[Cek Fakta] TPS 054 Grogol Petamburan yang Unggulkan Jokowi Ada di Markas FPI?

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 17 Apr 2019, 17:38 WIB
TPS Rizieq Shihab

Liputan6.com, Jakarta - Hasil penghitungan suara di perolehan suara Pilpres 2019 mulai diumumkan di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Satu di antaranya di TPS 054, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Di TPS ini, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul telak atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Perolehan suaranya adalah 225 untuk pasangan nomor urut 01 dan hanya 5 suara untuk pasangan nomor urut 02.

TPS ini kemudian dikait-kaitkan dengan lokasi Markas Front Pembela Islam (FPI). Misalnya saja seperti yang diunggah oleh akun twitter @MurtadhaOne.

Dalam unggahannya, akun @MurtadhaOne mengunggah formulir C1, hasil perhitungan suara di TPS tersebut. Selain itu, akun ini juga menambahkan sebuah narasi.

"Kereenn...Ini petamburan kan lokasi markas FPI, tapi yg milih 02 cuma 5 biji," tulis @Murtadha01, (17/4/2019).

Benarkah markas FPI terletak di Grogol Petamburan?

Ā 

2 of 4

Penelusuran Fakta

Dari penelusuran, markas FPI ternyata bukan terletak di Grogol Petamburan, Jelambar, Jakarta Barat.

Berdasarkan penelusuran di situs wikipedia, Sekretariat DPP Front Pembela Islam (FPI) terletak di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Bukan di Grogol Petamburan, Jelambar, Jakarta Barat.

Sementara di TPS 45, yang dekat dengan markas FPI hasil penghitungan suara pilpres tetap dimenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

Paslon nomor urut 01, ini unggul dengan perolehan 98 suara dan Prabowo-Sandiaga mendapat 79 suara.

Fakta ini sebagaimana dikutip dari Liputan6.com dengan judul 'Prabowo Kalah di TPS Rizieq Shihab'.

Liputan6.com, Jakarta - Penghitungan suara di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, selesai digelar. Capres-cawapres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno kalah dari pesaingnya, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Di TPS 45 tempat Rizieq Shihab terdaftar, Prabowo meraup suara 79, sementara Jokowi meraih perolehan 98.

Sementara itu, di TPS kawasan yang sama, TPS 044, Jokowi-Ma'ruf Amin meraih 159 suara dan Prabowo meraih 41 suara.

Rizieq sendiri sudah memberikan pilihannya pada Pemilu 2019 ini di Arab Saudi. Hal tersebut diungkap menantu Rizieq, Muhammad Alatas.

"Iya Habib (Rizieq) sudah mencoblos di Makkah," ujar dia usai mencoblos di TPS 45, Petamburan, Jakarta Barat, Rabu (17/4/2019).

Muhammad Alatas, yang mengenakan pakaian serba putih, didampingi istrinya, Humaira Shihab yang merupakan anak dari Rizieq Shihab. Namun, Humaira tak bersedia dimintai keterangan oleh awak media.

Sementara itu, terkait nama Rizieq masih berada di daftar pemilih, Ketua KPPS TPS 45 Jeky Mareno menyatakan bahwa from C6 milik Rizieq sudah dikembalikan ke kelurahan setempat. Sebab, Rizieq sudah mencoblos di Makkah.

"Karena yang bersangkutan tidak berada di sini, jadi formulir C6 sudah dikembalikan ke Kelurahan," kata Jeky di lokasi yang sama.

Menurut Jeky, Rizieq Shihab sudah membuat form A5 agar bisa memilih di Arab Saudi. Form A5 sendiri digunakan sebagai permohonan mencoblos di TPS lain.

"Habib Rizieq sudah mengambil formulir A5 dari Maret, langsung ke KPU. Jadi, sudah tidak memberikan suara di sini," ujar Jeky.

3 of 4

Kesimpulan

Dari konten yang diunggah @MurtadhaOne, ternyata markas FPI bukan berada di Grogol Petamburan, melainkan di Jalan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Narasi yang disampaikan ternyata keliru dari fakta sebenarnya.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
4 of 4

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.comĀ merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atauĀ International Fact Checking NetworkĀ (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalamĀ cekfakta.comĀ untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada timĀ CEK FAKTAĀ Liputan6.comĀ di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓