Sukses

[Cek Fakta] Viral Foto Warga Boyolali Syukuran Jokowi 2 Periode, Benarkah?

Viral, warga Boyolali gelar syukuran kemenangan Jokowi-Ma'ruf, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang warga Boyolali, Jawa Tengah yang menggelar syukuran karena Jokowi-Ma'ruf Amin memenangkan Pilpres 2019 beredar di media sosial.

Kabar ini viral dalam sebuah foto. Dalam gambar tersebut terlihat ratusan warga yang tengah berkumpul, duduk lesehan, dan membawa makanan. Mereka tampaknya akan menggelar makan bersama.

Foto ini kemudian diunggah oleh akun facebook KataKita pada 29 Juni 2019 lalu. Akun facebook ini menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya.

"Rakyat yang sederhana itu melawan sebisanya. Ketika Prabowo menghinakan tampang-tampang warga Boyolali di sebuah panggung kampanye, mereka marah.

Saat Pilpres, rakyat membalas. Di Boyolali Prabowo kalah telak. Banyak TPS di sana yang sama sekali tidak memberi suara pada Prabosan. Nol besar.

Setelah MK mengetuk palu menandakan Jokowi-Amin syah sebagai Capres-Cawapres terpilih, mereka lega. Mereka merefleksikan kegembiraanya dengan menggelar syukuran. Di jalan kecil desa.

Syukuran sederhana. Menandakan siapapun yang menistai rakyat, akan dilawan sekuat tenaga oleh rakyat. Dengan perlawanan yang sederhana : tidak mencoblosnya di TPS....Eko Kuntadhi," tulis akun facebook KataKita.

Konten yang diunggah akun facebook KataKita telah 3.100 kali dibagikan dan mendapat 4.700 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Dari penelusuran, kabar tentang warga Boyolali, Jawa Tengah menggelar syukuran atas kemenangan Jokowi-Ma'ruf memenangkan pilpres tertanya tidak benar.

Fakta ini sebagaimana dikutip dari situs Kementerian Komunikasi dan Informatikan, kominfo.go.id dengan judul artikel "[DISINFORMASI] Syukuran Jokowi 2 Periode".

Telah beredar informasi di media sosial tentang diadakannya syukuran Jokowi 2 priode dengan narasi bahwa acara dilakukan dengan tanpa kamera, bawa bekal sendiri dan kompak.

Faktanya setelah ditelusuri, melalui sumber foto "wonderfulsoloraya" bahwa acara itu, kegiatan “Nyadran” di Ampel, Boyolali, Jawa Tengah. Dan Nyadran itu salah satu dakwah Walisongo yang masih melestarikan budaya lokal.

Ternyata foto yang diunggah oleh akun facebook KataKita berasal dari akun instagram @wonderfulsoloraya. Foto itu merupakan kegiatan warga Boyolai dalam menyambut bulan suci Ramadan, yakni tradisi sadranan.

"NGADHEPI SASI PASA.Ing pungkasane sasi Ruwah ngadhepi Ngibadah Siyam ing sasi Pasa Romadlon, Kanjeng Sunan Kalijaga lan para wali lan ngulama jaman biyen ngajarake supaya bebersih dhiri, nyuceake jiwa lan raga lahir batin.. Mula jaman biyen kuwi ngadhepi sasi Pasa, saben Ruwah nganaake silaturahmi, nglumpukake sanak kadang sentana mitra saperlu nyadran, amrih padha eling sangkan paraning dumadi.. Nyekar nyang kuburane para leluhur kuwi supaya eling marang leluhure, ndongakne para leluhur minangka tandha bekti, lan uga eling yen kabeh menungsa kuwi bakale mati.. Sangkan paraning dumadi kuwi sangka lan bakal sowan bali marang ngarsane Hyang Maha Agung.Sawise padha eling, supaya padha apura-ingapura antarane sapadha-padhane titah, perlune supaya mlebu ing wulan suci Romadlon, anggone ngibadah pasa wis resik saka dosa lan kaluputan antaraning manungsa..Sawise kuwi banjur padusan, adus kramas sesuci ngresiki ragane.. Banjur ngunjukake donga munggahan, ndongaake para leluhur supaya kapapanake kamulyaake ing ngalam kelanggengan, sarta tansah eling lan uga nyenyuwun pangapura marang sakabehing dosa lan kaluputan awake dhewe marang Allah Hyang Akarya Jagat.Lhah nggon munggahan kuwi Para Wali ngripta sanepa awujud Sega Wuduk, Ketan, Kolak, Apem.SEGA WUDUK minangka sanepa tawaduk/tawadhu kuwi tegese andhap asor/ rendah hati, ora sombong, ora songah sesongaran, ora cubriya,,, lan tansah eling lamun menungsa iku amung titah sawantah.KETAN minangka sanepa "qoth'an" sik bisa ateges "mutus/munggel laku candhala, munggel/mutus sakabehing dosa", lan bisa uga dimaknani "nyabrang kali/ilining banyu kang tansah anut marang bebener, anut karsaDalem Hyang Maha Agung".APEM minangka sanepa " 'Afuwun " kang mengku makna supaya sumandhing lan tansah nyenyuwun Sih pangapura marang " Al-'Afuwwu " Sang Maha Wenang Paring Pangapura marang sagung titah.KOLAQ minangka sanepa "Kholiq", maknane amrih tansah éling marang AL-KHOLIQ (Allah Hyang Akarya Jagad)...Foto Nyadran di Ampel, BoyolaliKiriman mas Gunadi," tulis akun instagram @wonderfulsoloraya.

 
 
 
View this post on Instagram

NGADHEPI SASI PASA . Ing pungkasane sasi Ruwah ngadhepi Ngibadah Siyam ing sasi Pasa Romadlon, Kanjeng Sunan Kalijaga lan para wali lan ngulama jaman biyen ngajarake supaya bebersih dhiri, nyuceake jiwa lan raga lahir batin.. Mula jaman biyen kuwi ngadhepi sasi Pasa, saben Ruwah nganaake silaturahmi, nglumpukake sanak kadang sentana mitra saperlu nyadran, amrih padha eling sangkan paraning dumadi.. Nyekar nyang kuburane para leluhur kuwi supaya eling marang leluhure, ndongakne para leluhur minangka tandha bekti, lan uga eling yen kabeh menungsa kuwi bakale mati.. Sangkan paraning dumadi kuwi sangka lan bakal sowan bali marang ngarsane Hyang Maha Agung . Sawise padha eling, supaya padha apura-ingapura antarane sapadha-padhane titah, perlune supaya mlebu ing wulan suci Romadlon, anggone ngibadah pasa wis resik saka dosa lan kaluputan antaraning manungsa.. Sawise kuwi banjur padusan, adus kramas sesuci ngresiki ragane.. Banjur ngunjukake donga munggahan, ndongaake para leluhur supaya kapapanake kamulyaake ing ngalam kelanggengan, sarta tansah eling lan uga nyenyuwun pangapura marang sakabehing dosa lan kaluputan awake dhewe marang Allah Hyang Akarya Jagat . Lhah nggon munggahan kuwi Para Wali ngripta sanepa awujud Sega Wuduk, Ketan, Kolak, Apem . SEGA WUDUK minangka sanepa tawaduk/tawadhu kuwi tegese andhap asor/ rendah hati, ora sombong, ora songah sesongaran, ora cubriya,,, lan tansah eling lamun menungsa iku amung titah sawantah . KETAN minangka sanepa "qoth'an" sik bisa ateges "mutus/munggel laku candhala, munggel/mutus sakabehing dosa", lan bisa uga dimaknani "nyabrang kali/ilining banyu kang tansah anut marang bebener, anut karsaDalem Hyang Maha Agung" . APEM minangka sanepa " 'Afuwun " kang mengku makna supaya sumandhing lan tansah nyenyuwun Sih pangapura marang " Al-'Afuwwu " Sang Maha Wenang Paring Pangapura marang sagung titah . KOLAQ minangka sanepa "Kholiq", maknane amrih tansah éling marang AL-KHOLIQ (Allah Hyang Akarya Jagad).. . Foto Nyadran di Ampel, Boyolali Kiriman mas Gunadi . . #info #berita #tradisi #budaya #nyadran #sadranan #guyuprukun #wongjowo #unik #surakarta #kotasolo #sukoharjo #klaten #lfl #fff #instalikes #boyolali

A post shared by Wonderful Solo Raya (@wonderfulsoloraya) on

Dikutip dari situs boyolali.go.id, tradisi sadranan merupakan suatu tradisi untuk membersihkan makam leluhur dan ziarah kubur dengan prosesi penyampaian doa dan kenduri.

BOYOLALI – Tradisi sadranan merupakan suatu tradisi untuk membersihkan makam leluhur dan ziarah kubur dengan prosesi penyampaian doa dan kenduri. Dilaksanakan warga setempat berujud aneka makanan dalam tenong dan nasi tumpeng menjadi tradisi rutin dilaksanakan setiap tahun pada pertengahan Bulan Ruwah (penanggalan Jawa) atau menjelang datangnya bulan Ramadhan atau yang sering dikenal dengan tradisi Nyadran atau sadranan yang masih terjaga dan terus berlangsung hingga sekarang.

Bagi masyarakat Kecamatan Cepogo, tradisi ini memiliki kedudukan yang penting layaknya lebaran, warga perantauan menyempatkan pulang kampung ketika tradisi  ini digelar untuk melakukan tradisi Nyadran. Tradisi ini diawali pada pagi hari dengan berziarah membawa tenong (penyimpan makanan) dari anyaman bambu. Seusai berdoa, dilanjutkan makan bersama, dan setiap orang dipersilakan untuk mengambil makanan yang tersedia di tenong. Setelahnya, warga menggelar open house, membuka pintu untuk umum bersilaturahmi dan menikmati jamuan makan dengan hidangan lokal.

“Ada sebagian kepercayaan warga, jika tenong mereka habis disantap warga, juga semakin banyak tamu yang datang dan menyantap makanan mereka, maka rejeki di tahun depan akan semakin lancar dan berkah,” ungkap Camat Cepogo, Insan Adi Asmono saat ditemui dikantornya, pada Selasa (9/4).

Diterangkan, mulai tahun ini Pemerintah Kecamatan Cepogo menyatukan tradisi sadranan dengan membuat acara pembukaan sadranan 15 Desa se-Kecamatan Cepogo dengan nama Grebeg Nyadran. Acara akan diawali dengan arak-arakan tenong sebanyak 315 tenong dan 45 Tumpeng serta 7 gunungan hasil bumi dan 7 gunungan makanan khas yang di arak oleh 15 desa masyarakat Cepogo.

Tenongan tersebut terbagi dua kelompok atau arah yakni arah barat. Arah barat yakni dari Desa Wonodoyo, Jombong, Gedangan, Sukabumi, Genting, Cepogo, Kembangkuning dan Gubug. Sedangkan dari arah timur dari Desa Sumbung, Paras, Mliwis, Jelok, Bakulan, Candigatak dan Cabeankunti.

“Acara inti yakni doa dan membacakan jadwal sadranan 15 desa, diharapkan menjadi festival tahunan berupa kenduri tenong, gunungan hasil bumi dan makanan khas, serta utamanya doa bersama agar Cepogo senantiasa menjadi daerah yang makmur, adil dan sejahtera,” ungkapnya.

Selama ini tradisi sadranan berlangsung di 15 Desa se Kecamatan Cepogo sesuai dengan waktu yang disepakati masyarakat di masing-masing dusun atau desa secara seporadis. Sadranan tidak hanya dihadiri oleh warga setempat, tetapi juga warga desa sekitar bahkan warga dari luar kabupaten hadir untuk Nyadran di Cepogo.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang waga Boyolali, Jawa Tengah yang menggelar syukuran merayakan kemenangan Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019 ternyata tidak benar.

Dalam foto yang viral itu, warga Boyolali tengah merayakan tradisi sadranan, yakni tradisi menyambut bulan suci Ramadan. Narasi yang disampaikan dalam foto tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya dan cenderung diplintir, serta dikaitkan dengan isu politik.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini