[Cek Fakta] Tas Istri Wakil Presiden Seharga Rp 800 Juta? Ini Faktanya

Oleh Diyah Naelufar pada 23 Okt 2019, 17:35 WIB
[Cek Fakta] Tas Istri Wakil Presiden Seharga Rp 800 Juta? Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Pada 22 Oktober 2019, situs www.alumni212.id mengunggah artikel berjudul, 'Subhanallah, Harga Tas Istri Wakil Presiden Hanya Rp800 Juta'.

Berikut isi artikel tersebut:

Istri Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani, hadir dalam Pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang telah digelar di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Ahad kemarin.

Kehadirannya menjadi sorotan khususnya pada pakaian yang dikenakannya. Kebaya putih yang dipakai membuat tampilannya begitu elegan tanpa berlebihan.

Hijab yang dikenakan pun bernuansa kalem dengan warna hijau mint. Selaras dengan warna hijabnya, selendang batik yang disampirkan di bahunya memiliki corak warna yang senada.

Ia juga menggunakan sedikit aksesori berupa bros bulat di bagian tengah atas kebayanya sebatas hijab yang dikenakan. Tas tangan yang dikenakan dia, mencuri perhatian.

Siapa sangka tas tangan yang berwarna hitam itu seharga puluhan juta rupiah. Apabila dicek dengan seksama, seperti dilansir Viva, tas tangan tersebut mirip dengan merek tas ternama asal Prancis, Hermes. tas tangan yang dipakai wanita 45 tahun itu nampaknya merupakan edisi terbatas yaitu Hermes model Kelly 20 Mini Black Alligator-Limited Edition. Dari laman Iconicvault menyebutkan, tas dijual seharga $57,995 atau setara dengan Rp817 juta.

Tas tangan Hermes edisi terbatas itu dideskripsikan memiliki bentuk yang kokoh. Selain dijinjing, tas ini bisa disampirkan di bahu atau menjadi tas selempang.

Harga tas mahal itu dikomentari warganet perempuan. "Iya. Looksnya istri Pak Ma’ruf sederhana. Sampai-sampai saya gak nyangka itu Hermes seharga Land Cruiser second," kata warganet bernama Olivia Nieke.

 

Sejak kali pertama dipublikasikan, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 110 kali. Benarkah tas milik istri Wapres Ma'ruf Amin bermerek Hermes yang harganya mahal?

 

2 of 4

Penelusuran Fakta

Artikel berjudul, Bukan Hermes, Tas Istri Ma'ruf Amin di Pelantikan Presiden Ternyata Produk Lokal, yang dimuat Liputan6.com pada 22 Oktober 2019 menguak asal-usul tas milik perempuan bernama Wury Estu Handayani tersebut.

Berikut isi artikel tersebut:

Liputan6.com, Jakarta - Sempat dikira keluaran brand mewah Hermes, tas hitam yang dijinjing istri Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Wury Estu Handayani, ternyata buatan lokal. Tas itu berlabel YUYUTSU yang diproduksi Mega Kamila.

Kepada Liputan6.com, Mega menerangkan tas hitam berukuran sekitar 22 cm itu terbuat dari kulit buaya Papua. Tas tersebut merupakan salah satu koleksi lama yang djualnya.

Menurut perempuan asal Jawa Tengah itu, tas tersebut dijualnya kepada istri Ma'ruf Amin melalui seorang teman, sekitar 3--4 bulan lalu. Ia sendiri mengaku tak mengenal Wury secara personal.

"Ibu bilang saat itu memang sedang nyari tas-tas lokal. Ada sekitar sembilan tas yang dibeli," ujar Mega, Selasa (22/10/2019).

Selain tas berbahan kulit buaya, ada pula tas rotan dan kulit sapi yang dibeli Wury. Khusus yang dibawanya saat pelantikan presiden, tas hitam itu memang cocok untuk ditenteng ke acara-acara resmi.

Dari kejauhan, bentuknya sepintas mirip Hermes Kelly. Namun, Mega menegaskan model tersebut banyak diproduksi produsen tas lain dengan berbagai material. Ia juga membedakannya dengan menggunakan kunci kotak.

"Makanya aku ngakak kalau disebut Hermes. Nanti yang punya Hermes tersinggung loh," ucapnya dengan nada bercanda.

Berapa Harganya?

Tas hitam yang ditenteng Wury terbilang edisi terbatas. Biasanya akan dibuat bila ada pesanan saja. Mega lebih banyak berfokus pada produksi tas dari kulit sapi.

Karena ukurannya kecil, tas itu hanya bisa memuat ponsel. "Ada sedikit space," imbuhnya.

Ia mengaku bangga tasnya bisa dipakai istri KH Ma'ruf Amin ke acara pelantikan presiden. Meski begitu, ia tak terlalu euforia mengingat tas produksinya sering dibeli para istri pejabat lain.

"Ibu Kapolri juga pakai," kata Mega.

Karena produk lokal, harganya jauh di bawah Hermes yang disebut mencapai Rp672 juta. Harga tas yang ditenteng Wury ternyata sekitar Rp4 juta saja.

"Kalau yang kulit sapi sekitar Rp2,3 juta," ucap dia.

 

Klarifikasi juga disampaikan Mega Kamila dalam akun Instagram miliknya. 

 

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Terima kasih ibu wury sudah memakai tas dr YUYUTSU 🙏😍 #outfitr12 #yuyutsubag #pelatikanpresidenindonesia #penaltikanwapres #megakamila79 #madeinindonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh YUYUTSU BAG 👜 (@megakamila79) pada

3 of 4

Kesimpulan Klaim

Tas yang dibawa istri Ma'ruf Amin Wury Estu Handayani bukan bermerek Hermes, melainkan Yuyutsu. Harganya sekitar Rp 4 juta, tak sampai Rp 800 juta. 

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 of 4

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait