[Cek Fakta] Pernyataan Hotman Paris soal Lahan Milik Prabowo Ternyata Hoaks

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 20 Feb 2019, 17:47 WIB
[Cek Fakta] Hotman Paris

Liputan6.com, Jakarta - Debat antarcalon presiden baru saja digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) para Minggu 17 Februari 2019 lalu. Debat kedua yang mengangkat tema energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup, dan infrastruktur ternyata memunculkan isu baru.

Satu di antaranya adalah kepemilikan lahan Prabowo Subianto di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah. Isu ini dimunculkan oleh calon presiden nomor urut 01 yang juga petahana, Joko Widodo.

"Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220.000 hektar juga di Aceh Tengah 120.000 hektar," kata Jokowi dalam debat kedua Pilpres 2019, Minggu 17 Februari 2019.

Beredar kabar bahwa pengacara Hotman Paris Hutapea turut menanggapi isu ini. Hotman menyebut bahwa Prabowo merebut lahan itu dari pihak asing. Kabar soal pernyataan Hotman ini viral di facebook.

Misalnya saja seperti yang diunggah oleh akun facebook Bachrum Sjambas pada 18 Februari 2019.

"Penyeimbang data faktual : Disindir Jokowi, Hotman Paris: Prabowo Rebut Tanah Itu Dari Asing-------------------------Calon Presiden 01 Joko Widodo menuding saingannya Prabowo Subianto memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah. Bahkan disebut jumlahnya hingga ratusan ribu hektare.

Menurut data pemberitaan detikFinance, Prabowo melalui perusahaannya PT Kaltim Nusantara Coal (KNC) memenangkan perebutan konsesi lahan tambang batubara seluas 10.000 hektare di Kutai Timur. Dia berebut dengan pihak asing Churchill Mining Plc asal Inggris.

Kuasa Hukum KNC Hotman Paris mengungkapkan pihaknya memenangkan gugatan hingga ke tingkat peninjauan kembali (PK) di Mahkamah Agung.

"Sejak gugatan ditingkat pertama PTUN Samarinda, PTTUN di Jakarta, Kasasi di MA hingga PK semua dimenangkan oleh Kaltim Nusantara Coal," ujar Hotman ketika ditemui di Kantornya Gedung Summitmas Tower I Sudirman, Selasa (25/6/2013).," tulis Bahcrum Sjambas.

Konten yang diunggah Bahcrum Sjambas ini telah 106 kali dibagikan dan mendapat 53 komentar dari warganet.

 

Selain ramai di facebook, kabar ini juga ramai diberitakan sejumlah media. Misalnya saja, eramuslim.com. Situs berita ini memberitakan pernyataan Hotman Paris dengan judul 'Disindir Jokowi Kuasai Lahan Negara, Hotman Paris: Prabowo Rebut Lahan Itu Dari Asing!'.

Eramuslim – Calon Presiden 01 Joko Widodo menuding saingannya Prabowo Subianto memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah. Bahkan disebut jumlahnya hingga ratusan ribu hektare.

Menurut data pemberitaan detikFinance, Prabowo melalui perusahaannya PT Kaltim Nusantara Coal (KNC) memenangkan perebutan konsesi lahan tambang batubara seluas 10.000 hektare di Kutai Timur. Dia berebut dengan pihak asing Churchill Mining Plc asal Inggris.

Kuasa Hukum KNC Hotman Paris mengungkapkan pihaknya memenangkan gugatan hingga ke tingkat peninjauan kembali (PK) di Mahkamah Agung.

“Sejak gugatan ditingkat pertama PTUN Samarinda, PTTUN di Jakarta, Kasasi di MA hingga PK semua dimenangkan oleh Kaltim Nusantara Coal,” ujar Hotman ketika ditemui di Kantornya Gedung Summitmas Tower I Sudirman, Selasa (25/6/2013).

Dikatakan Hotman, atas kemenangan tersebut Kaltim Nusantara Coal berhak mengelola ‘harta karun’ di Kutai Timur tersebut.

“Mengapa saya sebut harta karun? karena nilai batu bara dari yang digugat oleh Churchill yakni mencapai US$ 1,8 miliar, uang sebanyak itu kalau dimiliki oleh orang Indonesia, dia akan menjadi seorang konglomerat terkaya di Indonesia,” ujar Hotman.

Lalu, Prabowo melalui perusahaannya Kertas Nusantara memiliki pabrik yang berlokasi di Mangkajang-Berau, Kalimantan Timur. Pabrik tersebut merupakan satu-satunya pabrik bubur kertas (pulp) yang terbesar di Asia Tenggara. Luas lokasi pabrik mencapai 3.400 ha.

Sekedar informasi, Capres nomor urut 02 Joko Widodo (Jokowi) menyebut lawannya memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Jokowi mengatakan, Prabowo memiliki lahan seluas 220.000 hektare.

“Saya tahu pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Sebesar 220.000 hektare,” kata Jokowi dalam Debat Capres Jilid 2 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Selain itu, Jokowi juga menyebutkan Prabowo memiliki lahan seluas 120.000 hektare di Aceh Tengah. Ia mengatakan bahwa pembagian lahan tersebut tidak dilakukan di era pemerintahannya.

“Juga di Aceh Tengah 120.000 hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya,” ujar Jokowi. (dtk)

 

2 of 3

Fakta

Dari hasil penelusuran,kabar tentang Hotman Paris yang ikut berkomentar soal lahan Prabowo di Kalimantan Timur dan Aceh ternyata tidak benar. Lewat sebuah video, Hotman mengklarifkasi bahwa dirinya tak pernah menyampaikan komentar tersebut.

Klarifikasi ini bisa dilihat di akun instagram Hotman Paris, @hotmanparisofficial. Berikut pernyataan Hotman Paris:

"Berita hoaks, berita bohong, di berbagai media sosial telah viral berita bahwa seolah-olah Hotman Paris memberikan pernyataan terkait debat capres, di mana Jokowi menyindir soal asal usul tanah di Kalimantan yang oleh Jokowi dikait-kaitkan dengan Prabowo. Saya tidak pernah membuat pernyataan apapun, saya tidak pernah diwawanca oleh wartawan apapun, berita itu adalah hoaks. Termasuk yang mengaku harian merdekacom, saya tidak pernah diwawancarai, saya tidak pernah membuat pernyataan tersebut. Memang jaman dulu saya pernah menangani perkara terbesar dalam tambang. Empat perkara melawan Churchill Mining, dari Inggris. Tapi itu tidak ada kaitannya dengan sindiran Jokowi tersebut. Saya tidak pernah memberikan pernyataan apapun, karena saya netral dalam bidang politik. Salam Hotman Paris," terang Hotman Paris.

 

 
 
 
View this post on Instagram

Hoax hoax hoax! Mendingan ikutin Kuliah hukum gratis di my youtube: hotman paris official! Segera subscribe

A post shared by Dr. Hotman Paris Hutapea SH MH (@hotmanparisofficial) on

Sementara judul berita 'Disindir Jokowi Kuasai Lahan Negara, Hotman Paris: Prabowo Rebut Lahan Itu Dari Asing!' yang dimuat oleh situs eramuslim.com ternyata tidak sesuai dengan isi beritanya.

Situs eramuslim.com mengutip berita dari detik.com dengan judul berita 'Menelusuri Lahan Ratusan Ribu Hektare Prabowo yang Disindir Jokowi'.

Isi berita di detik.com memuat cek fakta terkait kabar lahan yang dimiliki Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 02, Prabowo Subianto di Kalimantan. Dalam artikel cek fakta itu, hanya memaparkan kutipan Hotman Paris Hutapea sebagai Kuasa Hukum PT Kaltim Nusantara Coal (KNC) milik Prabowo namun tidak ditemukan kalimat 'Hotman Paris: Prabowo Rebut Lahan Itu Dari Asing!'.

 

3 of 3

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelusuran, maka pernyataan Hotman Paris yang viral itu ternyata salah. Hotman tidak pernah memberikan pernyataan tersebut. 

 

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓