[Cek Fakta] Hoaks Ustaz Abdul Somad Dukung Jokowi

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 28 Des 2018, 16:37 WIB
[Cek Fakta] Hoaks Ustaz Abdul Somad Dukung Jokowi

Liputan6.com, Jakarta - Para calon presiden dan wakil presiden mulai mencari dukungan untuk Pilpres 2019. Termasuk meminta dukungan kepada pemuka agama. 

Di tengah ramainya deklarasi dan dukungan untuk para peserta pilpres, beredar kabar bahwa Ustaz Abdul Somad mendukung calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi.

Kabar ini muncul dari sebuah berita wartakota.co dengan judul "Kinerja Jokowi Bikin UAS Jatuhkan Pilihannya". Berita itu ditayangkan pada Minggu 23 Desember 2018.

Dalam berita itu diulas alasan Ustaz Abdul Somad mendukung capres petahana itu.

"Jakarta – Sikap Ustad Abdul Somad (UAS) menyusul Tuan Guru Bajang(TGB) untuk mendukung Jokowi melanjutkan jabatan sebagai presiden RI karena kinerjanya yang sangat baik.

Kinerja dan teladan serta bisa menjadi imam Sholat merupakan ukuran pemimpin yang didambakan UAS, hal itu membuat ustad asal Riau ini sependapat dengan TGB ikut dukung Jokowi 2 periode.

UAS memberikan pernyataan mengejutkan ketika bertemu Gubernur Nusa Tengara Barat, TGB, dia mengumumkan bahwa dirinya memberikan dukungan kepada Jokowi untuk menjadi Presiden dua periode.

“Hari ini saya sampaikan kepada masyarakat Indonesia, saya beralih dan mendukung bapak Joko Widodo menjadi Presiden 2 periode.

Dukungan saya ini bersifat personal, saya mendukung karena saya melihat kinerja bapak Jokowi selama ini menjabat Presiden itu sangat baik,”ucap UAS.

Sikap UAS ini tentu menjadi preseden baik bagi umat, dan melihat kebenaran dalam pemilihan Presiden bahwa yang telah bekerja untuk Indonesia telah membuktikan bukan Capres yang belum pernah memimpin namun hanya wacana."

Selain situs berita wartakota.co, isu ini juga viral di facebook. Adalah akun Nusantara Satu yang mengunggah kabar Ustaz Abdul Somad memberikan dukungan kepada Jokowi. Dalam foto yang diunggah Nusantara Satu, terdapat tulisan yang menyebut alasan Abdul Somad tidak mau menjadi cawapres Prabowo Subianto.

"KENAPA DULU UAS NGGAK MAU JADI CAWAPRES PRABOWO? KARENA PILIHLAH PEMIMPIN YANG BISA SHOLAT," demikian narasi yang ada dalam foto tersebut.

Akun Nusantara Satu juga menuliskan keterangan dalam unggahannya itu.

"'Hari ini saya sampaikan kepada masyarakat Indonesia, saya beralih dan mendukung bapak Joko Widodo menjadi Presiden 2 periode. Dukungan saya ini bersifat personal, saya mendukung karena saya melihat kinerja bapak Jokowi selama ini menjabat Presiden itu sangat baik,'ucap UAS saat bertemu TGB," tulis Nusantara Satu.

Konten ini mendapat 109 komentar warganet dan telah 289 kali dibagikan sejak diunggah pada Minggu 23 Desember 2018 lalu.

 

 

2 of 3

Fakta

Setelah ditelusuri, kabar Ustaz Abdul Somad yang mendukung Jokowi untuk Pilpres 2019 ternyata tidak benar. 

Isu ini sudah diklarifikasi langsung oleh Ustaz Abdul Somad lewat akun instagramnya, @ustadzabdulsomad

"Ustadz Abdul Somad tidak pernah memberikan pernyataan apa-apa. Yang menyebarkan info 'hoax' suruh mereka carikan bukti. Setiap ada penggalan pernyataan UAS yang dibuat dalam bentuk 'meme', -kalau itu benar- pasti bisa ditemukan buktinya dalam bentuk video. Ada ribuan video UAS di Youtube yang bisa membuktikannya," tulis Ustaz Abdul Somad.

"Mereka yang menyebarkan 'hoax' seperti ini, suruh mereka cari: • Di video yang mana UAS menyatakan demikian • Pada menit ke berapa • Kirimkan link sumber videonya," sambung dia.

Selain itu, situs turnbackhoax.id juga meluruskan kabar ini. Dalam artikelnya berjudul "[SALAH] Kinerja Jokowi Bikin UAS Jatuhkan Pilihannya", diterangkan bahwa isu Ustaz Abdul Somad mendukung Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo, merupakan hoaks lama bersemi kembali.

Isu itu sempat muncul di bulan Juli 2018, selepas Ustaz Abdul Somad bertemu dengan TGH Zainul Majdi atau karib disapa Tuan Guru Bajang (TGB). Isu itu juga sudah pernah dibantah oleh Ustaz Abdul Somad dalam akun Instagram miliknya yang telah terverifikasi. Selain itu, wartakota.co bukanlah situs resmi milik media Wartakota sebab situs resminya beralamatkan http://wartakota.tribunnews.com/.

Dari kutipan artikel itu tidak ada penyebutan bahwa UAS sudah memberikan dukungan kepada Joko Widodo. Selain itu, isu tentang UAS sudah memberikan dukungan kepada Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah pernah didebunk di Forum Anti Fitnah Hasut dan Hoaks (FAFHH) pada tanggal 20 Juli 2018 (https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/695270750805463/).

Dengan demikian, isu UAS memberikan dukungan kepada Joko Widodo merupakan isu yang tidak benar. Selain itu, portal wartakota.co tidak disarankan menjadi rujukan informasi. Karena, tidak jelas siapa penulisnya dan tidak jelas pula alamat redaksinya. Adapun, situs daring untuk media Wartakota yang sebenarnya memiliki alamat url http://wartakota.tribunnews.com/. Hal tersebut dikarenakan Wartakota merupakan bagian dari tribunnews.com.

 

3 of 3

Kesimpulan

Kabar tentang Ustaz Abdul Somad yang mendukung capres Jokowi untuk Pilpres 2019 ternyata tidak benar. Isu tersebut pernah bergulir pada pertengan 2018, tepatnya pada Juli lalu.

Ustaz Abdul Somad pun membantah kabar ini, lewat akun instagramnya @ustadzabdulsomad. 

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓