[Cek Fakta] Video Ini Sering Dihapus Youtube karena Membuat Banyak Orang Masuk Islam? Ini Faktanya

Oleh Diyah Naelufar pada 28 Okt 2019, 18:05 WIB
[Cek Fakta] Video Ini Sering di Hapus Youtube Karena Membuat Banyak Orang Masuk Islam? Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Pada 20 Juli 2017, akun Youtube Zikel Bekeletek mengunggah rekaman berjudul, Video Ini Sering di Hapus Youtube Karena Membuat Banyak Orang Masuk Islam! - YouTube.

Video tersebut kini sedang viral di Facebook, dibagikan setidaknya sebanyak 42.100 kali sejak kali pertama diunggah pada 27 September 2017. 

Sementara, di situs berbagi video Youtube, unggahan tersebut telah ditonton sebanyak 421.263 kali dan mendapatkan 153 komentar. 

Tak semua orang sepakat dengan judul video yang diunggah akun Youtube Zikel Bekeletek.

"Seriously. Video ini masih ada loh di youtube. Judulnya: The meaning of Life

Sumbernya dari chanel youtube: Talk Islam. :)," kata salah satu pengguna YouTube.

Sejumlah pengguna YouTube lain juga menyuarakan keraguan atas klaim akun Youtube Zikel Bekeletek.

"BOHONG!! Videonya masih ada kok sejak 2013.

https://youtu.be/7d16CpWp-ok

So, gw nge-dislike video lu karena judulnya yg menyesatkan," kata dia.

 

Benarkah video yang diunggah akun Zikel Bekeletek sering dihapus YouTube?

2 of 4

Penelusuran Fakta

Unggahan akun Youtube Zikel Bekeletek berdurasi 6 menit 54 detik tersebut memuat sebuah video berbahasa Inggris berjudul The Meaning of Life, Official Muslim Spoken Word.

Pencarian menggunakan kata 'The Meaning of Life, Official Muslim Spoken Word' di aku Youtube menghasilkan banyak temuan, dari video serupa hingga rekaman reaksi banyak orang dari seluruh dunia saat menyimak kata demi kata di dalamnya.

[Cek Fakta] Video Ini Sering di Hapus Youtube Karena Membuat Banyak Orang Masuk Islam? Ini Faktanya

 

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, video tersebut diunggah oleh akun YouTube Talk Islam pada 15 September 2013 dan masih bertahan hingga saat ini. 

Hingga berita ini diturunkan, video itu telah ditonton sebanyak 5.542.193 kali dan mendapatkan 1.278 komentar. 

 

"We spend so much time living life, yet not enough time thinking about what are we doing alive. Ponder over the meaning of life, the purpose of our existence, who is responsible for our creation and what happens when we leave. If you don't want to think about where you came from, at least think about where you are going to go when it's all over," berikut narasi yang disampaikan Talk Islam dalam unggahan videonya. 

 

Sementara, penelusuran melalui Google Search dengan kata kunci 'talk islam the meaning of life banned by youtube' tak mengindikasikan bahwa video tersebut pernah dihapus oleh YouTube.

 

[Cek Fakta] Video Ini Sering di Hapus Youtube Karena Membuat Banyak Orang Masuk Islam? Ini Faktanya (Google Search)

3 of 4

Kesimpulan

Tidak ada bukti sahih yang menguatkan klaim akun Youtube Zikel Bekeletek. Video berjudul The Meaning of Life yang diunggah akun Talk Islam pada 15 September 2013 tetap bertahan hingga kini dan telah ditonton setidaknya sebanyak 5.542.193 kali. 

Bahkan ada banyak rekaman reaksi banyak orang dari seluruh dunia saat menyimak kata demi kata di dalam video The Meaning of Life.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 of 4

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait