Sukses

[Cek Fakta] Suporter Klub Sepak Bola Jerman Borussia Dortmund Lantunkan Selawat?

Beredar sebuah video suporter klub sepak bola Jerman sedang melantunkan selawat, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Jagat dunia maya kembali dibuat heboh dengan beredarnya video di Facebook terkait selawat yang konon dilakukan oleh suporter tim sepak bola dunia.

Video yang diunggah oleh akun Facebook bernama Saleh Alhadar itu sudah ditonton sebanyak 877 ribu kali.

Saleh Alhadar mengunggah video selawat yang dia sebut dilakukan oleh klub sepak bola Jerman, Borussia Dortmund.

"Klab Sepak Bola Jerman... Borusia.Dortmund , Merayakan Maulid Nabi Muhammad Saw . Subhanallah...." tulis Saleh Alhadar pada Kamis, 22 November 2018.

Unggahan tersebut sudah dibagikan sebanyak 49.473 kali dan mendapat tanda suka 20 ribu. Posting-an tersebut juga menuai beragam komentar. Salah satunya oleh akun Facebook bernama Moeklis.

"Sudah dri kecil seneng banget sama team ini waktu msh ada jan koller, team kedua yg gue suka stelah chelsea," tulis Moeklis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta

Penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, video tersebut memang benar adanya, tetapi bukan dilakukan oleh klub sepak bola Jerman, Borussia Dortmund, melainkan fans klub sepak bola Arab Saudi Al Ittihad.

Tak hanya itu, video yang baru diunggah Kamis kemarin, rupanya merupakan video lama. Penjelasan soal itu ditulis oleh Liputan6.com pada 27 Februari 2015 silam.

"Suporter klub-klub Indonesia yang kerap berbuat onar di dalam stadion nampaknya harus mencontoh apa yang dilakukan fans klub Arab Saudi Al Ittihad. Atraksi mereka di dalam stadion belum lama ini menghebohkan dunia maya dan membuat kagum banyak orang.

Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, terlihat puluhan ribu suporter Al Ittihad meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad. Mereka kompak menyanyikan lagu terkenal 'Tala Al Badru' Alayna' yang konon dinyanyikan Sahabat Nabi saat kedatangan Nabi Muhammad ke Madinah dari Makkah.

Selain itu para fans juga melakukan koreografi membentuk tulisan حبيبي يا رسول الله yang berarti ‘Oh Rasulullah, kekasihku’ dengan warna kuning dan hitam sesuai dengan warna klub kesayangan mereka.

Fans Al Ittihad melakukan aksi ini di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, 20 Februari 2015 lalu. Saat itu Al Ittihad tengah menghadapi Al Shoalah pada laga lanjutan Liga Arab Saudi. Pada laga tersebut, Al Ittihad berhasil menang 3-2 meski sempat tertinggal lebih dulu.

Aksi fans Al Ittihad ini seharusnya dapat menjadi contoh bagi kelompok suporter di Indonesia. Kebanyakan suporter di Indonesia malah lebih sering menyanyikan chant yang berisi hinaan dan umpatan kepada kelompok suporter lain yang merupakan seteru mereka."

 

Supporter Klub Sepak Bola

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video suporter sepak bola melantunkan selawat adalah benar. Namun, tak seperti klaim yang ditulis pemilik akun Facebook Saleh Alhadar. 

Sebab, suporter sepak bola yang melantunkan selawat bukan pendukung tim Jerman, Borussia Dortmund, melainkan fans klub Arab Saudi Al Ittihad.

Video yang baru diunggah Saleh Alhadar pada Kamis, 22 November 2018 kemarin juga merupakan video lama, yaitu 2015 silam.

Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini