Sukses

[Cek Fakta] Disinformasi Skema Prediksi Presiden dan Wapres 2019-2024

Beredar foto skema prediksi Presiden dan Wapres periode 2019-2024. Benarkah prediksi itu?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gambar skema prediksi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 viral di media sosial.

Dalam gambar itu, terdapat foto Presiden Joko Widodo, cawapres Ma'ruf Amin, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Berikut narasi yang ada dalam gambar tersebut:

Prediksi 2019 – 2024

TAHAP 1 : Joko Widodo – Ma’ruf Amin TERPILIH – DLM PERIODE KERJA – Ma’ruf Amin BERHENTI DENGAN ALASAN KESEHATAN.

TAHAP 2 : WAKIL PRESIDEN KOSONG – DIANGKATLAH AHOK – Basuki Tjahaja Purnama SEBAGAI WAKIL PRESIDEN.

TAHAP 3 : SUKSES 1 – Joko Widodo PRESIDEN & Basuki Tjahaja Purnama WAKIL PRESIDEN – DLM PERIODE KERJA – Joko Widodo MENGUNDURKAN DIRI DENGAN BERBAGAI ALASAN.

TAHAP 4 : Basuki Tjahaja Purnama PRESIDEN RI – DLM PERIODE KERJA DIANGKATLAH HARY TANOE – HARY TANOE SEBAGAI WAKIL PREISDEN.

TAHAP 5 : PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN RI ( BASUKI TP – HARY TANOE ) TUJUAN AKHIR – SUKSES 2?

Gambar ini diunggah oleh akun facebook Ia Fauzia Nadjedi pada 31 Januari 2019 lalu. Dalam konten tersebut, Ia Fauzia Nadjedi juga menambahkan sebuah narasi.

"Skema kewaspadaan umat. Jangan bodoh hidup di dunia. Mereka berstrategi, mengapa kita tidak? Islam pakar strategi politik, karna politik dalam istilah arab adalah siyasah, bersiasat, berstrategi," tulis Ia Fauzia Nadjedi.

Konten yang diunggah oleh Ia Fauzia Nadjedi telah 7.584 kali dibagikan dan mendapat 32 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta

Dari hasil penelusuran, kemungkinan prediksi itu ternyata tidak tepat. Sebab ada sejumlah peraturan dan Undang-undang yang dilanggar.

Hal ini sebagaimana yang diberitakan tirto.id dengan judul berita 'Ahok Mustahil Menjabat Presiden, Menteri, bahkan Anggota DPR'.

Vonis 2 tahun oleh Majelis Hakim yang dijatuhkan untuk Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama langsung jadi perhatian publik. Media sosial dipenuhi simpati untuk Ahok atas ketidakadilan yang diterimanya. Nama “Ahok” pun menjadi topik tren di Twitter.

Di tengah hiruk-pikuk warga internet untuk Ahok, para pendukung Ahok menyelipkan harapan dalam cuitannya. Ada dari antara mereka yang menebar harap sekaligus berpikir positif bahwa penjara adalah ujian untuk Ahok agar ditempa menjadi manusia yang lebih baik.

Akun @tertin6 misalnya, mencuit harapannya untuk Ahok: “Sejarah mencatat banyak pemimpin-pemimpin besar harus mengalami masuk penjara seperti Soekarno, Nelson Mandela, dan 2019. Vote Ahok for Presiden!”

Cuitan itu membalas postingan @rahung yang mengajak warga internet menuntut keadilan untuk Ahok. “KTP saja ada sejuta. Tunjukkan! Jangan hanya sibuk dengan jempol dan menghina buruh yg demo. Saatnya tuntut keadilan untuk #Ahok.”

Erry Eka Setyawan‏, pemilik akun @erkas89, juga tak mau kalah. Ia menyemai harapannya untuk Ahok pada masa mendatang: “Minimal 2019 Wakil Presiden, Pak,” dengan tagar #Ahok #SaveAhok #AhokTakBersalah.

Pada cuitan itu Erry menyertakan foto Nelson Mandela tengah duduk di dalam tahanan. Pada foto itu diberi kutipan kata-kata tokoh asal Afrika Selatan itu: “In My Country, We Go To Prison First and then Become President". Sebuah isyarat bahwa Ahok kelak akan menjadi presiden Indonesia.

Kenyataan Pahit

Harapan tentu boleh saja, tapi kenyataan kerap berbeda. Ahok divonis hakim dengan menggunakan pasal 156a KUHP tentang penistaan agama dengan ancaman maksimal 5 tahun. Ini akan berdampak terhadap karier politik Ahok.

Bivitri Susanti, ahli hukum tata negara dari Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK), mengatakan pasal yang menjerat Ahok memastikan Ahok tidak bisa menjadi menteri sepanjang karier politiknya ke depan. Sebab, dalam pasal 22 ayat 2(f) Undang-Undang Nomor 39 tahun 2008 tentang Kementerian Negara menyebutkan seseorang yang "melakukan tindakan pidana yang diancam ... penjara 5 tahun atau lebih" tidak boleh diangkat menjadi menteri oleh presiden.

“Karena yang dilihat dari oleh pasal itu memang ancaman hukuman di pasalnya, jadi bukan vonis hukumannya. Karena dia (Ahok) dijerat dengan pasal 156a, bahkan sekarang pun, misalnya (dalam putusan banding) dikuatkan dengan hukuman yang sama, yakni 2 tahun lagi, tidak menjadi 5 tahun, Ahok tetap tidak bisa jadi menteri,” kata Bivitri kepada Tirto, kemarin.

Baca wawancara dengan Bivitri Susanti soal hitung-hitungan karier politik Ahok dalam hukum di Indonesia

Begitupun bila Ahok berkeinginan menjadi presiden atau wakil presiden seperti harapan pendukungnya. Mengacu pada Peraturan KPU nomor 15 tahun 2014 tentang pencalonan dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden, dalam pasal 10 huruf n, disyaratkan bahwa riwayat calon presiden maupun wakil presiden tidak boleh pernah dipidana dengan ancaman hukuman penjara lima tahun atau lebih.

Untuk menjadi anggota DPR pun, Ahok tidak bisa karena ada aturan yang sama.

Namun, Zainal Arifin Mochtar, dosen hukum tata negara dari Universitas Gadjah Mada, berpendapat berbeda. Menurutnya, rentang ancaman pidana itu masih berpotensi menimbulkan perdebatan.

“Kalau dilihat, dulu pernah ada perdebatan yang sama soal ini, apakah Ahok diberhentikan atau tidak? Memang tergantung penafsirannya, ada yang menafsirkan kejahatan paling lama 5 tahun itu bukan di atas lima tahun,” ujar Zainal.

Sebenarnya, lanjut Zainal, masalah utamanya pada pasal 156a yang merupakan pasar karet. Pasal ini menurutnya tidak terkait dengan kasus public distrust. Sehingga kemungkinan Ahok untuk menjadi menteri atau pejabat publik masih terbuka.

“Misalnya korupsi atau tindak kejahatan lain yang terkait public distrust. Tapi itu tetap saja akan jadi perdebatan,” tambahnya.

Karier Lain untuk AhokJabatan publik yang bisa tetap dikejar Ahok adalah gubernur, kepala desa, atau ketua RT dan RW. Untuk menjadi gubernur, seorang mantan narapidana hanya cukup menjelaskan kasus yang menjeratnya kepada publik. (Lihat UU nomor 8 tahun 2015 tentang perubahan atas peraturan pemerintah tentang pemilihan gubernur, bupati, dan walikota)

“Seingat saya memang diperbolehkan," ujar Zainal. "Keputusan MK waktu itu, kalau tidak salah, ada kewajiban untuk men-declare kasusnya. Tapi balik lagi, itu kan untuk kasus yang terkait dengan public distrust. Apakah (pasal) 156a itu masuk public distrust?”

Meski secara aturan hukum karier politik Ahok dipersulit, peluang Ahok melenggang bebas masih ada. Banding yang diajukan tim pengacara Ahok belum dimulai. Tetapi upaya hukum lanjutan ini sesuatu yang sulit buat dimenangkan. Jika melihat sejarahnya, nyaris tidak ada seorang pun, dalam sejarah politik Indonesia mutakhir, yang bisa lepas dari jerat pasal karet itu.

Kesempatan itu agaknya juga tidak akan digunakan oleh Ahok. Ia menegaskan tidak bersedia bahkan jika ada tawaran menjadi menteri dalam Kabinet Kerja Presiden Jokowi, begitu pula dalam kontestasi Pilpres 2019 nanti.

"Enggak masuk partai politik, enggak jadi menteri, enggak jadi staf presiden, semua enggak," kata Ahok. "Mau jadi gubernur aja susah, apa lagi mau jadi wapres. Kafir mana boleh jadi pejabat di sini?" sindirnya.

Ahok justru sudah merencanakan pilihan lain.

"Aku mau bikin 'Ahok Show' dengan salah satu stasiun televisi. Tapi dengan revenue sharing, ya. Jadi kalau terima iklan berapa, bagi sayalah, 20-30 persen. Kita ngajar aja, mendidik saja, " ungkapnya.

Selain itu, kabar ini juga sempat dibantah cawapres nomor 01 Ma'ruf Amin. Seperti yang diberitakan Liputan6.com dengan judul 'Isu Diganti Ahok Bila Jadi Wapres, Ma'ruf Amin: Memang Pemilihan RT?'.

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin menjawab hoaks dirinya bakal digantikan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok jika terpilih menjadi wakil presiden. Ma'ruf menegaskan, pemilihan presiden berbeda dengan pemilihan ketua RT.

"Dari mana itu? Itu mengarang saja itu. Emang pemilihan RT apa? Itu kan ada mekanisme-mekanisme kenegaraan yang enggak bisa seperti itu," kata Ma'ruf Amin di kediamannya Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Kamis (31/1/2019).

"Emang masyarakat kita bodoh. Masyarakat kita ini kan sudah pintar. Mereka tahu bawa soal pergantian kepemimpinan nasional itu ada mekanisme yang mengatur," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Gambar yang berisi kemungkinan prediksi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 ternyata keliru. Ada Undang-undang dan peraturan yang dilanggar dalam prediksi itu.

Gambar tersebut ternyata juga tidak sesuai dengan fakta sebenarnya dan masuk dalam kategori disinformasi atau konten yang menyesatkan. 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini