[Cek Fakta] Hoaks Aktor Laga Jackie Chan Masuk Islam

Oleh Diyah Naelufar pada 09 Sep 2019, 16:34 WIB
Cek Fakta - hoaks aktor laga Jackie Chan masuk Islam

Liputan6.com, Jakarta - Pada 10 Juli 2019, akun Youtube Gapura Islam mengunggah video berjudul, 'alhamdulilah aktor terkenal jackie chan masuk islam', yang telah ditonton sebanyak 319.791 kali.

Video tersebut belakangan kembali viral di media sosial Facebook dan telah dibagikan lebih dari 27.400 kali.

Dalam rekaman tersebut, Jackie Chan terlihat mengenakan stelan jas yang dipadu dengan peci.

Aktor laga asal Hong Kong itu terlihat bersama sejumlah orang yang juga mengenakan peci dan kain sarung yang melingkar di pinggang, mirip pakaian Melayu yang dipakai di Negeri Jiran Malaysia.

Benarkah Jackie Chan masuk Islam? Apa latar belakang foto yang menampilkan sang aktor mengenakan peci?

2 of 4

Penelusuran Fakta

Cek Fakta - hoaks aktor laga Jackie Chan masuk Islam
Cek Fakta - hoaks aktor laga Jackie Chan masuk Islam (Google Images)

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com menggunakan Google Images, ditemukan bukti bahwa foto Jackie Chan mengenakan peci, tak ada kaitannya dengan perpindahan keyakinan sang aktor. 

Sakag satunya, artikel berjudul, 'Dapat Gelar Datuk dari Malaysia, Jackie Chan Pakai Peci', yang ditayangkan Liputan6.com pada 1 Februari 2015. 

Berikut isi artikel tersebut: 

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Malaysia tampaknya lebih tahu bagaimana menghormati warga lain demi negeri mereka terangkat di panggung internasional. Pemerintah Malaysia memberi gelar kehormatan "Datuk" pada bintang laga Hong Kong, Jackie Chan, Minggu (1/2/2015).

Kantor berita Malaysia, Bernama yang dikutip laman Malaysia Kini, Minggu, mengabarkan, "Pelakon aksi antarabangsa Jackie Chan menerima darjah kebesaran Panglima Mahkota Wilayah yang membawa gelaran Datuk."

Dikatakan, penyerahan gelar datuk berlangsung di Istana Negara, Kuala Lumpur. Acara tersebut dihadiri orang-orang terpenting Malaysia. "Turut berangkat Raja Permaisuri Agong Tuanku Hajah Haminah. Perdana Menteri Datuk Seri Najib Razak dan isteri Rosmah Mansor, Timbalan Perdana Menteri Tan Sri Muhyiddin Yassin dan isteri Noorainee Abdul Rahman turut hadirm," tulis Malaysia Kini.

Dikutip The Malaysia Online, Menteri Wilayah Persekutuan Datuk Seri Tengku Adnan Tengku Mansor mengatakan, alasan kenapa Jackie Chan diberi penghargaan Datuk.

"Jackie Chan pelakon yang banyak peminat di Malaysia dan boleh promosi Malaysia khususnya Kuala Lumpur dan memang layak," tulis Tengku Adnan di akun Twitter-nya yang dikutip The Malaysia Online.

Saat penyerahan gelar datuk bintang Thunderbolt dan Rumble in the Bronx itu memakai peci. Jackie Chan sudah berkarier di dunia film sejak tahun 1970-an. Selain membintangi film-film laga Hong Kong, ia juga main beberapa film Hollywood.

Kabar serupa, dengan menggunakan foto berbeda juga marak pada 2015 lalu. Kala itu, yang dipakai adalah gambar Jackie Chan memakai pakaian gamis beserta sorban.

Cek Fakta - hoaks aktor laga Jackie Chan masuk Islam (turnbackhoax.id)

Kabar dusta tersebut telah dibantah situs turnbackhoax.id dalam artikel berjudul, [HOAX] Jackie Chan Masuk Islam pada 12 Oktober 2015.

Berikut isi artikel tersebut:

NARASI

Alhamdulillah, Jackie Chan kini sudah menjadi muslim dan bertukar nama kepada Abdullah Chan. Allahuakbar

Gambar : ketika pulang mengerjakan haji.

Sumber : BBCWorld

 

PENJELASAN

Foto Jackie Chan memakai pakaian gamis beserta sorban yang sedang berada di dalam mobil menjadi bahan pembicaraan warga net di pertengahan Oktober 2015. Ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab menyebarkan foto tersebut menjadi kabar bohong alias hoax. Foto itu ditambahkan deskripsi dengan menyebutkan bahwa Jackie Chan menjadi muslim dan berubah nama menjadi Abdullah Chan.

Faktanya, foto tersebut diambil saat Jackie Chan sedang syuting di Dubai, Uni Emirat Arab, untuk film “Kungfu Yoga”.

Bagi selebiriti dunia, berkunjung ke UEA tak akan lengkap rasanya tanpa mencoba pakaian khas dari salah satu negara Timur Tengah itu. Bagi para aktor, mereka harus menjajal busana gamis yang menjadi ciri khas pakaian para pria di sana.

Dikutip dari wowkeren.com, Gamis yang kerap dinamakan kandura itu terdiri dari baju muslim panjang hingga menutupi mata kaki. Tak hanya itu saja, kandura tak akan lengkap tanpa sebuah guthrah atau sorban yang menghiasi kepala serta sebuah tali hitam atau agal yang melilit sorban tersebut.

REFERENSI :

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/191051387894071/

3 of 4

Kesimpulan

Tak ada informasi valid yang bisa dijadikan bukti bahwa aktor laga Jackie Chan menjadi mualaf. Fotonya mengenakan peci terkait pemberian gelar Datuk dari Malaysia.

Sementara, gambarnya mengenakan gamis dan sorban dipotret ketika ia syuting film di Dubai. 

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
4 of 4

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓
Tragedi Kabut Asap