[Cek Fakta] Usai Bertemu Jokowi, Agnez Mo Acungkan Dua Jari?

Oleh Devira Prastiwi pada 14 Jan 2019, 12:36 WIB
[Cek Fakta] Usai Bertemu Jokowi, Agnez Mo Malah Acungkan Dua Jari?

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar marak di sosial media. Salah satunya adalah soal pertemuan Agnez Monica atau Agnez Mo dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan itu terjadi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Jumat, 11 Januari 2019.

Foto dan kabar tersebut diunggah akun Facebook bernama Purnomo. Dalam unggahannya, ia menyertakan foto saat Agnez Mo bertemu dengan Jokowi dan sebuah video Agnez Mo di dalam mobil.

Dalam video tersebut, nampak Agnez Mo sedang berada di dalam mobil dan memperlihatkan dua jari saat sedang direkam oleh kamera. Agnez juga terlihat tertawa sembari bercanda dengan perekam video.

Unggahan tersebut sudah dibagikan sebanyak 85 kali dan mendapat tanda suka 66.

Selain itu, akun Facebook bernama S'herman S'herman mengunggah video Agnez Mo yang terlihat mengacungkan dua jarinya.

Video yang diunggah hanya dibagikan dua kali dan mendapat satu tanda suka. Tidak ada komentar dalam unggahan tersebut.

 

2 of 3

Fakta

Video yang diunggah akun Facebook Purnomo dan S'herman S'herman memang benar adanya. Tetapi tidak dapat dipastikan kapan video tersebut diambil, apakah benar video diambil usai Agnez Mo menemui Jokowi.

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba mencari tahu kebenaran dari kabar dan video tersebut. Namun rupanya, video tersebut merupakan video lama dan telah dipotong bagiannya.

Hal itu dibuktikan dalam artikel yang diunggah www.turnbackhoax.id pada 13 Januari 2019. Artikel tersebut berjudul [SALAH] “Agnez Mo JAHAP”.

[Cek Fakta] Usai Bertemu Jokowi, Agnez Mo Malah Acungkan Dua Jari?

"Video yang digunakan oleh post SUMBER diunggah di bulan Maret tahun lalu, bukan dibuat setelah pertemuan dengan Jokowi di tanggal 11 kemarin. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2FqaV3j, post oleh akun “Purnomo” (facebook.com/purnomo.sario), sudah dibagikan 80 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Agnez Mo JAHAPdi depan jae lu pura² excited ketemu diasaat perjalanan pulang banyak Fans Lu yg keberatan soal penampilan lo ketika ketemu si jae di Istanakhawatir si Agnez Mo nyebong yg berakibat DUNGUlalu dgn penuh canda Agnez Mo pun Salam✌️Jari

🤣🤣🤣”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Post SUMBER menggunakan video yang diunggah di bulan Maret tahun lalu, dihubung-hubungkan dengan peristiwa yang terjadi di tanggal 11 kemarin.Post SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan konteks video yang sebenarnya, untuk memelintir dan membangun premis bahwa video dibuat setelah pertemuan selesai.——

(2) Salah satu sumber video, http://bit.ly/2Fpj7Rq YouTube: “AGNEZ MO Shopping Day in Jakarta Mall 😘

interNEZionalPublished on Mar 27, 2018

Vlog. Fun day with friends & team. Shopping day in Jakarta, Indonesia. AGNEZ MO hanging out with Carendelano, Adi Adrian, Marlene Hariman, Fanfani. 27 Maret 2018.

Credits:Instagram stories @agnezmo @carendelano @adiadrianbeauty @marlenehariman.

Subscribe now for more videos about AGNEZ MO/Agnes Monica.”

——

(3) Salah satu sumber foto, KOMPAS(dot)com: “Saat Agnez Mo Nge-vlog Bareng Jokowi di Istana Merdeka”. Selengkapnya di bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

http://bit.ly/2QIMkIa KOMPAS(dot)com: “Saat Agnez Mo Nge-vlog Bareng Jokowi di Istana Merdeka

ANDI MUTTYA KETENG PANGERANG Kompas.com – 11/01/2019, 17:46 WIB

(foto)Agnez Mo dan Presiden Joko Widodo merekam vlog bersama di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019). (Instagram/Kantor Staf Presiden)

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyanyi Agnez Mo pagi tadi menyambangi Istana Merdeka, Jakarta Pusat, untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Tak hanya berbincang, Agnez juga berkesempatan membuat vlog bersama orang nomor satu di Indonesia itu.

“Agnez juga sempat membuat vlog dengan Presiden Jokowi,” tulis akun Instagram resmi Kantor Staf Presiden RI, @kantorstafpresidenri, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (11/1/2019).

Suasana “nge-vlog” itu terlihat dari beberapa foto yang diunggah akun tersebut. Agnez yang dibalut t-shirt putih dan rok hitam tampak memegang kamera.

Sementara Jokowi yang mengenakan kemeja batik di sampingnya tersenyum ke arah kamera. Foto yang lain menunjukkan Agnez dan Jokowi sibuk berbincang sambil berjalan di sebuah ruangan.

Ada pula foto yang memperlihatkan Agnez duduk berhadapan dengan Jokowi di depan meja kayu panjang seraya mengobrol.

(foto)Agnez Mo dan Presiden Joko Widodo membuat konten vlog di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (11/1/2019). (Instagram/Kantor Staf Presiden)

Pertemuan Agnez yang saat ini sedang meniti karier di industri musik AS dengan Jokowi itu juga dihadiri oleh Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (purn) Moeldoko.

“Presiden berbincang mengenai motivasi @agnezmo yang sukses berkarir di dunia Internasional,” tulis akun tersebut.

Sebelumnya, Agnez mengaku mendapat dukungan dari Jokowi untuk penghargaan Social Star Award di ajang iHeartRadio Music Awards 2019, di mana Agnez menjadi salah satu nomine.

https://www.instagram.com/p/BsfWbeeh6Tc: @kantorstafpresidenri: “Presiden @jokowi didampingi Kastaf Kepresidenan @dr_moeldoko bertemu dengan Agnez Monica di Istana Merdeka. Jumat, (11/01).Presiden berbincang mengenai motivasi @agnezmo yang sukses berkarir di dunia Internasional. Agnez juga sempat membuat vlog dengan Presiden Jokowi.📷: Biro Pers Setpres

jokowi #nawacita #menujuindonesiamaju #agnezmo #indonesia”.Sebagai informasi, Agnez Mo merupakan satu-satunya musikus Indonesia yang berhasil masuk dalam penghargaan musik di Amerika itu.

“When I got support from my own President @ jokowi #IAMdocuseries #iheartsawards #SocialStarAwards #AGNEZMO,” tulis Agnez dalam fitur Insta Story akun Instagram @agnezmo, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (11/1/2019).

Penulis: Andi Muttya Keteng PangerangEditor: Andi Muttya Keteng Pangerang”.

======

Sumber: https://web.facebook.com/MafindoID/posts/1356221871184114, https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/816408022025068/"

Selain itu, akun Youtube Agnez Mo yang bernama interNEZional mengunggah video lengkap Agnez Mo tersebut pada 28 Maret 2018 lalu.

 

[Cek Fakta] Usai Bertemu Jokowi, Agnez Mo Malah Acungkan Dua Jari?

"Vlog. Fun day with friends & team. Shopping day in Jakarta, Indonesia. AGNEZ MO hanging out with Carendelano, Adi Adrian, Marlene Hariman, Fanfani. 27 Maret 2018.

Credits:Instagram stories @agnezmo @carendelano @adiadrianbeauty @marlenehariman.

Subscribe now for more videos about AGNEZ MO/Agnes Monica."

 

3 of 3

Kesimpulan

Video yang diunggah akun Facebook Purnomo dan S'herman S'herman memang benar adanya. Tetapi, narasi yang menyertainya tidak benar.

Karena, video tersebut merupakan video lama dan merupakan potongan-potongan video Agnez Mo pada 2018 lalu. Video tersebut diambil bukan saat Agnez Mo usai menemui Presiden Jokowi.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓