[Cek Fakta] Isu Tentara China Masuk RI Kembali Viral, Ini Faktanya

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 12 Feb 2019, 21:45 WIB
[Cek Fakta] Tentara China

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kabar tentang masuknya tentara China tengah diperbincangkan di media sosial. Kabar ini tersebar dalam sebuah gambar di Facebook. Dalam gambar tersebut terlihat seorang pemuda yang tengah berswafoto di sebuah tempat.

Di belakang pria tersebut, terlihat sejumlah orang berkaos hijau, bercelana panjang hitam serta memakai topi. Mereka juga tampak membawa tas berukuran besar. Tak hanya itu, gambar tersebut juga tampak tiga unit truk tentara.

Dalam gambar tersebut terdapat sebuah narasi yang menyebut bahwa kumpulan orang tersebut merupakan tentara dari China.

"[COPAS] SOS Barusan sy dpt dr temen: Ini teman kantor pas lagi di Pluit lihat tentara2 cina naik truk.. dia pura2 selfie biar gak dibilang hoax... jadi invasi cina ke Indonesia BUKAN ISAPAN JEMPOL TAPI NYATA...!!"

Gambar ini diunggah oleh akun facebook Eka. Dalam konten tersebut, Eka juga menambahkan sebuah narasi.

"Tentara merah RRC di pluit jkt ,... Bahaya melanda Negri ku," tulis Eka pada 9 Februari 2019.

Konten yang diunggah Eka telah dibagikan 23 kali dan mendapat 13 komentar dari warganet.

 

2 of 3

Pembuktian

Dari hasil penelusuran ternyata kabar soal tentara China yang masuk ke Indonesia ternyata tidak benar. Itu adalah kabar lama, pada 2016, yang didaur ulang. 

Kabar ini diklarifikasi oleh akun facebook Sekoci Hoaxes. Kumpulan orang berbaju hijau di dalam gambar tersebut ternyata peserta acara kerohanian Christian Men's Network Indonesia (CMNI) StrongMen.

Berikut klarifikasinya:

Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan,

Beberapa hari belakangan ini merebak berita tentang "pasukan sipit perawakan militan" disertai rekaman suara wanita dan foto peserta kegiatan outbound CMNI yang berdekatan dengan truk TNI

Berita ybs mengkaitkan serangkaian acara kerohanian yang dilakukan oleh CMNI dengan kegiatan dan kejadian lainnya padahal itu TIDAK ADA HUBUNGANnya sama sekali.

Rekaman yang beredar dibuat oleh seorang wanita yang kebetulan berada di MTHS pada tanggal 22 Oktober 2016 tempat diadakannya kelas pembinaan (kami menamakannya KFU - Kelas Follow Up) bagi para peserta yang telah mengikuti outbound CMN lndonesia bernama StrongMen The Next Level.

Pada setiap KFU kami meminta setiap peserta mengenakan pakaian yang diberikan panitia sewaktu outbound sebagai tanda kepesertaan.

Outbound StrongMen digagas sejak tahun 2007 oleh CMN Indonesia yang mengangkat tema besar bagaimana seorang pria berfungsi sebagai ayah dan suami yang tetap tegar di tengah masa-masa sukar mereka dalam keluarga dan pekerjaan.

Materi yang diajarkan di outbound maupun di KFU antara lain sebagai berikut:

1. berdoa bagi keluarga dan bangsa,2. belajar saling membantu kepada saudara-saudara yang ada dalam kesukaran,3. memiliki ketabahan hati ketika keluarganya ada dalam masalah dan4. bertanggung jawab untuk menjaga keutuhan rumah tangga.

Pernyataan yang disampaikan oleh wanita tersebut telah menyimpang dan berbeda dengan apa yang sesungguhnya terjadi. Kegiatan KFU StrongMen di MTHS adalah murni acara kerohanian yang diperuntukkan kalangan sendiri dan TIDAK BERKAITAN DENGAN acara pada tanggal 4 seperti yang disampaikan.

Foto yang ditampilkan berdekatan dengan truk TNI itu adalah juga peserta dari acara kerohanian CMN Indonesia StrongMen yang telah selesai dari kegiatan outbound StrongMen CMNI pada tanggal 8 Oktober silam dan hendak melanjutkan wisata belanja batik di Thamrin Square.

Adalah tidak benar mengkaitkan sebuah acara kerohanian CMNI dengan isu politik, atau acara dari pihak lain diluar CMNI apalagi tanpa sebuah klarifikasi. Wanita yang membuat rekaman tersebut dan pengambil gambar tersebut hingga saat ini tidak melakukan klarifikasi kepada CMNI. Sebaliknya, wanita tersebut telah memberikan pernyataan yang meresahkan dan menimbulkan persepsi yang tidak baik.

Berita yang beredar tersebut saat ini telah disampaikan kepada BAIS TNI, dikoordinasikan dan ditangani. Demikian penjelasan dari kami, agar diketahui dan memperjelas kondisi yang sebenarnya.

Ferdy P PanggabeanStrongMen The Next Level CMNI

 

3 of 3

Kesimpulan

Kabar tentang tentara China yang telah masuk wilayah Indonesai adalah salah. Gambar yang viral di media sosial tersebut bukan tentara, apalagi dari China.

Narasi yang ditulis dalam gambar tersebut juga tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓