Sukses

[Cek Fakta] Prabowo Sebut Negara Kita Seluas Eropa, Faktanya?

Dalam debat capres keempat, capres nomor urut 02 Prabowo menyebut Indonesia seluas benua Eropa. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menyebut luas negara Indonesia sama dengan luas benua Eropa.

Hal ini disampaikan Prabowo saat Debat Pilpres Keempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019).

"Bukan saya tidak percaya sama TNI. Kapal selam berapa yang kita miliki? Jenisnya? Kemampuannya berapa? Pesawat berapa? Kita negara seluas Eropa. Berapa sky drone fighter kita? Punya peluru kendalinya berapa?," ucap Prabowo.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta

Dari hasil penelusuran, Indonesia merupakan kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau 13.466, luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan 3.257.483 km2.

Hal ini sebagaimana dikutip dari situs resmi Badan Informasi Geospasial (BIG), big.go.id dengan judul artiikel 'BIG Serahkan Peta NKRI Kepada Kemenkokesra'.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia dengan jumlah pulau 13.466, luas daratan 1.922.570 km2 dan luas perairan 3.257.483 km2. Hal ini bisa kita lihat pada data dan informasi geospasial produk Badan Informasi Geospasial (BIG) yaitu peta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Luasan wilayah dalam peta NKRI dari masa ke masa memperlihatkan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang mengalami beberapa perubahan.

Saat ini peta NKRI yang terbaru memperlihatkan penambahan luas wilayah yurisdiksi Kelautan Republik Indonesia di luar 200 mil laut seluas 4209 Km2 yang terletak di sisi Barat Laut Pulau Sumatera, yang disetujui dan disahkan oleh PBB tanggal 17 Agustus 2010 lalu, saat menggelar sidang di New York Amerika Serikat.

Hasil ini merupakan karya terbaik bangsa yang tergabung dalam Tim Landas Kontinen Indonesia (LKI) dikoordinir oleh BIG. Demikian Asep Karsidi dalam keterangannya saat penyerahan produk BIG berupa peta NKRI kepada Menkokesra, H.R. Agung Laksono dalam acara Pengarahan awal tahun 2013 Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) pada kementerian dan lembaga koordinasi Kemenkokesra di Krida Bhakti Sekretariat Negara Jakarta. Hadir pada kegiatan tersebut para kepala Badan/Lembaga Koordinasi dan mitra kerja Kemenkokesra lainnya.

Pada sambutannya, Menkokesra, H.R Agung Laksono, mengatakan, BIG sebagai lembaga resmi yang menerbitkan peta NKRI, diharap agar menyebarluaskan peta NKRI ke seluruh Indonesia, terutama kepada Sekolah-sekolah di wilayah Indonesia. Ini bertujuan agar seluruh masyarakat dapat mengetahui kondisi dan potensi wilayah nusantara.

Sementara itu Kepala BIG Asep Karsidi dalam sambutannya mengatakan bahwa peta NKRI ini dapat disebarluaskan ke sekolah-sekolah melalui kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Selanjutnya, Asep Karsidi mengatakan, BIG merupakan transformasi dari Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional), hal ini merupakan amanat Undang-Undang No.4 tentang Informasi Geospasial.

Konsekuensinya, peran BIG menjadi lebih besar, karena lembaga ini harus menjamin ketersedian Informasi Geospasial yang handal, mudah diakses dan dapat dipertanggungjawabkan. Pada kegiatan tersebut juga diadakan pameran produk-produk dan kegiatan lembaga koordinasi Kemenkokesra.

Sementara benua Eropa memiliki luas wilayah Luas sekitar 10.900.000 KM2. Hal ini sebagaimana dikutip dari situs geografi.org tentang 'Geografi Benua Eropa'.

Benua Eropa adalah sebuah benua yang yang berada antara Samudra Atlantik di barat, Laut Arktik di utara, Pegunungan Ural dan Sungai Ural di timur, Laut Kaspia, pegunungan Caucasan dan Laut Hitam di Tenggara, dan Laut Mediterania di selatan.

Bentuk Benua Eropa berupa jazirah besar yang memiliki banyak teluk sehingga mudah dicapai melalui laut. Secara geologis daratan Eropa menyatu dengan daratan Asia dan sering dinamakan Eurasia. Benua Eropa terletak di belahan bumi bagian utara. Luas daratan Eropa menempati urutan kedua terkecil setelah Benua Australia.

Keadaan Umum Benua Eropa:

1. Luas wilayah Benua Eropa, Luas daratan Eropa sekitar 10.900.000 KM2.

2. Letak astronomis Benua Eropa, Eropa terletak antara 360 LU-710 LU dan 90 BB-660 BT.

3. Letak geografis Benua Eropa, Benua Eropa terletak antara Samudera Arktik dan Benua Afrika, dan antara Benua Asia dengan Samudera Atlantik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.