[Cek Fakta] Irisan Pare Diseduh Air Panas Bisa Mengobati Kanker?

Oleh Diyah Naelufar pada 23 Sep 2019, 20:33 WIB
Cek Fakta - pare dicampur air panas bisa sembuhkan kanker?

Liputan6.com, Jakarta - Akun Facebook bernama Iyut S Tia, pada 23 Juli 2018 mengunggah apa yang diklaim sebagai tips kesehatan dari RS pusat angkatan darat Beijing.

Isinya tentang campuran irisan pare dengan air panas yang konon bisa mengobati kanker.

Berikut isi unggahan tersebut:

Tolong sebar luaskan.RS pusat angkatan darat Beijing menegaskan bila setiap orang yg mendapatkan info ini kemudian membagikan ke 10 orang lainnya,di pastikan sedikitnya ada satu nyawa yg akan terselamatkan..saya sudah melakukan bagian yg harus saya kerjakan,harap anda juga membantu melakukan bagian anda.Tks!

Air pare yang panas dapat menolong anda,sesibuk apapun perlu untuk dibaca,kemudian beritakan kepada orang lain.Sebar luaskan.

Pare dapat membunuh sel kanker!Potong 2-3 irisan tipis pare tanpa biji taruh dalam gelas,tuang air panas, air akan menjadi alkalin(basa),minum setiap hari,terhadap siapapun akan bermanfaat.

Air panas pare tsb akan mengeluarkan suatu zat anti kanker, ini adalah sebuah perkembangan baru didalam dunia kedokteran yg bermanfaat dalam mengobati kanker.

Air panas ekstrak pare akan berpengaruh terhadap kista dan tumor.sudah di buktikan dapat menolong pelbagai macam kanker.

Menggunakan pare dalam mengobati kanker,hanya akan mematikan sel sel jahat tumor,dia tidak akan mempengaruhi sel sel yg sehat.

Selain itu asam amino dan polyphenol oxidase drpd pare,dapat menyeimbangkan tekanan darah tinggi,melancarkan peredaran darah,mengurangi penggumpalan darah dan dapat mencegah terjadinya penggumpalan vena dalam(deep vein thrombosis).

Setelah selesai membaca ini,sebar luaskan kepada orang lain,keluarga,teman, tebarkan ! Harus jaga dgn baik kesehatan masing masing.ūüíĖ

Meski terhitung kabar lama, unggahan tersebut belakangan kembali ramai beredar di Facebook.

Sejak kali pertama dipublikasikan, unggahan tersebut telah dibagikan sebanyak 438.100 kali dan dikomentari 36.000 kali.

Benarkah imbauan soal khasiat pare dikeluarkan oleh RS Pusat Angkatan Darat Beijing? Dan, benarkah pare bisa menyembuhkan kanker?

2 of 5

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim bahwa air seduhan pare bisa menyembuhkan kanker juga beredar dalam versi Bahasa Inggris.  Seperti diunggah situs Instafeed.org berikut ini:

Cek Fakta - pare dicampur air panas bisa sembuhkan kanker?

 

Bedanya, dalam artikel itu disebutkan nama Prof Chen Hui Ren yang dikabarkan mengonfirmasi penemuan itu. 

Nama yang sama, Prof Chen Hui Ren ternyata digunakan dalam klaim serupa, masih soal obat alternatif mujarab untuk menyembuhkan kanker. 

Misalnya, klaim bahwa air jeruk nipis atau lemon dicampur air panas bisa menyembuhkan kanker dalam unggahan Instagram berikut ini: 

Cek Fakta - Klaim obat kanker alternatif (Instagram)

 

Nama yang sama juga muncul dalam klaim, yang lagi-lagi soal obat mujarab kanker. Bedanya, kali ini air kelapa panas yang disebut.

Kabar, yang menyebar lewat media sosial dan aplikasi percakapan WhatsApp, bahkan lintas bahasa.

Situs e-farsas.com dalam artikel berjudul √Č verdade que a √°gua de coco quente cura o c√Ęncer? membantah mentah-mentah klaim itu.

Cek Fakta - Klaim obat kanker alternatif (http://www.e-farsas.com)

 

Penelusuran melalui Google Search terhadap kata kunci Beijing Army Hospital -- versi Inggris RS Pusat Angkatan Darat Beijing dan kata kanker (cancer), menghasilkan ini: 

Cek Fakta - hasil penelusuran Google Search

 Salah satunya merujuk pada artikel berjudul Beijing military hospital stops services after medical scandal over cancer death yang dimuat situs South China Morning Post.

3 of 5

Benarkah Pare Bisa Sembuhkan Kanker?

Situs doktersehat.com dalam artikel berjudul, Air Rebusan Pare Bisa Sembuhkan Kanker? menjelaskan, minum air rebusan pare tidak serta-merta bisa menyembuhkan kanker. Hanya saja, bisa jadi air rebusan pare atau pare sendiri bisa membantu menghambat atau mencegah pertumbuhan sel kanker.

Berikut cuplikan artikel tersebut:

DokterSehat.Com‚Äď Belakangan ini kita sering mendapatkan pesan berantai di grup percakapan yang menyebutkan bahwa manfaat air rebusan pare bisa menyembuhkan kanker sehingga sangat disarankan bagi mereka yang ingin mengatasi penyakit berbahaya ini. Namun, benarkah manfaat air rebusan pare bisa menyembuhkan atau bahkan mencegah kanker?

Manfaat Air Rebusan Pare untuk Mencegah KankerAkun Twitter @blogdokter mengunggah cuitan tentang seringnya ia mendapatkan pesan berantai ini. Cuitan akun ini kemudian mengundang komentar dari banyak orang yang juga mengaku mendapatkan pengalaman yang sama.

Seperti dilancsir NCBI berjudul Bitter Melon: a Panacea for Inflammation and Cancer yang dibuat oleh Prasad Dandawate dan kawan-kawan, mengatakan bahwa pare mengandung antioksidan, anti-inflamasi, antikanker, dan berbagai nutrisi baik lainnya. Berbagai kandungan ini sangat baik dalam menghambat pertumbuhan sel kanker.

Apakah manfaat air pare juga bisa menyembuhkan kanker sebagaimana yang beredar di dalam pesan berantai?

Dr. Adrian menyebutkan bahwa manfaat minum air rebusan pare tidak serta-merta bisa menyembuhkan kanker. Hanya saja, bisa jadi air rebusan pare atau pare sendiri bisa membantu menghambat atau mencegah pertumbuhan sel kanker.

Untuk mengobati kanker, dokter lebih menyarankan penderitanya untuk menjalani kemoterapi, radioterapi, operasi, dan terapi-terapi lainnya sesuai dengan jenis atau tingkat keparahan kanker yang diderita. Mengonsumsi air rebusan pare tentu tidak akan cukup untuk menyembuhkan kanker.

Pesan berantai ini bisa dianggap sebagai pesan yang tidak tepat, hanya saja, bagi penderita kanker, mereka tetap diperbolehkan mengonsumsi pare atau air rebusan pare asalkan tetap menjalani berbagai metode pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter.

Dalam artikel berjudul Bitter melon: a panacea for inflammation and cancer yang dimuat situs National Center for Biotechnology Information (NCBI), pare (Momordica charantia) dilaporkan mengandung antioksidan, anti-inflamasi, anti-kanker, anti-diabetes, anti-bakteri, anti-obesitas, dan imunomodulator. Ekstrak tumbuhan itu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Sementara, situs National Health Service atau layanan kesehatan nasional Inggris, dalam artikel berjudul Bitter melon in cancer test, menyebut bahwa klaim yang menyebut ekstrak pare bisa mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, seperti temuan Dr Ratna Ray yang dimuat dalam jurnal Cancer Research, masih merupakan temuan awal.

4 of 5

Kesimpulan Klaim

Benarkah pare yang diseduh air panas bisa menyembuhkan kanker?

Berdasarkan sejumlah penelitian, ekstrak pare disebut bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, tak ada klaim yang menyebut, buah pahit itu bisa mengobati atau membunuh sel kanker. 

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
5 of 5

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait