Sukses

[Cek Fakta] Foto Pose Dua Jari Habib Syech Tak Terkait Pilpres 2019

Viral, foto Habib Syech berpose dua jari. Benarkah dukung salah satu pasangan capres-cawapres?

Liputan6.com, Jakarta - Foto ulama asal Solo, Habib Syech Bin Abdul Qodir Assegaf yang berpose dua jari menjadi perbincangan di media sosial.

Dalam foto itu, Habib Syech tampak mengenakan sarung dan baju koko berwarna putih. Ia terlihat tengah didampingi oleh dua pria. Kedua pria itu juga berpose dua jari.

Foto itu kemudian dikaitkan dengan dukungan Habib Syech kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Alhasil, kabar ini viral di Facebook.

Misalnya saja seperti yang diunggah Eri Ibadurrahman pada 27 Maret 2019 lalu.

Konten yang diunggah Eri Ibaduurrahmah telah 7 kali dibagikan dan mendapat 18 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta

Dari hasil penelusuran, kabar tentang Habib Syech yang mendukung Prabowo-Sandi ternyata tidak benar. Foto pose dua jari Habib Syech juga tidak terkait Pilpres 2019.

Hal ini sebagaimana klarifikasi dari Habib Syech dalam sebuah video yang diunggah oleh akun MEZ Channel, pada 17 Januari 2019 lalu.

Menurut pengakuan Habib Syech, foto tersebut diambil beberapa tahun lalu. Ketika itu, Habib Syech mengaku diajak berfoto oleh Calon Bupati Lumajang, As’at Malik.

Habib Syech juga menegaskan bahwa dirinya tidak menudukung salah satu pasangan calon peserta pilpres 2019. 

Berikut pengakuan Habib Syech yang dikutip dari video berdurasi 6 menit 21 detik itu:

Gambar Habib Syech tangannya begini. Padahal foto saya sudah berapa tahun yang lalu. Dan itu pun saya yakin itu editan.

Itu di sini fotonya, itu calon Bupati Lumajang yang tidak berhasil. Jadi jangan dianggap kalau sudah foto sama habib itu menang, jadi ini bukan baru, gambarnya bukan baru.

Dia ingin merusak Habib Syech dan ingin mengambil sesuatu dari gambar tersebut. Di kira dengan adanya begitu, mendukung, tidak ada, justru merusak orang tersebut.

Habib Syech netral, tidak dukung sana tidak dukung sini, tapi saya ada pilihan. Siapa, rahasia. Tidak akan saya sampaikan, walaupun ke istri saya. Itu yang nyebarkan fotonya, itu semua pembohong

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Foto Habib Syech yang berpose dua jari ternyata tidak terkait pilpres. Kabar yang menyebut Habib Syech mendukung paslon peserta pilpres ternyata salah.

Foto pose dua jari yang sudah terlanjur viral itu tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.