Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Lambang PKI di Acara PDIP

Viral foto lambang PKI di acara PDIP yang dihadiri Presiden Jokowi dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Benarkah kabar tersebut?

Liputan6.com, Jakarta - Beredar foto Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tengah memotong tumpeng di atas meja berlogo PKI.

Foto ini kemudian viral di Facebook dan disebarkan oleh akun Edi Setiawan Prasojo pada 20 Februari 2019 lalu.

Dalam foto tersebut, Jokowi tengah menyaksikan Megawati memotong sebuah tumpeng di acara PDIP. Telihat juga sosok Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam foto tersebut.

Konten yang diunggah Edi Setiawan pada 20 Februari 2019 lalu itu telah 55 kali dibagikan oleh warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta

Dari hasil penelusuran, kabar soal lambang PKI di acara PDIP yang dihadiri Jokowi dan Megawati ternyata tidak benar.

Foto tersebut ternyata hasil suntingan. Foto asli sudah diunggah oleh sejumlah situs berita, satu di antaranya medcom.id dengan judul berita 'HUT PDI Perjuangan, Menteri Susi Dapat Potongan Tumpeng dari Mega'.

Dalam berita itu, terlihat foto yang sama dengan yang diunggah oleh Edi Setiawan. Namun tidak ada lambang palu arit di foto tersebut.

Adapun, foto tersebut merupakan hasil karya dari Widodo S Jusuf (ANTARA) saat memotret perayaan Hari Ulang Tahun Ke-41 PDI Perjuangan di Jakarta pada Jumat 10 Januari 2014 silam.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Foto lambang PKI di acara PDIP yang viral di media sosial ternyata tidak benar. Foto tersebut merupakan hasil suntingan dengan menambahkan logo palu arit di dalam bagian bawah meja.

Alhasil, foto yang viral itu tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Selain itu, foto tersebut juga sudah diunggah sejak 2014 lalu.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.