malam waktu setempat. Total hari sebelumnya ada 827 yang meninggal.

Dilaporkan New York Post, hingga Kamis (26/3/2020), ada 1.031 korban meninggal di AS. Untuk jumlah kasus, AS mencatat ada 68.572 kasus terkonfirmasi.

Saat ini AS berada di peringkat tiga dari segi kasus terkonfirmasi. Dua negara lainnya adalah China dan Italia yang punya angka kasus tertinggi di benua masing-masing.

Darurat Corona, Pasar Tanah Abang Tutup Mulai Jumat, 27 Maret 2020

Perumda Pasar Jaya menutup sementara pasar yang berada di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Penutupan sementara itu guna mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin, menyatakan penutupan itu hanya berlaku untuk Pasar Tanah Abang Blok A, B, dan F saja.

495 Orang di Jakarta Positif COVID-19, 50 Tenaga Kesehatan Terpapar

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa sudah tercatat 495 orang dinyatakan positif COVID-19 di Jakarta.

"Yang dinyatakan sudah sembuh sebanyak 29 orang dan yang meninggal atau yang wafat adalah 48 orang," seperti disampaikan Kepala Tim Siaga Covid-19 DKI Jakarta Catur Laswanto dalam konferensi persnya di Balai Kota, Jakarta, pada Kamis (26/3/2020) yang juga disiarkan juga secara daring.

Koki Ternama Floyd Cardoz Meninggal, Sakit Komplikasi Dipicu Corona COVID-19

Koki ternama Floyd Cardoz, salah satu kontestan yang berkompetisi di "Top Chef" dan berhasil memenangi "Top Chef Masters", meninggal dunia pada Rabu, 25 Maret 2020. Kematiannya disebabkan oleh komplikasi akibat Virus Corona COVID-19.

Pemilik restoran sukses di India dan New York itu ternyata telah melakukan perjalanan dari Mumbai ke New York melalui Frankfurt, Jerman, pada 8 Maret. Dia dirawat seminggu yang lalu di Mountainside Medical Center di Montclair, New Jersey, dengan keluhan demam dan kemudian dinyatakan positif COVID-19, kata pernyataan yang dibuat oleh kantornya.

Raja Salman Perintahkan Riyadh, Makkah, Madinah Lockdown karena Corona COVID-19

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz memerintahkan untuk lockdown atau menutup akses wilayah Riyadh, Makkah, dan Madinah untuk membendung penyebaran Virus Corona COVID-19. Warga di Arab Saudi dilarang masuk atau keluar pada 3 wilayah itu mulai Kamis (26/3/2020).

Selain itu, Raja Salman juga menyetujui tindakan yang melarang penduduk di 13 wilayah Kerajaan Arab Saudi melakukan perjalanan antar-wilayah.

 

50 dari 59 halaman

27 Maret 2020

Update Corona COVID-19 27 Maret: 531.860 Orang di Dunia Terinfeksi, 122.203 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada pukul 10:.07 WIB telah mencapai 531.860 dan ada 122.203 yang telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Jumat, (27/3/2020).

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di Provinsi Hubei, China, yang mencapai 61.201 dan Iran dengan 10.457 orang pulih.

Update per 27 Maret 2020: Pasien Corona Covid-19 di Indonesia Meninggal 87 Orang

Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Corona Covid-19 di Indonesia hingga saat ini masih terus bertambah.

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Corona Covid-19 Achmad Yurianto menuturkan, jumlah kasus positif Covid-19 pada Jumat (27/3/2020) bertambah 153 kasus baru. Dengan demikian, totalnya mencapai 1.046 orang.

5 Negara Ini Minta Warganya Tinggalkan Indonesia karena Corona COVID-19

Kasus Virus Corona (COVID-19) di Indonesia terus meningkat. Per Jumat (27/3/2020), total orang yang positif sudah lebih dari 1.000 orang.  

Setidaknya lima negara telah mengimbau semua warganya agar pulang dari luar negeri. Negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan Inggris telah spesifik meminta warganya keluar dari Indonesia. 

Pemerintah Gandeng Telemedik Bantu Pasien Covid-19 Isolasi Mandiri

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menggandeng penyedia layanan telemedik untuk membantu pasien yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona dalam melakukan isolasi mandiri.

Sebanyak 20 penyedia layanan telemedik yang bekerja sama dengan pemerintah dalam penanganan Covid-19 yaitu Gojek, Grab, Halodoc, SehatQ, GrabHealth, DokterSehat, Link dan Link Sehat, Klikdokter, MouDok dan Mau Periksa, Sociomile dan Ripple10, YesDok, Prosehat, Perawatku, KlinikGO, Alodokter, Docquity, Qlue, Iykra, Jovee dan Lifepack, dan Eureka AI.

Ini Alasan 14 Hari di Rumah Saja untuk Cegah Virus Corona Covid-19

Pemerintah Indonesia menerapkan aturan 14 hari di rumah saja demi menanggulangi virus corona covid-19. Apakah Anda tahu kenapa pemerintah menerapkan aturan 14 hari?

Pertanyaan tersebut pun bisa Anda temukan di Instagram Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Mereka menjelaskan waktu 14 hari adalah hitungan dua kali masa inkubasi virus corona covid-19.

Ilmuwan Ungkap Virus Corona COVID-19 Telah Bermutasi Jadi 40 Jenis 

Tes ilmiah baru-baru ini mengungkap Virus Corona COVID-19 telah bermutasi menjadi 40 jenis. Dengan bukti bahwa Virus Corona jenis baru ini bermutasi, para ilmuwan dapat belajar lebih banyak dengan mempelajari gen virus yang pada akhirnya membantu menemukan obatnnya.

Tapi apa artinya virus bermutasi? Dan mengapa itu penting?

Di 22 Negara Ini Tidak Ada Laporan Kasus Positif Virus Corona COVID-19

Hingga Jumat (27/3/2020), sudah ada 176 negara terdampak Virus Corona COVID-19. Menurut data dari https://gisanddata.maps.arcgis.com/, seluruh negara di Asia Tenggara bahkan sudah melaporkan kasus positif SARS-CoV-2.

Mengacu pada data persebaran Virus Corona COVID-19 di dunia, Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) at Johns Hopkins University, saat ini Amerika Serikat menjadi negara dengan kasus infeksi SARS-CoV-2 terbanyak. Jumlahnya bahkan telah melampaui China, yang salah satu wilayahnya merupakan lokasi awal wabah.

TNI Dan Polri di Sikka Lakukan Penyemprotan Disinfektan Fasilitas Umum

Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona (Covid 19), aparat Kepolisian Resort Sikka dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1603 Sikka, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur gencar melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai fasilitas umum dan tempat Ibadah.

Polres Sikka dan Kodim 1630 sikka juga melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar wilayah, mulai dari jalan Raja sentis, jalan Hasanudin, jalan Moa Toda, jalan Ahmad Yani, jalan Jendral Sudurman dan jalan Adisucipto.

PM Inggris Boris Johnson Positif Virus Corona COVID-19

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dinyatakan positif Virus Corona COVID-19. Ia menjadi pemimpin negara besar pertama yang positif mengidap virus ini. 

Hal ini diumumkan PM Johnson di Twitter resminya. Politikus Partai Konservatif itu mengaku keadaannya masih sehat. 

Sebaran Data Pasien Positif Corona 27 Maret 2020, Jakarta Jadi 598 Orang

Juru Bicara Penanganan virus Corona atau Covid-19 Achmad Yurianto kembali membeberkan data pasien positif Corona di seluruh Indonesia.

Untuk per hari ini, Jumat (27/3/2020) hingga pukul 12.00 WIB, wilayah Jakarta tercatat sebanyak 598 orang. Kenaikan tersebut berdasarkan data sebelumnya, ditambah kasus baru sebanyak 83 orang.

Bertambah 1 WNI Positif Corona COVID-19 di Singapura, Total Jadi 31

Warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Singapura yang menjadi pasien positif Virus Corona COVID-19 bertambah 1. Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan WNI itu sebagai kasus ke-646 positif COVID-19.

Dengan bertambahnya 1 WNI, jadi total sudah 31 orang yang telah dikonfirmasi positif COVID-19 di Singapura. Dari 31 WNI tersebut, 2 orang telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit (kasus 21 dan 237), 1 orang meninggal dunia (kasus 212), dan 28 orang masih dirawat di rumah sakit.

12 Layanan Telemedik yang Beri Informasi COVID-19

Untuk mendukung pemberian informasi terkait Corona COVID-19, ada 12 layanan telemedik (telemedicine) yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Seluruh layanan telemedik tersebut terhubung dengan fasilitas kesehatan (faskes) terdekat dan rumah sakit rujukan COVID-19.

Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo menerangkan, kehadiran layanan telemedik tersebut sebagai upaya pencegahan dan penanganan COVID -19.

Malaysia Terbanyak Kasus Corona COVID-19 di Asia Tenggara, Indonesia Kematian Tertinggi

 

 

Saat ini 176 negara dan wilayah terdampak Virus Corona COVID-19. Total kasusnya menembus 532.788 dengan angka kematian menyentuh 24.077 jiwa.

Sementara, 122.672 pasien tercatat sembuh menurut data dari Coronavirus COVID-19 Global Cases by the Center for Systems Science and Engineering (CSSE) di Johns Hopkins University per Jumat (27/3/2020).

 

51 dari 59 halaman

28 Maret 2020

Update Corona COVID-19: 597.262 Orang di Dunia Terinfeksi, 133.363 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada pukul 10:17 WIB tanggal 28 Maret 2020 telah mencapai 597.262 dan 133.363 yang telah dinyatakan sembuh berdasarkan data dari worldometers.

Jumlah pasien terbanyak yang terpapar Corona COVID-19 ada di Amerika Serikat pada angka 104.205 sementara yang meninggal dunia sebanyak 1.701 orang.

Beda halnya dengan China. Virus Corona yang diyakini bermula dari negara tersebut menunjukan kemajuan yang cukup signifikan.

Hasil Rapid Test DKI: 121 Orang Positif Corona Covid-19

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mengumumkan hasil rapid tes atau tes cepat di seluruh wilayah Ibu Kota sejak 24-27 Maret 2020. Hasilnya sebanyak 1,1 persen dari pesertanya dinyatakan positif terpapar Virus Corona (COVID-19).

"Hingga 27 Maret 2020 telah dilakukan 10.459 tes cepat, hasilnya 121 orang dinyatakan positif dan 10.338 orang negatif. Persentase total orang positif corona COVID-19 hingga 27 Maret 2020 sebesar 1,1 persen," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Sebaran Data Positif Corona Covid-19 pada 28 Maret 2020, DKI Jakarta 627 Orang

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto menyampaikan data pasien positif virus corona di seluruh Indonesia. Per hari ini, Sabtu (28/3/2020) hingga pukul 12.00 WIB, untuk DKI Jakarta tercatat sebanyak 627 orang.

Kenaikan pasien positif tersebut berdasarkan data sebelumnya ditambah kasus baru sebanyak 38 orang.

Data Corona Covid di Depok per 28 Maret: 29 Positif, 4 Sembuh, 3 Meninggal Dunia

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Depok, Jawa Barat, mencatat jumlah korban meninggal dunia warga akibat positif terjangkit virus corona atau COVID-19 di daerah itu bertambah satu orang menjadi tiga orang.

"Data kasus terkonfirmasi positif corona, Sabtu (28/3/2020), berjumlah 29 orang, sembuh 4 orang dan 3 orang meninggal dunia," kata Wali Kota Depok Mohammad Idris dalam keterangan tertulisnya di Depok, Sabtu (28/3/2020) seperti dilansir dari Antara.

Update Corona COVID-19 di Indonesia 28 Maret: 102 Meninggal, 59 Sembuh, 1.155 Positif

Achmad Yurianto merilis data terbaru terkait perkembangan kasus Corona COVID-19 di Indonesia.

Pada Sabtu, 28 Maret 2020, diketahui adanya penambahan sebanyak 109 kasus positif COVID-19 di Indonesia. Dengan begitu sudah 1.155 orang yang terjangkit Virus Corona di Indonesia.

Tanggap Darurat Corona Diperpanjang, Anies Minta Warga Tak Mudik

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperpanjang masa darurat bencana Covid-19 di Jakarta dari yang semula sampai 5 April 2020 menjadi 19 April 2020. Dengan demikian, kegiatan bekerja dari rumah untuk jajaran pemerintahan, polda, dan kodam yang terkait sipil, juga akan diperpanjang, termasuk juga kegiatan belajar mengajar.

Anies mengatakan, keputusan itu diambil mengingat semakin bertambahnya jumlah pasien positif Corona di wilayahnya. Bahkan ada 61 tenaga medis yang terpapar di 26 rumah sakit di Jakarta.

Cek Fakta: Pesan Larangan Keluar Rumah Akibat Puncak Inkubasi Corona COVID-19

Kabar tentang larangan keluar rumah akibat puncak inkubasi virus corona atau Covid-19 beredar di media sosial. Kabar tersebut viral dalam pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp sejak 27 Maret 2020.

Kabar tentang larangan keluar rumah akibat puncak inkubasi virus corona atau COVID-19 ternyata tidak benar. Pesan berantai tersebut diduga berasal dari sumber yang tidak kredibel.

Senegal Uji Alat Tes Cepat Corona COVID-19 Seharga 1 Dolar

Ilmuwan Senegal pekan ini memulai uji validasi pada alat tes diagnostik (test kit) COVID-19 yang dapat dilakukan di rumah dan menghasilkan hasilnya hanya dalam 10 menit --dan semuanya hanya seharga US$ 1.

Rencananya adalah untuk memproduksi tes secara berkala di Senegal dan Inggris dan jika pengujian validasi memenuhi standar peraturan, tes tersebut dapat didistribusikan di seluruh Afrika pada awal Juni 2020.

Update Virus Corona Covid-19 di Kaltim 28 Maret 2020

Penambahan pasien terkonfirmasi positif Virus Corona Covid-19 di Kalimantan Timur (Kaltim) meningkat drastis. Berdasarkan data terbaru, ada penambahan enam pasien terjangkit saat ini.

Penambahan ini semuanya berada di Kota Balikpapan. Dengan demikian, jumlah pasien positif di kota itu menjadi dua kali lipat dari sebelumnya.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim Andi M Ishak menyatakan ini merupakan periode peningkatan kasus yang begitu cepat. Peningkatan ini terjadi dalam skala nasional, tak terkecuali di Kaltim.

Kasus Corona COVID-19 di Sumut Naik, Total ODP 4.064, Positif 14, PDP 77

Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait virus corona COVID-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sempat mengalami penurunan pada Jumat, 27 Maret 2020. Namun kali ini jumlahnya kembali meningkat.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumut, Mayor Kes dr Whiko Irwan mengatakan, update terbaru jumlah ODP naik di angka 4.064 dari sebelumnya 2.995 orang. Dengan kata lain, jumlah ODP di Sumut mengalami kenaikan 26,3 persen.

"Jumlah ODP naik 1.069, dari 2.995 menjadi 4.064," kata Whiko dalam konferensi pers live streaming melalui kanal YouTube, Sabtu (28/3/2020).

Update Corona Covid-19 di Jatim: Pasien Positif Tambah 11, Total Jadi 77 Orang

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyampaikan perkembangan terkini mengenai perkembangan kasus virus corona baru (Sars-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19 di Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Sabtu malam (28/3/2020). 

"Pasien yang positif terpapar¬†Covid-19¬†hari ini bertambah 11 orang. Dari 66 orang kemarin hari ini menjadi 77 orang. Untuk PDP dari 267 menjadi 307 dan ODP dari 3.055 menjadi 4.568,‚ÄĚ ujar Khofifah.

Khofifah menuturkan, dari 11 orang yang positif terdiri dari tujuh di Surabaya, 1 Sidoarjo, satu dari Gresik dan satu dari Kota Kediri. "Jadi ada satu lagi wilayah yang masuk zona merah yakni Kota Kediri karena sudah ada pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19,‚ÄĚ kata dia.

RS Corona Wisma Atlet Kini Dilengkapi Bilik Disinfektan

Tim Respon Disaster Management Centre (DMC) Dompet Dhuafa kerahkan truk jenis Unimog pada Jumat, 27 Maret 2020 untuk mendistribusikan sejumlah bilik disinfektan ke Wisma Atlet Kemayoran yang kini difungsikan sebagai Rumah Sakit (RS) Darurat Penanganan Virus Corona Covid-19.

Sebanyak 4 unit bilik sterilisasi ditempatkan guna mencegah penularan dari luar untuk membantu para tenaga medis yang tengah berjuang melawan virus corona.

Novak Djokovic Donasikan Rp 18 Miliar untuk Serbia Lawan Corona Covid-19

Petenis asal Serbia, Novak Djokovic, mendonasikan hartanya sebesar satu juta euro atau sekitar Rp 18 miliar untuk membantu negaranya memerangi pandemi virus corona Covid-19.

Dana dari Djokovic itu akan dipakai untuk membantu membeli alat bantu pernafasan dan kesehatan guna memerangi pandemi virus corona Covid-19 yang sudah menyerang secara global ini.

Google Donasi Rp 12,8 Triliun untuk Produksi APD dan Masker bagi Tenaga Medis

Induk perusahaan Google, Alphabet, akan mendonasikan dana sebesar USD 800 juta atau setara Rp 12,8 triliun.

Dana ini bakal digunakan untuk memproduksi alat pelindung diri (APD), masker, hingga sarung tangan untuk membantu tenaga kesehatan melawan Covid-19.

Daftar Bahan Makanan yang Harus Dibeli Selama Wabah Corona di Indonesia

Imbauan di rumah saja selama wabah Corona membuat banyak orang enggan ke mana-mana, bahkan untuk berbelanja ke pasar maupun swalayan.

Menyadari pentingnya imbauan ini guna memutus rantai penyebaran Virus Corona, orang-orang memilih belanja daring. Pesan melalui ponsel, dan barang akan dikirim ke rumah.

4 Kelompok Ini Paling Rentan Terpapar Corona Covid-19, Berhenti Merokok

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), per Jumat (27/3/2020), memperlihatkan lebih dari 500 ribu orang di seluruh dunia telah terinfeksi virus Corona COVID-19, dengan angka kematian mencapai lebih dari 23 ribu orang.

Sementara di Indonesia, kasus positif COVID-19 tercatat 1.046 dengan kasus meninggal dunia 87 orang.

Perumda Pasar Jaya Gagas Gerakan Belanja dari Rumah, Cek Daftar Pasarnya

Ikut ambil andil dalam gerakan Di Rumah Aja, Perumda Pasar Jaya menggagas gerakan Belanja dari Rumah. Informasi ini dibagikan lewat akun Instagram resmi, @perumdapasarjaya, sejak beberapa waktu lalu.

Melalui sederet unggahan, mereka memberitahu pasar mana saja yang berpartisipasi dalam gerakan ini, sehingga publik bisa memilih lokasi pasar paling dekat dengan rumah tinggal mereka di wilayah Jakarta.

61 Tenaga Medis yang Menangani Covid-19 di Jakarta Positif Corona

Sebanyak 61 tenaga medis di Jakarta positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19. Hal ini disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam konferensi pers di Balai Kota.

"Kita tahu hari ini saja jumlah kasus di Jakarta menjadi 603 kasus, 62 orang meninggal dan dari 603 positif, 61 tenaga medis terpapar di 26 rumah sakit di Jakarta," ungkap Anies, Sabtu (28/3/2020).

Abbott Laboratories Akan Rilis Alat Tes Cepat Corona COVID-19, Hasil Keluar dalam 5 Menit

Abbott Laboratories meluncurkan alat penguji yang dapat mengetahui apakah seseorang terinfeksi Virus Corona COVID-19. Hasilnya bisa diketahui hanya dalam lima menit.

Dalam rilisnya, Abbott mengungkapkan, dengan alatnya, hasil positif COVID-19 bisa dikeluarkan dalam lima menit, sementara hasil negatif dalam 13 menit.

Bahkan, alat ini berukuran sangat kecil dan portabel sehingga dapat digunakan di hampir semua tempat, rumah sakit maupun klinik kesehatan, demikian dikutip dari laman Bloomberg, Sabtu (28/3/2020).

Pemerintah Fasilitasi Hotel dan Transportasi Gratis Bagi 1100 Tenaga Medis Penanganan Corona

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio merilis kerjasama pemerintah dengan pelaku usaha di bidang transportasi dan perhotelan. Tujuannya, bukan semata menyokong perekonomian bisnis pariwisata yang lesu akibat Corona, namun juga memberikan pelayanan kepada tenaga medis yang berjibaku di garis depan untuk melawan Corona.

"Kami menyediakan tempat istirahat dan transportasi kepada mereka tenaga medis dan tim gugus tugas untuk penanganan Covid-19," kata Wishnu saat jumpa pers di Graha BNPB Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

KBRI: WNI Positif Corona COVID-19 di Singapura Bertambah 1 Orang, Total 32

Pada 27 Maret 2020, Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan WNI sebagai kasus positif ke-720 Virus Corona penyebab COVID-19 di Singapura. Dengan ini total 32 WNI yang telah dikonfirmasi positif COVID-19 di Singapura.

Dari 32 WNI tersebut, 2 orang telah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit (kasus 21 dan 237), 1 orang meninggal dunia (kasus 212), dan 29 orang masih dirawat di rumah sakit.

Paket Bantuan Medis dari China untuk Perangi Corona COVID-19 Tiba di Jakarta

Bantuan peralatan medis dari China untuk Indonesia guna memerangi Corona COVID-19 telah tiba di Jakarta pada Sabtu, 28 Maret 2020.

Paket bantuan medis ini diberangkatkan dari Shanghai pada 24 Maret lalu. Bantuan ini terdiri atas alat tes Corona, masker N95, masker bedah, pakaian pelindung medis, ventilator portabel, dan lainnya.

Pasokan medis ini akan digunakan untuk pencegahan dan pengendalian wabah Corona COVID-19 di dalam Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), demikian keterangan pers yang dikutip dari laman chineseembassy.org, Sabtu (28/3/2020).

 

52 dari 59 halaman

30 Maret 2020

Update Corona COVID-19 30 Maret: 722.289 Orang di Dunia Terinfeksi, 151.901 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada pukul 10.40 pagi WIB telah mencapai 722.289 dan ada 151.901 yang telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, Senin, (30/3/2020).

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di China, yang mencapai 75.903 dan Spanyol dengan 14.709 orang pulih.

Update COVID-19 di Indonesia 30 Maret: 122 Meninggal, 75 Sembuh, 1.414 Positif Corona

Achmad Yurianto merilis data terbaru terkait perkembangan kasus Corona COVID-19 di Indonesia.

Pada Senin, 30 Maret 2020, diketahui adanya penambahan sebanyak 129 kasus positif COVID-19 di Indonesia. Dengan begitu, sudah 1.414 orang yang terjangkit Virus Corona di Indonesia.

Pemkot Jakpus Semprot 60 Ribu Liter Cairan Disinfektan di Jalan Sudirman-Thamrin

Puluhan petugas gabungan dari PPSU, Sudinhub, Sudin Gulkarmat dan Satpol PP Jakarta Pusat menyeprotkan cairan disinfektan di sepanjang Jalan Jend. Sudirman hingga Jalan MH. Thamrin Senin (30/3/2020). 

Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat, Asril Rizal mengatakan, dalam kegiatan ini, pihaknya mengerahkan enam unit mobil pemadam yang masing-masing membawa 10 ribu liter cairan disinfektan untuk melakukan penyemprotan.

122 WNI Positif Corona COVID-19 di Luar Negeri

Kementerian Luar Negeri RI merilis data terbaru soal jumlah warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang terpapar Virus Corona COVID-19.

Lewat akun resmi Twitter @Kemlu_RI disebutkan bahwa jumlah WNI yang terpapar Corona COVID-19 per tanggal 30 Maret 2020 pukul 08.30 WIB berjumlah 122 orang.

 

53 dari 59 halaman

31 Maret 2020

Update Corona COVID-19 31 Maret: 785.709 Orang di Dunia Terinfeksi, 165.837 Pasien Sembuh

Infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia per pukul 10.42 pagi WIB telah mencapai 785.709 kasus. 165.837 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di China, yang mencapai 76.192 dan Spanyol dengan 16.780 orang pulih.

Selasa 31 Maret 2020, Virus Corona Telah Menyebar ke 32 Provinsi

Jumlah kasus positif Corona di Indonesia bertambah 114 orang menjadi 1.528 pasien Covid-19. Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan data ini diperoleh dari akumulasi secara nasional yang diperbaharui dalam 24 jam terakhir.

Perbaikan angka ini dilakukan pada pukul 12.00 WIB, Senin 30 Maret 2020 sampai pukul 12.00 WIB, 31 Maret 2020.

Mahasiswa Kedokteran Dunia Bikin Gerakan Global Hadapi Pandemi Virus Corona COVID-19

Sekelompok mahasiswa kedokteran dari beberapa negara yang paling terkena dampak dari pandemi Virus Corona COVID-19, membuat gerakan global dan mengajak masyarakat dunia berani memerangi virus ini. Ada pun di antaranya dari Indonesia, Singapura, China, Italia AS, Spanyol, Jerman dan masih banyak negara terdampak lainnya. 

Menggambarkannya sebagai musuh yang tidak memandang jabatan, ras, atau kelas sosial, mereka mengajak kita untuk berjuan melawan virus dan bukannya malah sibuk menimbun stok makanan di rumah. 

KAI Batalkan 44 Perjalanan Kereta Jarak Jauh ke Jakarta, Ini Daftarnya

PT KAI menambahkan daftar kereta api jarak jauh yang dibatalkan perjalanannya hingga menjadi sebanyak 44 perjalanan KA jarak jauh Daerah Operasi (Daop) I Jakarta untuk periode 1 April-1 Mei 2020.

Upaya ini sebagai salah satu upaya menanggulangi penyebaran COVID-19.

Tingkat Kematian di Indonesia Akibat Corona COVID-19 Tertinggi se-Asia Tenggara

Menurut data otoritas kesehatan WHO, Indonesia melaporkan 1.414 kasus infeksi Virus Corona baru dengan 122 kematian, per 31 Maret 2020. Menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kematian atau mortality rate tertinggi akibat Virus SARS-CoV2 di Asia Tenggara.

Lebih banyak pasien yang didiagnosis dengan Corona COVID-19 meninggal di Indonesia daripada di tempat lain di Asia Tenggara.

Update Corona Selasa 31 Maret: Kasus Positif Covid-19 Jadi 1.528 Orang

Jumlah kasus positif Corona Covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 114 orang.

Total akumulatif sampai dengan hari ini, Selasa (31/3/2020) jumlah kasus positif Corona Covid-19 ada 1.528 orang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh juru bicara pemerintah dalam penanganan Corona Covid-19 Achmad Yurianto.

"Bertambah 114 sehingga total kasus sebanyak 1.528 orang," ujar Yurianto di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Update Corona Selasa 31 Maret: 81 Pasien Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Jumlah pasien yang dinyatakan positif Corona Covid-19 sampai hari ini, Selasa (31/3/2020) mencapai 1.528 orang.

Menurut juru bicara pemerintah penanganan Corona Covid-19 Achmad Yurianto, dari jumlah tersebut, pasien yang meninggal dunia sebanyak 136 orang.

Update Corona Selasa 31 Maret: 136 Pasien Meninggal Dunia Akibat Covid-19

Jumlah pasien yang terinfeksi virus Corona Covid-19 di Indonesia masih terus bertambah. Sampai saat ini, Selasa (31/3/2020), sudah ada 1.528 orang yang dinyatakan positif Corona.

Menurut juru bicara pemerintah penanganan Corona Covid-19 Achmad Yurianto, ada pula penambahan pasien yang meninggal dunia.

Update 3 Negara dengan Kematian Tertinggi Akibat Virus Corona COVID-19

Menutup bulan Maret, sudah ada total 786 ribu kasus Virus Corona (COVID-19). Virus yang pertama kali dilaporkan di Wuhan ini telah menyebar ke berbagai penjuru dunia.

Jika bulan lalu kasus di Asia masih tertinggi, kini negara-negara Eropa yang banyak terjangkit dan menjadi pusat Virus Corona jenis baru. Kematian tertinggi berada di Italia.

Jokowi: Status Darurat Kesehatan, Pemerintah Berlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar

Pemerintah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat di tengah wabah Covid-19 karena virus Corona. Pemerintah menilai penyakit ini merupakan penyakit yang dengan faktor risiko tinggi.

"Oleh karenanya, pemerintah menetapkan status kedaruratan kesehatan masyarakat. Untuk mengatasi dampak wabah tersebut saya telah memutuskan dalam rapat kabinet, opsi yang kita pilih adalah pembatasan sosial berskala besar atau PSBB," kata Jokowi, Jakarta, Selasa (31/3/2020).

 

54 dari 59 halaman

2 April 2020

Update Corona COVID-19 2 April: 935.817 Orang di Dunia Terinfeksi, 193.700 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia yang dikutip pukul 09.50 pagi WIB telah mencapai 935.817 kasus. 193.700 di antaranya dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di China, yang mencapai 76.409 dan Spanyol dengan 22.647 orang pulih.

Data Sebaran Kasus Corona Covid-19 Hari Ini, DKI Paling Tinggi

Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Corona Achmad Yurianto mengumumkan jumlah pasien positif terinfeksi virus Corona Covid-19 terus bertambah.

Menurut data, ada penambahan 113 kasus positif Corona hingga hari ini, Kamis (2/4/2020). Sehingga total Keseluruhan berjumlah 1.790. Kemudian 170 orang meninggal dunia dan 112 orang dinyatakan sembuh.

Update Sebaran Corona Covid-19 di 32 Provinsi per Kamis 2 April

Update sebaran corona COVID-19, Kamis 2 April 2020. Kabar baiknya adalah tak ada penambahan provinsi yang terpapar. Masih sama dengan hari sebelumnya yakni 32 provinsi terpapar, dan 2 provinsi masih bebas corona.

Kabar kurang baiknya, masih saja ada penambahan kasus pasien terinfeksi COVID-19 di berbagai daerah.

Data update Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 per Kamis 2 April 2020 pukul 16.00 menyebutkan saat ini terakumulasi ada 1790 kasus terkonfirmasi corona COVID-19 di seluruh Indonesia. Dari sejumlah itu 112 sembuh dan 170 meninggal dunia.

Menkes Israel Yaakov Litzman dan Istrinya Positif Corona COVID-19

Menteri Kesehatan Israel Yaakov Litzman dan istrinya dinyatakan positif Virus Corona COVID-19. Litzman yang berusia 71 tahun adalah pejabat paling senior di Israel yang terinfeksi Virus Corona jenis baru ini.

Dilansir The Times of Israel, Kamis (2/4/2020), Menkes Litzman dan istrinya dikabarkan dalam keadaan sehat dan dalam isolasi. Semua orang yang sempat melakukan kontak dengan mereka juga akan diminta karantina.

Kasus Corona di Indonesia 2 April: 170 Meninggal, 112 Sembuh, 1.790 Positif COVID-19

Achmad Yurianto, juru bicara penanganan Corona di Indonesia, mengungkapkan ada tambahan 113 orang positif. Dengan begitu, total orang yang terjangkit COVID-19 pada Kamis, 2 April 2020 adalah 1.790 jiwa.

"Kasus sembuh bertambah 9 orang, sehingga total menjadi 112 orang," kata Yuri di Jakarta pada Kamis, 2 April 2020.

Update 2 April: 193 WNI di Luar Negeri Positif Virus Corona COVID-19

Jumlah warga negara Indonesia (WNI) positif Virus Corona COVID-19 terus bertambah. Saat ini warga Tanah Air yang dilaporkan terinfeksi SARS-CoV-2 berada di 23 negara.

Menurut informasi dari Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, melalui akun Instagram safetravel.kemlu, diketahui data persebaran WNI yang terinfeksi Virus Corona COVID-19 di luar negeri per Kamis (2/4/2020) pukul 14.00 WIB.

Kualitas Udara di 2 Negara Asia Ini Membaik Saat Lockdown Corona COVID-19

Dua negara di Asia yaitu China dan India dilaporkan mengalami penurunan tingkat polusi selama masa lockdown akibat Virus Corona COVID-19 diberlakukan pemerintah setempat.

Dikutip dari laman Mercury News  Kamis (2/4/2020), polusi udara dari nitrogen dioksida, gas yang dipancarkan mobil, pembangkit listrik dan pabrik, turun 40 persen di kota-kota China karena pembatasan sementara diberlakukan demi menekan penyebaran Virus Corona.

 

55 dari 59 halaman

3 April 2020

Update Corona COVID-19 3 April: 1.015.403 Orang di Dunia Terinfeksi, 210.579 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada pukul 10.10 pagi WIB telah mencapai 1.015.403 kasus. 210.579 di antaranya dinyatakan sembuh berdasarkan peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di China, yang mencapai 76.566 dan Spanyol dengan 26.743 orang pulih.

Update Corona Jumat 3 April 2020: 181 Pasien Meninggal karena COVID-19

Juru bicara pemerintah dalam penanganan Corona Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Corona atau Covid-19 pada Jumat (3/4/2020) bertambah 196 orang.

Sehingga total akumulatif pasien positif Corona Covid-19 sebanyak 1.986 orang.

Update Corona Jumat 3 April: Total 1.986 Orang Positif COVID-19

Juru bicara pemerintah dalam penanganan Corona Achmad Yurianto kembali menyampaikan update terbaru terkait jumlah pasien positif Covid-19 yang semakin bertambah.

Sampai hari ini, Jumat (3/4/2020), ada penambahan kasus positif Corona Covid-19 sebanyak 196 orang.

Singapura Luncurkan Tes Online untuk Bantu Warga Deteksi Dini Corona COVID-19

Pemerintah Singapura telah meluncurkan alat screening test secara online agar masyarakat dapat menjalankan pemeriksaan diri cepat dan mendapatkan saran dasar. Ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mengalami gejala tertentu dan menduga dirinya mungkin sudah terinfeksi Virus Corona COVID-19. 

Diluncurkan pada Jumat (3/4/2020) oleh Sistem Kesehatan Universitas Nasional (NUHS), Pusat Nasional untuk Penyakit Menular (NCID) dan Departemen Kesehatan untuk Transformasi Kesehatan (MOHT), COVID-19 Symptom Checker bertujuan untuk membantu orang menavigasi sistem perawatan kesehatan dan mendapatkan kejelasan tentang apa yang harus dilakukan jika mereka merasa tidak sehat. Demikian seperti dilansir dari laman Channel News Asia. 

Negatif Corona, 316 WNI ABK MSC Dipulangkan dari Genoa, Italia

Sebanyak 316 Warga Negara Indonesia (WNI) awak Kapal MSC telah tiba di Denpasar pada 30 Maret 2020 lalu, dari Genoa, Italia. WNI itu ke Indonesia menggunakan pesawat komersil Qatar Airways.

"Iya (sudah dipulangkan), 316 ABK dari Genoa," kata Plt Jubir Kemenlu Teuku Faizasyah di Jakarta, Jumat (3/4/2020).

Menurut Faizasyah, pemerintah Indonesia telah berkomunikasi dengan otoritas kesehatan Genoa sebelum memulangkan 316 WNI. Komunikasi ini untuk mengetahui status mereka apakah terinfeksi Virus Corona atau Covid-19 atau tidak.

Australia Jadi Negara Pelaku Uji Corona COVID-19 Terbanyak di Dunia

Australia menjadi negara pertama yang telah melakukan tes terhadap 1 persen dari jumlah penduduknya, dalam upaya mengendalikan penyebaran Virus Corona COVID-19 yang sekarang sudah pandemik di hampir seluruh dunia.

Demikian dikatakan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam jumpa pers Kamis 2 Maret 2020 yang juga mengumumkan biaya pengasuhan anak-anak yang dititipkan ke tempat perawatan anak, atau 'child care', akan dibebaskan selama enam bulan mendatang.

Melansir ABC Indonesia, Jumat (3/4/2020), sejauh ini Australia sudah melakukan tes terhadap lebih dari 260 ribu warga, yang berarti satu persen dari jumlah penduduk Australia, yang saat ini berjumlah 26 juta.

 

56 dari 59 halaman

6 April 2020

Update Corona COVID-19 6 April: 1.274.923 Orang di Dunia Terinfeksi, 260.484 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada pukul 10.28 WIB telah mencapai 1.274.923 kasus. 260.484 di antaranya dinyatakan sembuh berdasarkan data peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di China, yang mencapai 77.216 dan Spanyol dengan 38.080 orang pulih.

Pemerintah DKI Perpanjang WFH Hingga 19 April

Melihat kasus COVID-19 yang masih merangkak naik, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memperpanjang masa Work From Home (WFH) hingga 19 April mendatang.

Ha ini dijelaskan Andri Yansyah, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta, Senin (6/4/2020) seperti dikutip Antara. Imbauan disampaikan melalui Surat Edaran Nomor 20/SE/2020 tentang Perpanjangan Imbauan Bekerja Dari Rumah.

Marah Diperingati Tak Pakai Masker Saat Pandemi Corona, Pria di Filipina Ditembak Mati

Seorang pria berusia 63 tahun ditembak mati di Filipina setelah mengancam para pejabat desa dan polisi dengan sabit di pos pemeriksaan Virus Corona.

Pria itu diyakini mabuk ketika ia mengancam para pejabat desa dan polisi yang menjaga pos pemeriksaan di kota Nasipit di Selatan provinsi Agusan del Norte, pada Kamis lalu.

"Tersangka itu diperingatkan oleh petugas kesehatan desa karena tidak mengenakan masker," kata laporan itu, demikian dikutip dari laman The Star, Senin (6/4/2020).

Rilis Terbaru Corona di Indonesia 6 April: 209 Meninggal, 192 Sembuh, 2.491 Positif COVID-19

Tim gugus tugas penanganan Corona di Indonesia merilis jumlah kasus positif COVID-19 per Senin, 6 April 2020.

Juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto membeberkan bahwa ada penambahan sebanyak 218 orang, sehingga total yang positif terjangkit Virus Corona menjadi 2.491 jiwa.

Cek Fakta: Mata Merah, Bengkak dan Berair Gejala Positif Corona COVID-19?

Beredar peringatan, untuk mewaspadai seorang yang bermata merah, bengkak dan berair sebab kondisi tersebut dilaporkan kerap ditemukan pada pasien positif virus Corona baru (COVID-19).

Kabar tersebut tersebar di media sosial, salah satunya diunggah akun Facebook Jeng Andien, pada 3 April 2020.

Mata merah, bengkak dan berair memang kerap ditemukan pada pasien COVID-19. Namun belum tentu seorang dengan mata merah, bengkak dan berair positif COVID-19.

BELUM TERKONFIRMASI: Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) maupun WHO pun belum mengkonfirmasi mata merah sebagai gejala COVID-19.

 

57 dari 59 halaman

7 April 2020

Update Corona COVID-19 7 April: 1.347.803 Orang di Dunia Terinfeksi, 277.402 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia pada pukul 10.31 WIB telah mencapai 1.347.803. Sementara 277.402 pasien dinyatakan sembuh berdasarkan data peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di China, yang mencapai 77.393 dan Spanyol dengan 40.437 orang pulih.

Cegah Hoaks Covid-19, WhatsApp Kini Cuma Bisa Forward Pesan Sekali dalam Satu Waktu

WhatsApp kini menghadirkan fitur pembatasan forward pesan ke satu chat dalam satu waktu.

Kehadiran fitur ini merupakan upaya WhatsApp untuk meminimalisasi peredaran disinformasi dan hoaks terkait Covid-19 yang banyak dibagikan melalui aplikasi pesan tersebut.

Sebelumnya, pada 2019, WhatsApp telah memperkenalkan tanda khusus untuk pesan-pesan yang telah diteruskan alias forwarded berkali-kali kepada pengguna.

PSBB Jakarta Berlaku, Polisi Tak Batasi Kendaraan Keluar Masuk Ibu Kota

Menteri Kesehatan menyetujui permohonan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Ibu Kota untuk meredam penyebaran virus Corona.   PSBB berlaku semenjak surat keputusan Menkes ditandatangani pada 7 April 2020.

Meski PSBB berlaku di Jakarta, polisi mengatakan tidak akan ada pembatasan kendaraan yang keluar-masuk Ibu Kota.

200.000 Sembako Dibagikan ke Warga Terdampak Corona di Jabodetabek Mulai Rabu 8 April

Pemerintah akan membagikan 200 ribu sembako untuk warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang (Jabodetabek) yang terdampak wabah Corona. Menteri Sosial Juliari Batubara mengatakan ratusan ribu paket bantuan sosial itu akan dibagikan mulai besok, Rabu, 8 April 2020.

"Khusus bansos sembako untuk wilayah di Jabodetabek. Kemensos akan mendistribusikan mulai besok, 200 ribu paket sembako dengan indeks Rp 200 ribu di Jakarta," jelas Juliari usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait Jaring Sosial Pengaman saat wabah Corona melalui siaran teleconference, Selasa (7/4).

Jokowi Beri BLT Rp 600 Ribu per Keluarga Miskin selama 3 Bulan

Presiden Jokowi memutuskan memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) per keluarga sebesar Rp 600.000 setiap bulannya.

Bantuan ini diberikan selama tiga bulan untuk keluarga miskin yang terdampak pandemi virus corona (Covid-19).

"Presiden menyetujui untuk memberikan bantuan langsung tunai atau disingkat BLT selama 3 bulan. Dengan indeks Rp 600 ribu per keluarga," ujar Menteri Sosial Juliari Batubara dalam video conference usai rapat bersama Presiden Jokowi, Selasa (7/4/2020).

Menurut dia, bantuan akan diberikan kepada keluarga yang tertulis dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. Kendati begitu, dengan syarat bahwa penerima bantuan ini tidak menerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Pra Kerja, dan Bantuan Pangan Non Tunai.

KBRI Washington Pantau Kesehatan WNI Secara Online Saat Pandemi Corona COVID-19

Sebagai langkah antisipasi dan deteksi dini dampak pandemi Virus Corona COVID-19 terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) di Amerika Serikat khususnya para lansia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington, D.C. tengah menyiapkan kegiatan pemantauan kesehatan secara daring atau online berkala bagi Kelompok Lansia (usia di atas 60 tahun) yang dinilai lebih rentan terhadap dampak negatif COVID-19.

Kegiatan yang dibantu oleh simpul-simpul komunitas, mahasiswa dan diaspora Indonesia yang bergerak di bidang kesehatan tersebut akan memantau para lansia yang sebelumnya telah mendaftarkan diri melalui email maupun nomor hotline KBRI Washington, D.C. melalui pendataan suhu tubuh secara berkala yang dilaksanakan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pukul 9 pagi dan 7 sore. Demikian informasi yang diterima dari siaran pers KBRI Washington D.C, Selasa (7/4/2020).

Data Corona di Indonesia 7 April: 221 Meninggal, 204 Sembuh, 2.738 Positif COVID-19

Juru bicara pemerintah penanganan Corona Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, jumlah kasus positif virus Corona atau Covid-19 bertambah 247 orang pada Selasa (7/4/2020). Dengan demikian, totalnya menjadi 2.738 orang.

Penambahannya terhitung sejak Senin, 6 April 2020 hingga Selasa, 7 April 2020 pukul 12.00 WIB.

 

58 dari 59 halaman

8 April 2020

Update Corona COVID-19 8 April: 1.430.141 Orang di Dunia Terinfeksi, 301.130 Pasien Sembuh

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 1.430.141 kasus. 301.130 di antaranya dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di China, yang mencapai 77.520 dan Spanyol dengan 43.208 orang pulih.

Update Corona di Indonesia: 240 Meninggal, 222 Sembuh, 2.956 Positif COVID-19 Periode 8 April

Juru bicara pemerintah penanganan Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, merilis jumlah kasus positif COVID-19 periode 8 April 2020. Angka yang dikeluarkan ini berdasarkan pemeriksaan PCR, bukan pemeriksaan rapid test.

Yuri, mengatakan, dari data pada Selasa, 7 April 2020 pukul 12.00 WIB sampai Rabu, 8 April 2020 di jam yang sama, terjadi penambahan sebanyak 218 sehingga total orang yang terjangkit Virus Corona di Indonesia ada 2.956 jiwa.

Kasus Virus Corona COVID-19 di Turkmenistan Nol, Apa yang Terjadi?

Virus Corona COVID-19 kini telah ditemukan di hampir setiap negara di dunia. Angka infeksi secara globalnya sudah menyentuh 1,4 juta dengan lebih dari 80.000 kematian. 

Namun ternyata, masih ada beberapa negara yang belum menemukan kasus tersebut. Salah satunya adalah Turkmenistan. 

Sementara dunia kini sedang memerangi Virus Corona jenis baru dan semakin banyak negara mengunci populasi mereka, Turkmenistan mengadakan acara bersepeda massal untuk memperingati Hari Kesehatan Dunia pada Selasa 7 April.

Menkominfo: Ada 474 Hoaks terkait Corona Covid-19

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebut, hingga hari ini ada 474 hoaks terkait Corona Virus Disease (Covid-19). Johnny meminta masyarakat cerdas tidak menyebarkan hoaks.

"Hingga pagi ini ada 474 isu hoaks secara akumulatif dan tersebar di lebih dari 1.000 sebaran di platform digital," kata Johnny saat jumpa pers di BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

RSUP Persahabatan Terima 60-80 Pasien Rujukan Corona Covid-19 per Hari

Direktur Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan Rita Rogayah menyebut, pihaknya menerima 60-80 pasien Covid-19 akibat infeksi virus Corona per hari. Mayoritas, kata dia, merupakan kasus ringan.

"Saat ini kami mendapatkan rujukan dalam satu hari itu kurang lebih sekitar 60-80 pasien, sehingga kami harus menata kasus kasus bagaimana yang bisa kami terima sesuai dengan kasusnya," kata Rita di kantor BNPB, Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Ojek Dilarang Angkut Penumpang Saat PSBB di DKI Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan   resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di lingkungan Provinsi DKI Jakarta mulai Jumat, 10 April 2020 hingga 14 hari ke depan. Sejumlah ketentuan akan diterapkan mengukuti prosedur PSBB, termasuk bidang transportasi.

Angkutan kendaraan umum terkena dampak cukup signifikan, khususnya untuk pengemudi ojek. Baik pangkalan maupun online atau ojol.

Corona COVID-19 di Asia, Akhir Lockdown Wuhan hingga PSBB Indonesia Jadi Sorotan

Menurut data peta Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE, kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di dunia Rabu (8/4/2020) pagi telah mencapai 1.347.803. Sementara 277.402 pasien dinyatakan sembuh.

Seluruh negara Asia dilaporkan tengah berjuang memerangi Virus Corona COVID-19, ketika pusat wabah Virus SARS-CoV-2 di Wuhan mengakhiri masa lockdown. Sementara menurut data dari WHO, sejumlah negara bebas dari laporan kasus tersebut.

 

59 dari 59 halaman

9 April 2020

Update Corona COVID-19 9 April: 1.484.811 Orang di Dunia Terinfeksi

Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di seluruh dunia telah mencapai 1.484.811. 329.876 di antaranya dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. 

Jumlah kesembuhan pasien Virus Corona COVID-19 paling besar tercatat di China, yang mencapai 77.639 dan Spanyol dengan 48.021 orang pulih.

Data per 9 April 2020: Total Sumbangan Masyarakat untuk Penanganan Covid-19 Rp193 Miliar

Pemerintah telah menerima dana sebesar Rp 193 miliar untuk menangani virus Corona atau Covid-19 yang merajalela di Indonesia. Sumbangan itu dikumpulkan dari urunan masyarakat yang ada di dalam negeri dan WNI yang berada di luar negeri. 

Demikian yang dilaporkan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Kamis (9/4/2020). 

Update 9 April 2020: 280 Meninggal, 252 Sembuh, 3.293 Positif Corona COVID-19 di Indonesia

Juru bicara pemerintah penanganan Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, merilis jumlah kasus positif COVID-19 periode 9 April 2020. Angka yang dikeluarkan ini berdasarkan pemeriksaan PCR, bukan pemeriksaan rapid test.

Yuri, mengatakan, dari data pada Rabu, 8 April 2020 pukul 12.00 WIB sampai Kamis, 9 April 2020 di jam yang sama, terjadi penambahan sebanyak 337 sehingga total orang yang terjangkit Virus Corona di Indonesia ada 3.293 jiwa.

3.293 Kasus Positif Corona di Indonesia Tersebar di 33 Provinsi

Terjadi penambahan sebanyak 337 kasus, sehingga total orang yang terjangkit Corona COVID-19 sampai Kamis, 9 April 2020 sudah menyentuh angka 3.293 kasus.

Juru bicara pemerintah penanganan Corona di Indonesia, Achmad Yurianto, merilis jumlah kasus positif COVID-19 periode 9 April 2020. Angka yang dikeluarkan ini berdasarkan pemeriksaan PCR, bukan pemeriksaan rapid test.

Bertambah 4, Kini Total Ada 45 Kasus WNI Positif Corona COVID-19 di Singapura

Jumlah kasus Virus Corona COVID-19 yang menginfeksi WNI di Singapura terus bertambah.

Kementerian Kesehatan Singapura mengumumkan 4 WNI telah dikonfirmasi positif COVID-19 di Singapura, yaitu kasus 1.504, 1.592, 1.615, dan 1.618.

Ini Hukuman Bagi ASN yang Cuti dan Mudik di Tengah Pandemi Corona

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengeluarkan Surat Edaran Nomor 46 Tahun 2020 Tentang Pembatasan Kegiatan Bepergian ke Luar Daerah dan/atau Kegiatan Mudik dan/atau Cuti bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona.

Dengan tegas dia meminta ASN dilarang untuk mudik, bahkan mengajukan cuti di tengah pandemi Corona ini. Adapun yang berhak cuti menurut Tjahjo dalah mereka yang melahirkan, sakit, ataupun ada alasan penting lainnya.

TikTok Sumbang Rp 100 Miliar untuk Tangani Pandemi Corona Covid-19

TikTok mendonasikan bantuan sebesar Rp 100 miliar untuk pengananan pandemi Corona Covid-19. Sumbangan tersebut diterima oleh Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

"TikTok mendonasikan dana sebesar 100 miliar rupiah untuk kegiatan dalam rangka bantuan kemanusiaan untuk operasi mengatasi Covid-19 di Indonesia," kata Doni di kantor BNPB, Jakarta, Kamis (9/4/2020). 

9 Negara Ini Bantu Indonesia Lawan Virus Corona COVID-19

Kementerian Luar Negeri Indonesia terus memperkuat kerja sama internasional di tengah epidemi Virus Corona COVID-19. Upaya saling bantu pun terjadi, seperti pengiriman obat pereda COVID-19 hingga berbagai alat kesehatan. 

Sebelumnya, Jepang dilaporkan menggratiskan obat Avigan untuk Indonesia. Korea Selatan juga mengutamakan Indonesia saat ratusan negara ingin memesan alat tes Virus Corona mereka. 

 

Lanjutkan Membaca ↓