[Cek Fakta] Hoaks Kalimat Terakhir KH Maimun Zubair tentang Rizieq Shihab

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 08 Agu 2019, 14:43 WIB
[Cek Fakta] Gambar Tangkapan Layar Kalimat Terakhir Mbah Moen

Liputan6.com, Jakarta - Kalimat terakhir almarhum KH Maimun Zubair, viral di media sosial. Dalam kalimat yang beredar luas itu, kiai karismatik yang disapa Mbah Moen itu menyebut nama Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab.

Berikut kalimat terakhir yang, diklaim dari Mbah Moen, seperti yang viral di media sosial:

Kata-kata terakhir mbah Maimoen Zubair ketika berpesan kepada murid2nya, "Ndok habaib itu jangan dikatai-katai darah mereka ada Rasulullah, habib Rizieq itu wali, jangan dimusuhi, coba saya tanya siapa yg bisa panggil 7 juta orang di monas kalo bukan wali" -Sumber Dr. Abdi Kurnia Johan

Kalimat terakhir Mbah Moen itu telah diunggah oleh akun facebook Habibi Al Kaaf pada Selasa 6 Agustus 2019.

Konten yang diunggah Habibi Al Kaaf telah 1.900 kali dibagikan dan mendapat 45 komentar warganet.

 

 

 

 

2 of 4

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kalimat terakhir Mbah Moen yang viral itu ternyata tidak benar.

Fakta ini dikutip dari akun instagram ala_nu. Akun ini mengklarifikasi tentang kalimat terakhir Mbah Moen yang viral tersebut.

"Berikut konfirmasi langsung dari Kyai Abdi Kurnia djohan yang tidak tau menahu tentang hoax yang beredar mengatas namakan dirinya, bahkan di status fbnya mengatakan beliau dipaksa untuk mengakui apa yang tidak diperbuat (slide samping)

Silahakn di screnshot dan sebarkan, status ini akan kami hapus sebentar lagi, karen sebenarnya kami sedang berduka dan tidak ingin menanggapi hal remeh seperti ini," tulis akun instagram ala_nu pada Rabu 7 Agustus 2019.

Klarifikasi yang sama jjuga diunggah oleh akun facebook Abdi Kurnia Djohan pada Selasa 6 Agustus 2019 lalu.

"Terkait beredarnya meme ttg Perkataan Terakhir Syaikhona Maimun Zubair.

Saya coba periksa apa saya pernah tulis pada tahun 2016 itu, di lini masa. Berkali2 saya periksa linimasa gak ditemukan.

Ada kemungkinan, tulisan itu diambil dari chat saya dg seseorang di inbox pada th 2016. Saya hanya meneruskan info dari seorang santri sarang yg menyampaikan kpd saya Dawuh Mbah Yai terkait fenomena 212.

Lalu oleh lawan bicara saya di inbox, chat terusan itu disebar seolah2 saya mendengar lgs dari Mbah Yai. Padahal, saya tidak mendengar langsung dari beliau (2016)

Saya lupa dg siapa ngobrol ttg fenomena itu. Tapi pastinya orang itu jelas pembuat gaduh.

Di antara kebohongan gambar meme itu adalah kalimat perkataan terakhir, yang seakan saya menyertai Syaikhona Maimun Zubair berhaji. Padahal posisi saya di Jakarta. Bagaimana mungkin saya bisa tahu perkataan terakhir belio yang sedang di Makkah.

Saya simpulkan Meme yang mengatasnamakan saya itu HOAX," tulis akun facebook Abdi Kurnia Djohan.

 

3 of 4

Kesimpulan

Kalimat terakhir Mbah Moen yang viral di media sosial ternyata hoaks. Narasi yang disampaikan tidak sesuai dengan fakta sebenarnya. 

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
4 of 4

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Tragedi Kabut Asap