Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Video Nelayan Rekam Lion Air JT 610 Jatuh

Di tengah duka keluarga korban jatuhnya Lion Air JT 610, sangat disayangkan banyak kabar hoaks dan keliru yang beredar.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat Lion Air JT 610 dengan rute Jakarta-Pangkal Pinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, 13 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Senin 29 Oktober pukul 06.10 WIB.

Pesawat nahas tersebut membawa 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak dan dua bayi dengan dua pilot dan lima orang kru lainnya. Saat ini otoritas yang berwenang masih mencari dan mengevakuasi korban.

Sayangnya, di tengah duka yang dialami keluarga korban, banyak kabar hoaks dan keliru yang beredar, dalam bentuk video maupun foto.

Klaim

Salah satunya adalah video yang disebut direkam oleh nelayan yang menjadi saksi detik-detik jatuhnya pesawat Lion Air JT 610.

Salah satu pengunggahnya adalah akun Facebook bernama Realdy Djammbuullah. Realdy mengunggah video berdurasi 1 menit 40 detik tersebut pada Selasa (30/10/2018) dini hari.

Dalam video berkualitas gambar rendah tersebut, terlihat sebuah pesawat yang jatuh menghantam permukaan laut. Saking kerasnya hantaman, beberapa bagian pesawat terlihat hancur berkeping-keping.

"Video dari saksi nelayan saat lion air jatuh,,, #rip" tulis Realdy dalam caption.

Video itu pun telah ditayangkan sebanyak lebih dari 571 ribu kali dan dibagikan sebanyak 17.535 kali saat tulisan ini dimuat. Sebagian besar komentar pada video tersebut meragukan kebenarannya dan menganggapnya sebagai hoaks.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ethiopian Airlines 961

Melalui penelusuran, diketahui bahwa video pesawat jatuh tersebut bukanlah pesawat Lion Air JT 610 melainkan pesawat Ethiopian Airlines 961 yang dibajak dan jatuh di Samudra Hindia pada 23 November 1996.

Pesawat berjenis Boeing 767-200ER tersebut dibajak di tengah penerbangan dari Addis Ababa ke Nairobi oleh tiga orang Etiopia yang hendak mencari suaka di Australia. Mereka mengancam akan meledakkan pesawat dan memaksa pilot untuk mengarahkan pesawat ke Australia, namun ditolak oleh pilot yang mengaku tidak memiliki bahan bakar yang cukup.

Karena kehabisan bahan bakar, sang pilot, Leul Abate mencoba melakukan pendaratan darurat. Namun nahas, pesawat jatuh menghantam Samudra Hindia dekat Grande Comore, Kepulauan Komoro. Dari 175 penumpang dan awak, 125 tewas, termasuk tiga pembajak.

Video rekaman jatuhnya Ethiopian Airlines 961 dapat disaksikan di akun Youtube Naked Science dalam videonya yang berjudul "Hijacked Plane Disaster - Water Crash Landing"

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video viral yang disebut berasal dari nelayan yang menjadi saksi saat Lion Air JT 610 jatuh adalah hoaks. Video tersebut merupakan rekaman jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines 961 di Samudra Hindia pada 23 November 1996 setelah dibajak dan diancam akan diledakkan oleh tiga orang Etiopia.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini