[Cek Fakta] Ucapan Terima Kasih Jokowi di Badan Pesawat, Ini Penjelasan Garuda Indonesia

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 08 Jul 2019, 15:59 WIB
[Cek Fakta] Gambar Tangkapan Layar Foto Pesawat Garuda Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Foto ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi, yang tertulis di badan pesawat Garuda Indonesia, viral di media sosial.

Kabar ini beredar lewat sebuah gambar potongan layar pesawat Garuda Indonesia. Dalam gambar itu tampak sejumlah kru pesawat dan pejabat Garuda Indonesia berdiri di samping pesawat.

Di badan pesawat terdapat tulisan "Terima kasih Pak Jokowi, doakan kami menjadi Haji yang mabrur. ONE FAMILY, ONE NATION, ONE GARUDA INDONESIA".

Gambar ini awalnya diunggah oleh akun instagram resmi Garuda Indonesia, @garuda.indonesia. Setelah ramai diperbincangkan, konten yang diunggah @garuda.indonesia itu telah dihapus. Namun gambar tangkapan layar dari konten unggahan itu terlanjur viral, terutama di aplikasi percakapan. 

2 of 4

Klarifikasi Garuda Indonesia

Dari penelusuran, ucapan terima kasih yang terdapat di dalam lambung pesawat Garuda Indonesia ternyata benar.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan kemudian mengklarifikasi perihal kabar tersebut.

Ia mengatakan, tulisan ucapan terima kasih kepada Jokowi memang dituliskan di badan pesawat penerbangan perdana haji embarkasi Solo.

"Ucapan sebagai ucapan terima kasih kepada Bapak Presiden RI karena direncanakan akan melepas keberangkatan penerbangan pertama jemaah haji embarkasi Solo, dan atas penambahan kuota jemaah haji kita," kata Iksan dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Senin (8/7/2019).

Iksan menambahkan, Presiden Jokowi ternyata tidak dapat menghadiri acara pelepasan para jemaah haji. Alhasil tulisan itu masih terpampang di badan pesawat.

"Ucapan terima kasih di badan pesawat dibuat untuk kepentingan hari pelepasan saja, setelah itu badan pesawat dibersihkan kembali," ucap Iksan.

Menurut Iksan, tulisan ucapan terima kasih itu ditujukan sebagai apresiasi dari petugas dan para calon jemaah haji kepada Jokowi yang akan meresmikan pelepasan jemaah haji Solo ke Tanah Suci. 

3 of 4

Kesimpulan

Ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi di badan pesawat Garuda Indonesia ditampilkan hanya untuk kepentingan pelepasan para jemaah haji.

Pihak Garuda Indonesia, melalui Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia Ikhsan Rosan telah memberikan klarifikasi.

 

Laporan: Ilyas Istianur P 

Banner Cek Fakta - Klarifikasi
Banner Cek Fakta - Klarifikasi. (Liputan6.com/Triyasni)
4 of 4

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓