Sukses

[Cek Fakta] Albert Einstein Mengatakan Perkembangan Teknologi Ciptakan Generasi Idiot?

Sejumlah kutipan yang konon berasal dari Albert Einstein menyebar luas di dunia maya, diviralkan di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Albert Einstein adalah sosok fenomenal. Ahli fisika teoritis ini dianggap sebagai salah satu ilmuwan terbesar di Abad ke-20.

Teori relativitas umum dan khusus yang dicetuskan Einstein secara drastis mengubah pemahaman manusia tentang alam semesta. Karyanya dalam teori partikel dan energi telah membuka pintu bagi penelitian mekanika kuantum dan atom.

Dalam budaya populer, nama ilmuwan yang lahir pada 1879 itu dianggap bersinonim dengan kecerdasan atau kejeniusan. Wajah Einstein, dengan rambut yang awut-awutan, menjadi salah satu yang paling dikenal hingga saat ini.

Meski teorinya membantu meletakkan dasar bagi penciptaan bom atom, Einstein mengkhawatirkan potensi penyalahgunaan sains dan teknologi dengan cara-cara yang bisa membawa bencana bagi masa depan umat manusia. Kekhawatirannya itu disampaikan pada sejumlah surat yang ditujukan sejumlah koleganya juga ke para pemimpin dunia.

Sejumlah kutipan yang konon berasal dari Einstein menyebar luas di dunia maya, diviralkan di media sosial.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klaim

Pada 2 November 2018, akun Facebook Anwar Djunaede mengunggah sebuah foto yang memuat kutipan yang diaku sebagai milik Albert Einstein.

"Aku takut pada hari dimana teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi yang idiot," demikian kutipan yang terpasang dalam foto tersebut.

Gambar tersebut menggambarkan bagaimana orang-orang bergantung pada telepon genggam. Mata mereka terpaku pada layar ponsel, saat minum kopi dengan teman hingga pada momentum romantis. 

"Hari yang dikhawatirkan oleh Albert Einstein telah tiba!," kalimat tersebut juga tercantum dalam foto itu.

Meski relevan dengan fenomena saat ini, namun, tak semua dari mereka yang membacanya meyakini kebenaran postingan tersebut.

Pengguna Facebook, Abdullah Mujahid Hamdan meragukan kebenaran kutipan Einstein tersebut.

"Ini fake quote. Einstein tidak pernah bilang seperti ini. Yang benar dia khawtir soal etika dan kemanusiaan, tapi itu relevanisnya dengan pengembangan bom atom," tulis dia.

Sementara, menanggapi komentar tersebut, Anwar Djunaede mengaku bahwa ia hanyalah mendapatkan kiriman.

3 dari 4 halaman

Fakta

Kutipan Albert Einstein dalam unggahan foto itu dalam Bahasa Inggris berbunyi, "I fear the day that technology will surpass our human interaction. The world will have a generation of idiots."

Tak hanya di Indonesia, kutipan tersebut juga marak diunggah oleh warganet di belahan dunia lain. 

Situs media Inggris Daily Mail pada 28 Januari 2015 mengunggah artikel berjudul, Was Einstein right? Physicist once said he feared that technology would surpass human interaction - and these photos show that time may not be far off.

"Jauh sebelum era telepon seluler, Albert Einstein, salah satu orang sosok paling cerdas pada Abad ke-20, konon telah memprediksi, "Aku takut pada hari di mana teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot."

Namun, Daily Mail kemudian menambahkan, "Sejumlah sejarawan mendebat bahwa sosok besar itu pernah mengatakannya. Namun, apapun itu, ramalan tersebut mungkin terbukti."

Masalahnya, benarkah Einstein mengungkapkan hal tersebut?

Berdasarkan penelusuran situs cek fakta, Snopes.com, kutipan tersebut bukan berasal dari Albert Einstein, setidaknya tak ada bukti sahih yang mendukung bahwa sang ilmuwan pernah mengatakan atau menuliskannya.

Bahkan, menurut Snopes.com, kutipan persis seperti itu tampaknya tak pernah dipublikasikan sebelum tahun 2012.

Kutipan serupa, namun lebih pendek, yang juga dikaitkan dengan Einstein dapat ditemukan di beberapa sumber, meskipun keasliannya juga dipertanyakan.

"Sangatlah jelas bahwa teknologi telah melampaui kemanusiaan kita." (It’s become appallingly clear that our technology has surpassed our humanity).

Snopes menemukan kalimat tersebut diucapkan karakter dalam film Powder yang dirilis pada 1995. 

Seperti ini dialognya:

Donald Ripley:

"Sangatlah jelas bahwa teknologi telah melampaui kemanusiaan kita."

Powder:

"Albert Einstein"

Donald Ripley:

"Aku melihatmu dan kupikir suatu hari kemanusiaan kita akan melampaui teknologi."

Seperti dikutip dari laman Wikiquote, menurut Snopes, kutipan tersebut dikaitkan dengan Einstein dalam buku Voices of Truth: Conversations with Scientists, Thinkers, and Healers (2000) oleh Nina L. Diamond.

Juga tertera pada halaman 103 Mars/Earth Enigma: A Sacred Message to Mankind, oleh DeAnna Emerson yang terbit pada 1996.

Namun, kutipan tersebut belum ditemukan dalam buku manapun yang terbit sebelum film Powder dirilis.

Kutipan itu, versi pendek maupun lengkap, juga tak tercantum dalam buku The Ultimate Quotable Einstein, koleksi definitif kutipan Einstein yang diedit oleh Alice Calaprice yang dipublikasikan Princeton University Press pada 2010.

Situs Truth of Fiction, truthorfiction.com, juga pernah menguji kesahihan kutipan yang diatribusikan ke Albert Einstein.

Dalam artikel berjudul, Einstein Quote About Technology Making a Generation of Idiots-Fiction!, juga dipaparkan bahwa kutipan tersebut tak ada kaitannyad engan sang ilmuwan.

"Terlepas dari bagaimana Einstein berpikir teknologi akan membentuk masyarakat, kami menyatakan kutipan soal 'generasi idiot' adalah fiksi karena tak ada catatan bahwa ia pernah menyatakan hal tersebut."

Dalam artikel berjudul, 7 Famous Quotes About the Future That Are Actually Fake, situs Gizmodo menguak bahwa tujuh kutipan yang mengandung ramalan soal masa depan, termasuk yang konon diutarakan Albert Einstein, adalah palsu belaka.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Snopes.com, Truth of Fiction, dan Gizmodo, tak ada bukti sahih bahwa Albert Einstein pernah mengucapkan, "Aku takut pada hari di mana teknologi akan melampaui interaksi manusia. Dunia akan memiliki generasi idiot." 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.