Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Foto Banjir Setinggi Sepeda Motor di Jakarta 

Viral, foto puluhan sepeda motor terendam banjir. Benarkah banjir setinggi itu melanda Jakarta?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar soal banjir yang merendam wilayah DKI Jakarta menjadi perbincangan di media sosial. Kabar ini beredar lewat sebuah gambar yang memperlihatkan tingginya genangan banjir. Dalam gambar tersebut, terlihat puluhan motor terendam banjir.

Gambar ini diunggah oleh akun facebook Katakita. Setelah diunggah pada 6 Maret 2019 lalu, kabar ini jadi viral di media sosial. Dalam unggahannya, akun ini juga menambahkan narasi yang menyebut bahwa banjir tengah melanda Ibukota.

"Orang Jakarta pada canggih euy....

Mainannya DRONE kapal-kapalan

NB:Foto puluhan drone kapal, lagi sandar di sungai GABENER, buat merasakan SENSASI nya

..............Thomy Setiawan," tulis KataKita.

Konten yang diunggah KataKita telah 673 kali dibagikan dan mendapat 1.700 komentar warganet.

Selain akun KataKita, gambar serupa diunggah oleh akun Yusuf Muhammad pada 6 Maret 2019. Dalam unggahannya, Yusuf Muhammad juga menuliskan sebuah narasi.

"Ini adalah foto puluhan drone kapal, lagi sandar di sungai GABENER di Jakarta. 👍👍," tulis Yusuf Muhammad.

Konten yang diunggah Yusuf Muhammad telah 39 kali dibagikan dan mendapat 385 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta

Dari hasil penelusuran, kabar tersebut ternyata tidak benar. Foto yang menunjukkan banjir setinggi sepeda motor itu bukan terjadi di Jakarta.

Dengan menggunakan perangkat Google Reverse Images, Liputan6.com mencoba memverifikasi foto yang ramai beredar di Facebook.

Ternyata, penampakan foto tersebut bukan menggambarkan kondisi banjir Jakarta, melainkan di Vietnam.

Penelusuran mengarah ke sejumlah situs berbahasa Vietnam, misalnya cafef.vn dan thanhnien.vn.

Situs kantor berita Vietnam thanhnien.vn dan congan.com.vn, foto itu merupakan peristiwa banjir yang terjadi kota Phu Tho, Vietnam. Insiden banjir itu terjadi pada Juli 2018.

Dalam berita di dua situs itu, dijelaskan bahwa banjir di Phu To tersebut mengakibatkan sejumlah orang tewas dan hilang serta rumah-rumah rusak. Selain foto motor terendam, situs berita itu juga menampilkan foto mobil dan rumah kebanjiran.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang banjir setinggi sepeda motor yang melanda DKI Jakarta dan sekitarnya adalah tidak benar atau hoaks.

Peristiwa banjir dalam foto itu ternyata terjadi di kota Phu Tho, Vietnam.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini