Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Video Monas Berayun Saat Gempa Guncang Jakarta

Viral, video gempa hingga membuat Tugu Monas bergoyang. Gambar ini sudah digunakan berulang kali untuk menyebar lelucon hingga hoaks.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Monas bergoyang karena diguncang gempa lagi-lagi beredar di media sosial. Sebuah video yang diunggah akun facebook Culhay Gilbert pada Selasa 23 Januari 2018 silam kembali viral. 

Dalam video tersebut tampak Monas bergoyang ke kanan dan kiri. Selain itu, dalam video berdurasi 3 menit 16 detik itu, terdengar juga suara jeritan orang-orang.

Akun ini menambahkan sebuah narasi dalam video yang diunggahnya tersebut.

"Gempa bumi di jakarta tadi siang. Monas nya mau roboh," tulis akun facebook Culhay Gilbert.

Konten yang diunggah akun facebook Culhay Gilbert telah 10.851 kali dibagikan dan mendapat 2.700 komentar warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang monas yang bergoyang karena diguncang gempa ternyata tidak benar.

Pasca-gempa Banten yang guncangannya terasa kuat di Jakarta, BMKG memperingatkan agar warga tidak termakan hoaks yang kerap muncul saat terjadi bencana.

Informasi tersebut dikutip dari situs Liputan6.com dengan judul artikel "BMKG: Jangan Percaya Informasi Hoaks Terkait Gempa Banten".

 

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikornita Karnawati meminta masyarakat untuk tenang dan tidak mudah mempercayai informasi hoaks terkait gempa Banten M 7,4 yang dampaknya terasa hingga ke Jakarta.

"Masyarakat tetap tenang, jangan percaya informasi hoaks, yang sumbernya tidak jelas,” ucap Dwikornita dalam konferensi pers dikantornya, Jumat (2/8/2019).

Dia meminta masyarakat untuk mencari informasi langsung dari BMKG melalui sumber informasi di media sosial situs resmi atau menghubungi langsung BMKG.

"Di twitter salah sataunya, masyarakat bira mengakses @infoBMKG. atau melalui sumber-sumber terpercaya," ucap Dwikornita.

Dia pun meminta kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir pantai, khususnya Banten, Lampung, Bengkulu dan sebagian wilayah Jawa untuk pindah ke wilayah yang lebih tinggi.

"Masyarakat diminta tenang, meninggalkan daerah pesisir, kawasan pantai menuju ke tempat lebih tinggi," ucap dia.

 

Selain itu, video yang diunggah akun facebook Culhay Gilbert ternyata video lama yang pernah beredar pada 2018 lalu.

Jika ditelusuri melalui situs google images, maka banyak gambar serupa yang menunjukan bahwa video tersebut hoaks.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Tugu Monas di Jakarta hingga kini masih berdiri tegak. Tidak ada laporan kerusakan akibat gempa.

Video dan narasi yang disebarkan akun facebook Culhay Gilbert tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini