Sukses

[Cek Fakta] Metallica Bawakan Lagu Indonesia Raya di Stadion Baseball New York?

Viral, video tentang band Metallica yang tengah membawakan lagu Indonesia Raya. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang band Metallica yang membawakan lagu Indonesia Raya, viral di media sosial. Kabar ini tersebar dalam sebuah video yang menampilkan Metallica yang tengah beraksi di sebuah stadion.

Video berdurasi 2 menit 1 detik itu memperlihatkan dua personel band Metallica yang masing-masing memegang gitar.

Dalam video tersebut terderang lagu Indonesia Raya yang dimainkan dalam nada gitar. Video ini kemudian diunggah oleh akun facebook Tito Gatsu pada 18 Agustus 2019 lalu.

Akun facebook Tito Gatsu menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya.

"Indonesia tidak hanya ada dihati rakyat Indonesia. 👍👍👍Metalica Ikut membawakan Indonesia Raya pada tanggal 17 Agustus di stadion Baseball Yankee, New York City," tulis akun facebook Tito Gatsu.

Konten yang diunggah akun facebook Tito Gatsu telah 12.708 kali dibagikan dan mendapat 237 komentar warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Dari penelusuran, kabar tentang Metallica yang membawakan lagu Indonesia Raya di depan warga Amerika Serikat ternyata tidak benar.

Fakta ini sebagaimana dikutip dari akun YouTube YESNetwork dengan judul "Metallica rocks national anthem before Yankees-Giants game".

"Kirk Hammett & James Hetfield of the legendary metal band Metallica perform the national anthem Friday night in San Francisco prior to the Yankees - Giants series opener. Subscribe for daily sports videos!," tulis YESNetwork pada 26 April 2019 lalu.

Video berdurasi 1 menit 50 detik itu sama dengan yang diunggah akun facebook Tito Gatsu. Hanya saja, Metallica tidak memainkan lagu Indonesia Raya, melainkan lagu kebangsaan Amerika Serikat berjudul "The Star-Spangled Banner".

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Band Metallica tidak sedang membawakan lagu Indonesia Raya, sebagaimana yang diklaim oleh akun facebook Tito Gatsu.

Video tersebut, diduga diedit oleh sumber. Narasi yang disampaikan tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.