Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Kabar Grace Natalie Ajak Pesta Makan Babi Usai Pilpres

Ketua Umum PSI Grace Natalie dituduh mengajak makan babi usai pilpres. Kata 'bakmi' dikira 'babi'.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahwa Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengajak pesta makan babi usai Pilpres menyebar di media sosial.

Salah satunya dimuat dalam akun Facebook Presiden Pro Islam.

"Grace Natalie (PSI) mengajak pesta makan Babi usai Pilpres," demikian narasi yang menyertai cuplikan video Ketua Umum PSI tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantahan Grace Natalie

Ketua Umum PSI Grace Natalie membantah tuduhan bahwa dirinya mengajak pesta babi usai Pilpres. Bantahan itu disampaikan dalam akun Instagramnya @gracenat. 

Berikut isi bantahannya: 

 

"Hoax terbaru : Bakmi jadi babi

Mohon dengarkan baik baik video ini. Di ujung video, saya mengajak makan bakmi, namun malah diplesetkan menjadi babi. Stop sebarkan HOAX!"

 

Grace juga mengunggah sebuah video, yang ternyata versi utuh dari cuplikan yang dimuat di akun Facebook Presiden Pro Islam. Saksikan video lengkapnya di tautan ini. 

Berikut transkrip lengkap video yang dimuat akun Instagram milik Grace Natalie:

"Halo bapak, ibu warga Pluit, Muara Karang, PIK dan sekitarya. Terimakasih buat semua yang telah memberikan dukungan dan support. Tidak terasa nih kita sudah hampir sampai di ujung perjalanan ini.

Mendekati ujung bukannya tenang, tapi malah ternyata kami diterpa tsunami hoaks dan fitnah. Saya yakin bapak, ibu mengalami dan menerima berita-berita itu.

Kita tidak tahu siapa yang pertama kali kirim, siapa yang bertanggung jawab membuat informasi itu, dan sering kali, tanpa data, tanpa fakta alias ngarang semua. Yang tujuannya semua untuk menjatuhkan nama baik PSI.

Saya mohon bapak dan ibu tetap teguh, jangan goyah. Karena perjuangan ini memang ingin membuat proses-proses yang selama ini tertutup, kita buat jadi transparan.

Gelap mau dikasih terang ya tentu saja banyak yang tidak nyaman. Itu menyebabkan tsunami hoaks bertubi-tubi menerpa dalam beberapa hari terakhir ini.

Doa saya, bapak ibu terus, tidak goyah, dan bantu saya untuk melawan hoaks-hoaks ini.

Jangan takut untuk nanti datang ke TPS, karena Pak Jokowi sudah menjamin, sudah menerjunkan aparat kepolisian dan militer untuk menjaga prosesnya. Satu suara sangat berharga. Dan kalau semua ini sudah selesai, kita makan bakmi sama-sama, pilih mau yang mana."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan Klaim

Jika didengarkan dengan seksama apa yang Grace Natalie menyebut kata 'bakmi', bukan babi dalam videonya. 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.