[Cek Fakta] Hoaks Video Kebakaran di RSUD Dokter Soetomo Surabaya

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 13 Jun 2019, 19:02 WIB
[Cek Fakta] Gambar Tangkapan Layar Video Kebakaran

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang kebakaran Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo, Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur beredar di media sosial.

Kabar ini beredar lewat sebuah video berdurasi 2 menit 6 detik. Dalam video itu tampak seorang pria tengah merekam kejadian kebakaran.

Si pria itu kemudian menyebut lokasi kejadian. "Kebakaran di dokter soetomo," ucap pria tersebut.

Video kebakaran ini kemudian dikaitkan dengan terjadinya kebakaran di RSUD Dr. Soetomo, Jalan Mayjen Prof. Dr. Moestopo, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur.

Misalnya seperti yang diunggah oleh akun facebook Frendy Charisma. Akun ini kemudian menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya.

"Rumah sakit dokter sutomo surabaya .. kebakaran...," tulis akun facebook Frendy Charisma.

Konten yang diunggah akun facebook Frendy Charisma telah 6.129 kali dibagikan dan mendapat 22 komentar warganet.

2 of 4

Penelusuran Fakta

Dari penelusuran, video tersebut bukan merupakan kejadian kebakaran di RSUD Dr. Soetomo, Surabaya.

Fakta ini sebagaimana dikutip dari akun youtube Bang Alif 1922. Akun youtube ini membagikan video yang sama, tetapi dalam video tersebut dijelaskan lokasi peristiwa kebakaran itu terjadi.

Video tersebut merupakan peristiwa kebakaran di Jalan Dr Soetomo nomor 44 Gresik, Jawa Timur.

"Gudang Konveksi Di Jalan Dr Soetomo Gresik Ludes Terbakar.

Sebuah gudang konveksi di Jalan Dr Soetomo nomor 44 Gresik, ludes terbakar. Diduga penyebab kebakaran itu akibat konsleting listrik.

Api yang semakin membesar meluluh lantahkan seluruh isi gudang tersebut. Bahkan, satu kendaraan truk box yang diparkir di halaman depan juga nyaris terbakar.

Menurut saksi mata Sudamanto penjaga gudang konveksi menuturkan, api mulai menjalar sejak pukul 14.00 saat itu api tiba-tiba muncul dari bagian gudang.

Saat itu saya sedang berjaga tiba-tiba ada api muncul di bagian belakang gudang. Dalam hitungan detik api semakin membesar,tuturnya.

Sementara salah satu pemilik gudang Mien Kian menceritakan dirinya tidak tahu menahu penyebab kebakaran ini. Pasalnya, saat kejadian dirinya ada di samping gudang.

Saya tidak tahu api datangnya dari mana. Tiba-tiba diberitahu gudang terbakar oleh penjaga,ungkapnya.

Api semakin membesar. Ada lima mobil pemadam kebakaran (Damkar) yang didatangkan dari Pemkab Gresik, dan PT Petrokimia Gresik. Petugas damkar masih berjibaku menjinakkan si ‘jago merah’ yang masih terus berkobar," tulis akun youtube Bang Alif 1922.

 

3 of 4

Kesimpulan

Kabar tentang RSUD Dr Soetomo yang mengalami kebakaran Adalah tidak benar. Akun facebook Frendy Charisma yang memviralkan video tersebut ternyata salah menyampaikan fakta.

Peristiwa kebakaran yang terjadi dalam video tersebut ternyata melanda gudang garmen di Jalan Dr Soetomo nomor 44 Gresik, Jawa Timur.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 of 4

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓