Sukses

[Cek Fakta] Ulama Tenar Habib Ali Aljufri Sengaja Datang ke Indonesia untuk Hadiri Reuni 212?

Habib Ali Aljufri dari Yaman diklaim sengaja datang ke Indonesia untuk menghadiri acara Reuni 212, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Reuni 212 berlangsung hari ini, Senin (2/12/2019). Sebelumnya, sempat beredar kabar yang menyebut, Habib Ali Aljufri dari Yaman sengaja datang ke Indonesia untuk menghadiri acara tersebut.

Kabar tersebut seperti diunggah akun Facebook bernama Ifan Hidayat pada Jumat, 29 November 2019. Dalam unggahannya, ia juga menyertakan video yang diklaim sebagai momentum kedatangan Habib Ali Aljufri.

Pada video tersebut, terlihat Habib Ali Aljufri baru tiba di Bandara. Kedatangannya disambut oleh ulama-ulama lain dan petugas bandara.

[Cek Fakta] Ulama Tenar Habib Ali Aljufri Sengaja Datang ke Indonesia Untuk Hadiri Reuni 212, Benarkah?

"Habib ali bin abdurrohman al jufri dr hadromaut dtng ke Indonesia untuk tabligh Akbar acara 212 di jakarta beliau ulama dunia yg biasa dakwa di eropa Insyallah kedatang habib ali ke Indonesia bawa barokah untuk Indonesia.. Allahu Akbar..!!" tulis Ifan Hidayat menyertai unggahan video.

Video itu sudah dilihat 97 ribu kali dari pertama kali diunggah dan dibagikan 4.000 kali. Ada 1.700 komentar dalam unggahan video tersebut.

 

Selain itu, akun Facebook bernama Muhamad Ichwan juga mengunggah video kedatangan Habib Ali Aljufri, dengan klaim serupa, pada Sabtu, 30 November 2019.

[Cek Fakta] Ulama Tenar Habib Ali Aljufri Sengaja Datang ke Indonesia Untuk Hadiri Reuni 212, Benarkah?

"Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa'ala Ali Sayyidina Muhammad..Shollu Alaaaihi !!?? AL- HABIB ALI Bin ABDURROHMAN AL JUFRI dari HADROMAUT - YAMAN, telah sampai/datang ke Indonesia untuk Menghadiri REUNI AKBAR 212 ( Senin,02 Desember 2019 ) serta TABLIGH AKBAR MAULID NABI MUHAMMAD SAW, DZIKIR di JAKARTA. Beliau ULAMA BESAR DUNIA yang senatiasa dan biasa BERDAKWAH di EROPA, Insha ALLAH kedatangan HABIBANA AL HABIB ALI Bin ABDURROHMAN AL JUFRI ke Indonesia membawa Barokah khususon untuk Umat Muslim Indonesia dan Umumnya Bangsa Indonesia..Aamiin Yaa Rabbal Ala'miin 🤲" tulis Muhamad Ichwan menyertai unggahan video.

Hingga saat ini, video tersebut sudah ditonton 74 kali, mendapatkan 14 tanda suka, dan ada dua komentar di dalamnya. Video ini sudah dibagikan satu kali saja.

 

Terakhir, video juga diunggah akun Facebook bernama Orang kampung,bakalan sukses pada Sabtu, 30 November 2019.

[Cek Fakta] Ulama Tenar Habib Ali Aljufri Sengaja Datang ke Indonesia Untuk Hadiri Reuni 212, Benarkah?

 

"السَّلاَمُ عَلَيْكُمْاَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ ..Jika sekelas dunia saja telah hadir...Semakin optimis IB HRS akan hadir di reuni 212

AL- HABIB ALI Bin ABDURROHMAN AL JUFRI dari HADROMAUT - YAMAN, telah sampai ke Indonesia untuk Menghadiri REUNI AKBAR 212 ( Senin,02 Desember 2019 ) serta TABLIGH AKBAR MAULID NABI MUHAMMAD SAW, DZIKIR di JAKARTA.

Beliau adalah ULAMA BESAR DUNIA yang senatiasa dan biasa BERDA'WAH di EROPA, InsyaaALLAH kedatangan HABIBANA AL HABIB ALI Bin ABDURROHMAN AL JUFRI ke Indonesia membawa Barokah. khususnya untuk Umat Muslim Indonesia dan Umumnya Bangsa Indonesia.اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن..Amin ya rabbal alamamin.." tulis Orang kampung,bakalan sukses menyertai unggahan videonya.

Video tersebut sudah ditonton 45 kali, dibagikan dua kali, dan mendapat enam tanda suka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran datangnya Habib Ali Aljufri ke Indonesia. Ternyata, itu memang video kedatangan  Habib Ali Aljufri datang ke Indonesia.

Tetapi, kedatangan Habib Ali Aljufri bukan untuk menghadiri Reuni 212 seperti klaim yang disebut dalam akun-akun Facebook tersebut.

Hal itu diketahui dari klarifikasi yang diberikan dalam akun Facebook Alhabib Ali Al Jifri الحبيب علي الجفري pada Minggu, 1 Desember 2019.

Melalui akun Facebook tersebut, dituliskan, kedatangan Habib Ali Aljufri untuk menghadiri acara di Malang, Jawa Timur.

 

"الحمد لله..‏

Segala puji bagi Allah..لا صحة لما يشاع من حضور الحبيب علي الجفري إلى إندونيسيا للمشاركة في المظاهرات التي ستقام يوم الاثنين في جاكرتا اذ أنها من الشأن الاندونيسي الداخلي، بل إنه سيلقي في ذلك اليوم محاضرة في منطقة مالانج.

Tidak benar berita yang tersebar bahwa kedatangan Habib Ali Aljufry ke Indonesia untuk menghadiri reuni akbar 212 Karena itu adalah urusan internal Indonesia. Bahkan pada Hari itu beliau akan menghadiri tabligh akbar di kota Malang

وانا إذ ننبه على ذلك نهيب بمن ينشر تلك الشائعات دون التثبت ان يتقي الله تعالى فإن الكذب من الباطل والحق لا ينصر بالباطل.

"Dan sesungguhnya kami mengingatkan kepada siapa yang menyebarkan berita tanpa mencari kepastian untuk takut kepada Allah, Karena kebohongan itu adalah batil dan kebenaran itu tidak di menangkan dengan kebatilan.

اللهم احفظ إندونيسيا من الفتن ما ظهر منها و ما بطن ووفق أهلها للانتهاض بها انك ولي ذلك والقادر عليه.

Semoga Allah menjaga Indonesia dari fitnah dhohir dan Batin, dan berikan mereka kekuatan untuk melawan fitnah, sesungguhnya Engkau Ya Allah yang Maha mampu untuk itu

مكتب الحبيب علي الجفريعلوي يحيى الجفري

Kantor Habib Ali Aljifri

Alawi Yahia Aljifri," tulisnya melalui unggahan dalam akun Facebook tersebut.

Selain itu, www.turnbackhoax.id juga sudah menuliskan melalui artikelnya yang berjudul [SALAH] Habib Ali Al Jufri Akan Hadiri Reuni 212.

Artikel tersebut ditulis hari ini, Senin (2/12/2019). Dalam artikel tersebut dijelaskan, kedatangan Habib Ali Aljufri untuk melakukan safari dakwah ke berbagai daerah.

Pada saat acara Reuni 212, Habib Ali Aljufri bahkan dijadwalkan menghadiri acara di Malang, Jawa Timur.

[Cek Fakta] Ulama Tenar Habib Ali Aljufri Sengaja Datang ke Indonesia Untuk Hadiri Reuni 212, Benarkah?

 

"Melalui akun medsos resminya Habib Ali membantah isu dirinya akan menghadiri Reuni 212 pada 2 Desember.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

==============================================Konten Palsu==============================================

Akun Ifan Hidayat mengunggah sebuah video dengan narasi :

” Habib ali bin abdurrohman al jufri dr hadromaut dtng ke Indonesia untuk tabligh Akbar acara 212 di jakarta beliau ulama dunia yg biasa dakwa di eropa Insyallah kedatang habib ali ke Indonesia bawa barokah untuk Indonesia.. Allahu Akbar..!!”

Sumber : https://perma.cc/M5DT-4JL6 (Arsip) Sudah dibagikan 3930 kali saat tangkapan layar diambil.

==============================================

PENJELASAN

Habib Ali Al Jufri membantah isu seputar kehadirannya di acara Reuni 212 pada 2 Desember 2019. Hal ini diungkapkan melalui akun media sosial terverifikasinya di FB.

Ulama kharismatik berkebangsaan Arab (Uni Emirat Arab) ini sudah tiba Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, Jumat dinihari (29/11/2019). Selama di Tanah Air, Habib Ali dan rombongan akan melakukan safari dakwah ke berbagai daerah.

Kebetulan pada 2 Desember, beliau dijadwalkan untuk menghadiri acara di Malang. Rencana safari dakwah beliau selama di Indonesia seperti dikutip oleh Sindonews memang tidak menampilkan kegiatan Reuni 212 di dalamnya.

Berikut jadwal kegaiatan Habib Ali selama di Indonesia:

1. Jumat, 29 November 2019, Pukul 20.00 WIB.Mengisi Kajian ‘Nilai-nilai Qur’ani pada Generasi Milenial’.Tempat: Masjid Nabawi Pesantren Tahfizh Darul Quran.

2. Sabtu, 30 November 2019, Pukul 09.00-12.00 WIB.International Conference on Islam and Civilitazion.Tempat: University Training Centre (UTC) Rawamangun, Jakarta Timur.

3. Ahad, 1 Desember 2019, Pukul 07.00-Selesai.Tabligh Akbar “Meneladani Rasulullah SAW”.Tempat: Pondok Pesantren Darul Halim.

4. Senin, 2 Desember 2019, Pukul 19.00 WIB.Maulid Akbar Majelis Ta’lim wal Maulid Ar-Ridwan.Tempat: Lapangan Rampal Kota Malang.

5. Kamis, 5 Desember 2019, Pukul 12.00 WIB.Kajian Mencetak Generasi Milenial Muslim Rahmatan lil Alamin.Tempat: Auditorium UNNES, Sekaran, Gunung Pati.

6. Sabtu, 7 Desember 2019.Tempat: Zawiyah Arraudhah Tebet Jakarta Selatan.Kajian Tasawwuf Pukul 12.00-15.00 WIB.Majelis Khusus Pukul 18.00-20.00 WIB."

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kedatangan Habib Ali Aljufri ke Indonesia, khususnya saat tiba di Bandara Soekarno Hatta bukanlah untuk menghadiri acara Reuni 212 seperti yang dikabarkan akun Facebook Ifan Hidayat, Muhamad Ichwan, dan Orang kampung,bakalan sukses.

Kedatangan Habib Ali Aljufri untuk melakukan safari dakwah ke berbagai daerah, yakni Malang dan Jakarta.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.