[Cek Fakta] Foto Syur Grace Natalie yang Viral Ternyata Hasil Editan

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 14 Nov 2018, 18:07 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 17:45 WIB
Grace Natalie

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto syur yang diduga Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie beredar di facebook.

Foto tersebut awalnya diunggah oleh akun facebook bernama Srikandi Rahayu Ningsih pada Rabu 13 November 2018 lalu sekitar pukul 12.03 WIB.

Selain mengunggah foto Grace, akun tersebut juga menuliskan caption,"Pantaskah ketua umum Partai solidaritas Indonesia (PSI). Berselfy layaknya pel***r?Ngeri bila Negri kita punya wakil rakyat seperti dia..Satu kata Tenggelamkan partai PSI".

Foto yang diunggah tersebut telah dibagikan sebanyak 2.979 kali dan mendapat 188 komentar warganet.

2 of 3

Fakta

[Cek Fakta] Viral Foto Syur Foto Grace Natalie, Benarkah? (Istimewa)
[Cek Fakta] Viral Foto Syur Foto Grace Natalie, Benarkah? (Istimewa)

Foto syur yang diduga Grace itu ternyata hasil manipulasi. Hal ini juga telah dijelaskan oleh akun facebook bernama Aribowo Sasmito di grup facebook Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax.

Akun Aribowo Sasmito menjelaskan bahwa foto tersebut adalah hasil suntingan.

"Foto yang digunakan oleh post SUMBER adalah foto hasil suntingan dari foto Akari Asahina, aktris Jepang," tulis Aribowo Sasmito.

Ternyata foto tersebut merupakan penggabungan dari foto-foto lainnya yang beredar di dunia maya. Dari unggahan Aribowo, disebutkan bahwa foto wajah Grace didapat dari situs kaskus.co.id.

Sementara, foto tubuh wanita didapat dari situs yang sama. Kemudian disunting lewat situs imagebam.com.

Sementara, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) melalui Sekjennya Raja Juli Antoni menyebut bahwa foto tersebut merupakan bentuk fitnah terhadap Grace dan partainya. PSI, kata dia, akan melaporkan hal tersebut ke kepolisian.

"Itu fitnah dari orang yang tidak bisa berargumentasi mempergunakan akal sehat. Kami akan lapor ke Polda," kata Antoni saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (14/11/2018).

3 of 3

Kesimpulan

Foto Grace yang diunggah oleh akun facebook bernama Srikandi Rahayu Ningsih ternyata adalah foto suntingan atau editan.

Akun facebook bernama Aribowo Sasmito lewat unggahannya di grup facebook Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax sudah menjelaskan bahwa foto tersebut adalah editan. Bantahan juga telah disampaikan pihak PSI.

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by