[Cek Fakta] Merry Riana Sebut Indonesia Akan Bubar, Fakta Atau Hoaks?

Oleh Devira PrastiwiDiyah Naelufar pada 11 Jun 2019, 19:16 WIB
[Cek Fakta] Merry Rian terkena hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video motivator terkenal Merry Riana belakangan viral di sosial media. Misalnya yang diunggah oleh akun Facebook bernama Anda Arsyad pada 4 Juni 2019.

"Merry Riana ikut bicara. Padahal dia keturunan Tiongkok... Pahami" tulis pemilik akun Anda Arsyad menyertai unggahan videonya.

[Cek Fakta] Video Merry Riana dipotong sebagian isinya.

Dalam video berdurasi 1 menit 46 detik itu, yang diunggah akun Facebook Anda Arsyad, Merry Riana menyebut jika Indonesia sudah tidak ada harapan dan akan bubar pada 2045.

Merry Riana yang dikenal dengan sebutan 'Wanita Sejuta Dollar' itu juga mengatakan dirinya tidak percaya Indonesia Emas, karena di masa depan, tenaga asing akan merajalela.

Video itu sudah dibagikan 20,332 kali dan mendapat tanda suka 4.700. Ada 1.787 komentar yang meramaikan unggahan video tersebut.

2 of 3

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Liputan6.com, video Merry Riana yang diunggah oleh akun Facebook bernama Anda Arsyad bukan video seutuhnya. Hanya cuplikan. 

Video tersebut dipotong sebagian isinya. Versi utuh video diunggah dalam akun berbagi video Youtube milik Merry Riana.

Dalam akun resmi Youtube Merry Riana, durasi video seutuhnya adalah 4 menit 2 detik. Video ini pun sudah dilihat 857,337 kali.

[Cek Fakta] Video Merry Riana dipotong sebagian isinya.

"Social Media harusnya digunakan BUKAN UNTUK MENJATUHKAN, tapi utk saling MENGUATKAN.

BUKAN utk menyebar KEBENCIAN dan KETAKUTAN tapi tempat utk MENYATUKAN dan MEMBANGKITKAN HARAPAN.

Sadarkah kamu, bahwa kamu punya PILIHAN dan kekuatan untuk bisa membalikkan keadaan?

Tepat di hari ulang tahun saya yg ke 39, Video ini khusus saya buat utk Indonesia dan kamu yang masih mencintai Indonesia ❤

Jangan lupa untuk share ke teman, sahabat, keluarga dan orang2 terdekat kamu lainnya, because sharing is caring. ❤❤

#MerryRiana" tulis Merry Riana menyertai unggahan video lengkapnya pada 29 Mei 2019.

 

Selain itu, melalui akun sosial media Instagram miliknya @merryriana, sang klarifikasi juga membuat video klarifikasi pada Senin, 10 Juni 2019.

 
 
 
View this post on Instagram

KLARIFIKASI MERRY RIANA TERHADAP BEREDARNYA VIDEO EDITAN • ° Minggu lalu, tgl 29 Mei saya mengupload sebuah video 'INDONESIA MASIH ADA HARAPAN' di channel YouTube saya. • • Video tersebut sy buat utk menyebarkan optimisme terhadap Indonesia. (Yang sudah nonton FULL nya pasti mengerti apa yang saya maksud.) • Durasi FULL nya adalah 3:48 (3 menit 48 detik). • Namun sayangnya ternyata ada bbrp pihak yg tdk bertanggung jawab yg mengedit & memotong video tersebut sehingga terkesan sangat negatif. • • Dan video editan itu disebar di FB, WA dan media sosial lainnya. INI SAMA SEKALI TIDAK BENAR !! • Kalau kamu pernah menonton video sy tentang Indonesia yg hanya berdurasi 1:55 itu adalah video editan. Mohon nonton video lengkapnya dulu sebelum menyimpulkan, berkomentar, apalagi dibagikan. • Kalau kamu melihat video klarifikasi saya ini, saya mau minta bantuan kamu utk tolong share video klarifikasi saya ini dan ajak teman-teman kamu untuk nonton video yang versi lengkap. • Ada di YT Merry Riana, IGTV Merry Riana dan juga FB Page Merry Riana. • • TQ utk semua bantuannya. Terima kasih kamu sdh membantu melawan hoax dan menyebarkan kebaikan 🙏🙏 • Semoga Tuhan selalu memberkati kita semua & Indonesia. ❤ • #MerryRiana

A post shared by Merry Riana (@merryriana) on

 

"KLARIFIKASI MERRY RIANA TERHADAP BEREDARNYA VIDEO EDITAN

•°

Minggu lalu, tgl 29 Mei saya mengupload sebuah video 'INDONESIA MASIH ADA HARAPAN' di channel YouTube saya.•

Video tersebut sy buat utk menyebarkan optimisme terhadap Indonesia. (Yang sudah nonton FULL nya pasti mengerti apa yang saya maksud.)•Durasi FULL nya adalah 3:48 (3 menit 48 detik).•Namun sayangnya ternyata ada bbrp pihak yg tdk bertanggung jawab yg mengedit & memotong video tersebut sehingga terkesan sangat negatif. •

Dan video editan itu disebar di FB, WA dan media sosial lainnya. INI SAMA SEKALI TIDAK BENAR !!•Kalau kamu pernah menonton video sy tentang Indonesia yg hanya berdurasi 1:55 itu adalah video editan. Mohon nonton video lengkapnya dulu sebelum menyimpulkan, berkomentar, apalagi dibagikan.•

Kalau kamu melihat video klarifikasi saya ini, saya mau minta bantuan kamu utk tolong share video klarifikasi saya ini dan ajak teman-teman kamu untuk nonton video yang versi lengkap.•Ada di YT Merry Riana, IGTV Merry Riana dan juga FB Page Merry Riana. ••TQ utk semua bantuannya. Terima kasih kamu sdh membantu melawan hoax dan menyebarkan kebaikan 🙏🙏•Semoga Tuhan selalu memberkati kita semua & Indonesia. ❤•#MerryRiana" tulis Merry Riana.

Video klarifikasi tersebut sudah dilihat 248,738 kali.

Tak hanya itu, pihaknya juga menjelaskan bahwa Merry Riana memang sengaja membuat video itu saat ulang tahun ke-39. Tayangan itu bersifat personal.

"Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 29 Mei 2019 merupakan hari ulang tahun Miss Merry Riana yang ke-39.Di hari ulang tahunnya ini, Miss Merry membuat sebuah video yang bersifat personal dan merupakan ungkapan dari hasil perenungan beliau selama 1 minggu sebelumnya, yang kemudian beliau upload di channel YouTube Merry Riana," demikian rilis dari Social Media Officer Merry Riana Indonesia, Letta Diva, melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com.

Kemudian, lanjut dia, video yang berjudul 'Indonesia Masih Ada Harapan' atau singkatnya Video Harapan tersebut diunggah dengan tujuan untuk menyebarkan optimisme terhadap Indonesia. Video berdurasi 3 menit 48 detik itu pun kemudian viral, termasuk versi editan. 

"Namun sayangnya, sosok Miss Merry yang berpengaruh dan viralnya video beliau ini membuka peluang beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengedit dan memotong Video Harapan sehingga hanya tinggal bagian awalnya saja dan jadi bernuansa negatif. Video yang sudah diedit, atau video editan, yang berdurasi 1 menit 55 detik ini telah mereka sebarkan melalui Facebook, WhatsApps dan juga berbagai media sosial," kata Letta.

3 of 3

Kesimpulan Klaim

Video yang diunggah oleh akun Facebook bernama Anda Arsyad memang merupakan video asli Merry Riana.

Hanya saja, video tersebut dipotong sebagian. Yang diunggah hanya 1 menit 46 detik, di awal tayangan yang asli. 

 

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓