[Cek Fakta] Rizieq Shihab Tolak Ajakan Jokowi untuk Bertemu? Istana Bantah Keras

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 16 Apr 2019, 21:49 WIB
Jokowi Umrah

Liputan6.com, Jakarta - Situs faktakini.com memuat artikel berjudul 'Habib Rizieq Tolak Ajakan Jokowi Untuk Bertemu Di Masa Tenang Pemilu' pada Minggu 14 April 2019.

Dalam artikelnya, Fakta Kini mengklaim, sumbernya di Makkah menginformasikan, timses paslon 01 Jokowi-Ma'ruf menghubungi Rizieq Shihab, memberitahukan bahwa Joko Widodo akan umrah dan meminta kesediaan imam besar FPI itu untuk menemuinya.

Berikut narasinya:

Faktakini.com, Jakarta - Menurut info dari sumber Mekkah timses paslon 01 Jokowi - Ma'ruf telah menghubungi tim Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab yang berada di Kota Suci Makkah Almukarromah, Saudi Arabia.

Mereka memberitahukan bahwa di masa tenang Pemilu 2019 Jokowi akan menunaikan ibadah umroh di Mekkah, dan meminta kesediaan Habib Rizieq untuk bersedia menemui Jokowi.

Tim Jokowi meminta untuk bisa bertemu dan melakukan pertemuan dengan Habib Rizieq di salah satu hotel berbintang di Kota Mekkah, serta meminta Habib Rizieq mau menemani Jokowi untuk masuk ke dalam Ka'bah.

Sebagaimana diketahui sebagai seorang Kepala Negara atau Presiden memang bisa diberi izin oleh Kerajaan Arab Saudi untuk masuk ke dalam Ka'bah. Presiden Soeharto dan SBY pun pernah masuk ke dalam Ka'bah.

Dan dengan iming-iming akan diajak masuk ke dalam Ka'bah itu tim Jokowi berharap Habib Rizieq bersedia untuk bertemu dan menemani Jokowi di Mekkah.

Namun permintaan itu dengan tegas ditolak oleh Habib Rizieq. Habib Rizieq menolak bertemu dengan Jokowi terlebih lagi di masa tenang Pemilu ini.

Benarkah klaim tersebut?

2 of 3

Penelusuran Fakta

Sejauh ini belum ada bukti yang sahih terkait klaim bahwa pihak timses Jokowi-Ma'ruf meminta untuk bertemu Rizieq Shihab. Yang ada adalah bantahan. 

Seperti dimuat Liputan6.com dalam artikel berjudul, Moeldoko: Enggak Ada Keinginan Jokowi Bertemu Rizieq Shihab di Arab Saudi.

Berikut ini isi artikelnya:

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi tak berniat untuk bertemu Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab saat berada di Arab Saudi. Moeldoko mengatakan bahwa kedatangan Jokowi ke Arab Saudi guna menunaikan ibadah umrah.

"Ah enggak. Enggak ada keinginan bertemu (Rizieq Shihab)," ucap Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Menurut dia, isu tersebut sengaja dimunculkan untuk mempengaruhi masyarakat yang memilih Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Ya bisa aja untuk merusak suasana. Bisa saja merusak orang-orang yang sudah yakin akan coblosan kepada pak Jokowi. Bisa saja itu terjadi untuk mempengaruhi publik yang sudah punya pilihan kepada bapak," jelas Moeldoko.

Selain untuk berangkat umrah, Moeldoko mengatakan, kedatangan Jokowi ke Arab Saudi juga untuk bertemu dengan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu turut didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi, kedua putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, serta Moeldoko saat kunjungan ke Arab Saudi.

3 of 3

Kesimpulan Klaim

Tidak ada bukti sahih yang mendukung klaim bahwa timses Jokowi-Ma'ruf menghubungi Rizieq Shihab, mengajak bertemu, apalagi dengan iming-iming masuk Kakbah. 

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membantah klaim tersebut. Menurut dia, tak ada keinginan dari Jokowi untuk bertemu Rizieq Shihab. 

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓