Sukses

[Cek Fakta] Benarkah Merek Pakaian GAP Adalah Singkatan dari 'Gay and Proud'?

Benarkah merek pakaian ternama GAP sebenarnya adalah singkatan dari 'Gay and Proud'? Simak faktanya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini, media sosial sedang dihebohkan dengan informasi terkait arti di balik nama merek Gap. Beredar kabar bahwa Gap merupakan singkatan dari "Gay and Proud" yang dapat diartikan "Gay dan Bangga".

Salah satu akun Facebook yang mengunggah kabar ini adalah akun bernama Serlina. Pada 14 Oktober 2018, Ia mengunggah foto pakaian dan topi bermerek Gap yang dicoret serta menceritakan kisah terkait arti nama merek itu di bagian caption.

Dalam tulisannya, ia menceritakan seorang remaja muslim di Kanada yang mengenakan pakaian bermerek Gap. Ia lalu diperingatkan oleh temannya yang seorang kulit putih asal Kanada bahwa merek Gap sesungguhnya merupakan singkatan dari "Gay and Proud".

Berikut isi lengkap dari unggahan yang sudah dibagikan lebih dari 3,4 ribu kali tersebut:

"yg terlanjur punya, mending buang aja yaaahh...

Perhatian...!!!

Seorang Remaja Muslim berketurunan arab di Canada mengenakan t-shirt/kaos dan topi bernama (GAP), sementara rekan sebayanya yang penduduk asli Canada memperhatikannya...

Kemudian pemuda Canada kulit putih itu bertanya kepada rekan muslim arabnya: Anda tahu apa artinya GAP...???

Pemuda Arab Muslim tsb mengatakan: "TIDAK! Saya tidak tahu."

Dan bertanya lagi pemuda Canada itu kepada si rekan muslimnya: Dan apakah anda tahu makna sesungguhnya dari GAP itu...!??

Tanpa menunggu jawaban si pemuda kulit putih tsb langsung manjelaskan: #GAP adalah tiga huruf dari bahasa Inggris yaitu, GAY AND PROUD...!!!

Pemuda Arab Muslim tsb langsung tersentak seraya berkata: "Astaghfirullaah...!!! Demi Allah, jika aku tahu arti dari apa yang dimaksudkan GAP itu, aku pasti tidak akan pernah mau memakainya...!!!”

- Gay And Proud = Gay Dan Bangga.

GAP Inc adalah merupakan penyandang dana/donatur terkemuka pornografi satelit stasion TV kompeten untuk homoseksualitas, dan di Canada stasion tsb bernama "Gay TV".Dan GAP sangat membantu golongan para kaum homoseksual dgn membela hak-hak mereka. Demikian penjelasan pemuda Canada tsb...

Tolong sebarkan info penting ini dgn menyalin atau membagikan nya, sebarkanlah! jika anda sekarang sudah tahu dan faham, karena diluar sana masih banyak sekali saudara/i kita yang belum mengetahui akan singkatan dari GAP yang sebenarnya...

Sekian Terima-Kasih atas Perhatiannya..."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fakta

Dari hasil penelusuran lewat mesin pencari, kabar tentang "Gay and Proud" ini mulai beredar di Indonesia pada pertengahan tahun 2015. Salah satu sumber yang memulai beredarnya kabar tersebut adalah Infobekasi lewat artikelnya yang berjudul "Tahukah Kamu Arti Sebenarnya di Balik Tulisan GAP?" yang dimuat pada 7 Juli 2015.

Dalam artikel tersebut, selain menuliskan kisah yang serupa dengan yang dituliskan Serlina, Infobekasi juga melansir tulisan dari laman Mirror.co.uk berjudul GAP - Gay And Proud? Retailer slammed by parenting group for pro-homosexual advertising campaign yang dimuat pada tahun 2012.

Mirror memberitakan protes sebuah organisasi di AS, One Million Moms terhadap Gap yang membuat iklan pakaian dengan menampilkan dua model pria berpelukan mengenakan satu kaus yang sama. Organisasi itu merasa Gap telah melakukan periklanan yang tidak bermoral.

Jika diperhatikan, Infobekasi sebenarnya membuat beberapa kesalahan saat melansir dari Mirror, salah satunya saat Infobekasi salah menyebut One Million Moms sebagai satu juta ibu, padahal One Million Moms hanyalah nama dari organisasi tersebut, dan bukanlah jumlah dari anggotanya.

Artikel Mirror yang dilansir juga tidak menyatakan secara gamblang bahwa Gap merupakan singkatan dari "Gay and Proud", melainkan hanya meletakkannya di judul dan menambahkan tanda tanya. Infobekasi menggunakan artikel dari media terkenal Mirror seolah menjadi bukti valid akan kebenaran singkatan tersebut.

Jadi, apakah benar Gap merupakan singkatan dari "Gay and Proud"?

3 dari 4 halaman

Ditemukan Oleh Sepasang Suami Istri

Menurut situs resminya, Gap Inc. pertama ditemukan oleh pasangan suami istri Doris dan Donald Fisher pada 1969 di San Fransisco. Mereka mengambil nama Gap dari istilah "generation gap" atau kesenjangan generasi, istilah yang sedang sedang populer saat itu.

Inspirasi dari dibentuknya toko jeans ini datang dari kesulitan Donald menemukan jeans yang sesuai, ia harus pergi dari toko ke toko lainnya untuk dapat menemukan jeans keinginannya karena tidak ada toko yang memuat berbagai macam jeans di satu tempat.

Saat ini, Gap Inc. telah berkembang dari toko khusus jeans menjadi salah satu ritel pakaian populer. Berbagai merek yang dinaunginya antara lain Gap, Banana Republic, Old Navy, Athleta dan Intermix.

 

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Dari penelusuran di atas, dapat disimpulkan bahwa merek Gap bukanlah singkatan dari "Gay and Proud" seperti rumor yang beredar. Toko yang ditemukan Donald dan Doris Fisher pada 1969 itu mengambil nama Gap dari istilah 'generation gap' yang merupakan istilah yang sedang tren saat itu.

Informasi mengenai singkatan yang salah itu serta berbagai kisah karangan yang mengiringinya merupakan kabar hoaks.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini