[Cek Fakta] Hoaks Penampakan Jin Sipit Pembisik di Sidang MK

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 02 Jul 2019, 19:24 WIB
[Cek Fakta] Gambar Tangkapan Layar Sidang Sengketa Hasil Pilpres di MK

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang penampakan jin saat sidang sengketa hasil pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) beredar di media sosial.

Kabar ini viral dalam sebuah gambar tangkapan layar video saat sidang berlangsung. Dalam gambar itu, terlihat Hakim MK Suhartoyo yang tengah disorot kamera, kemudian di belakangnya tampak penampakan wajah seseorang.

Hal itu kemudian dikaitkan dengan adanya penampakan jin di belakang Hakim Suhartoyo. Misalnya saja seperti yang diunggah oleh akun facebook قرزاند شهقطر pada 15 Juni 2019.

Akun facebook قرزاند شهقطر juga menambahkan sebuah narasi dalam akun yang diunggahnya.

"ada penampakan Jin sipit pembisik di Sidang sengketa hasil pilpres," tulis akun facebook قرزاند شهقطر.

Konten yang diunggah akun facebook قرزاند شهقطر telah 5.100 kali dibagikan dan mendapat 15 komentar warganet.

 

2 of 4

Penelusuran Fakta

Dari penelusuran, kabar tentang penampakan jin sipit saat sidang sengketa hasil pilpres di MK ternyata tidak benar.

Hal ini disampaikan Juru Bicara MK, Fajar Laksono. Fajar mengatakan, sosok yang tertangkap kamera di belakang Hakim MK bukanlah jin.

"Sosok itu adalah salah satu staf saya di bagian Humas. Dia juru foto (fotografer) senior di lembaga kami," kata Fajar saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Selasa (2/7/2019)

Menurut Fajar, saat itu sejumlah staf MK memang ditugaskan untuk mengabadikan persidangan. Termasuk mengambil gambar dari belakang para hakim Mahkamah Konstitusi.

"Saat itu memang kami plot untuk bertugas mengabadikan persidangan. Ada banyak momen yang mesti diabadikan melalui kameranya selama sidang dari berbagai angle. Termasuk angle dari belakang kursi Hakim Konstitusi," terang Fajar.

Ia menambahkan, inisial fotografer tersebut adalah GN. "Itu bukan jin atau mahluk halus," tegas Fajar.

Untuk tangkapan layar yang menunjukkan bagian wajah seseorang yang diklaim jin sipit di belakang Suhartoyo, diambil melalui chanel Youtube tvonenews yang dipublikasikan pada 14 Juni 2019.

 

Laporan: Muhammad Radityo Priyasmoro

 

3 of 4

Kesimpulan

Kabar tentang penampakan jin sipit saat sidang sengketa hasil pilpres di MK ternyata salah. Jubir MK sudah meluruskan kabar tersebut.

Sosok yang yang berada di belakang Hakim MK adalah staf dari bagian humas lembaga pengawal konstitusi. Narasi yang dibangun oleh akun facebook قرزاند شهقطر tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)
4 of 4

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓