[Cek Fakta] Rumor Putra Prabowo Subianto Kampanye Dukung Gay

Oleh Djibril Muhammad pada 19 Okt 2018, 18:27 WIB
Diperbarui 19 Okt 2018, 18:27 WIB
[Cek Fakta] Hoaks, Anak Prabowo Subianto, Didit Kampanye Dukung Gay

Liputan6.com, Jakarta - Jelang Pilpres 2019, saling serang antarpendukung pasangan capres dan cawapres marak terjadi, tak hanya di dunia nyata tapi juga merembet ke dunia maya. 

Ada yang saling memperbandingkan prestasi dan pencapaian, namun tak jarang yang diperdebatkan adalah sesuatu yang tak jelas kebenarannya atau rumor belaka. 

Tak hanya para capres dan cawapres, sanak keluarganya pun ikut jadi sasaran. Salah satunya, Didit Hediprasetyo.

Didit adalah anak semata wayang calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto. Didit merupakan buah pernikahan Prabowo dengan Siti Hediati Hariyadi alias Titiek Soeharto.

2 dari 4 halaman

Klaim

Didit Hediprasetyo
Pencarian di Facebook terkait Didit Hediprasetyo kampanye mendukung Gay

Lopian Yemima Ribka, memviralkan soal anak Prabowo, Didit dalam Facebooknya pada Rabu, 17 Oktober 2018 pukul 18.35 WIB. Di Facebooknya itu, ia menggungah tampilan gambar Facebook Komentar Nusantara NKRI versi gawai.

Dalam gambar itu menampilkan berita bataraonline.com yang memuat judul "Anak Prabowo Subianto Berkampanye Mendukung Komunitas Gay." Di gambar juga bertuliskan, "ULAMA2 FPI Dan HTI Pada Kemana.. MUNA semua ya... ULAMA2 YG MENDUKUNG WOWO.....HELOO."

Tidak hanya menggungah gambar Didit, Lopian juga ikut berkomentar, "Hahahaha LGBT semua keturunan prabowo termasuk antek anteknya. Hahahha," tulisnya.

Unggahan Lopian itu baru dibagikan sebanyak sembilan kali dan mendapat komentar sebanyak 83 kali. Beragam komentar memenuhi laman Facebook tersebut. 

Salah satunya dari Deni Priono yang menyebut unggahan itu Hoaks. Ada juga dari Fissa Bily, "Yg meresmikan lgbt siapa.... Knp harus pke brita basi utk mnjatuhkan lawan ......," komentarnya.

Unggahan itu juga dimuat di kabarakyat.com, Kamis, 18 Oktober 2018 dengan judul "Di Akun Facebooknya, Anak Semata Wayang Prabowo Dukung Kampanye LGBT."

3 dari 4 halaman

Fakta

Facebook Didit Hediprasetyo
Tidak ditemukan akun facebook atas nama Didit Hediprasetyo

Berdasarkan penelusuran, gambar tautan berita bataraonline.com itu telah tayang pada 19 Desember 2017. Dalam berita itu dituliskan, "Dalam akun Facebooknya, Didit dengan terang-terangan mengkampanyekan komunitas gay dengan menulis, 'Mari sosialisasikan keberadaan para gay dan buktikan kita melengkapi keberagaman dan juga memiliki kontribusi untuk negeri ini'."

Namun, tidak disebutkan akun Facebook Didit yang konon mengampanyekan eksistensi kaum pecinta sejenis. Juga disertakan foto Didit yang mendapatkan tepuk tangan meriah dari para peserta yang diduga menghadiri pagelaran busana yang digelar Didit.

Jauh sebelum itu, situs infomenia.net juga telah memublikasikan soal Didit. Pada 11 Februari 2017 pukul 15.08 WIB, dengan judul "Nah Loo.......Didit Anak Prabowo Subianto Berkampanye Untuk Mendukung Komunitas Gay."

Berita itu juga mengutip Facebook Didit sebagai sumbernya. Foto Didit yang dikelilingi model-model cantik pun disandingkan dalam naskah.

Namun, foto yang digunakan infomenia.net adalah hasil suntingan (crop) dari kolase foto yang sebelumnya pernah beredar pada 2014, salah satunya di https://goo.gl/v21a2i.

Disebutkan dalam situs tersebut, sumber tangkapan layar diambil dari "Profile Didit prabowo : https://www.facebook.com/diditprasetyoprab?fref=ts yang ternyata sudah tidak dapat diakses.

Tautan tersebut berdasarkan tangkapan layar yang digunakan adalah sebuah halaman Facebook yang belum atau tidak terverifikasi, sehingga tidak bisa dipastikan keasliannya, terutama terkait identitas pembuat.

Pada Sabtu, 5 Juli 2014, Didit juga diberitakan hal yang sama. Dalam blog itu, Didit dinarasikan mendukung komunitas Gay dengan judul "Didit Prabowo - Pendukung transgender ( merusak ISLAM dan MoraL Bangsa )."

Pemilik blog tersebut bernama Hadi Ay. Dalam blog itu, ia juga menampilkan foto yang sama dengan digunakan infomenia.net. Foto lainnya adalah cuplikan gambar Facebook diduga milik Didit Prabowo.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Beredarnya kembali cuplikan foto dan tautan berita yang menyebutkan anak Prabowo Subianto, Didit Hediprasetyo berkampanye mendukung komunitas gay adalah tidak benar.

Akun Facebook Didit yang dijadikan sumber untuk memviralkannya pun belum atau tidak terverifikasi.

banner Hoax
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Lanjutkan Membaca ↓