Sukses

[Cek Fakta] Fadli Zon Keluarkan Hasil Survei Pilpres 2019, Benarkah?

Sebuah situs yang mengatasnamakan Survei Fadlizon menjaring suara netizen atau warganet. Bagaimana faktanya?

Liputan6.com, Jakarta - Dua pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) bakal bertarung dalam Pilpres 2019. Seiring dengan perhelatan akbar politik di negeri ini, sejumlah lembaga survei pun menggelar jajak pendapat untuk memperkirakan elektabilitas setiap pasangan capres-cawapres.

Namun, beberapa hari lalu, sebuah situs yang mengatasnamakan Survei Fadlizon menjaring suara netizen atau warganet. Di laman utama situs Surveyfadlizon.com terpampang judul "Survey Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden".

Klaim

Screenshot: Cek Fakta - Survei Pilpres 2019. (Liputan6.com)

Berikut paparan laman utama situs tersebut:

Survey Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden

Berita, Pilpres, Polling Aug 23, 2018

Jika Pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang anda pilih?

Share This PostFacebook Twitter Linkedin Google+

Survei Pilpres 2019 ini kemudian banyak dibagikan sejumlah media sosial. Sebagian warganet pun memperbincangkan hasil survei situs tersebut.

Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, Kamis, 30 Agustus 2018, survei Pilpres 2019 di situs tersebut sudah ditutup pada 29 Agustus 2019, pukul 23.00 WIB.

Terpampang pula di situs itu hasil jajak pendapat Pilpres 2019. Rincinya, Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendapat 27,633 vote atau pemilih (55,69%). Sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih 21,994 pemilih (44,33%).

 

 

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bantahan Klaim Hasil Survei

Sementara itu, Indonesian Hoaxes melalui akun di Facebook membantah klaim hasil survei situs Surveyfadlizon.com. Akun Indonesian Hoaxes juga menyertakan screenshot dari status akun @fadlizon di Twitter.

Screenshot: Cek Fakta - Survei Pilpres 2019. (Facebook)

 

Berikut keterangan Indonesian Hoaxes melalui akun di Facebook:

Indonesian Hoaxes #Informasi #Klarifikasi #Fadli #Zon Terkait Adanya #Website #surveyfadlizon.com

Baru - baru ini muncul website surveyfadlizon.com yang yang menuliskan 'title'nya sebagai berikut; Survey Fadlizon - Website Survey Milik Fadlizon

Fadli Zon, melalu akun Twitternya membantah klaim tersebut, "Klu ada http://surveyfadlizon.com/ itu bukan punya sy bukan sy yg but. Pasti yg buat Pusat Hoax Nasional." tulis Fadli Zon.

Sedangkan di akun Twitternya, Fadli Zon hanya mencantum fadlizon.com sebagai alamat webnya.

Admin mencoba menelusuri informasi terkait website ini di who.is dan menemukan bahwa informasi registrasi web tersebut dirahasiakan.

#Referensi;

https://twitter.com/fadlizon/status/1034524037534310400

https://who.is/whois/surveyfadlizon.com

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/

Hingga Kamis, 30 Agustus 2018, menjelang pukul 20.00 WIB, Cek Fakta Liputan6.com mencoba menghubungi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, melalui sambungan telepon maupun aplikasi perbincangan di telepon seluler. Namun, Fadli Zon belum meresponsnya.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Merujuk penjelasan Indonesian Hoaxes dan bantahan melalui tweet Fadli Zon, klaim hasil survei Surveyfadlizon.com itu jelas meragukan. Klaim hasil survei Pilpres 2019 itu adalah hoax alias hoaks.

 

banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 53 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di e-mail cekfakta@liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.