[Cek Fakta] Viral Isi Akun Instagram yang Diklaim Milik Brigjen Krishna Murti, Faktanya?

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 23 Okt 2019, 17:58 WIB
[Cek Fakta] Gambar Tangkapan Layar Akun Facebook Krishna Murti

Liputan6.com, Jakarta - Gambar tangkapan layar yang diklaim sebagai akun Instagram milik Brigjen Krishna Murti viral di media sosial. 

Salah satunya diunggah oleh akun facebook Arief Wicaksono II pada 15 Mei 2018 lalu.

Berikut kalimat yang tertera dalam gambar tangkapan layar akun krishnamurti_91 tersebut: 

Saya mau kasih tau semua warga masyarakat:

1. Wanita menutup aurat dg jilbab ataupun bercadar itu adalah pilihan berdasarkan keyakian masing2.. Jadi jangan kalian cap mereka dg label tidak baik. Menutup aurat adalah kewajiban yang diajarkan nabi..

2. Laki2 yang berjenggot adalah Sunnah Rasul. Jangan kalian label mereka dengan hal2 tidak baik.. Semua kembali kepada keyakinan masing2..

3. Laki2 bercelana diatas mata kaki, bukanlah identik dengan kaum radikal. Dalam Islam kita diajarkan untuk tidak menggunakan celana yang menyapu lantai. Dalam Shalat kita diajarkan untuk menaikan celana diatas mata kaki agar diterima Shalat kita..

4. Jangan label orang karena penampilan. Dan jangan juga menyembunyikan kejahatan dengan penampilan..

5. Banyak pelaku kejahatan bersembunyi dibalik pakaian bagus, dibalik batik, dibalik jas, dibalik seragam, dibalik perilaku manis..

6. Kita perang terhadap kejahatan, bukan perang terhadap manusia.. .Semoga ini mencerahkan dan menghindarkan kita dari syak wasangka satu sama lain...#kmupdates dalam #22menit renungan Maghrib..

Akun ini kemudian menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya.

"Pola Pikir pak Polisi ini 👍👍👍," tulis akun facebook Arief Wicaksono II.

Konten yang diunggah akun facebook Arief Wicaksono II telah 20 ribu kali dibagikan dan mendapat 996 komentar warganet.

2 of 3

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, akun krishnamurti_91 bukan akun resmi dari Brigjen Krishna Murti. Akun resmi Krishna Murti yaitu @krishnamurti_bd91.

Fakta ini dikutip dari situs turnbackhoax.id dengan judul artikel "[SALAH] Post oleh Akun Palsu Krishna Murti".

Berikut isi artikel itu:

Akun Instagram Krishna Murti yang asli adalah “krishnamurti_bd91” yang sudah terverifikasi, bukan “krishnamurti_91” yang privat dan tidak terverifikasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten Tiruan.

======

SUMBER

Pertanyaan oleh salah satu anggota FAFHH.

======

NARASI

“Saya mau kasih tau semua warga masyarakat: …”

Salinan narasi selengkapnya di (3) bagian REFERENSI.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten Tiruan

Ketika sebuah sumber asli ditiru.

* Post yang diambil tangkapan layar dan dilaporkan oleh SUMBER berasal BUKAN dari akun Instagram Krishna Murti (instagram.com/krishnamurti_bd91) yang sudah terverifikasi.

(2) Selain BUKAN berasal dari sumber akun asli, post yang dilaporkan mengganti foto yang digunakan oleh sumber post yang disalin narasinya dengan foto yang diambil dari sumber lain.

* Akun sumber post yang dilaporkan, akun Instagram “krishnamurti_91” (instagram.com/krishnamurti_91), privat dan tidak terverifikasi.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/33LBx6P, akun Instagram Krishna Murti (instagram.com/krishnamurti_bd91) terverifikasi.

(2) http://archive.fo/Rk8iv, arsip cadangan post sumber salinan narasi yang dilaporkan oleh SUMBER.

 

Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, tak ada unggahan seperti yang diklaim akun Facebook Arief Wicaksono II dalam Instagram Brigjen Krishna Murti yang terverifikasi.  

 

[Cek Fakta] Viral Isi Akun Instagram yang Diklaim Milik Brigjen Krishna Murti, Faktanya?

3 of 3

Kesimpulan

Akun krishnamurti_91 bukan merupakan akun asli milik Brigjen Krishna Murti. Isinya tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Banner hoaks
Banner hoaks

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓